Minky Momo : Dark Theory

On Jumat, 24 Juli 2015 4 komentar




Love love Minky Momo~
Cobalah kau dengarkan
Love love Minky Momo~
Yang ada di hatiku



Minky Momo adalah salah satu anime yang sering kutonton saat aku masih kecil… anime itu ditayangkan beberapa kali di salah satu stasiun tv sampai episode terakhir

Minky Momo menceritakan tentang anak kecil berambut pink yang bisa berubah menjadi wanita dewasa dengan menggunakan sihirnya~ 

Momo berasal dari Vinarina~ itu adalah sebuah negeri impian yang dihuni oleh makhuk2 dari dongeng… Momo diturunkan ke bumi untuk menyelamatkan negerinya yang terancam lenyap, dengan cara mengumpulkan sihir dari mimpi dan harapan manusia… sihir itu digunakan sebagai sumber kehidupan di negeri Vinarina 



Bagaimanapun juga~ Minky Momo sudah dikenal sebagai salah satu anime yang melegenda di Jepang sana… tapi ada sesuatu yang buruk tentang episode terakhir Minky Momo…

Aku menontonnya saat masih kecil~ aku tidak ingat tentang apa itu… hanya saja aku tau bahwa rasanya~ kepalaku seperti ditimpa batu yang sangat berat~ saat menonton episode terakhirnya… ada perasaan trauma tersendiri~

Karena itulah saat aku menonton episode terakhir Minky Momo, untuk kedua kalinya~ di stasiun tv yang sama… perasaanku menjadi sangat buruk… sebenarnya aku ingin menghindarinya~ tapi aku nekat menontonnya

Sekarang setelah aku dewasa~ aku mulai melupakan Minky Momo dan melupakan tentang episode terakhir yang membuatku trauma itu



Suatu hari~ aku tidak sengaja menemukan sebuah artikel di internet yang menceritakan tentang episode terakhir Minky Momo…. saat aku mulai membacanya, aku masih tidak ingat bahwa dulu~ saat aku masih kecil, aku sempat ketakutan menonton episode terakhir itu

Aku terus membacanya~ dan mendalami artikel itu… mataku yang tadinya biasa saja, mulai membuka lebih lebar~~ terkejut! rasanya bagaikan disambar petir… aku mulai mengingat tentang episode terakhir Minky Momo!

Aku juga mengingatnya! kenapa perasaanku begitu berat, saat aku mengingat-ingat episode terakhir Minky Momo… awalnya aku hanya ingat akan ada pelangi *atau semacamnya yang menghubungkan negeri Vinarina dan bumi… harusnya ini akhir yang bahagia kan? tapi kenapa perasaanku begitu sedih saat berusaha mengingat-ingatnya?



Momo mati!!

Itu adalah jawabannya! jawaban kenapa episode terakhir ini… membuatku trauma dan sedih~ akhirnya aku mengingatnya!

Flashback ke masa kecilku, saat aku menonton episode terakhir Minky Momo

Saat itu~ Momo terpaksa menjadi anak biasa karena kalung sihirnya pecah…dia sekolah, bermain dan melakukan hal “biasa” seperti yang anak-anak lain lakukan

Suatu hari saat Momo bermain di taman~ dia melihat sekumpulan anak yang bermain baseball… salah satu anak memukul bolanya terlalu keras dan bola itu melewati pagar

“Hei, bisa kah kau mengambil bolanya?”  tanya salah satu anak

“Oke” Momo meyetujuinya~

Bola itu menggelinding sampai ke jalan raya… saat Momo mengambilnya~ tiba-tiba ada mobil yang menuju ke arahnya~ tapi ternyata itu hanyalah mobil mainan yang dinaiki anak kecil

“Kakak, itu berbahaya! minggirlah” kata anak kecil, yang hampir saja menabrak Momo



Tidak lama setelah itu, ada truk besar yang berbelok secara tiba-tiba menuju ke arah anak kecil yang menaiki mobil mainan tadi… lajunya kencang sekali~ sopir truk langsung banting setir untuk menghindari tabrakan

Tapi truk itu malah menuju ke arah Momo… dan tabrakan pun tidak bisa dihindari, ini adalah bagian yang paling menyeramkan dari semua episode Minky Momo yang pernah kutonton

Saat truk itu menabrak Momo~ hanya bayangan Momo saja yang diperlihatkan… bayangan Momo dilindas oleh bayangan truk itu… dan dibagian itu, adalah bagian yang hening… tidak ada suara! suara backsound, suara truk, suara jeritan Momo semuanya dihilangkan!... seakan waktu benar2 berhenti

Aku yang waktu itu masih kecil saat menonton adegan tragis tsb… benar2 merasa campur aduk!... apalagi saat bayangan Momo dilindas oleh bayangan truk… sebuah adegan sadis yang hanya ditunjukkan lewat siluet… anak kecil sepertiku~ dipaksa melihat hal itu?



