Toshi Densetsu Monogatari Hikiko (Animasi HORROR Review)

On Jumat, 05 Desember 2014 5 komentar



Hi~!! kali ini aku akan membahas tentang~ sebuah film animasi horror yang berjudul “Toshi Densetsu Monogatari Hikiko”... dari judulnya, pasti sudah bisa ketebak film animasi horror ini berasal dari mana? yup! Jepang!

Walaupun ini termasuk film lama (muncul tahun 2008), tapi menurutku sih... masih menarik untuk dinikmati... seremnya bisa membuatku sampai mimpi buruk!

Di artikel ini, intinya aku akan sedikit mereview film animasi horror ini, yang ceritanya terinspirasi dari urban legend Jepang tentang hantu “Hikiko”


Judul : Toshi Densetsu Monogatari Hikiko
Sinonim : Urban Legend Story Hikiko
Judul Asli : 都市伝説物語 ひきこ
Kategori : OVA
Jumlah : 1 episode
Durasi : 41:31
Genre : Horror
Tayang : 8 Agustus 2008


Urban legend Hikiko

Urban legend Hikiko sendiri sebenarnya bukan sebuah cerita yang membahagiakan, ini cukup tragis dan yang lebih menyedihkan lagi, hal2 buruk itu saat ini, masih banyak dijumpai di lingkungan sekitar kita... hal itu adalah pembullyan

Kisah Hikiko dilatarbelakangi oleh pembullyan dari lingkungan sekolah dan keluarga... yang menimpa seorang anak perempuan bernama Mori Hikiko

Mori Hikiko, seorang gadis kecil yang lemah, berwajah buruk dan seram, rambutnya selalu menutupi wajahnya, dia sangat kurus dan kulitnya pucat~ hhmm kamu juga bisa melihat di sekujur tubuhnya penuh dengan luka-luka, hasil penyiksaan

Perasaan tidak berdaya dan teraniaya membuat Hikiko mempunyai dendam yang besar pada orang2 di sekitarnya... perasaan itu melahirkan makhluk mengerikan yang disebut hantu Hikiko, dialah sosok yang ditakuti di dalam urban legend ini

Menurut cerita, setelah Mori Hikiko menghilang, munculah hantu Hikiko yang mengerikan... hantu itu, dicurigai berasal dari mayat Mori Hikiko, yang hidup lagi untuk membalas dendam... Hikiko sering terlihat di bawah tangga sebuah jembatan penyebrangan atau terowongan kecil...

Tugasnya adalah membalas dendam pada orang2 yang telah membuat hidupnya menderita... dia mempunyai rambut hitam panjang yang menutupi wajahnya, dan memakai pakaian putih yang kusam, bentuk tubuhnya aneh seperti makhluk yang mengalami deformasi, jalannya pincang~ dan jangan sampai melihat wajahnya... karena wajahnya begitu menyeramkan!!


Menurut cerita,  jika seseorang mendekatinya atau menegurnya, dia akan segera menyerang orang itu, menyeretnya lalu memotong-motong bagian tubuhnya dengan kejam dan sadis~

Jika hantu Hikiko terlanjur menyeretmu, maka segera katakan padanya : “Orikosan.. Orikosan” (anak yang baik.. anak yang baik.. ), maka ia akan melepaskan cengkramannya... dan perlu diketahui konon katanya~ kebanyakan korban Hikiko adalah anak-anak kecil~

Dan jika kalian menyadarinya.... nama Mori Hikiko sendiri jika dibalik nama depan dan belakangnya, akan menjadi "hikikomori" yang artinya adalah seseorang yang menutup diri dari lingkungan sosial~~


Sinopsis Toshi Densetsu Monogatari Hikiko

Animasi horror ini, mengadaptasi dari urland legend Hikiko yang populer di Jepang... tapi hanya mengambil beberapa bagian dari urban legend itu~

Cerita berawal dari Satoshi yang sedang mengunjungi apartemen  lamanya, saat SD dia tinggal di sana~~ hhmmm... kenangan masa kecil, memang bukanlah kenangan yang selalu membahagiakan
 
Satoshi mengingat saat pulang sekolah, dan waktu itu hari hujan.... dia melihat pemandangan aneh di bawah jembatan yang ia lewati... Hikiko!! itu Hikiko!

