Video Penampakan Hantu Jepang

On Selasa, 28 Juli 2015 1 komentar


Sejak aku mengenal Youtube… aku suka melihat video penampakan hantu~ entah itu hantu dari Indonesia, hantu barat, luar negeri… hampir semuanya aku tonton, soalnya aku penasaran~ seserem apa dan seasli apa penampakan yang terekam

Aku sadar bahwa sebagian besar dari video2 itu adalah fake alias palsu~ tapi tetap saja aku tonton karena aku suka hal2 horror

Pertama aku melihat video penampakan hantu Indonesia~ ternyata cuma itu2 saja hantunya… udah familiar jadi gak seru hahaha~ 

Apalagi video acara uji nyali… itu sudah terlalu membosankan! Eh tapi ada video penampakan hantu Ind yang membuatku merinding… yaitu tentang penampakan yang tidak sengaja terekam di acara tv *film dan iklan~ yah walaupun aku tidak tau itu asli atau tidak

Lalu aku beralih menonton video penampakan hantu barat~ kalo yang ini kebanyakan hanya fenomena  Poltergeist… dan kalopun ada penampakan~ hantunya terlihat seperti hantu di film2 horror barat… mengagetkan memang~ tapi aku kurang suka dengan hantu barat… paling adegan yang muncul cuma itu2 saja

Satu2nya video penampakan hantu yang paling membuatku betah~ saat menontonnya adalah video penampakan hantu Jepang~~ atau China atau Korea haha… soalnya itu serem dan di mana hantunya menampakan diri~ kadang tidak tertebak… walaupun videonya belum tentu asli~ tapi paling tidak bisa menghibur lah~

Dan video penampakan hantu Jepang lah yang paling banyak diupload di youtube… jadi akhirnya aku suka melihatnya… 
 


Jika kalian mengetik kata kunci : “penampakan hantu jepang” atau “Japanese ghost video” maka kalian akan menemukan video2 yang biasa aku tonton

Itu adalah potongan2 video amatir yang digabungkan menjadi satu video berdurasi 30 menit sampai 1 jam di youtube

Orang Jepang itu~ kadang memang agak narsis… ada momen apa~ direkam… entah itu acara ulangtahun, makan2, nyanyi2, nongkrong2, jalan2, jalan2 naik mobil, liburan, kegiatan sehari2 bareng temen, keluarga dll… semuanya direkam

Dan apesnya~ ada makhluk2 tak kasat mata yang tidak sengaja terekam di video

Di Jepang ada sebuah acara tv horror yang menayangkan~ kumpulan video2 amatir yang tidak sengaja merekam penampakan hantu … nama acaranya adalah世界 の 恐怖 映像 (Sekai no kyōfu eizō) atau Dunia Video Horror

Dan kebanyakan video penampakan hantu Jepang yang ada di Youtube, berasal dari acara itu… kebanyakan juga tanpa terjemahan (T_T) 

Ini contohnya~
 


Saat video ditayangkan~ narator akan berbicara dengan nada “horror” sayangnya aku tidak tau dia ngomong apa

Dan videopun dimulai… kebanyakan orang yang ada di dalam video~ wajahnya disensor… suaranya juga disamarkan… seperti di acara investigasi itu loh~ :P

Ini yang membuatku merasa tidak nyaman saat menonton videonya… soalnya melihat sensoran yang kotak2 itu membuat kepalaku pusing… apalagi aku tidak tau mereka ngomong apa~ tambah pusing lah aku XD

Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa wajanya harus disensor?  itu kan gak porno~ hahaha… menurutku karena orang Jepang itu~ sangat peduli dengan privasi, lagipula itu kan awalnya video dokumentasi pribadi… karena ada penampakan saja, jadi dikirim ke acara tv~ ya wajar saja mereka minta agar wajahnya disensor, karena alasan privasi

Alasan ke dua… mungkin karena orang2 yang percaya hal2 gituan dianggap konyol di Jepang… kalo mereka mengirimkan video ke acara tv… berarti mereka percaya pada hal itu, dan mungkin karena takut dibully~ mereka minta agar wajahnya disensor

Tapi tenang saja… walaupun banyak sensoran gak jelas di dalam videonya~ yang penting hantu nya gak disensor hahaha #yaiyalah

Soalnya waktu itu… aku nonton video penampakan hantu di On the Spot… hantunya malah disensor, orangnya gak disensor… kan aneh? Hahaha…hantu bungkus juga disensor~ malah dikira apaan… panjang2 loncat2 XD

Kembali ke video penampakan hantu Jepang!! saat video berjalan… kadang aku bisa melihat dimana penampakan muncul, dan sialnya… penampakannya sering mengagetkan!

