Jawaban Riddle_Cerita 4 : Manekin Tengkorak

On Sabtu, 24 Mei 2014 0 komentar


Artikel ini adalah jawaban Riddle dari cerita 4 di artikel kemarin, yang sudah aku posting sebelumnya... untuk kalian yang belum membaca artikel sebelumnya, silahkan dibaca terlebih dahulu... soalnya bakalan gak nyambung kalo belum baca hehehe... silahkan baca artikel sebelumnya di sini :

Cerita Seram dengan Maksud Tersembunyi

Mari langsung saja kita kupas petunjuk2 di certa 4 ini! perhatikan petunjuknya ya!


Cerita 4 : Manekin Tengkorak


Aku sedang berada di kelas saat itu... sebentar lagi pelajaran biologi dimulai... setelah bel pergantian pelajaran berbunyi~ pak guru segera masuk ke kelas... kulihat, dia membawa sesuatu... sebuah plastik hitam besar... aku penasaran, apa isinya?... tidak biasanya pak guru membawa benda aneh semacam itu....

“Selamat siang anak-anak! kita lanjutkan pelajaran minggu lalu... yang tentang kerangka tubuh manusia... buka buku biologi kalian di bab itu!”

Setelah mengatakan hal itu, pak guru pun... sedikit mengulangi pelajaran minggu lalu... dan setelah itu... dia membuka isi tas plastik hitam yang ia bawa... ternyata isinya adalah tulang belulang besar... seukuran tulang manusia...

Pak guru menggunakan tulang2 itu sebagai media pembelajaran... untuk mempermudah menerangkan materi pada kami... dia menerangkan tentang sendi, dia menerangkan tentang nama2 tulang, dia menerangkan tentang bagian2 kerangka tubuh dan fungsinya... menggunakan alat peraga yang ia bawa itu

Hhhmm aku mulai berpikir... sepertinya aku belum pernah melihat alat peraga itu di lab biologi... tulang2 yang pak guru bawa, bukanlah tulang yang sudah dirangkai... jadi itu hanya berupa potongan-potongan tulang

Di lab biologi kan juga ada manekin kerangka tubuh manusia utuh.. yang sudah dirangkai... kenapa pak guru tidak menggunakan itu saja ya? hhmm.... terlebih lagi, tulang2 yang dibawa oleh pak guru... warnanya terlihat lebih kuning, mirip seperti aslinya... beda sekali dengan warna manekin kerangka yang ada di lab

Hei, jangan-jangan.... tulang2 itu asli~! pikirku...

Belum sampai aku... mempertanyakan hal itu pada teman sebelahku, untuk menanyakan pendapatnya... tiba2 seorang anak di kelas kami mengacungkan jarinya dan bertanya~

“Pak apa itu tulang asli?”

Seketika semua anak di kelas terdiam... aku mulai sadar... ternyata yang menyadari keganjilan itu... di kelas ini, tidak hanya 1 atau 2 orang saja

Pak guru pun menjawab :

“Iya, ini asli”

Tentu saja, kami sekelas tambah terkaget-kaget mendengarkan jawaban pak guru... suasana kelas jadi tambah ricuh

Tiba2 pak guru berkata :

“Tidak kok, pak guru hanya bercanda... ini kan hanya manekin, harganya agak sedikit lebih mahal dari biasanya... jadi kelihatan asli”

Suasana kelas kembali agak ricuh, tapi lebih tenang dari sebelumnya

Pak guru ini, ada2 saja... suka sekali mengerjai kami... mungkin dia melakukannya agar kami tidak mengantuk di siang hari ini hahaha~ pikirku

Setelah itu, pak guru... mulai melanjutkan pelajaran... dia memasukkan tanggannya ke dalam plastik hitam itu... dan mengambil sebuah tulang.... itu adalah tulang tengkorak! wah... bahkan tengkoraknya benar2 terlihat asli... pasti harga manekin itu sangat mahal ya!

Pak guru pun mulai menerangkan bagian2 dari tengkorak itu, serta fungsinya...

Saat melihat tengkorak itu, aku jadi ingat sesuatu... aku pernah membeli sesuatu semacam itu di toko souvenir, saat liburan... iya yang kumaksud membeli souvenir berbentuk tengkorak... aku bahkan sampai punya 3 lho... 2 adalah miniatur tengkorak yang ukurannya kecil, satunya lagi tengkorak yang ukurannya besar (petunjuk 1).... wah kalo dipikir-pikir... aku menyukai hal2 semacam itu juga ya?

“Hei ! hei !”

Suara itu itu memecahkan lamunanku, teman di sebelahku... memanggilku,

“Kamu dipanggil pak guru, maju ke depan... kamu dengar gak sih?”

Aku pun langsung bangkit dari tempat duduk dan maju ke depan

Di depan kelas pak guru memarahiku...

“Kamu ini, jangan hanya melamun saja... kamu harus memperhatikan bapak, saat bapak menerangkan!”

Teman2 sekelas menertawaiku, aku malu sekali

“maaf pak” kataku

“Sebagai hukumannya, kamu ulangi penjelasan bapak tadi... kamu jelaskan bagian2 dari tengkorak ini dan fungsinya... ini pakai alat peraganya!” pak guru menyerahkan manekin tengkorak itu padaku

Aku memegang tengkorak itu, menjelaskan bagian2nya serta fungsinya... untung malam sebelumnya aku sudah belajar (petunjuk 2)... jadi aku lancar menjelaskannya hehe... lalu pak guru mengijinkanku untuk kembali ke tempat duduk...

