Don't Hug Me I'm Scared + Teori (1-5) #1.

On Rabu, 10 Februari 2016 4 komentar


Pernahkah kalian menonton video di youtube berjudul Don't Hug Me I'm Scared ??... berapa persen keanehan di hidup kalian akan bertambah setelah menonton video itu ya?... video Don't Hug Me I'm Scared (disingkat DHMIS) berada di channel dengan nama yang sama… saat ini DHMIS baru sampai episode 5…. katanya akan ada episode ke-6, yang merupakan episode terakhir…. tapi belum diupload sampai saat ini~ kita tunggu saja.

Saat pertamakali menonton DHMIS, aku merasa sedih… karena aku tidak tau apa yang mereka katakan dan nyanyikan… makhlum aku tidak pintar bhs Inggris… padahal aku yakin bahwa video tsb mempunyai konsep yang bagus dan arti yang mendalam di setiap episodenya.

Tampilan Don't Hug Me I'm Scared memang memiliki konsep yang mirip dengan acara boneka anak-anak… katakanlah seperti Sesame Street atau Teletubbies… mereka menggunakan boneka sebagai karakter utamanya, boneka bernyanyi, setting tempat yang lucu dan dunia yang penuh warna.

Sayangnya sih… DHMIS bukanlah acara untuk anak-anak, memang awalnya banyak juga yang tertipu dan mengira ini adalah acara anak-anak dan akhirnya mereka mengatakan bahwa acara ini terlalu menyeramkan dan disturbing.



Tapi entahlah… sejak pertamakali menonton Don't Hug Me I'm Scared aku sudah tau bahwa itu bukanlah acara anak-anak.

Don't Hug Me I'm Scared dibuat oleh dua seniman berbakat Becky Sloan dan Joseph Pelling sejak tahun 2011… kuakui mereka benar-benar jenius, membuat DHMIS pasti membutuhkan banyak waktu, tenaga dan pikiran…. mengingat ini bukanlah acara yang “biasa”.

Semua episode Don't Hug Me I'm Scared pertama menampilkan hal yang lucu dan “normal”… terlihat wajar bagaikan acara anak-anak…. tapi lama-kelamaan acara itu berubah… unsur gelap, menyeramkan dan gore mulai terlihat… bagaikan punya dua sisi, sisi “normal” dan “abnormal”.

Sebenarnya Don't Hug Me I'm Scared merupakan parody dari acara boneka anak-anak… dan itu merupakan sebuah sindiran… kita tahu bahwa banyak acara anak-anak, yang terlalu aneh…. mereka menempatkan boneka dan musik, berdampingan dengan konten psychedelic dan citra yang mengganggu.

Aku merasakan ini saat masih anak-anak… kadang aku tidak paham dengan acara boneka yang kutonton, beberapa bagian terlihat terlalu aneh dan menyeramkan… bahkan imajinasiku, saat aku masih anak-anak pun tidak bisa menjangkau itu.



Jadi mungkin Don't Hug Me I'm Scared ingin menyampaikan sindiran seperti ini : apa bedanya DHMIS  dengan acara boneka anak-anak yang asli?... keduanya sama-sama seram.

Setiap episode di Don't Hug Me I'm Scared menceritakan Yellow Guy (boneka kuning), Red Guy (boneka merah), dan Duck Guy (boneka bebek) yang bertemu dengan satu atau beberapa makhluk aneh… yang mulai bernyanyi, menyanyikan lagu yang berhubungan dengan konsep dasar kehidupan sehari-hari… lagu itu selalu memiliki melodi yang semangat, mirip dengan lagu anak-anak.

Karakter aneh yang muncul, biasanya akan menggurui ketiga boneka… karakter itu mencoba untuk membagikan hal yang ia yakini benar~ tentang sebuah subjek, kepada ketiga karakter utama dan menanamkan pengaruh pada mereka… tapi dia melakukannya dengan cara yang halus, lewat lagu… klimaks dari setiap episode biasanya melibatkan kejutan dengan menggunakan unsur kekerasan dan unsur gore.

Saat ini sudah ada 5 video Don't Hug Me I'm Scared yang diupload… membahas tentang kreativitas, waktu, cinta, teknologi dan gizi…. bagaimana kalo kita lihat?.



Don't Hug Me I'm Scared 1.