Sejak saat itu, Satoshi mengalami kejadian2 yang aneh, di sekolahnya ada anak pindahan di kelasnya, yang bernama Kisaki Satoko... dia terlihat sangat aneh, buruk dan suram... karena itulah Satoko sering dibully oleh teman2nya... lebih buruknya lagi, Kisaki Satoko tinggal di sebelah apartemennya, yah... dia adalah tetangga barunya... 



Dibayangi oleh makhluk aneh, dan teman anehnya yang juga tinggal, tepat di sebelah apartemennya... itu adalah bagian dari mimpi buruk Satoshi, tapi bagaimana akhir ceritanya?? Apa yang akan terjadi pada Satoshi selanjutnya?? kalian bisa melihatnya sendiri nanti...

Menurutku, akhir dari cerita di film ini.... tidak mudah untuk tertebak... benar2 di luar dugaanku....


Selanjutnya aku akan membahas satu per satu dari segi gambar visual, segi cerita dan musiknya~

Gambar Visual

Animasi ini mempunyai gambar visual 3D, aku sendiri kurang begitu suka dengan penggambaran tokoh manusia di dalam animasi ini, menurutku gambarnya masih kurang mulus, pergerakannya masih terlalu kaku (misalnya pergerakan bagian tubuh atau bagian rambut), warna kulitnya mungkin terlalu gelap dan ekspresi wajahnya juga kurang begitu terlihat menonjol... padahal itu yang penting

Tapi ada satu hal yang membuatku suka, aku suka dengan wajah Satoshi waktu dia kecil... wajahnya itu benar2 terlihat seperti wajah manusia asli, wajah asli anak laki-laki Jepang seusianya... dengan hidung yang agak besar dan tidak terlalu mancung, mata sipit, bentuk bibirnya juga pas... intinya penggambaran wajahnya sangat realistik, sesuai dengan kenyataan yang ada
 

Tapi yah gak semua tokoh mempunyai wajah yang realistik dan sesuai, beberapa diantaranya juga masih kurang pas... misalnya seperti Satoshi dan Satoko saat dewasa... aku kurang begitu menyukainya

Sedangkan penggambaran setting tempat di animasi ini, menurutku terlihat cukup menarik... lebih menarik daripada penggambaran tokoh manusianya... hanya saja ya~ kadang2 warnanya terlalu gelap... mungkin karena ini film horror~




Dan tentang pergerakan di dalam film, aku masih kurang begitu suka dengan pergerakan di film ini... entah itu pergerakan manusia atau pun benda2... ada beberapa yang masih terlihat terlalu kaku, jadi mengganjal saat kita menikmati film itu

Tapi aku paling suka dengan pergerakan hantu Hikiko yang gerakannya itu benar2 seram, cara jalannya yang pincang juga terlihat, kerenlah!

Secara keseluruhan, segi gambar visual di film “Toshi Densetsu Monogatari Hikiko”... menurutku masih kurang begitu menarik, gambarnya kurang halus dan kesannya masih agak jadul.... mungkin karena ini film lama (2008)... tapi gak semuanya buruk kok! aku paling seneng gambar visual dari hantu Hikiko dan pergerakannya yang seram hehehe~


Segi Cerita

Karena ini adalah animasi horror, pasti.... yang pertamakali ditanya adalah... apakah filmnya seram... ? yah seram atau tidak kan relatif, tapi kalo menurutku sih cukup seram!! sampai bisa membuatku mimpi buruk setelah menontonnya

Kalo misalnya gak seram... ya... aku gak akan membahasnya di artikel ini kan?