Tapi kadang video sudah berjalan sampai selesai… dan aku masih tidak bisa menyadari di mana penampakan itu muncul~ *yang ini lebih menakutkan

Jika itu terjadi~ aku akan sangat antusias melihat bagian replay di akhir video… bagian itu memperlihatkan *secara lambat TKP (Tempat Kejadian Penampakan)… dan aku selalu merinding saat mengetahui di mana penampakan itu muncul (~_~)

Acara tv Jepang 世界 の 恐怖 映像 (Sekai no kyōfu eizō)… sering mengundang beberapa selebriti Jepang~ mereka diminta untuk melihat rekaman video2 itu… ekspresi terkejut dan ketakutan dari mereka saat melihat video~~ ditayangkan di bagian pojok video… aku suka melihat ekspresi mereka haha

Biasanya acara tv itu, juga mengurutkan video2 yang ditayangkan~ diurutkan dari no besar ke no kecil, dan video yang ada di urutan ke 1 lah yang dinilai paling menakutkan
 
 

Lalu penampakan apa? yang sering terlihat di video penampakan hantu Jepang??

Sampai sekarang~ sudah puluhan kali aku melihat video semacam itu… dan menurut yang aku lihat, kebanyakan video itu~ menampilkan alur cerita yang sama… misalnya hantu itu muncul di tempat sejenis, hantunya sejenis *berambut panjang dan pakai baju putih atau hantunya berupa bayangan kadang juga transparan

Selain hantu perempuan yang sejenis dengan Sadako, hantu lainnya yang sering menampakan diri di dalam video2 itu adalah sesosok kepala yang muncul di tempat tak lazim *kalo yang ini kepalanya mempunyai wajah yang beda2… kadang kepala perempuan, laki-laki, anak2, atau kepala dengan wajah abstrak menyeramkan

Dan itu ngagetin bro! bayangkan saja…. tiba2 nongol kepala berwajah asing di kolom meja, di dalam lemari, di balik pintu atau jendela… kadang mereka juga terekam dengan ekspresi yang beda2…ada yang tertawa nyengir, melotot, sedih, ada juga yang tanpa ekspresi…  ini serem!

Terus ada juga kan? hantu yang berupa bayangan hitam… tapi karena wajahnya gak kelihatan jadi tidak terlalu serem… yang lebih serem adalah hantu yang transparan~ soalnya walaupun transparan… tapi bagian2 tubuhnya tetap kelihatan

Aku paling parno kalo hantu yang transparan itu hanya terlihat bagian tertentu di dalam video… misalnya bagian tangan, telapak tangan, atau kaki… soalnya aku juga pernah mengalami kejadian yang sama~ saat aku merekam video di kamar, ada penampakan tangan yang muncul... benar2 membuatku trauma! jika melihat hal yang sejenis!!

Hantu lain yang menakutkan~ yang beberapakali terlihat di dalam video adalah… hantu yang penampakannya sangat dekat dengan kamera…. yang paling sering muncul adalah sesosok wajah… entah apa yang terjadi~ ada wajah yang muncul di menit tertentu di video, wajah itu transparan… dan seramnya~ wajah itu memenuhi setengah atau seperempat bagian dari layar video… bukankah~ itu berarti penampakannya sangat dekat dengan kamera??

