[Suka Anime Saat SD-SMP] #3 : Menulis Lirik Lagu Anime

On Jumat, 27 Maret 2015 1 komentar


Baca part sebelumnya? :

-----------------------------------------

Aku mulai melakukan hal itu sejak SD, dan seperti halnya dengan mp3... aku juga memutuskan mengoleksi lirik lagu anime, baik yang berbahas Indonesia ataupun Jepang... aku menulis semua lirik lagu itu~ di buku tulis dengan tulisan tangan... dan aku rasa, hanya aku yang melakukan hal ini sewaktu SD

Tapi saat SD, aku pernah menjadi semacam trendsetter~ hanya karena mempunyai buku yang berisi catatan lirik lagu... temen2ku banyak yang ikut2an membuat buku semacam itu, tapi isinya lirik lagu pop yang umum, bukan lirik lagu anime

Jadi begini ceritanya... semua ini berawal dari~ kegiatan MOS di SMA yang ada di sekitar rumahku... waktu itu, anak2 SMA yang ikut MOS membagikan satu buku tulis ke rumah2 di sekitar SMA... dan aku juga mendapatkannya... buku tulis yang kudapat itu, sampulnya bergambar anime Beyblade, ini bukunya... masih ada~
 
 
 
Dan entah aku dapat wangsit dari mana? aku memutuskan untuk menjadikan buku tulis itu sebagai “buku catatan lirik lagu anime”... mungkin waktu itu, aku sudah suka nonton anime...  anime kan memang sedang banyak-banyaknya ditayangkan di tv, saat itu

Masih ingat kan? anime jadul itu... ost opening dan endingnya banyak yang sudah disulihsuarakan ke bhs Ind... walaupun~ lagu yang masih pakai bhs Jepang juga ada... misalnya ost anime Inuyasha, Samurai X, Hikaru no Go dll

Dulu waktu SD, aku lebih banyak memprioritaskan mencatat lirik lagu anime yang versi Indonesia... karena logikanya lebih gampang, dan aku juga ngerti bhsnya... jadi lebih menariklah... dan lirik lagu anime versi Ind pertama, yang kutulis di bukuku adalah ostnya Kapten Tsubasa, ini dia :
 
 
 
Itu adalah tulisan tanganku saat SD, berantakan banget dan banyak bekas tipe x nya wkwkwkwk

Dan sejak saat itu, koleksi lirik lagu animeku semakin bertambah... hhhmm~ kadang ada kata yang masih menggunakan bhs Inggris di lirik bhs Indonesianya... karena waktu itu, aku tidak tau sama sekali tentang bhs Inggris.... jadi aku nulisnya ya asal2 saja... seperti saat aku menulis lirik lagu bahasa Jepang secara asal2, hanya menurut pendengaranku saja... lihat ini :
 
 
 
Itu lirik lagu dari ending anime Ghost at School versi Indo... sejak kapan coba? ada kata “gembek” nya wkwkwkwk harusnya kan come back

Pokoknya... dulu aku punya misi, aku ingin mencatat semua lirik lagu anime versi Ind~ dari anime yang pernah tayang pada waktu itu... baik aku suka sama animenya atau tidak, baik aku pernah nonton animenya atau tidak... yang penting, aku bisa punya catatan lirik lagunya

Prinsipku itu~ aku harus punya catatan lirik lagunya, bahkan sebelum aku hapal dengan lagunya hahahaha... jadi aku mencatat lirik lagu dengan cara ini : sebelum lagunya mulai... harus siap2 buku dan pensil... terus dengarkan dengan sungguh2 liriknya dan cepet2 ditulis di buku... agar tidak lupa... itu adalah teknik, agar aku cepat punya catatan lirik lagu tsb dan hapal lagunya~

Ini adalah contoh coretanku waktu itu, lirik dari ending anime Mahago yang versi Indonesia
 
 
 
Setelah itu, aku benar2 mulai menyukai banyak anime dan sayangnya... ost dari anime yang kusukai itu, tidak disulihsuarakan ke bhs Ind... jadi lagunya masih original memakai bhs Jepang~ dan aku benar2 ingin mempunyai lirik lagunya

Akhirnya... aku mulai menambahkan lagu berbahasa Jepang ke buku lirik laguku... walaupun lirik lagunya itu, memang aku catat dengan cara asal2an... lirik lagu bahasa Jepang *gaje pertama yang kutulis di bukuku adalah ost ending dari anime Azuki chan, ini dia :
 
 
 
Benar2 tidak jelas, mirip bahasa alien kan? seperti yang aku ceritakan sebelumnya... aku benar2 asal2an saat mencatatnya dan hanya mengandalkan pendengaranku saja... pertama siapkan buku dan pensil sebelum lagunya mulai, siapkan telinga, dan mencatat liriknya secara asal2an...  berdasarkan kata2 dari lirik lagu yang kudengar

Aku juga melakukan hal itu, untuk mencatat lirik lagu~ dari lagu yang diputar di radio... caranya sama hanya saja ini mendengarkannya lewat radio, jadi kan sebelum penyiarnya bilang ingin memutar lagu apa... aku harus siap2 dulu hahaha

Yah... namanya juga jaman SD, jaman internet masih asing :P

Ini adalah coretanku waktu itu, aku berusaha mencatat lirik lagu bhs Jepang secara asal2 an hahahaha... ini ost dari anime Detective Kindaichi, ending song nya :



Tapi saat SMP, aku mulai mencatat lirik lagu anime dengan bahasa Jepang yang benar... itupun gara2 aku punya filmnya yang dicopykan oleh temanku~ jadi hanya lirik lagu versi tv saja yang bisa kucatat

Biasanya kan~ di lagu opening dan ending anime~ ada lirik lagunya juga di bagian subtitle.... nah aku mencatat lirik lagu dari situ!~ caranya... saat lirik nya muncul di video, aku cepat2 memencet tombol pause... setelah selesai mencatat satu kalimat... aku play lagi, lalu aku pause lagi, mencatat kalimat selanjutnya dan seterusnya~ sampai selesai hahaha #pernah melakukannya??
 