Ketegangan di dalam film ini cukup terasa, aku sampai ikutan gregetan saat Satoshi dikejar oleh hantunya dsb, menurutku film ini juga membangkitkan trauma menyeramkan bagi penderita Claustrophobia (klaustrofobia)... yaitu~ ketakutan yang ekstrim saat berada di ruang tertutup atau kecil, kalo penasaran nonton ajalah ceritanya :D

Hantunya sendiri menurutku cukup seram, seperti yang sudah aku ceritakan di atas, selain bentuknya yang seram... suaranya juga mengganggu banget lah~~ tapi ya... ada beberapa adegan yang akan membuatmu berpikir kalo hantunya tu begok banget hehe


Sementara itu... ending di film ini, untungnya gak terlalu mengambang, tapi kalo terlalu jelas juga enggak sih... yang pasti endingnya tidak pernah terpikirkan olehku sebelumnya... akhir ceritanya mungkin akan membuatmu bengong dan merasa tidak percaya


Segi Musik

Dari segi musiknya sendiri... sebenarnya tidak ada masalah yang berarti, cukup baiklah... intinya kamu tidak akan menemukan musik2 yang mengagetkan, yang lebih mengagetkan daripada hantu di dalam film itu~~ padahal filmnya biasa saja tapi musiknya yang seram haha

Kalo menurutku, hal2 itu gak ditemui di animasi ini.... yah film “Toshi Densetsu Monogatari Hikiko” menggunakan musik latar belakang yang tidak terlalu lebay, tapi sudah cukup dalam menghidupkan suasana horror yang ingin disampaikan


(+) (-) dari film animasi “Toshi Densetsu Monogatari Hikiko”

(+)
Ceritanya bagus, seram dan menegangkan
Hantunya seram, dari penampilannya dan suaranya
backsoundnya pas, tidak lebay

(-)
Gambar visualnya kurang menarik, pergerakannya kaku dan warnanya terlalu gelap


Secara keseluruhan, aku merekomendasikan film ini pada kalian semua penggemar horror, terutama penggemar urban legend Jepang... karena ceritanya cukup seram walaupun gambarnya kurang menarik hehe

Awalnya aku sempat mengira kalo cerita Hikiko ini berkaitan dengan Hanako, hantu penunggu toilet sekolah... karena penampilan Satoko, anak yang dibully... begitu mirip dengan Hanako...

Menurut cerita kan, Hanako juga seorang anak yang dibully, dia meninggal di toilet sekolah dan arwahnya penasaran.... Jadi aku mengira kalo cerita Hikiko hampir sama dengan Hanako, tapi ternyata beda hahaha

Yah~ sebagai penutup, jika kalian benar2 menyukai hal semacam ini.... silahkan download dan nonton sendiri, lebih seru lagi kalo nontonnya pas tengah malam dan ditonton sendirian hehe

Tapi jika kalian menontonnya di kamar, tengah malam... dan pintu kamar kalian ada yang mengetuk hampir didobrak secara tidak wajar... aku gak mau tanggung jawab lho ya XP

DOWNLOAD? “Toshi Densetsu Monogatari Hikiko” sub Indonesia?
KLIK !!


Ditulis oleh : Brilian K
Like! / Aad! / Follow!


JANGAN COPAS TANPA CR dari Kagura Sohma Blog!





5 komentar:

Dina Sectio mengatakan...

Udah pernah nonton animasi ini, Bril. Tapi alhamdulillah deh udah dibikin review. :3 Saran selanjutnya bikin review lagi dong, soalnya banyak animasi horror nun jauh disana...

Brili - Kagura mengatakan...

iya memang banyak animasi horror, tapi kebanyakan g tau bhsnya, no sub hehehe
btw thanks dan baca

Dilsa firli mengatakan...

Keren~!!
Aku suka :3

ghighe mengatakan...

Pernah nonton dulu ini animasi, memang lumayan serem sih, cuma sayang pergerakannya kaku. Endingnya juga waahh banget, ga disangka2 ternyata dia.......hehe

dicky avengedsevenfoldism mengatakan...

Jadi kisaki itu satoshi, dan satoshi itu kisaki. Bener" ending yang bikin melongo :D di endingnya si satoshi ngelihat hikiko bawa 2 teman + gurunya?? Apakah akan terulang lagi kisah ceritanya??

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............