Penampakan lainnya juga ada yang berupa asap, tapi yang ini tidak terlalu seram~
 
 

Penampakan hantu yang terekam di cctv~ di dalam ruangan atau di luar… misalnya di jalan raya~ juga sering terekam… 

Biasanya mobil di Jepang itu kan~ dipasangi semacam cctv… dan saat mengemudi di malam hari… cctv yang diletakkan di bagian depan mobil, merekam hal2 ganjil~ yang sering terjadi adalah ada sosok misterius yang tembus saat tertabrak mobil

Di Jepang~ juga banyak bangunan kosong yang ditinggalkan pemiliknya begitu saja… sekelompok orang2 Jepang yang suka dengan hal2 gaib, sering iseng menjelajahi bangunan2 kosong itu… dan biasanya mereka mendokumentasikan video saat melakukan penjelajahan itu… tak jarang juga mereka berhasil menangkap sosok penampakan makhluk gaib

Saat penampakan terekam, memang ada yang langsung menyadarinya… biasanya mereka langsung lari… tapi ada juga yang~ setelah videonya selesai direkam, lalu di play… penampakan tersebut baru kelihatan… padahal di dalam video penampakannya terlihat sangat jelas~~ 

Aku dulu juga begitu~ aku tidak sadar ada penampakan saat proses merekam… di video memang tidak terlihat penampakan *saat proses perekaman… setelah proses merekam selasai, dan video di play… pemampakan baru terlihat

Aku tidak mungkin bohong atau berhalusinasi~ karena aku merekam penampakan itu 2x di 2 video yang berbeda

Yah~ kelihatannya memang sangat menyeramkan jika membicarakan video penampakan hantu… tapi aku tidak percaya 100% bahwa semua video yang ditayangkan di acara世界 の 恐怖 映像 (Sekai no kyōfu eizō) itu asli

Soalnya kebanyakan video memperlihatkan penampakan hantu yang terlihat seperti editan, seperti gambar yang ditempel… karena penampakan2 tsb mempunyai kontras yang sangat berbeda dari gambar video… dan beberapa hantu di video lainnya~ hanya terlihat seperti orang yang memakai kostum hantu

Walaupun aku bukan orang yang ahli di bidang edit2 video atau di bidang spiritual… paling tidak aku bisa merasakan mana yang sekiranya asli dan palsu… ya~ pakai feeling saja hehe

Lagipula~ aku pernah mengalami kejadian itu… dua kali hantu tangan terekam di videoku~ aku juga mengamati penampakan hantu tangan itu~ setidaknya aku tau ciri2nya… sedikit sih~ aku tau tentang warna dan gerakannya yang khas *tidak terlalu cepat atau lambat 

Dan dari puluhan~ atau bahkan ratusan video penampakan hantu Jepang yang sudah kulihat di youtube… ada beberapa video yang paling menakutkan, paling berkesan sehingga sulit dilupakan

Mungkin beberapa~ aku sudah tidak bisa menemukan video itu di youtube, tapi setidaknya aku bisa menceritakannya di sini

Jadi~ apakah kalian siap untuk membaca ceritaku?? aku akan mulai bercerita!
 

#1

Seorang anak kecil sedang bermain dengan orang dewasa *mungkin ibunya… anak itu tertawa berlarian ke sana kemari, berlari berputar-putar… ibunya merekamnya saat anak itu berlari berputar-putar

Anak itu~ lalu berlari menuju ruang lainnya… kamera merekam saat anak itu berlari menjauh menuju ruangan itu~

Saat sampai di ruangan tsb… anak yang awalnya sangat aktif itu~ tiba2 berdiri diam mematung melihat ke arah samping kanannya

Ibunya tetap merekam anak itu~ tapi dari jauh, dari ruang yang pertama tadi… di video terekam ada sosok aneh, berwarna putih yang menghampiri anak tsb… anak itu berhenti dari larinya, karena melihat sosok itu

Ibunya mungkin menyadari bahwa ada hal ganjil yang terjadi… jadi dia mendekati anak itu, dan kamera tetap merekam saat2 itu

Saat didekati… sosok itu~ cepat2 menarik dirinya di balik pintu~ dan menghilang

Ibu itu cepat2 mengambil gambar di tempat sosok aneh itu muncul dan tiba2 menghilang… tapi~ tidak ada apa2 di sana

Saat video diperlambat~ ternyata sosok aneh berwarna putih itu adalah tangan yang terlihat dari lengan sampai telapak tangan… ada 2 pasang tangan!! yang satu terlihat seperti tangan orang dewasa, yang satunya lagi terlihat seperti tangan anak kecil… tangan2 itu berusaha memegangi/menggandeng kedua tangan anak kecil yang berlarian tadi!!!
 