 
 
Itu saat aku masih SMP dan belum kenal internet~ jadi belum bisa melihat lirik lagu anime dari internet~ karena waktu itu, aku hanya punya anime Naruto dan Bleach~ jadi hanya lagu dari anime itulah yang kucatat dengan lirik bahasa Jepang yang benar, itupun hanya versi tv

Tapi waktu SD, aku pernah mencatat lirik lagu Samurai X “Heart of Sword”... dengan bhs Jepang yang benar~ karena aku menirunya di majalah Hoopla kepunyaan kakakku... jadi bisa dibilang itu adalah lirik lagu berbahasa Jepang *yang benar~ yang pertamakali aku tulis di buku laguku... tapi hanya versi tv
 
 
 
Dulu saat anime Samurai X masih tayang di RCTI... aku suka karaokean gaje dengan membaca lirik lagu Heart of Sword... rasanya senang campur gugup, karena bisa menyanyi dengan lirik bhs Jepang yang benar~ dan bisa karaokean juga saat animenya masih tayang... jadi saat lagunya diputar, aku juga ikutan nyanyi... itu terjadi saat aku SD

Dan karena buku catatan lirik laguku semakin lama, semakin penuh dan mungkin semakin reot... jadi aku harus merelokasinya... menulis kembali lirik2 lagu itu di buku yang baru... dengan tulisan tangan tentunya #apalagi?... itu adalah pekerjaan yang membuat jari tangaku pegal!

Ini adalah buku catatan lirik laguku yang lain... aku menambahkan gambar karakter utama anime, di dalam space kosongnya... anjir! gambaranku waktu SD absurd banget hahahaha!
 
 
 
Dan lebih absurdnya lagi, aku menulis pesan2 gaje... yang kutunjukkan untuk karakter2 anime... seolah-olah mereka bisa membacanya saja hahaha... sumpah! ngakak aku kalo membaca-baca bagian ini XP
 
 
 
Aku serius saat membuat buku ini dan menulis setiap hal di dalamnya... bahkan saking seriusnya sampai menggunakan pulpen2 berwarna agar tampak indah ahahaha

Waktu kelas satu SMP, aku baru kenal dengan komputer... dan ada pelajaran TIK yang isinya tentang ms Word, aku juga masih asing dengan ms Word... bahkan ngetik saja lambat banget dulu hahaha

Untuk melatih kemampuan dan kecepatan mengetikku... aku memutuskan untuk~ mengetik semua lirik lagu anime yang telah kukumpulkan, baik yang bhs Ind maupun yang bhs Jepang asal2an

Jadi semuanya benar2 aku ketik, aku juga menambahkan tulisan hias, garis tepi bunga2 dan gambar2 absurd~ semua ketikan lirik lagu anime... aku taruh di dalam binderku yang ini :
 
 
 
Saat dibuka, ternyata ada catatan tentang bhs Jepang~ dan tentu saja ada lirik lagu anime~
 
 
 

 
Itu adalah ost dari anime Samurai X, opening song : Sobakasu... tapi ya, liriknya masih asal2... hanya berdasarkan pendengaranku saja... hhmm~ aku juga menambahkan beberapa gambar di space yang kosong

Dan ini yang lainnya, masih tidak jelas :
 
 
 
Kalo yang ini, sampulnya... aku tambahkan gambar kucing dan gambarnya masih hitam putih... karena belum ada printer warna di rumahku dan aku hanya punya gambar kucing, belum punya gambar anime... #tragis banget nasibku (T_T)
 
 
 
Walaupun kebanyakan lirik lagu animeku, masih menggunakan bhs Jepang yang asal2an... tapi aku sudah bangga banget mempunyai sesuatu semacam itu, lagipula,,... mencatat liriknya kan memang butuh perjuangan...

Selain latihan mengetik, dengan cara~ mengetik koleksi lirik lagu anime yang kupunya... aku juga mengetik ulang, artikel dari komik atau majalah anime punyaku~ untuk latihan... aku ingat, waktu itu aku pernah mengetik artikel tentang manga dan festival Jepang, yang aku contoh dari majalah komik Nakayoshi
 
 
 
Dan yang lebih absurd lagi... aku juga mencoba mengetik biodata dari tokoh anime dan komik, yah... kalo yang ini, aku benar2 menyontohnya dari komik dan majalah... jadi aku tidak ngarang
 
 
 
Benar2 mengingatkanku pada masa SD, saat aku masih bertukar biodata dengan sesama teman sekelas... tapi di sini yang berbagi biodata adalah para tokoh anime dan komik haha

Aku juga membuat biodata dari Kaze dan Elie, karena mereka adalah tokoh imajinasiku... jadi khusus yang ini, aku mengarang biodata mereka

Hhhmm~ Saat kelas 1 SMA, aku masuk ke ekstrakurikuler bhs Jepang... di sana aku bertemu dengan banyak orang yang suka anime... salah satunya sebut saja Indah... nah si Indah ini, sama seperti aku... dia punya buku catatan lirik lagu anime yang ditulis tangan

Terus dia bilang ke aku, kalo mau copas lirik lagu anime, dengan bahasa Jepang yang benar... bisa lihat di : http://www.animelyrics.com/
 
 
 
Sejak saat itu, aku mulai mengunjungi situs tsb, memilih lirik lagu anime yang kusuka, diprint lalu dicatat ulang di binder, masih tetap memakai tulisan tangan
 
 

Aku mencari lagi, lirik lagu yang benar dari semua ost anime~ yang lirik lagunya pernah kucacat secara asal2an... aku mencatat ulang semuanya~ agar aku bisa menyanyikannya lebih benar dan memakai bahasa yang benar

Benar2 semuanya~ kucari lirik lagunya lagi dan kucatat ulang liriknya... tapi aku juga banyak menambahkan lirik lagu baru di bukuku, yang sebelumnya belum pernah aku catat... pokoknya aku terobsesi bangetlah mengumpulkan lirik lagu anime

Kenapa ya? mungkin sebagai pelampiasan saja... karena saat SD, susah sekali untuk mencatat lirik lagu anime berbahasa Jepang... mencatatnya harus dicicil, didengarkan berulang-ulang, harus nunggu radio / tv memutar lagu itu dsb... itupun lirik lagu yang dicatat juga bahasa Jepang asal2an
 
 
 
Jadi begitu kenal internet dan segala kemudahannya... ya aku print saja semua lirik lagu anime yang kusuka... sebagai pelampiasan~ dan semuanya aku tulis tangan lagi di binder ataupun di buku lirik laguku

Mungkin kalian bertanya-tanya... kenapa harus ditulis tangan lagi?? padahal kan sudah diprint... bukannya tinggal dijilid atau distaples saja?