Di episode pertama, sketchbook muncul untuk mengajari ketiga boneka tentang kreativitas… sketchbook meminta ketiga boneka untuk melakukan kegiatan seperti anak kecil… misalnya mewarnai dan membuat kerajinan dengan “mendengarkan hati dan otak”… hasilnya kreatifitas mereka menjadi berlebihan dan terlihat kasar… mereka mulai menari dan melakukan hal aneh, unsur gore dan psychedelic muncul… di akhir video, semua tampak kembali normal dan sketchbook mengatakan “jangan pernah menjadi kreatif lagi”.



Don't Hug Me I'm Scared 2.



Di episode kedua, Tony jam yang bisa berbicara muncul… Tony mulai menyanyikan lagu tentang konsep waktu dan bagaimana kaitannya dengan kehidupan sehari-hari... Tony menjelaskan bagaimana waktu digunakan untuk "mengukur hari" dan bagaimana semua hal berubah dari waktu ke waktu…. tapi semuanya mulai menjadi tidak normal mendekati akhir video, dimana jam menjadi marah… tubuh ketiga boneka berubah menjadi menjijikkan… dan hancur…. ternyata semua itu hanya ---- sudahlah!.



Don't Hug Me I'm Scared 3.
 


Di episode ketiga, Shrignold si kupu-kupu muncul… kupu-kupu bernyanyi tentang konsep cinta… dia mengajak boneka kuning agar bergabung dengan “kepercayaan” yang ia miliki… kupu-kupu memperkenalkan boneka kuning kepada Malcolm, the 'King of Love' sebagai ketua dari kepercayaan yang dianutnya… video berakhir saat boneka kuning bangun dari tidurnya, menyiratkan bahwa itu semua hanya mimpi.



Don't Hug Me I'm Scared 4.



Episode ke 4 menampilkan Colin si komputer… dia bernyanyi mengajari ketiga boneka tentang konsep dasar komputer … ketiga boneka tersedot ke dalam “dunia digital”, sementara boneka kuning dan boneka bebek menikmati dunia tsb, boneka merah malah mencoba untuk melarikan diri… klimaksnya saat boneka kuning dan boneka bebek berada di satu ruangan yang membuat diri mereka aneh… boneka merah masuk ke ruangan lainnya untuk melarikan diri… lalu seseorang di balik layar membuat kepala boneka merah meledak… hal itu menunjukkan bahwa dia lolos dari dunia digital.



Don't Hug Me I'm Scared 5.
 


Episode ke 5 menampilkan kaleng, steak seukuran manusia, sepotong roti, dan kulkas semua menyanyikan lagu tentang konsep makanan sehat… di tengah nyanyian itu, pengetahuan yang menjelaskan tentang “apa itu diet yang seimbang” ditinggalkan, lagu semakin menjadi tidak jelas… saat mereka bernyanyi, telepon berdering dan boneka bebek menjawab teleponnya… dan sesuatu yang aneh terjadi, tiba-tiba dia berada di ruang operasi… boneka kuning masih tetap bernyanyi, dia berakhir dengan menjadi gemuk dan kembung karena memakan daging kaleng, daging tsb berasal dari tubuh boneka bebek… di bagian kredit ending diperlihatkan boneka merah mengenakan mantel berjalan menjauh dari bilik telepon dengan membawa koper… menunjukkan bahwa ia lah yang bertanggung jawab atas serangkaian panggilan telepon… deretan angka 07494795709 terlihat dalam video dua kali.

Dan itulah ke 5 video dari Don't Hug Me I'm Scared… sekarang aku akan membahas sedikit tentang karakter2 boneka yang muncul di DHMIS!.




Yellow Guy (boneka kuning), dia sering dipanggil “Manny” oleh para fans… dia terlihat paling bodoh daripada ke dua temannya, dia tampaknya juga yang paling muda… boneka kuning adalah satu-satunya boneka yang terlihat memiliki ayah.




Red Guy (boneka merah), dia sering dipanggil “Harry” oleh para fans… tampaknya boneka merah adalah yang paling tua dari ketiga karakter utama, dia juga terlihat paling cerdas… karena dia sering bertanya pada para “guru”… boneka merah mempunyai nada bicara yang monoton, dia jarang berekspresi saat menemui hal aneh yang terjadi di sekitarnya dan teman-temannya.