 


#2

Sedikitnya ada tiga orang~ yang berada di sekitar bangunan bertingkat yang mirip apartemen… satu perempuan, satu laki-laki, satunya lagi adalah orang yang memegang kamera

Entah karena apa? yang laki-laki memutuskan untuk masuk ke dalam bangunan itu, dan naik ke atapnya

Setelah sampai di atap… dia melambai-lambai ke arah teman2nya yang ada di bawah… kejadian ini direkam oleh salah satu temannya~ dan sesuatu yang aneh terlihat

Ada sesosok orang di dekat laki-laki itu yang ikut-ikutan melambaikan tangannya… tapi ada yang aneh… tubuhnya terlihat hitam semua… padahal laki-laki tadi tubuhnya terlihat jelas dari bawah, di kamera juga terlihat… tapi sosok aneh di dekatnya terlihat hitam semua
 
 

Teman2 yang ada di bawah~ terlihat bertanya-tanya… siapa itu yang ada di dekatnya? 

Sosok hitam itu terlihat melambaikan tangan… dan tangannya memegangi bahkan bergelantung di bagian pagar yang ada di atap… lalu kamera menyorot ke arah perempuan, salah satu teman laki2 itu~ yang dari tadi menatap ke atas dengan heran…. 

Saat kamera kembali menyorot ke arah atap…hal yang lebih mengagetkan terjadi… tiba2 sosok hitam aneh itu terlihat banyak sekali di atap… ada yang berdiri, ada yang bersandar di pagar dan tampaknya laki2 yang berada di atap itu, sama sekali tidak menyadari kehadiran sosok tsb
 
 

Seketika saat itu juga perempuan dan orang yang membawa kamera berlari… meniggalkan laki2 itu sendirian di atap


#3

Seseorang merekam balita yang sedang latihan berjalan menggunakan baby walkernya… anak itu berjalan kesana-kemari di dalam sebuah ruangan

Saat balita tsb sedang diam di salah satu sudut ruangan, orang itu tetap merekam tingkah laku balita yang menggemaskan tsb

Dan di balik pintu ruangan itu~ ternyata terekam sesosok kepala dengan wajah menakutkan seperti ini :
 

 
#4

Sekelompok remaja sedang mengadakan pesta ulang tahun untuk salah satu teman perempuan… dan mereka merekam pesta itu~

Saat lilin di kue ulang tahun dinyalakan~ mereka mematikan lampu ruangan… lalu anak perempuan itu meniup lilinnya… tentu saja ruangan menjadi gelap gulita~

Saat anak perempuan itu meniup lilin~ salah satu temannya memotretnya dan teman yang lainnya merekam kejadian itu dengan video… saat temannya itu mulai memotret dengan lampu flash… otomatis ruangan yang tadinya gelap menjadi terang selama beberapa detik… dan hal itu terekam di dalam video

Setelah selesai difoto, semua orang mulai bersorak dan bertepuk tangan~ lalu lampu ruangan kembali dinyalakan

Apa yang terekam di dalam video?

Saat cahaya dari lampu flash menyala… terlihat sesosok perempuan pucat duduk di sebelah anak perempuan yang sedang berulang tahun... lalu ruangan kembali gelap saat lilin ditiup… tapi sosok aneh itu tetap di sana… salah satu tangannya bergerak perlahan berusaha menyentuh wajah anak perempuan yang berulang tahun itu

Sosok itu masih bisa terlihat di ruangan gelap karena lilin yang tadi ditiup~ belum mati semua… jadi cahaya dari lilin yang tersisa… masih menerangi ruangan 

Dan yang terlihat adalah~

Saat lampu flash menyala
 
 

Saat sebagian lilin ditiup~
 
 

#5

2 orang artis Jepang *aku tidak tau siapa namanya… tampak sedang melakukan uji nyali di kuil boneka… itu adalah kuil untuk menitipkan boneka yang sudah “dibuang” atau tidak terpakai… di Jepang ada kepercayaan bahwa boneka  tidak boleh dibuang sembarangan… karena roh yang mendiami boneka itu tidak akan tenang… jadi boneka harus dititipkan di kuil

2 artis itu~ ditempatkan di sebuah ruangan yang berisi banyak boneka tradisional Jepang

Saat salah satu artis perempuan menjerit ketakutan~ ternyata ada satu boneka yang tampak bereaksi yaitu dengan menggerakkan tangan dan kakinya