Tapi aku dan temanku Indah, punya jawaban yang sama atas pertanyaan itu... kami melakukannya hanya untuk kepuasan batin, pokoknya kalo pakai tulisan tangan tuh... lebih greret! puas lah hehe

Ini binderku, isinya lirik lagu anime, ost Korea dan beberapa lagu mandarin... cukup tebal sih, dan dulu aku suka membawanya saat sekolah wkwkwkwk #kocak,... kalo yang ini, lirik lagunya sudah bener semua karena sudah niru di internet
 
 
 
Aku paling sebel dan khawatir, kalo ada temen yang meminjam buku kumpulan lirik laguku dan lama tidak dikembalikan... rasanya rindu banget~ ingin nyanyi2 lagi haha

Tapi ya... saat SMA aku memang suka tukeran buku lirik lagu anime, dengan temenku... temenku kan juga punya buku semacam itu... tapi yang paling tebal bukunya adalah punyaku hahaha #bangga

Kami bertukar buku lirik lagu anime, tujuannya~ kalo aku menemukan lirik lagu yang belum kucatat di bukuku~ ya bisa kucatat, dengan meniru lirik lagu di buku temenku itu~ untuk melengkapi~ kadang aku sampai mem fotocopy buku itu hahaha

Waktu itu rasanya menyenangkan, melakukannya~~
 
 
 
Tapi semakin lama, aku sudah meninggalkan kebiasaanku menulis lirik lagu anime dengan tulisan tangan, di buku... aku hanya mengeprintnya dan distaples... lalu sekarang, aku bahkan tidak mengeprintnya... aku hanya menyimpan file nya saja di laptop haha

Soalnya ya... karena semakin lama, rasa sukaku sama anime tidak sebesar dulu~~~ anime yang tayang di tv juga makin dikit kan?

Walaupun begitu, setidaknya... aku sudah berhasil mengumpulkan banyak lirik lagu anime, ost drama Korea dan lagu mandarin~ ini semua adalah buku lirik laguku... yang kutulis sejak aku SD-SMA, hhmmm~ walaupun sebagian hanya print2an bukan tulisan tangan hehe... tapi cukup banyak kan??



Mungkin kalian bertanya-tanya... untuk apa sih? punya catatan lirik lagu sebanyak itu??... hhmm~ karena aku sudah mempunyai banyak mp3 ost anime... tentu saja alasannya adalah agar aku bisa menyanyikan koleksi lagu2 anime yang kupunya... jadi saat aku memutar lagunya, bisa sekalian karaoke gitu

Dulu waktu aku SD-SMP, minimal seminggu sekali harus karaoke, menyanyikan ost anime dengan bantuan buku lirik lagu anime yang kutulis... kalo tidak melakukan hal itu, rasanya dosa banget wkwkwkwk... intinya melakukan hal2 ini dan itu adalah untuk kepuasan batin dan refreshing doank, daripada punya banyak teman... aku dulu cukup senang dengan hal2 semacam itu...

#intinya

 
 
 
Lalu saat aku kelas 2 SMA... aku mulai terobsesi untuk mengumpulkan lebih banyak mp3 ost anime dan lirik lagu anime... pokoknya prinsipku, ost anime yang liriknya sudah aku catat di buku lirik laguku... aku juga harus mempunyai mp3nya

Jadi aku mulai mencatat lagu apa saja yang belum ada mp3nya, setelah kucatat, aku pergi ke warnet untuk menemukan lagu itu dan mendownloadnya

Untuk melancarkan obsesiku itu, aku sampai membuat catatan di buku tulis yang isinya adalah~ daftar isi lirik lagu anime koleksiku dan daftar isi mp3 ost anime koleksiku... ini penampakan bukunya :
 
 
 
Suatu hari, aku melihat kakakku yang suka anime... dia sibuk di depan tv sambil menulis, mencatat daftar isi~  dari mp3 yang dia punya... yah~ karena waktu itu, kita masih copas mp3

Kalo kita beli mp3 kan, di covernya sudah ada catatan daftar isi lagunya, jadi tidak usah melakukan itu... tapi saat itu~ kita masih copas, kalo copas memang tidak ada daftar isi lagunya kan?... jadi ya... harus dicatat agar tahu kalo lagu ini tempatnya di sini~ gitu... mengingat kami punya banyak keping CD yang berisi mp3 ost anime

Dan aku... ikut2an kakakku, jadi aku mencatat daftar isi lagu~ dari semua mp3 yang kupunya, terutama yang copas... ada ost anime, ost drama Korea dan lagu mandarin... pokoknya semuanya lah...

#mulai menggila
 
 
 
Tapi bukuku yang satunya lagi, yang isinya daftar isi “lirik lagu anime” koleksiku... aku tulis berdasarkan inisiatifku sendiri... itu untuk mengetahui sebanyak apa dan apa saja lirik lagu anime yang kupunya hahahaha

Yah~ bukannya aku sombong... tapi aku mempunyai ratusan lirik lagu anime, yang sudah kucatat~ aku membuat daftar isinya untuk mempermudah saja saat mencarinya hahaha

Inilah! buku itu~
 
 
 
Lihat! ini catatan daftar isi mp3 ost anime milikku! pokoknya tulisannya harus sama persis dengan tulisan yang ada di mp3... sampai huruf besar atau kecilnya, juga harus sama
 
 
 
Di mp3 itu kan, ada beberapa lagu yang tidak ada judulnya~ kadang tulisannya hanya track 1, 2 dst... tapi walaupun aku tidak tau judulnya, penyanyinya ataupun itu ost dari anime apa? aku tetap saja menulis nya di buku catatanku... aku mencatat, vocalnya cwo/cwe, lagunya cepat/lambat, suasana lagunya bagaimana? semangat? sedih? dan hal2 semacam itu... pokonya aku mencatat kesan saat aku mendengarkan lagu tanpa judul itu XD

Ini contohnya :
 
 
 
Sumpah! kocak banget kan?