Setelah melihat manekin tengkorak itu dari dekat dan memegangnya... aku menyadari sesuatu....  pak guru berbohong! dia tidak bercanda! tengkorak itu asli! (petunjuk 3)

Sebenarnya ini adalah cerita riddle yang tingkat kesulitannya memang lebih sulit~ daripada cerita 2 dan 3... dan hanya ada 3 petunjuk di cerita itu!!

Mari kita analisis petunjuk 1-3, aku tidak akan membahasnya secara urut~

Petunjuk 3 : 

Setelah melihat manekin tengkorak itu dari dekat dan memegangnya... aku menyadari sesuatu....  pak guru berbohong! dia tidak bercanda! tengkorak itu asli!

Kita anggap itu semua benar! tidak perlu ada yang diragukan lagi!! jadi tengkorak dan tulang2 yang dibawa pak guru itu~ memang benar2 asli! lagipula~ sebelumnya~ pak guru mangatakan bahwa :

"harganya agak sedikit lebih mahal dari biasanya"

Karena harga benda2 itu... bukan hanya dipatok dengan uang~ lebih dari itu! yaitu KEMATIAN... soalnya kalo gak ada kematian, gak mungkin ada tengkorak kan? :P

Tapi~ darimana pak guru mendapatkan tulang2 itu?? hal tersebut tidak dibahas di dalam cerita.... itu~ karena bagian seram di cerita 4 ini, bukanlah itu! masih ada yang lebih mengagetkan lagi! hehehe

Coba kalian fokus lagi ke petunjuk 3 :

Setelah melihat manekin tengkorak itu dari dekat dan memegangnya... aku menyadari sesuatu....  pak guru berbohong! dia tidak bercanda! tengkorak itu asli!

Adakah... sesuatu yang ganjil??

Yup!! darimana tokoh aku tau bahwa itu adalah tengkorak asli??.... apakah hanya karena dia melihatnya dari  dekat dan memegangnya??

Lalu... darimana tokoh aku tau bahwa tengkorak asli, jika dilihat dari dekat seperti ini dan teksturnya seperti ini jika dipengang??

Artinya, sebelumnya... tokoh aku juga sudah pernah berurusan dengan tengkorak asli, melihat dan juga memangangnya!! 

dan... apakah ini, bagian seramnya?? tentu saja masih belum! :D kita lihat petunjuk berikutnya!

Petunjuk 1 :

aku pernah membeli sesuatu semacam itu di toko souvenir, saat liburan... iya yang kumaksud membeli souvenir berbentuk tengkorak... aku bahkan sampai punya 3 lho... 2 adalah miniatur tengkorak yang ukurannya kecil, satunya lagi tengkorak yang ukurannya besar

Kalian pahami baik-baik kalimat itu!!

Souvenir berbentuk tengkorak yang dimaksud itu yang mana?? apakah jumlah souvenir itu 3 atau hanya 2?? soalnya si aku hanya menyebutkan 2 miniatur tengkorak! *bisa dipastikan itu benar2 souvenir tengkorak* karena ada kata "miniatur" dan ukurannya kecil

Bagaimana dengan tengkorak ke 3?? tokoh aku hanya menyebutkan "satunya lagi tengkorak yang ukurannya besar" masih ambigu kan? apakah itu juga souvenir, atau tengkorak asli??

Soalnya saat menyebutkan tengkorak ke 3, si aku tidak menyebutkan kata miniatur, replika, patung, souveir dan semacamnya... jadi bisa disimpulkan, tengkorak ke 3 sebenarnya adalah tengkorak asli!!!

Mungkin dari situlah, tokoh aku tau bahwa tengkorak yang dibawa gurunya adalah tengkorak asli... karena dia juga punya! hahaha

Tokoh aku juga tau betul bagaimana ciri tengkorak asli, karena dia juga punya!

Lihat petunjuk berikutnya!

Petunjuk 2 :

untung malam sebelumnya aku sudah belajar

Kenapa tokoh aku bisa lancar menerangkan bagian2 tengkorak asli?? padahal kan... pasti bentuk tengkorak itu... tidak mungkin mulus dan utuh 100%, seperti tengkorak manekin *yang asli*... ataupun tidak seperti gambar tengkorak di buku... yang masih terlihat bagus

Intinya tetap saja lah... pasti tengkorak asli bentuknya tidak mirip 100% dengan tengkorak manekin ataupun tengkorak yang ada di buku... soalnya tengkorak asli itu kan, kelihatan lebih tipis tulangnya, lebih kuning, mungkin ada bagian2 lain yang udah rapuh, dan semacamnya

Tapi si aku bisa dengan mudah menerangkan bagian2 tengkorak asli, dan dia mengatakan bahwa malam sebelumnya dia sudah belajar

Kemungkinan besar, tokoh aku belajar dengan menggunakan tengkorak asli yang dia punyai! sebagai alat peraganya!!

SEKIAN!!

Apakah jawaban kalian benar!!?? sebenarnya cerita riddle ini, terinspirasi dari pengalaman pribadiku saat aku masih SMP, saat itu pelajaran biologi... dan pak guru membawa plastik hitam besar, yang isinya mirip tulang belulang asli manusia!!

Ada seorang anak yang bertanya di kelasku : Apakah tulang2 itu asli??

Aku tidak ingat pasti, apa jawaban pak guru... yang jelas, pak guru tidak "menjawab tidak"

Mungkin, jawabannya antara "iya" dan "tidak dijawab" XD

Dan aku memang punya 3 tengkorak di kamarku, tapi semuanya adalah tengkorak souvenir alias bukan tengkorak asli hehehe


Ditulis oleh : Brilian K

FP Kagura Sohma Blog : Like!
FB : Aad!
Twitter : Follow!

JANGAN COPAS TANPA CR dari Kagura Sohma Blog


 

0 komentar:

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............