Boneka itu bergerak! dan boneka yang ditandai inilah yang dimaksud~
 
 

#6

3 orang remaja sedang merekam video di pinggir rel kereta api… mereka terdiri dari 2 laki-laki dan satu perempuan

Saat ada kereta yang melintas~ mereka merekamnya… sampai kereta itu selesai melintas… tapi salah satu remaja yang memegang kamera~ menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh

Dia bilang kepada kedua temannya bahwa… saat kereta api itu melintas~ dia melihat ada 3 orang di seberang perlintasan kereta api… yang ada di depan mereka, tepat di seberang mereka… mereka tampak menunggu kereta itu melintas agar bisa lewat dan menyeberangi perlintasan KA itu

Anak yang memegang kamera itu~ mengaku melihat mereka dari celah2 gerbong kereta api… saat kereta itu melintas… tapi saat kereta itu selesai melintas.. ke 3 sosok tersebut hilang

Ke dua temannya yang mendengarkan cerita itu… langsung ketakutan... mereka mundur dari tempat itu… dan akhirnya mereka bertiga berlari meninggalkan tempat itu

Setelah video diputar dengan diperlambat… ketiga sosok aneh yang berada di seberang rel, terekam kamera… dan yang lebih membuat merinding adalah~~ ketiga sosok gaib tersebut sangat mirip dengan ketiga remaja yang merekam video tadi… bahkan pakaiannya pun sama
 
 

#7

Dua orang~ satu perempuan, satu laki-laki… sedang menyalakan kembang api di sebuah lahan yang kosong… mereka berdua terlihat senang memainkan kembang api

Di tengah kesenangan itu~ tiba2 terdengar suara batu yang dilempar~ yang laki-laki berusaha mencari suara itu… dia mengarahkan kameranya ke sumber suara… sebenarnya~ ada sosok putih yang terekam di kamera… tapi laki2 itu tampaknya tidak menyadarinya
 
 

Mereka berdua pun kembali bermain kembang api~ sampai ada suara seseorang yang berbicara… keduanya pun berhenti bermain kembang api… yang laki2 penasarn dengan suara itu, jadi dia mengikutinya… sampai dia masuk ke dalam kebun atau mungkin hutan

Hal yang mengejutkan terjadi… laki-laki itupun menemukan sesosok perempuan yang menyeramkan tergeletak di tengah2 kebun itu~ ternyata itu adalah mayat! *sumpah aku merinding banget di bagian ini, wajah mayat itu tidak disensor! seram!... tubuhnya penuh dengan luka2 tusukan benda tajam
 
 

Dan saat video itu kembali diputar~ sosok putih yang terekam kamera~ saat suara batu yang dilempar terdengar… sosok itu ternyata menggerakkan tangannya, dan gerakan tsb merupakan isyarat untuk memanggil

Mungkin itu adalah arwah dari mayat yang ditemukan… dia berusaha memberitahu kepada orang yang ada di video, tentang keberadaan mayatnya 


#8

Video ini tentang festival olahraga di sekolah Jepang… anak-anak sedang lomba lari~ dan saat mereka mendekati garis finish… sesosok wajah asing terekam di kamera
 

 

#9

Aku tidak ingat tempat kejadian ini… mungkin di terowongan atau di gua… ada seseorang yang merekam video saat berjalan melewatinya… saat itu hari sudah malam, jadi suasananya gelap

Seseorang lainnya mungkin sedang memotret dengan menggunakan lampu flash… otomatis tempat yang tadinya gelap tersebut menjadi terang dalam beberapa detik, dan hal itu terekam di video

Video diputar ulang dan dipause di bagian saat lampu fash menyala… ternyata terekam banyak sekali wajah yang menempel di dinding gua saat lampu flash itu menyala #merinding


#10

Kejadian ini, seingatku terjadi di sebuah terowongan… sekelompok orang merekam bagian dinding terowongan dan gambar2 yang menempel di sana… saat itu, ternyata ada sosok anak kecil yang terekam di video

Dia menempel di bagian tubuh belakang~ salah satu orang… jadi orang itu seperti menggendong hantu anak kecil tsb dari belakang


#11

Seorang laki-laki merekam dirinya saat dia sedang tidur di malam hari di kamarnya… mungkin dia melakukan ini karena merasa mendapatkan gangguan dari makhluk gaib di malam sebelumnya

Dan apa yang terlihat di video??