Duck Guy (boneka bebek), dia sering dipanggil “Robin” oleh para fans… dia juga salah satu boneka yang tercerdas, atau setidaknya realis... boneka bebek terlihat menantang imajinasi dari boneka kuning, menolak metafora dan mempertanyakan keberadaan waktu…boneka bebek mati di episode 5, dimakan oleh boneka kuning.

Karakter lainnya :

Sketchbook – memberikan pelajaran pada ketiga boneka tentang kreativitas... dia tampaknya menjadi “guru” yang paling sabar… karena nada suaranya hampir tidak berubah saat dia mengajari ketiga boneka.

Tony si jam - memberikan pelajaran pada ketiga boneka tentang waktu... nada suaranya menunjukkan kemarahan kepada para boneka, ketika mereka mulai menanyakan tentang kapan waktu dimulai, dan kapan itu akan berakhir. 

Shrignold – kupu-kupu yang mengajarkan boneka kuning tentang cinta… sejauh ini dia satu-satunya “guru” yang berbentuk hewan, bukan benda, makanan dan perabotan rumah tangga seperti lainnya.

Colin - sebuah komputer yang mengajari ketiga boneka tentang teknologi… dia adalah “guru” yang paling mudah marah, seperti yang ditunjukkan saat boneka merah menyentuhnya… dia terlihat kurang dewasa.



Roy – Ayah boneka kuning... pertama kali muncul di episode kedua, dia tidak pernah berbicara.

Malcolm – “King of Love” yang dipuja oleh Shrignold dan teman-temannya, mereka juga memberi makan kerikil. 

Steak - dia adalah salah satu guru di episode 5… dia tampaknya menjadi salah satu guru yang paling canggung, karena terlihat gugup di sepanjang episode.

Kaleng – muncul di episode 5, dia memiliki label hijau di tubuhnya… ada semacam "daun" hijau yang keluar dari tutup dan mulutnya…. ada yang berpendapat, mungkin itu adalah bulu bebek… ada juga kaleng serupa yang terlihat, isinya adalah jeroan dari boneka bebek…  di episode 5 juga ada karakter lain yang muncul… seperti roti yang memberikan iringan musik, dan kulkas… semuanya tidak memiliki nama.



Yah~ itulah beberapa karakter yang muncul di Don't Hug Me I'm Scared episode 1-5.

Banyak orang yang mengatakan bahwa video Don't Hug Me I'm Scared… sangatlah seram, horror, disturbing dan aneh… bahkan ada yang bilang bahwa video itu bisa membuatmu gila *ini berlebihan… tapi beberapa orang lainnya mengatakan bahwa DHMIS sama sekali tidak seram, biasa saja, dan malah mempertanyakan mana bagian seramnya?.

Oke! aku tahu… setiap orang punya pendapatnya masing-masing.

Menurutku video Don't Hug Me I'm Scared memang bukan video yang horror, karena tidak ada hantu mengagetkan yang muncul di dalamnya kan?.

DHMIS menjadi seram karena banyak unsur disturbing di dalamnya… seperti gore, sesuatu yang tidak normal, cerita yang jadi aneh dan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan, terjadi.

Dan menurutku, bagian yang paling menyeramkan adalah mereka menggunakan unsur anak-anak yang lucu, untuk menyampaikan pesan2 yang bukan ditunjukkan untuk anak-anak.

Aku suka dengan dunia anak-anak yang “diganggu” seperti itu… Don't Hug Me I'm Scared menjadi video yang sangat terkenal di youtube, banyak orang yang menjadi penggemar DHMIS… tapi, aku tidak tau… apakah ada anak-anak yang menjadi penggemar juga??.



Sangat mengerikan…. membayangkan bahwa~ mungkin saja ada anak-anak yang suka dengan  Don't Hug Me I'm Scared… mengingat semua karakter boneka yang ditampilkan di acara ini sangat berkarakter dan lucu.

Bayangkan saja… Becky Sloan dan Joseph Pelling tampakknya begitu niat membuat dunia yang penuh warna dan sangat kanak-kanak… dengan boneka yang berkarakter kuat dan lagu yang ceria *btw aku suka lagu2 di DHMIS… tapi akhirnya mereka menghancurkan dunia “penuh warna” itu di bagian akhir…. seperti melihat pertunjukan yang berbalik 180 derajat.

Itu bagian yang seram!.