Apa yang terjadi saat itu? bagaimana cara Momo tertabrak truk? apakah tubuhnya utuh? apakah tubuhnya hancur?... apakah dia langsung meninggal di tempat? tapi kenapa harus secepat itu?... banyak pertanyaan yang muncul di dalam kepalaku, saat menonton adengan tragis itu~

Truk yang menabrak Momo… selanjutnya menabrak pohon dan oleng…. semua barang bawaan truk keluar dari kardus saat truk itu oleng… ternyata truk itu mengangkut mainan anak-anak

Diperlihatkan sebuah adegan saat beberapa mainan anak-anak terjatuh… ada boneka yang jatuh dengan benturan keras, boneka dengan skrup pemutar bergerak-gerak sendiri akibat terkena benturan keras, mainan kereta api juga bergerak, jack in the box keluar dari kotaknya karena terkena benturan keras… dan saat semua mainan itu berjatuhan~ suara mobil ambulans terdengar sebagai backsoundnya… benar-benar mengerikan!

Kenapa? truk yang menabrak anak kecil, harus truk yang mengangkut mainan anak-anak?... dan kenapa saat semua mainan itu jatuh, harus diiringi dengan suara mobil ambulans?… ini mengerikan! dan sangat mengganggu… 

Mungkin pengarangnya sengaja melakukan hal ini… untuk menyampaikan sebuah pesan~ tentang kematian Momo yang tragis… mainan adalah simbol dari dunia anak-anak yang cerita… jatuhnya mainan anak-anak itu digambarkan sebagai berakhirnya harapan Momo untuk menikmati kehidupan anak2 yang ceria karena dia sudah meninggal



Sebuah mainan mobil-mobilan ambulans… yang menyala akibat benturan, bergerak menghampiri… sebuah benda yang berwarna pink *kurasa itu berasal dari tas Momo… benda itu benar2 retak dan rusak parah… menggambarkan keadaan Momo yang mungkin “mengenaskan” setelah ditabrak oleh truk itu

Adegan selanjutnya lebih menguras air mata… papa dan mama Momo berdiri di depan makam Momo… hewan-hewan peliharaan Momo juga ada di sana~ mereka sedih dengan kepergian Momo yang mendadak… Raja dan Ratu di negeri Vinarina juga sangat berduka atas kepergian Momo untuk selamanya


 
Singkat cerita~ setelah Momo meninggal… mama hamil dan melahirkan anak perempuan yang mirip dengan Momo… papa dan mama sepakat untuk menamainya “Momo”

Bayi Momo yang saat itu ditidurkan di dekat jendela~ memandangi langit biru yang terlihat dari sana… dan membayangkan bahwa negeri Vinarina~ akan mendekat ke bumi lagi dan tidak lenyap

Ini adalah ending yang cukup ambigu~ tentang negeri Vinarina yang kembali ke bumi, apakah itu kenyataan atau hanya imajinasi dan harapan dari Momo, yang saat itu telah dilahirkan kembali sebagai bayi?

Di adegan selanjutnya~~ diperlihatkan bahwa negeri Vinarina… mendekat kembali ke bumi, semua orang2 di bumi menyambut kedatangannya… adegan ini diiringi dengan backsong yang mengharukan

Papa dan mama Momo melihatnya dari balkon, ternyata mereka berdua sudah tua… terlihat keriput di wajah keduanya…ini berarti kejadian tsb terjadi beberapa tahun setelah kelahiran bayi Momo

Lalu muncul tangga ajaib dari negeri Vinarina menuju ke rumah Momo… Momo yang saat itu sudah dewasa keluar dari rumahnya bersama dengan hewan peliharaannya dan menaiki tangga itu menuju negeri Vinarina



Momo pun mendapatkan tongkat sihirnya lagi… dia mengubah dirinya kembali menjadi anak-anak di usia saat Momo meninggal... Momo membuka pintu gerbang Vinarina~ melepaskan semua makhluk2 sihir dan makhluk dongeng… kuda poni, peri, putri, duyung, kelinci, ufo dan semuanya~ berhamburan keluar ke bumi menemui semua orang2