Terlihat sepasang telapak tangan di area lehernya saat laki2 itu tidur… dan tangan2 itu berusaha untuk mencekiknya

Cerita lainnya berasal dari orang yang berbeda… dia juga merekam dirinya saat dia sedang tidur di kamarnya

Di dalam video terlihat~ pintu geser di kamar itu… membuka sendiri, dan sesosok kepala perempuan pun muncul dibaliknya… dia hanya diam di balik pintu

Tapi anehnya… laki2 itu yang awalnya tidur dengan posisi yang tenang~~ berubah menjadi gelisah dan banyak gerak saat sosok itu muncul… saat sosok itu menghilang, laki2 tsb kembali tidur dengan posisi tenang 
 

#12

Video ini, sepertinya terekam dari cctv sebuah kamar… seorang anak perempuan~ memasuki kamar tidur yang terlihat rapi… ada selimut dan seprei yang tertata rapi di atas kasur

Tiba2 selimut di atas kasur itu terlihat aneh… seperti ada sosok yang bergerak di dalamnya… selimutnya bergerak tidak teratur~ 

Dan anak perempuan yang melihat kejadian itupun~ menatap selimut tsb dengan penuh heran… dia penasaran ada apa di balik selimut itu, jadi dia membukanya

Saat selimut dibuka~ ternyata tidak ada apa2 di dalamnya… anak perempuan itu sadar, mungkin itu adalah hantu… jadi dia cepat2 berlari keluar dari kamar tsb


#13

Seseorang sedang merekam pemandangan dari atas sebuah gedung… lalu dia meletakkan kameranya di lantai atap gedung itu… dia menuju bagian tepi dari gedung tersebut, berdiri di sana…. melepaskan sepatunya~ dan meloncat dari atas sana

Yah dia melakukan tindakan bunuh diri… dan dia merekam kejadian itu dengan kameranya… kamera itu pun tertinggal di lantai atap dan tetap merekam gambar… setelah orang itu terjun bunuh diri

Sesosok wajah tiba2 muncul menengok ke arah kamera, yang tergeletak di lantai… wajahnya mirip seperti hantu Sadako

Dan ini adalah kejadian lainnya yang serupa~

Seorang perempuan yang agak gemuk… sedang merekam dirinya sendiri di atas sebuah gedung… dia juga merekam pemandangan yang tampak dari atas sana

Awalnya dia terlihat biasa saja, lalu dia mulai marah-marah… dia pun mendekat ke bagian tepi gedung… mengambil gambar sebentar~ dia terlihat senang berada di sana

Lalu setelah itu~ dia langsung terjun ke bawah… dia juga membawa kameranya saat terjun ke bawah… jadi aku merasa ngeri saat kamera itu mulai mendekat ke tanah dan masih merekam

Saat kamera benar2 terjatuh… kamera mengalami benturan, dan gambarnya menjadi terguncang…. disaat itulah terekam sesosok wajah perempuan yang aneh di video
 


Yah~ itulah beberapa kisah tentang video penampakan hantu Jepang yang kutonton di Youtube dan berhasil membuatku merinding~~
 
 

Aku memang berusaha untuk tidak takut saat melihat video2 tsb…. lagipula kebanyakan video itu terlihat palsu, dan gambar penampakannya terlihat seperti gambar tempelan~

Aku sering berpikir : ah tidak seram! hantunya hanya itu2 saja, ah hantunya editan, ah mana mungkin itu asli

Walaupun begitu~ tetap saja… secara tidak sadar video2 tsb telah terekam di dalam otakku… dan membuatku merasa ketakutan jika berada di tempat sepi atau membuatku ketakutan di malam hari~ jadi tetap saja itu membekas~ walaupun aku bilang kalo aku tidak takut

Jadi bagi kalian yang sudah selesai membaca ini~ selamat untuk mimpi buruk malam ini!! btw terimakasih sudah membaca sampai akhir!! hohoho

Bye bye!!

Ditulis oleh : Brilian K

Follow IG ? KLIK!

JANGAN COPAS TANPA CR dari Kagura Sohma Blog~~!
 
 

1 komentar:

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............