Seiring dengan semakin populernya video Don't Hug Me I'm Scared di youtube, para fans bermunculan… mereka pun mulai membuat teori, tentang arti setiap episode di video DHMIS… mereka berpikir, pasti ada pesan tersembunyi atau sesuatu di dalam video aneh itu… yang harus digali~.

Pesan yang ingin disampaikan, mungkin saja bukan pesan yang disturbing… seperti apa yang terlihat di dalam video… mungkin saja itu adalah pesan yang baik, tentang kehidupan manusia dan sesuatu semacam itu.



Akhirnya… mulai banyak bermunculan “Teori” Don't Hug Me I'm Scared… beberapa terlihat sangat menarik, akupun mengambil salah satu nya dan menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia.

Sebenarnya sih… sudah lama aku ingin menulis tentang ini, tapi aku menunggu orang lain untuk menerjemahkannya… ternyata tidak ada… terpaksa aku yang menerjemahkannya T_T.

Tapi aku senang dengan apa yang kudapatkan! jika kalian merasa sangat kebingungan setelah menonton video-video Don't Hug Me I'm Scared, seperti aku… mungkin kalian akan senang membaca “Teori Don't Hug Me I'm Scared” setidaknya itu akan sedikit membantumu untuk mengerti.

Walaupun itu hanya teori dan dibuat untuk “senang-senang”… belum tentu semua yang tertulis di teori itu benar kan? tapi menurutku “Teori Don't Hug Me I'm Scared” cukup menarik!.

Dan inilah Teori : “Don't Hug Me I'm Scared”!! kira-kira apa pesan tersembunyi yang ada di setiap episodenya??.



Don't Hug Me I'm Scared adalah sebuah video pendek, tentang sketchbook yang menjadi hidup dan mengajari sebuah pelajaran kepada 3 boneka, agar menjadi lebih kreatif. 

Maksudnya menjadi kreatif dengan cara yang tidak biasa, aku masih tidak mengerti kenapa green bukan warna yang kreatif?.

Video ini mempunyai 4 sekuel, dan semuanya sangat terkenal di internet. Tapi, apa arti sebenarnya dari video-video itu?.



Don't Hug Me I'm Scared 2.

Video kedua membahas tentang perdagangan. Di awal video, semua karakter utama hanya duduk, membuang-buang waktu menunggu acara tv yang akan mereka tonton. Jam tidak menyetujui ini karena ia ingin mereka membeli sesuatu dan berkontribusi pada budaya konsumen. Untuk mencuci otak mereka agar melakukannya, maka jam memasukkan hal itu ke dalam sebuah lagu / perjalanan melampauhi waktu. 

Pada awalnya Boneka merah menentang, karena ia ingin menonton acara tv. Jadi jam menunjukkan padanya bagaimana sesuatu mati dari waktu ke waktu (seperti pohon dan apel). Jam menunjukkan pada mereka bahwa hidup ini singkat. Dan oleh karena itu mereka harus membeli banyak alat-alat canggih untuk memaksimalkan eksistensi mereka yang terbatas. Pada awalnya rencana jam bekerja. Ketiga boneka terjebak dalam waktu dan mengkonsumsi sesuatu (diwakili oleh adegan ikan).



Namun, sangat penting untuk Jam merencanakan agar ketiga boneka hanya berfokus pada konsep dangkal waktu, sehingga mereka tetap sibuk dan mengkonsumsi. Sepanjang video, Jam memerintahkan ketiga boneka untuk mengubah semua pusat perhatian, agar kembali ke waktu. Contohnya ketika jam berteriak "Lihatlah waktu!" saat ayah boneka kuning, Roy menggunakan komputer.

Jadi setelah adegan tentang ikan, ketiga boneka mulai mempertanyakan sifat waktu (dan akibatnya, penyia-nyiaan waktu lagi). Rencana Tony si jam, telah benar-benar menjadi boomerang dan dia terpaksa menjerit di depan ketiga boneka, untuk menghilangkan ide mereka. Kemudian ia menegur ketiganya dengan kasar, memberikan mereka hal lainnya, yang jauh lebih mengerikan yaitu “pelajaran” berharganya hidup dan waktu.



Don't Hug Me I'm Scared 3.