Waktu smp~ kalo ada temen yang minta mp3 ost anime kepadaku... aku tinggal kasih saja bukuku yang berisi daftar isi mp3 yang kupunya.... terus temanku tinggal mencentang judul lagu yang ingin didownload, praktis kan? hahahaha

Aku tau, untuk menulis lirik lagu anime, menulis daftar isi mp3 dan daftar isi lirik lagu~ dengan tulisan tangan... tentu saja itu memakan banyak waktu~ dan aku melakukan hal itu di waktu luang, sepulang sekolah atau saat liburan... tapi kadang aku mencuri waktu saat pelajaran di sekolah, dan menulisya secara sembunyi-sembunyi.... agar guruku tidak tau kalo aku sibuk sendiri wkwkwkwk

Oiya, aku kan sering karaokean... caranya dengan memutar mp3 ost anime dan membaca lirik lagu anime yang kupunya~ untuk mempermudah hobiku itu, aku benar2 mengurutkan lagu di mp3 dan mengurutkan lagu di catatan lirik lagu animeku... dengan urutan yang sama~

 
 
Pertama aku mengcopy beberapa lagu anime yang kumiliki, aku taruh di folder khusus... terus aku urutkan susunannya, dengan cara me-rename namanya dan menambahkan no di namanya... kan kalo diberi no 1, 2, 3 dst otomatis mp3nya urut

Aku juga tidak sembarangan saat mengurutkannya... misalnya setelah lagu opening anime A, ya urutan selanjutnya harus lagu ending anime A dst

Selain mengurutkan susunan mp3 nya~ aku juga mengelompokkan mp3 ost anime ku,... misalnya mp3 ost Inuyasha, ya aku kelompokkan ke folder yang berisi mp3 ost Inuyasha lainnya dst
 
 
 
Setelah mp3 ost anime selesai kuurutkan, selanjutnya adalah mengcopasnya ke flashdisk, mp3 player atau ke CD kosong

Di buku lirik lagu anime ku, lirik lagu yang kutulis juga aku urutkan... seperti mp3 nya~ setelah menulis lirik lagu opening anime A, selanjutnya yang ditulis harus lirik lagu ending anime A...

Terus juga aku kelompokkan berdasarkan animenya, lagunya Samurai X ya harus dikelompokkan dengan lagunya Samurai X lainnya

Intinya.. aku sudah mendesain agar urutan lagu yang ada di mp3 player sama, dengan urutan lirik lagu yang kutulis di buku ku... kenapa? supaya kalo aku mau karaokean... aku tidak bingung mencari lagu ini di mana dan lirik lagu ini dimana, soalnya susunannya sudah urut... wah sampai segitunya kan? hehe

#lalu pasukan ini mulai menyerang~
 
 
 
Kalo sekarang sih~ aku sudah jarang mengumpulkan mp3 ost anime dan lirik lagunya... daripada ost anime, sekarang aku lebih tertarik dengan lagu2 dari Vocaloid, Utaloid, dan Nico-Nico... jadi aku sudah tidak lagi, melakukan kebiasaan2 seperti yang kuceritakan di atas itu~ XD

~Bersambung~


Read more ...»

[Suka Anime Saat SD-SMP] #2 : Mendengarkan OST Anime

On Kamis, 26 Maret 2015 1 komentar


Baca part sebelumnya? :

-----------------------------------------

Pokoknya... tidak ada lagu yang lebih bagus, selain ost anime atau lagu yang berbahasa Jepang... itu adalah isi pikiranku dulu, walaupun sekarang aku juga masih mempunyai pendapat yang demikian hahaha... bahkan isi mp3 di hpku sekarang, kebanyakan juga lagu Jepang, ost anime, dan sedikit lagu Korea... jaranglah ada lagu barat atau lagu Ind

Aku masih merasa nyaman mendengarkan atau menyanyikan lagu berbahasa asing, yang aku sendiri tidak tau artinya... soalnya enak, kalo nyanyi teriak2 tidak malu sama tentangga... karena gak ngerti artinya hahaha
 

*Radio*

Mungkin aku suka dan tidak bisa lepas dari lagu2 Jepang, sampai sekarang... karena terpengaruh oleh kakakku... dulu kakaku juga menyukai hal yang sama... setiap malam dia rajin mendengarkan radio yang sering memutar lagu jepang terutama ost anime... dan kakakku kalo mendengarkan radio itu, keras banget suaranya... volume maksimal! seakan pamer padaku
 


Selain itu, karena masih banyak anime yang tayang di tv pada masanya,... nah~ kakakku dulu rajin merekam ostnya memakai walkman dan kaset pita~.... entah itu, lagunya bahasa Jepang atau sudah disulihsuarakan ke bhs Ind, semuanya tetap direkam oleh kakakku... misalnya ost nya Samurai X, Inuyasha, Fushigi Yugi, Hikaru no Go, Sailormoon, Cardcaptor Sakura dll

Pokoknya saat dia merekam, semuanya langsung disuruh diam... tidak boleh ada yang berisik, agar suaranya tidak masuk ke dalam rekaman hahaha... saat merekam ost anime di tv, walkman harus ditempelkan ke spiker tv terlebih dahulu, terus baru deh direkam.... sebelum lagunya tayang, walkman sudah harus menempel di speaker tv pokoknya wkwkwkwk
 


Dan hasil dari rekaman itu, selalu diputar di radio... dengan volume yang maksimal! mungkin dari situlah, aku mulai menyukai hal yang sama

Aku masih ingat, radio yang memutar ost anime... tayang setiap Senin-Sabtu atau Jumat ya?... pokoknya, awal2nya itu... mereka tidak memutar ost anime, tapi memutar lagu2 mandarin... lama2 radio itu juga memutar lagu Korea, yang paling sering sih ostnya Full House dan juga memutar ost anime... yang paling sering ya ostnya Samurai X dan Inuyasha... terus, lama-lama lama malah semakin banyak ost anime yang diputar

Dulu aku mendengarkan radio~ juga hanya nebeng... kakakku mendengarkan radio di kamarnya... aku mendengarkan suara radio itu di kamarku, radionya kan hanya satu!!... jadi aku hanya nyolong denger gitu, gilak!... soalnya dulu aku tipe orang yang malu tapi mau, jadi ogah kalo gabung mendengarkan radio bareng sama kakakku XD

#nyolong denger
 


Pokoknya selama kurang lebih 1 jam~ radio itu siaran dari jam 7-8, aku hanya diam di kamar... sambil nyolong mendengarkan suara radio kakakku, kan kakaku kalo menyalakan radio itu keras banget volumenya, jadi tetap kedengaran... aku tidak akan keluar kamar sebelum radionya selesai

Aku senang banget mendengarkan ost anime yang diputar di radio... karena aku sudah mulai menyukai anime pada waktu itu... dan menurutku radio yang memutar ost anime itu keren dan langka!!... badanku, kadang juga panas dingin saat mendengarkan ost dari anime favoritku diputar di radio!... rasanya benar2 sesuatu!... padahal aku hanya nebeng waktu mendengarkan radio~

Jangan berpikir untuk mendengarkan radio melalui hp.... karena waktu itu, yang namanya hp belum merakyat!!