Mama dan Papa Momo yang sudah tua pun… diberikan sihir dan berubah menjadi lebih muda… Raja dan Ratu dari negeri Vinarina menemui papa mama dan saling mengobrol~ seperti sudah lama saling kenal

Dan kisah ini berakhir dengan bahagia~ seharusnya... seperti yang ada di dalam ingatanku… tapi kurasa tidak sepenuhnya begitu

Karena masih ada adegan selanjutnya… yang membuat orang bertanya-tanya… tentang akhir sesungguhnya dari kisah ini

Diperlihatkan bayi Momo di adegan selanjutnya… Momo masih tertidur di tempat yang sama seperti sebelumnya~ saat bayi Momo menatap langit dari jendela… dan film pun berakhir~



Ini menimbulkan pertanyaan… apakah saat negeri Vinarina berdekatan dengan bumi~ itu hanya bagian mimpi dari bayi Momo??

Mengingat~~ itu hanya rentetan adegan tanpa dialog yang diiringi dengan backsound mengharukan seperti sebuah mimpi indah… jika itu hanya bagian dari mimpi Momo~ maka cerita ini benar2 berakhir dengan sedih kan??

Dan kenapa di bagian itu~ Momo yang sudah dewasa, menyihir kembali dirinya dan orang tuanya menjadi lebih muda?? seperti mengisyaratkan sebuah pesan yang menyedihkan

Mungkin karena menjadi dewasa itu menyebalkan~ apakah itu yang membuat Momo menyihir dirinya kembali ke dalam wujud anak-anak… atau~~

Momo yang dewasa dan Momo yang anak2 itu… adalah dua orang yang berbeda? maksudku Momo yang dewasa adalah bayi Momo yang telah tumbuh menjadi dewasa…. dan Momo yang anak-anak adalah Momo yang sama dengan Momo yang mati tertabrak truk itu… 



Pengarangnya menyelipkan adegan tentang kebangkitan negeri Vinarina itu… dan mengubah Momo menjadi kecil lagi… mungkin sebagai wujud penghormatan untuk Momo yang dikisahkan mati dengan tragis

Momo kembali berkumpul dengan keluarganya dan teman2nya bukan? menurutku itu sebuah pesan yang mengatakan bahwa Momo hidup lagi dan melanjutkan hari-harinya sebagai seorang anak yang ceria… yah mungkin itu yang sesungguhnya diharapkan oleh pengarangnya 

Tapi entah apa yang terjadi? kenapa mereka memasukkan adegan kematian yang tragis di anime anak-anak?… maksudku ini agak aneh! Minky Momo adalah anime dengan bahasa anak-anak… bahkan saat aku masih anak-anak pun… aku menilai bahwa anime ini sangat kekanak-kanakan

Jika dibandingkan dengan Creamy Mami… cerita di anime Creamy Mami lebih remaja~ dibumbui dengan persaingan dan percintaan… sedangkan cerita di Minky Momo~ murni cerita anak-anak yang menjual imajinasi, mimpi, harapan, keceriaan dan hal2 lucu



Ini benar2 cerita anak-anak… yang membuat anak-anak kecil yang menontonnya~ memimpikan akan jadi apa saat dewasa nanti… seperti Momo yang bisa berubah menjadi wanita dewasa yang cantik dengan berbagai profesi… setidaknya itu membuat anak2 membuka pikiran mereka~ tentang cita2 di masa depan nanti

Seperti di lirik lagunya :

Ingin menjadi apa? setelah dewasa~
Ingin menjadi apa? tak terbayangkan~
Dreaming semoga mimpiku jadi nyata



Jadi aku benar2 tidak menyangka bahwa Momo akan mati di akhir cerita… aku sangat kaget saat itu terjadi~ benar2 tidak terduga!… sampai aku trauma untuk menonton lagi~ kurasa sesuatu yang seperti itu… tidak seharusnya muncul di anime yang kanak2 seperti ini~~ sampai sekarangpun aku masih bertanya-tanya... kenapa Momo harus diceritakan mati?