Don't Hug Me I'm Scared 3, disebut-sebut membahas tentang pernikahan dan poligami. Di video tersebut makan siang mewakili sex. Ditunjukkan oleh fakta bahwa kedua boneka tidak ikut pergi ke “the land of love” karena mereka terlalu bingung, kedua boneka juga harus mengisi kebutuhan fisik (makan ayam) terlebih dahulu. Di bagian akhir, ada cacing yang keluar dari makanan dan mengatakan “ayah” , kemudian cacing itu dibunuh, menunjukkan gambaran dari aborsi. Kupu-kupu yang muncul di awal episode adalah bayi yang tewas dengan aborsi.



Video ini mungkin juga mengandung beberapa referensi dari beberapa agama di seluruh dunia (seperti Islam, Yahudi, Kristen dan Hindu), lebah yang ditemui oleh boneka kuning, berbicara tentang cinta melalui persepsinya sendiri dan membawa boneka kuning ke negeri yang mirip awan, mungkin berarti “surga”. 

Pohon kemudian menceritakan kisah seorang anak bernama Michael, yang tinggal di bawah tanah karena ia jelek, orang-orang kemudian mengolok-oloknya. Lalu ketika teman-teman binatang lebah, bernyanyi “laki-laki dibuat untuk perempuan, perempuan dibuat untuk laki-laki, dan selalu seperti itu caranya”. Mungkin hal itu menggambarkan penolakan terhadap homoseksual dan polyamory dalam masyarakat saat ini.

Agar boneka kuning mau bergabung dengan agama mereka (lebah dkk), mereka meminta pada boneka kuning untuk mencuci otaknya ( dengen referensi : beberapa agama mencuci otak orang, agar menjadi percaya dengan apa yang mereka percayai), mengubah nama ( dengan referensi : beberapa agama memberikan beberapa nama tertentu, untuk mereka yang baru lahir, atau baru bergabung), dll.




Don't Hug Me I'm Scared 4.

Don't Hug Me I'm Scared 4 berhubungan dengan teknologi, khususnya perannya dalam masyarakat kita saat ini. Sekarang, daripada menggunakan globe atau buku untuk menemukan informasi, kebanyakan informasi dapat ditemukan dengan menggunakan komputer. Dengan kata lain, komputer dapat menghitung sampai 50 dalam sekejap mata.



Banyak perusahaan dan situs web yang berbeda saat ini, beberapa diantaranya meminta banyak informasi pribadi atau melacak itu tanpa persetujuan orang yang bersangkutan. Ini adalah masalah yang dibawa di dalam video, seperti sebelumnya komputer membantu ketiga boneka, komputer bilang dia harus tau semua tentang mereka terlebih dahulu. Ketika boneka merah (Harry) menolak komputer, saat menanyakan informasi pribadinya. Komputer menjadi gila.

Keadaan tanpa nama (anonymity) di internet adalah masalah lain yang dibahas (seluruh bagian tentang kenyataan vs ketidak nyataanmu).

Video ini juga membuat pernyataan tentang perubahan penggunaan internet. Di awal video komputer dianggap sebagai sesuatu yang berguna sebagai sumber informasi. Komputer berbicara ketika ketiga boneka menanyakan tentang "belajar lebih", itu membuat dirinya disebut “pintar” dan boneka kuning mengatakan bahwa dia ingin menjadi “secerdas komputer”. Tapi begitu ketiga boneka terjebak di dalam "dunia digital", komputer mengatakan kepada mereka bahwa hanya ada "tiga hal yang harus dilakukan", semua yang tampak cukup sia-sia. 



Hal itu membuat kesimpulan bahwa- di mana penggunaan komputer dan internet di masa lalu lebih ketat dalam penggunaan informasi dan penggunaannya lebih berat, lebih sering digunakan oleh orang-orang yang dianggap intelektual atau kutu buku. Internet kini diakses oleh lebih banyak pengguna dari masyarakat umum, yang menggunakannya terutama untuk bersosialisasi (2 dari 3 hal yang harus dilakukan). 

Kalimat “hanya ada tiga hal yang harus dilakukan" bisa berarti untuk menunjukkan bagaimana internet terlalu dikontrol oleh perusahaan besar dan pemerintah tampaknya menyalurkan semua penggunanya ke dalam wilayah yang sama. Boneka merah dari awal, tampaknya menjadi satu-satunya yang mewaspadai upaya komputer untuk mengumpulkan informasi lebih banyak darinya, dan ketika di “dunia digital” dia tampaknya menjadi satu-satunya yang skeptis terhadap pengembalian investasi informasi nya, dia mencari jalan keluar.