Bahkan kalo mau request lagu di radio, juga harus pakai telpon rumah, tidak bisa lewat sms kan??.... dan waktu itu, kakakku pernah request lagu 2x, padahal peraturannya hanya boleh request 1x... nah saat kakakku menelpon radio yang ke 2x, dia sengaja menyamarkan suaranya agar tidak ketahuan kalo itu dari orang yang sama hahahaha
 


Dan pada akhirnya, saat aku kelas 2 SMP... aku punya radio pribadi, itu saja radio bekas dari kakakku yang ke 2.... setiap malam aku rutin mendengarkan radio yang memutar ost anime... aku sampai hapal, radio mana saja yang memutar ost anime... dan aku selalu mendengarkan semuanya, jangan sampai ada yang kelewat pokoknya!

Terus kalo ketemu sama lagu yang disukai itu, langsung deh volumenya digedein dikit hahaha

Sambil mendengarkan radio, aku selalu menyiapkan buku tulis dan pensil, bukan untuk belajar.... aku dulu emang agak gila dikit~ aku menulis judul2 lagu yang diputar di radio pada waktu itu... niatnya sih agar hapal lagu2nya hahaha
 


Terus aku juga mencatat lirik lagu bahasa Jepang secara abal2... waktu lagunya diputar, aku dengerin deh liriknya apa, terus cepat2 aku tulis di buku tulis~ itu aku lakukan secara nyicil... bahkan satu lagu bisa selesai kucatat liriknya dalam waktu 1 bulan...

Yah bayangkan saja... aku mencatat lirik lagu Jepang hanya berdasarkan pendengaranku... itupun harus menunggu lagunya diputar di radio, tidak bisa setiap hari kan lagunya diputer??

Tapi selain dari radio, aku juga mencatat lirik lagu dari anime yang tayang di tv... di lagu opening dan endingnya... caranya sama, dengan mencicil dan hanya mengandalkan pendengaran untuk mencatat liriknya... pokoknya sebelum animenya mulai, harus siap2 dulu buku dan pensil... agar tidak ketinggalan saat mencatat lirik lagunya

Bisa dibayangkan kan? pasti liriknya jadi aneh banget, seperti memakai bahasa alien, dan ini adalah coretan2 gajeku waktu itu :
 


Dulu ada satu acara di radio, yang mempunyai tujuan untuk~ membantu orang2 agar bisa mencatat lirik lagu yang berbahasa asing... jadi si penyiar itu, memutar sebuah lagu hanya sampai beberapa bait, terus di stop... dia lanjutkan dengan mendekte tulisan, dari lirik lagu yang diputar tadi...

Setelah selesai, lagunya dilanjutkan lagi, dan penyiar akan mendekte lagi lirik lagu pada bait selanjutnya dst... tapi sayangnya, radio itu hanya menyajikan lagu2 yang berbahasa mandarin (-_-)

Dan ada saatnya dimana lagu~ yang sudah kuhapalkan liriknya, diputar di radio... dan kakakku juga sedang mendengarkan radio itu,... aku sengaja menyanyikan ost anime yang sudah kuhapal tadi, dengan suara keras.... agar kakakku dengar dan kagum padaku hehe... #pamer ceritanya

#nyanyi
 

 
Saat kelas 2 SMP... aku punya hp pertamaku, itu hp nokia aku lupa serinya apa... modelnya ada tutupnya, bisa dibuka tutup seperti hpnya Yuno Gasai itu loh... hp itu ada kameranya, dan ada perekam suaranya juga
 


Sayangnya hpku tidak bisa dimasukin file dari komputer... karena tidak ada kabel datanya, jadi... jika aku ingin~ agar gambar wallpaper hpku, bergambar anime... maka aku harus momotret dulu gambar2 anime yang ada di komik, majalah, komputer, sampai tv~~ ya... semuanya difoto dengan menggunakan hpku tadi, yang ada kamera kecilnya.... akhirnya gambar2 itu bisa dijadikan wallpaper kan? hahaha... dulu aku benar2 kreatif ya, di tengah keterbatasan itu

Terus karena aku sudah punya hp yang ada alat perekamnya, ya aku mulai lah untuk merekam ost anime yang diputar di radio... aku menempelkan hpku di speaker radio, seperti saat kakakku menempelkan walkman di speaker tv untuk merekam hahaha

Tapi sayangnya, durasi rekaman di hpku itu terbatas, hanya berapa menit gitu... jadi lagunya banyak yang kepotong~ di situ kadang saya merasa sedih~
 


Aku juga mulai berani mengirim sms ke radio untuk merequest lagu... nama samaranku waktu itu adalah Kagura Sohma

Dulu radio semacam itu, benar2 populer di kalangan anak2 muda penggemar anime dan Jepang... mereka saling berlomba-lomba untuk request lagu melalui telpon atau sms... semuanya yang merequest lagu memakai nama samaran Jepang yang berasal dari nama tokoh anime

Terus kalo misalnya ada nama yang kembar gitu, biasanya,,, mereka sampai bertengkar memperebutkan nama itu~ hahaha lucu jika mengingatnya!~ dan orang2 yang sering request lagu di radio itu, juga mendirikan semacam perkumpulan yang anggotanya sama2 menyukai anime

Penyiar radionya, kadang tau tentang kelompok2 itu dan sering menyebut nama kelompok mereka saat siaran... kan biasanya juga ada yang titip2 salam, nah titip salamnya itu buat... anak2 J-~~ apa gitu, itu nama kelompok pecinta anime tsb... kelompok itu juga sering nongkrong di stasiun radio saat siaran live

Mereka orang2 yang seperti apa ya? apakah seperti ini? XD
 


Hhhm~ aku pernah merequest lagu di radio, tapi hanya berani lewat sms... rasanya seneng banget kalo sms kita dibaca dan lagunya diputar... mengingat banyak sekali sms yang dikirim ke radio itu

Biasanya aku sudah sms 5 menit sebelum radio mulai siaran, itupun dibacanya juga 5 menit sebelum radio mengakhiri siarannya hahaha, saking banyaknya yang sms... karena radio itu mungkin satu2 nya radio yang ajeg memutar ost anime

Selain request lagu dan titip salam, waktu itu juga sempat heboh titip no hp.. maksudnya penyiar radio sengaja disuruh membacakan no hp, dari orang2 yang mengirim sms untuk merequest lagu... biasanya kalimatnya seperti ini : “kalo mau temenan sama aku, hubungi aku ni no xxx ya”.... dan kampretnya~ aku pernah melakukan hal itu wkwkwkwk norak banget sumpah!