Memang ini sebuah akhir cerita yang menyedihkan dan menguras air mata… tapi bagiku~ ini lebih membuatku trauma daripada sedih… seperti sebuah teror~ yang ada di masa kecil dan masih terbawa sampai dewasa



Dark Theory

Baru-baru ini aku menemukan video yang menarik di internet… itu adalah video acara tv Jepang yang membahas tentang “Urban Legend”…. salah satu episode di acara itu membahas “Urban Legend” tentang anime… rumor gelap di balik sebuah anime

Dan salah satu anime yang dibahas adalah Minky Momo~

Konon katanya~ episode Minky Momo yang kuceritakan di atas *episode 46… entah bagaimana caranya, terkait dengan terjadinya gempa bumi di Jepang



Kasus pertama terjadi pada tahun 1983 ketika episode itu ditayangkan… sebuah peringatan muncul~ menginformasikan bahwa gempa ringan telah melanda wilayah Kanto

Selama penayangan episode terakhir~ akhir tahun itu…. Gempa Laut Jepang melanda Negara Jepang dan menewaskan 104 orang

Kemudian saat  episode terakhir itu kembali ditayangkan pada tanggal  17 Januari 1995~ terjadilah Gempa Besar Hanshin yang jauh lebih mematikan



Gempa terjadi di Osaka dan Kobe~ ketika tv Osaka menyiarkan Minky Momo dan ketika stasiun tv hanya menyiarkan Minky Momo~ 4 gempa bumi terjadi

Pertanyaannya… kenapa hal itu bisa terjadi??

Kata “Momo” yang berarti peach/ buah persik… dipercaya sebagai kata yang membawa kesialan~ ada beberapa orang yang mempercayai hal ini… kata Momo di Minky Momo mengakses dunia gelap, membawa kesialan dan menyebabkan terjadinya gempa… 

Yah ini memang terdengar agak konyol…. tapi cerita ini belum berakhir~ mungkin cerita selanjutnya akan membuatmu lebih merinding lagi

Ada sebuah produk minuman di Jepang yang bernama Momo no Tennen Sui (Peach Natural Water)~ minuman dengan rasa buah persik



Kebanyakan aktris~ mendapat ketidakberuntungan setelah menjadi bintang iklan minuman Momo no Tennen Sui~

Tomomi KAHARA mendapat kesulitan dalam hubungan percintaannya


 
Rei Yoshida menjadi sakit leukemia



Ayumi Hamasaki mendapat masalah dengan pendengarannya
 


Saat kata Momo digunakan mereka menjadi tidak beruntung~~ kata itu mengerikan… apakah itu semua hanya kebetulan semata?

Bagaimana denganmu? apakah kamu percaya pada rumor itu? 

Entah itu benar atau tidak… tapi kurasa rumor tentang episode terakhir Minky Momo~ sedikit menjawab rasa penasaranku… kenapa saat aku menontonnya, ada perasaan yang tidak wajar~~




Ditulis oleh Brilian K

JANGAN COPAS TANPA CR dari Kagura Sohma Blog!


 

4 komentar:

ijoitem1327 mengatakan...

huahhhh.. aku seumur-umur gak tau ending momo kaya apa. huaaahhh you're comeback didunia bloggers.. huaaaahhh..

Anonim mengatakan...

itu di tayangin di spacetoon tapi aku ga lihat bagian momo di tabrak truk trus yang paling aku ingat waktu ada putri es yang jatuh cinta sama seorang pria dan diadegan putri es dan pria di rumah pria , putri ditawari cokelat panas tapi dia tolak kerena takut meleh pas mau bilang ke prianya tantang itu.... kalo ga salah prianya maksa dia minum tapi di minum atau tumpah aku lupa tiba tiba putrinya meleleh kan kerena kena coklat panas itu ....
dan itu sumpah aku takut banget dan masih ingat sampe sekarang, bikin trauma banget...

Michella mengatakan...

Paling inget sama episode waktu momo menjelma jadi putri dan dia ketemu sama pangeran Luxemburg di kapal pesiar. Dan udah 13 tahunan dari episode itu ditayangkan sampai sekarang saya masih ingat jelas ceritanya soalnya pas itu keren banget 😄😄

Frilia Zaskia mengatakan...

Kalo nggak salah ada Minky Momo yang season berikutnya... ya karakternya masih sm, ttap Momo tp bukan dr (apalh nama negrinya itu) tp dr (apalah namanya. Nggk tw >_< lupa)...

Dlm season itu dimunculkn Momo versi manusia biasa, yg well... nyaris mati jg, krn ditabrak mobil tp nggk terjadi (plus dlm season berikutnya dimunculkn jg pertemuan dua Momo)..

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............