Ketika boneka merah tidak bisa keluar, ia menemukan kenyataan, dengan cara yang sangat harafiah dan aneh. Semua terlihat seperti pembuatan kembali Don't Hug Me I'm Scared dari awal, dengan anggaran yang sangat rendah, dan ketika kru mengatakan “cut”, kepala boneka merah meledak. Mungkin melambangkan bagaimana, dalam perbandingan, segalanya tampak lebih rendah, dan mungkin juga menggambarkan "mind blowing” atau membuat sangat terkejut dan terpesona sampai kepala seakan meledak. Hal ini juga menjelaskan mengapa boneka merah tidak ada di episode 5  Don't Hug Me I'm Scared, tapi sebenarnya dia masih terlihat di akhir episode 5, di dunia nyata.



Para karakter digambarkan sebagai avatar digital, menunjukkan bahwa mereka berlaku untuk berinteraksi dengan realitas virtual, yang dibentuk oleh hal-hal yang dapat ditemukan di internet dan bagaimana internet mempengaruhi persepsi diri.

Apa yang dimaksud "Tiga Hal yang Harus Dilakukan"?.

  1. Grafik dan Charts: ini bisa mewakili banyak dugaan "statistik" dan "fakta" yang diedarkan melalui Internet dan melalui multimedia sosial. Banyak yang salah kutip, salah menerapkan atau secara statistik cacat. Meskipun semua informasi tersedia, namun dibutuhkan penalaran manusia untuk menggunakannya dengan benar. Hal ini juga bisa mewakili karya asli yang dibuat secara online, misalnya seperti pekerjaan sekolah, perbankan dan sejenisnya. 
  2. Digital Style: lebih dari sekedar fashion ditunjukkan di dalam video, mungkin hal ini mengacu pada sesuatu dan orang-orang yang menjadi trend. Entah itu dari berita atau media sosial. Ini juga bisa mewakili mu yang sebenarnya bagian dari internet dan pengguna komputer. Gaya digital mu, bisa merujuk ke bagaimana kamu menunjukkan diri kepada orang lain secara online, sebagaimana diisyaratkan oleh boneka bebek, dia memperbarui / mengubah penampilannya.
  3. Digital Dancing : kemungkinan besar ini memiliki arti hiburan, seperti video online dan game. Sebagai “Digital Dancing” tempat itu diisi oleh semakin banyak orang. Komputer membuatnya sangat jelas bahwa "ini menyenangkan," atau seharusnya begitu. 

 
   
Pada akhir video saat boneka merah muncul, versi “anggaran rendah” dari boneka kuning, jelas mengatakan “kamu tidak diundang ke pesta”. Setelah filmnya di-cut dan kepala boneka merah meledak, itu menandakan bahwa boneka merah tidak diundang/keluar di episode 5. Tapi jangan khawatir, boneka merah tidak mati karena dalam kredit di episode kelima, kita melihat boneka merah, masih muncul di dunia nyata, karakter yang muncul bertentangan dengan versi boneka dari dirinya, dia berjalan menjauh dari bilik telepon.


Sekarang pikirkan, di episode ini mereka mengatakan "kamu tidak diundang ke pesta." tapi di episode kelima, siapa yang mengadakan pesta?.


OKE! aku terpaksa memotong artikel ini di sini, karena akan menjadi sangat panjang jika artikelnya tidak dipotong… kalian bisa melihat teori Don't Hug Me I'm Scared episode 5, yang tidak kalah seru di part 2… juga akan ada teori lainnya, atau bisa dikatakan sebagai teori kedua, yang bisa membuatmu merinding jika mengetahuinya.

Baca artikel selanjutnya?? KLIK!


Ditulis dan diterjemahkan oleh : Brilian Ka.

FP / IG : Like! / Follow!.

JANGAN COPAS TANPA CR dari Kagura Sohma Blog!.


4 komentar:

Mysterious 666 mengatakan...

tonton dah!sebelum nntik videony ilang semua trus jd creepypasta kyak candle love

Cleo Key mengatakan...

umurku11 tahun. tapi aku suka tuh, nonton DHMIS sama adikku

Cleo Key mengatakan...

umurku11 tahun. tapi aku suka tuh, nonton DHMIS sama adikku

Ade Fitra mengatakan...

Masukkan komentar Anda...thanks atas penjelasannnya

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............