Aku bener2 mendapat kenalan! orang itu mengaku mendapatkan no ku dari radio, cwo lagi hahahaha.... yah makhlumlah, dulu kan belum ada fb, twitter, ig dsb... kalo mau dapat kenalan ya harus lewat sms hahahaha

Dan setelah beberapa lama... penyiar radio tidak mau membacakan no hp lagi... karena banyak yang menyalahgunakan hal itu... misalnya, ada yang bilang kalo mau kenalan hubungi nomer xxx, padahal no itu bukan no hp pribadinya... melainkan no hp temannya!
 


Aku ingat! dulu aku selalu menyiapkan buku tulis saat mendengarkan radio mungkin salah satu alasannya untuk mencatat no hp yang dibacakan penyiar hahaha dan mencatat no hp radio untuk merequest lagu

Saat aku kelas 3 SMP / 1 SMA... aku membeli sebuah MP3 player~ yang ada radionya... dan bisa untuk merekam radio juga... jadi yang awalnya aku merekam menggunakan hp... selanjutnya aku beralih merekam ost anime di radio menggunakan MP3 player... untungnya durasi untuk merekam di MP3 player tidak terbatas, seperti di hp.... jadi aku bisa puas merekam ost anime yang diputar di radio haha

Selain merekam lagu dari radio, aku juga biasa merekam lagu anime versi Ind~ yang ada di vcd anime yang kumiliki... aku punya vcd anime Fruits Basket dan Trouble Chocolate, lagu opening endingnya didubbing Indonesia



Karena waktu itu, aku ngidam ingin punya mp3 ost anime versi Indonesia... yaudah~ aku rekam saja lagu yang kupunya, terus dijadikan mp3 haha... pokoknya dulu saat jamannya merekam lagu, paling benci kalo ada suara2 aneh dari luar yang tiba2 muncul saat proses merekam... aku paling benci suara sepeda motor yang lewat, pokoknya harus menunggu motor itu menjauh sebelum merekam!

Lalu setelah itu, aku kenal internet dan menemukan mp3 ost anime versi Indonesia~ akhirnya aku mendownload semuanya... impianku untuk mempunyai mp3 ost anime versi Indonesia, terwujud!

Ini penampakan MP3 playerku yang biasa kugunakan untuk mendengarkan radio, merekam dan mendengarkan mp3 ost anime, sekarang sudah tidak kugunakan lagi hehe :

  

Oiya~ ada hal yang menyebalkan saat mendengarkan lagu di radio, yaitu adalah... saat kita tau lagunya tapi lupa judulnya... atau yang lebih parah lagi... saat kita tau lagu dan judulnya... tapi, lupa nadanya bagaimana... misalnya aku ingin nyanyi lagu ini, tapi lupa bagaimana nadanya, kan sebel banget kan?

Dan untuk mengatasi hal itu, aku menggunakan trik ini... pertama siapkan piano atau keyboard mainan, yang ada angkanya di setiap tuts nya,... terus selagi ingat sama nada lagunya... mainkan nada2 itu di piano, terus catet deh... nada yang dimainkan.... notnya apa saja, dan berapa saja angkanya... gampang kan? hahaha

Dan ini adalah contoh coretanku, waktu itu :
 


Kalo diingat-ingat sih... aku mendengarkan radio sambil bermain keyboard mainan juga... seperti karaoke gitu... jadi saat lagu yang kusukai diputar, aku juga memainkan nadanya di keyboard... serasa jadi pemain keyboard profesional lah....

Pokoknya lagu2 yang dulu sering kumainkan di keyboard adalah ost anime atau ost drama Korea... aku mencari nadanya sendiri secara otodidak, dan memainkannya... aku memainkan keyboard/piano yang sengaja kuletakkan di bawah bantal... soalnya kalo tidak begitu, suaranya keras banget... aku tidak suka kalo terlalu keras, jadi ya... aku dulu main piano/keyboard tanpa melihat tuts, karena aku mainnya di bawah bantal hahaha

Ini mirip Keyboardku!



Pokoknya aku seneng banget, saat mendengarkan ost anime dari radio... aku tidak akan keluar kamar kalo acaranya belum selesai, bahkan aku bisa senyam-senyum sendiri saat mendengarkan radio saking sukanya hahaha

Apalagi kalo lagu yang diputar itu adalah ost dari anime favorit dan lagu2 yang langka... yang kamu tidak akan kepikiran, ternyata mereka tau lagu itu dan bisa memutar lagu itu juga~ keren! apalagi kalo ada yang sama saat request lagu... rasanya sudah klop banget sama orang itu, walaupun tidak kenal sih hahaha



Oiya, dulu di radio itu... bahkan ada hari khusus untuk memutar lagu dari anime atau band tertentu~ dan hari itu adalah hari Selasa... misalnya~ Selasa minggu ini, lagu yang diputar khusus ost Inuyasha, jadi selama satu jam siaran hanya ost Inuyasha yang boleh diputar... terus Selasa minggu depan, gantian ost Samurai X yang diputar dan seterusnya~ ya begitulah... makanya dulu aku senang saat hari Selasa tiba hehe



*MP3*

Setelah jaman mendengarkan ost anime~ lewat radio telah usai, aku beralih mendengarkan ost anime lewat mp3... pertama kali punya mp3 yang berisi ost anime itu~ saat aku kelas 2 SMP
 


Awalnya, aku dipinjemin sama temanku~ yang sama2 suka anime, terus aku copas deh... hhmm waktu aku SMP~ hanya ada 2 teman yang menjadi sumber atau pemasok mp3 ost anime yang nantinya bisa aku copy di komputer... sebut saja namanya Mawar dan Melati

