Iklan Paling DISTURBING di Indonesia!

On Jumat, 28 Agustus 2015 4 komentar


Selama aku hidup di dunia ini, entah sudah berapakali aku menyalakan tv dan sudah berapa kali pula aku menonton iklan di tv?? aku tidak mungkin mengingat semua itu dan tau jawabannya~

Tapi~ jika kamu bertanya padaku : “apa iklan paling mengganggu yang pernah aku lihat di tv?”

Maka aku akan menjawabnya dengan tegas… dan jawabanku adalah : “Roncar!”

Hhaahhh~ ya… Roncar~ kamu tau iklan itu?? iklan Roncar pernah menjadi fenomenal di masanya!! iklan ini muncul di tahun 2008 dan sempat menjadi perbincangan yang hangat di kala itu
 
 

Bagaimana tidak? iklan Roncar sangat lain dari yang lain… iklan ini dianggap jelek, buruk, norak, gak pake modal, akting pemainnya pas-pasan, gak jelas dan macam-macam… orang2 yang membicarakan iklan ini, hampir semuanya memberikan komentar miring

Iklan Roncar seakan melawan arus, di tengah banyaknya iklan-iklan keren di tahun 2008… iklan ini tiba-tiba muncul makjegagig dengan konsep yang sangat “sederhana”… saking sederhananya sampai menuai banyak hujatan publik

Aku tidak tau apakah Roncar sengaja membuat iklan yang buruk untuk menyedot perhatian publik atau iklan tsb memang dibuat sederhana karena tidak ada modal lebih?? entahlah~

Walaupun iklan Roncar begitu meledak di tahun 2008 tapi~ sebenarnya…. aku tidak terlalu ingat dengan iklan ini~~ aku hanya menemukan video iklannya secara tidak sengaja di youtube

Ini videonya :
 


Sumpah… iklan ini membuatku hening sesaat… aneh banget… sepertinya ini iklan teraneh yang pernah kulihat

Anehnya itu~~ bukan aneh yang biasa, tapi aneh level tinggi… sampai jatuhnya disturbing atau seram

Aku tidak bilang kalo iklan ini buruk, jelek, norak, gak modal dsb… yang kulihat~ iklan Roncar itu aneh!

Aku sering menonton film atau animasi bertema Surealis… film-film semacam itu biasanya akan memberikan perasaan yang aneh, membuatku bertanya-tanya, membuatku terkejut dan ngeri… yah~ semua perasaan itu akan tercampur menjadi satu jika aku melihat karya surealis

Anehnya… aku merasakan perasaan yang sama saat melihat video iklan Roncar, aneh bukan?? 

Oke! kalo kalian masih belum paham apa maksudku~ aku akan menjelaskan hal-hal apa saja yang membuat iklan Roncar ini begitu aneh di mataku sampai membuatku ngeri

Pertama~ Roncar itu apa sih? di iklannya menjelaskan bahwa Roncar adalah alarm anti maling, tapi tidak dijelaskan bagaimana cara memasangnya, sistemnya dsb… maksudku itu benar-benar masih asing bentuknya… alarm berbentuk kartu??

Kedua~ ini adalah iklan yang dibuat di tahun 2008, tapi iklan ini terlihat kuno… seperti berada di tahun 90 an atau 80 an… setting tempatnya kuno, cara kamera mengambil gambar seperti di sinetron2 jadul, wajah2 pemain iklannya juga kuno… pakaiannya~ model rambutnya~ kacamatanya~ semua terlihat jadul!!

Aku tidak tau… apakah kesan 90 an itu memang sengaja dimunculkan, atau memang terpaksa memakai hal-hal yang ada di sekitar~ sehingga iklan ini terlihat apa adanya dan kuno… ini masih menjadi sebuah misteri!

Ketiga~ backsoundnya aneh!!... backsoundnya ini tidak kalah jadul dengan gambar iklannya… malah terdengar seperti musik Polifoni dan nadanya seperti musik beraliran  psychedelic~ lagu itu tampak berbahaya…  seperti memberikan aroma hipnostis yang memabukkan

Lagu yang tidak terdeteksi dari mana asalnya tsb~ tampak tidak nyambung dengan situasi di dalam iklan~ mengapa mereka menggunakan lagu aneh semacam itu?? yang membuat perasaanku tidak tenang dan ngeri saat mendengarkannya!… lagu itu bagaikan lagu yang berasal dari dunia gelap yang entah bagaimana caranya tertarik ke permukaan dan dijadikan jingle iklan Roncar

Keempat… manusia-manusia aneh yang ada di dalam iklan ini~ daripada menggunakan artis2 terkenal, tampaknya Roncar lebih memilih pemain2 standard untuk dijadikan bintang di iklannya… siapa mereka? dari mana mereka berasal? kenapa mereka semua aneh?... entahlah! tidak ada yang tau~

Sejauh ini tidak ada orang yang mengaku pernah menjadi bintang iklan di iklan Roncar, dan juga tidak ada orang yang mengaku mengenal siapa manusia2 aneh di iklan itu … wow! ini sesuatu yang sangat mengganggu… keberadaan orang2 itu seolah tidak terdeteksi!! dan Roncar memilih menggunakan bintang iklan yang seperti itu!! 