Aku sebenarnya tidak kenal deket sama Mawar, tapi karena kita sama2 suka anime ya... kita jadi temenan... dan pada suatu hari, tanpa diduga2~ si Mawar ini meminjamkan mp3 yang isinya lagu2 Jepang dan ost anime padaku... padahal aku juga tidak minta dan aku juga tidak tau kalo dia punya benda sekeren itu hahaha

Terus akhirnya mp3 ost anime milik Mawar, aku pinjam... dan baru kukembalikan 1 minggu kemudian... sumpah! aku seneng banget dipinjemin mp3 itu, dan pasti selalu aku putar terus setiap hari selama 1 minggu itu~ hahaha

Kira2 seperti ini yang kulakukan~



Dan karena aku mulai kenal dengan mp3, aku jadi terpaksa belajar cara meng copas lagu dari mp3 ke komputer... dulu waktu belum bisa, melakukan hal sesimple itu... rasanya susah banget.... jujur saja, aku tidak langsung bisa~ ya... masak iya, dulu aku hanya ngeklik copy doank, tidak ngeklik paste... kalo seperti itu, sampai kiamat juga tidak bakal ke copy lah wkwkwkwk... tapi akhirnya aku berhasil juga copas mp3 ost anime milik Mawar

Terus selain dari Mawar, aku juga dapat mp3 ost anime dari Melati... kalo Melati ini, adalah temanku sejak aku kelas 1 SMP... selain sama2 suka anime, kita juga sama2 mesum hahaha... masak masih kelas 1 SMP, kita ngobrolnya masalah2 porno hahaha :D... jadi pengen ngakak kalo mengingatnya

Dan kalo mau copas mp3 dari Melati, aku diharuskan membawa CD kosong, lalu dikasihkan ke Melati, besok nya CD kosong itu sudah berisi lagu2 Jepang dan ost anime... dari situlah aku belajar ilmu baru.... yaitu ilmu untuk membakar CD, bukan... bukan dibakar pakai api, tapi dibakar pakai Nero... tau Nero kan?~ yah... aku jadi bisa mengcopy file dari komputer ke CD, berawal dari ingin copas ost anime
 


Kadang aku sama Melati juga tukeran mp3... barter ceritanya, dan jaman aku SMP itu... kita kalo mau copas2 masih memakai CD, bukan flashdisk... kenapa? soalnya dulu flashdisk adalah barang mewah dan mahal... pokoknya kalo ada orang yang memakai kalung dari tali berliontin flashdisk, berarti dia orang kaya hahaha

Aku tidak hanya mengcopy mp3 ost anime dari Melati, aku juga mengcopy gambar2 anime... dulu si Melati punya banyak, dia dapat dari internet... seingatku, gambar2nya itu kebanyakan gambar anime Naruto, Samurai X, Cardcaptor Sakura dll...

Sepulang sekolah, aku senang bermain komputer, sambil mendengarkan ost anime dan melihat gambar2 anime yang kudapat dari Melati... dulu aku masih cupu banget, belum kenal internet dan belum bisa download gambar... jadi satu2nya gambar anime yang kupunya ya... yang kudapat dari Melati itu~

Misalnya seperti gambar ini~



Dan gambar2 itu sering aku jadikan wallpaper di komputer, kadang aku menggantinya setiap minggu~ dulu hal semacam itu adalah sesuatu yang keren bagiku, karena sebelumnya aku hanya punya gambar2 bawaan dari komputer untuk dijadikan wallpaper... seperti gambar pemandangan alam, gambar air terjun, gambar hewan2 misalnya kuda, kucing dsb haha #kocak

Ini gambar kucingnya~
 


Dan saat itu, aku bisa memakai gambar anime untuk dijadikan wallpaper komputerku, sesuatu yang mengagumkan bukan?? haha

Saat bapakku punya laptop, aku juga melakukan hal yang sama... mengganti wallpapernya dengan gambar anime... padahal laptop itu, dipakai bapakku mengajar di kampus~ jadi kadang aku suka dimarahin juga... karena sembarang mengganti gambar wallpapernya hehe

Oh iya, aku ingat! bukan hanya mp3 dan gambar saja yang kudapat dari Melati... dia juga mengcopykan film serial dan movie Naruto di CD ku... juga ada beberapa mv, aku ingat ada mv nya Ayumi Hamasaki dan mv ost drama Korea... pokoknya si Melati ini memang teman yang suka memberi hahaha
 


Dan setelah puas dengan urusan, copas mengcopas dan pinjam meminjam mp3... akhirnya aku mengoleksi mp3 ost anime dengan cara membelinya... gara2nya saat itu, kakakku yang suka anime menyuruh ku untuk mencarikan mp3 ost anime, dan membelinya di Solo... *kakakku lagi tidak di Solo waktu itu

Tapi karena aku masih SMP dan belum bisa naik sepeda motor apalagi ke Solo... jadi aku hunting mp3 ost animenya diantar oleh bapakku... sebelumnya aku pernah dengar iklan di radio, iklan itu mempromosikan sebuah tempat yang menyediakan jasa sewa film anime dan jasa copas mp3 ost anime... yah semacam itulah, tempatnya itu... ada di sekitar depan hotel Novotel... aku benar2 mencarinya bareng bapakku dan ketemu, tapi karena hari libur jadi tempat itu tutup~

Akhirnya kami mencarinya di tempat lain dan menemukan toko yang khusus menjual mp3... tapi bukan hanya mp3 ost anime yang dijual di sana, pokoknya banyak lah koleksinya... begitu aku masuk ke toko itu, aku ditanyai : mau mencari lagu apa??... dan aku bilang, aku ingin mencari lagu Jepang...

Toko mp3?



Lalu aku dikasih, setumpuk daftar mp3 yang lagunya berbahasa Jepang, Mandarin dan Korea... kalian ingat kan? kalo beli mp3 biasanya, ada list lagu2nya di sampul bagian belakang... nah waktu itu, aku benar2 dikasih setumpuk kertas sampul bagian belakang mp3, yang ada list lagunya itu...

Terus aku memilih salah satu kertas di tumpukan itu, dan bilang ke mbaknya... kalo mau yang ini... selanjutnya baru deh... mbaknya mencarikan mp3 yang kupilih... dan sebenarnya waktu itu... aku masih belum percaya, ternyata ada juga ya... mp3 yang berisi lagu Jepang  dan dijual lagi hahaha

Dari situlah, aku jadi rutin mengunjungi toko itu untuk membeli mp3 ost anime~~ ini adalah koleksiku...



Bahkan dulu, aku sampai punya tempat CD yang seperti ini hahaha



Jadi terkumpul sebanyak ini?? hhmm~ tempat CD di atas, dari depan sampai belakang sudah isi semua loh~




Ini adalah cover bagian depan dan belakang dari mp3 atau CD anime yang kupunya~ lihat tuh, ada gambarnya Chi, agak ecchi lagi wkwkwkwk... cover mp3 bagian belakangnya, tentu saja berisi list judul lagu... aku dulu, teliti banget saat melihat bagian list lagu2 ost anime dan kadang aku juga membaca bagian itu berulang-ulang

Soalnya senang saja, membaca judul lagu dari ost anime yang kupunya... bangga rasanya, dan menyenangkan! bisa mendengarkannya berulang-ulang sesuka hati... tanpa lewat radio lagi

Tapi aku juga suka kok, melihat cover depan mp3nya... soalnya banyak gambar anime dan tokoh anime yang lucu2 di sana... sebagian anime itu pernah aku tonton di tv, tapi sebagian lainnya belum pernah ditayangkan di tv

Pokoknya dulu... kalo memilih mp3 untuk dibeli, aku benar2 mempelajari isi lagunya... dan pastinya yang paling banyak berisi ost anime, dari anime favoritku yang pernah tayang di tvlah~ yang bakal aku beli :D



Ini adalah CD kosong yang kubeli, tapi diisikan ost anime oleh Melati... aku benar2 teliti saat itu, aku bahkan menyelipkan kertas di depannya, yang berisi nama folder di dalam CD itu... ceritanya agar gampang kalo mau mendengarkan lagu tertentu



Lihat nih, gambar CD kosong yang kubeli unyu2 banget kan? dan semua CD itu sudah diisikan ost anime oleh Melati



Kalo yang ini adalah mp3 ost anime yang kubeli, ada gambar cover depannya juga kan?.. aku selipkan saja di situ...



Dan ternyata selain membeli mp3 ost anime, ost drama Korea dan Mandarin... aku juga pernah membeli mp3 lagu2 klasik wkakakak... baru inget~

Yah... semakin lama, koleksi mp3 ost anime ku semakin banyak... sumbernya dari hasil copas milik temenku ataupun beli... setiap pulang sekolah, aku selalu menyalakan tv untuk memutar mp3 yang aku punya... bisa sampai sore, kadang juga sambil karaokean gitu... sambil nulis lirik lagu bahasa Jepangnya juga secara asal2 an
 

 
Kan dulu sebelum ada mp3, kalo nulis lirik lagu Jepang itu... sumbernya ya dengan mendengarkan langsung lagunya lewat radio dan tv... dan itupun nyicil nulisnya... soalnya lagu itu tidak setiap hari diputer.... jadi lama menyelesaikan lirik lagu tsb
 
Dan saat aku punya mp3... aku bisa bebas memutar ulang, lagu yang ingin aku tulis liriknya... tapi ya... waktu itu liriknya masih abal2, soalnya hanya berdasarkan pendengaranku saja... dulu aku masih belum kenal internet, masih belum bisa copas lirik lagu yang benar dari internet

Tapi rasanya menyenangkan sekali waktu itu, bisa mendengarkan ost anime sesuka hati berulang-ulang karena punya mp3nya hahaha... dan aku juga punya ost anime favoritku yang termasuk langka dan jarang diputar di radio

Yah~ beda banget rasanya seperti saat aku mendengarkan ost anime lewat radio, sampai dulu aku nebeng mendengarkan radio kakakku... itu adalah saat yang menderita
 


Seakan kalo mau mendengarkan ost anime, aku harus tergantung pada kakakku... tapi semenjak aku mempunyai mp3 ost anime... kakakkulah yang jadi tergantung padaku~

Kakaku membeli CD kosong, banyak banget... dia menyuruhku untuk ngebakarin CD nya... dan mengisinya dengan ost anime yang kupunya... yah semua ost anime milikku, aku copykan ke kakakku... akhirnya kakakku ketularan aku, dia jadi rajin mendengarkan ost anime lewat mp3
 
 

Dan semenjak punya banyak mp3 ost anime, kami perlahan melupakan radio yang dulu sering kami dengarkan... kami tidak mendengarkan radio itu lagi, lebih memilih mendengarkan ost anime lewat mp3~ 

Saat aku kelas 1 atau 2 SMA, kepingan CD sudah jarang digunakan... aku mulai punya flashdisk dan pergi ke warnet untuk mendownload mp3... mendownload mp3 ost anime di internet, tentu saja lebih menyenangkan daripada membeli mp3... soalnya selain geratis, dengan mendownload... aku juga bisa memilih ost anime yang ingin kukoleksi secara lebih spesifik.... dan aku ingat banget, aku pertamakali mendownload ost anime itu di situs ini : http://www.downloads.nl/local/en/ lalu setelah itu baru ke 4shared

Dulu kalo ke warnet, biasanya aku berangkat pagi... pulang2 sudah sore hahaha... jangan lupa bawa flashdisk untuk copas mp3nya... saat pertamakali mencoba mendownload mp3 lewat internet, ost anime jadul lah yang lebih banyak aku download... yah ost dari anime yang dulu aku tonton saat SD... selain lagu berbahasa Jepang, juga ada ost anime versi Ind yang aku download... serulah pokoknya!
 


Bahkan sebelum ke warnet, aku harus menyiapkan daftar lagu2 apa saja yang ingin aku download mp3nya... aku juga kelompokkan, mana yang lebih prioritas untuk didownload dan mana yang tidak... dan daftarnya itu banyak banget! sebanyak 2 lembar kertas seukuran buku tulis kecil hahaha



Akhirnya koleksi mp3 ost animeku jadi semakin banyak deh... apalagi setelah itu, rumahku mulai dipasangi internet, semakin menjadi-jadilah aku dalam mendownload mp3 ost anime dan hal2 lainnya :D

Eeehhmm~ lumayanlah... aku bisa mengisi mp3 playerku dengan ost anime... karena saat SMA, hpku masih belum bisa digunakan untuk mendengarkan mp3... jadi hanya dari mp3 playerlah aku mendengarkan lagu2 kesukaanku

Tapi sekarang aku sudah jarang mendownload mp3 ost anime, mungkin karena semakin sedikit anime yang kusukai... dan kondisi yang tidak seperti dulu~~ (-_-)

~Bersambung~


Read more ...»

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............