Maksudku~ ini benar-benar hal yang sangat aneh… iklan Roncar sangat terkenal di masa nya, banyak blog dan forum2 yang membahas iklan itu, foto semua pemain di iklan Roncar… telah menyebar di seantero jagad dunia maya… tapi tidak ada yang kenal siapa mereka? wow! WOW ! ini ngeri kan??

Orang2 yang muncul di iklan Roncar~ seperti anggota dari sebuah organisasi rahasia yang sengaja menyembunyikan identitasnya~ mungkin semacam organisasi gelap!... lihat saja! 3 dari 4 orang yang muncul di iklan Roncar~ semuanya memakai kacamata gelap… sepertinya ini disengaja… ihhh~ ngeri!

Dan inilah~ manusia-manusia aneh di dalam iklan Roncar~
 

Sang maling~
 
 

Dia sebenarnya pintar tapi~  sama cwe saja takut… maling mental tempe! tapi hebatnya~ ini maling menguasahi ilmu “cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan tangan kosong!”… hebat kan?

Maling itu langsung kabur~ saat dipergoki oleh cwe pemilik mobil… padahal tu cwe sempat berdiri di dekat maling, sambil menjelaskan tentang Roncar… kenapa si maling tidak mengambil kesempatan itu?? menghajar cwenya dan merebut Roncarnya??

Sang maling seperti musuh2 di anime “magical girl”~ yang mau aja nungguin tokoh protagonis “henshin” terlebih dahulu… henshin kan memakan waktu lama, tapi sang musuh tidak menyerang di waktu itu
 

 
Entah… mungkin karena kebanyakan nonton Sailor Moon dan memegang teguh ajaran dari musuh-musuhnya~ jadi si maling tidak menyerang si cwe, saat cwe itu sibuk berbicara dengannya… si maling malah memilih untuk kabur begitu saja haha… aneh!
 

Si cwe pemilik mobil
 
 

Aku sampai sulit mengungkapkan… betapa anehnya cwe ini~ kebutulan sekali dia keluar dari gedung begitu sang maling memasuki mobilnya… dan bukannya teriak, minta tolong atau apa… cwe ini malah senyum-senyum saat melihat sang maling

Entah kenapa? mungkin dia teringat mantannya saat melihat si maling? atau si maling adalah mantannya?... tapi bagimanapun juga, ini adalah kejadian yang benar-benar janggal

Kamu akan merasakan aura keanehan dan ke-absurd-an… yang tiba-tiba saja merayap menyelimuti tubuhmu!!... kamu akan merasa benar-benar bodoh melihat iklan ini, seakan semua hal normal yang kamu kenal itu… tidak ada artinya di iklan Roncar

Seakan dunia di dalam iklan Roncar adalah dunia terbalik beraroma Surealis, yang sangat sulit untuk dipahami~ akalmu dibuat mati sekejab di iklan ini!!
 
 

Yah~ setelah memberi senyuman manis kepada sang maling… si cwe memberikan kata-kata mutiaranya : “kasihan deh lo! pakai Roncar dulu baru bisa!”… wah~ itu adalah kata-kata penuh pencerahan dari si cwe untuk si maling… dia bilang begitu sambil menunjukkan kartu Roncarnya

Seakan memberikan kesempatan kedua bagi maling~ untuk mencuri mobilnya dengan cara yang benar, jadi si maling harus mencuri kartu Roncarnya dulu sebelum mencuri mobilnya, ya… itu cara yang benar!
 

Bapak-bapak aneh
 
 
 
Setelah si maling kabur, tiba-tiba ada mobil biru yang muncul dan berhenti di dekat mobil si cwe… bapak-bapak yang memakai kemeja *seperti orang kantoran… tiba-tiba nongol dari jendela mobil itu~ dia langsung bilang gitu aja : “Roncar anti maling kan? saya juga pake bla bla”

Kamu pasti banyak bertanya-tanya di adegan ini… siapa bapak-bapak itu?? kenapa dia sampai memberhentikan mobilnya? hanya untuk memberi tahu bahwa dia juga pakai Roncar? apa? perlu banget gitu ya?… dan yang lebih mengganggu lagi, kenapa bapak-bapak itu tau kalo si cwe juga memakai Roncar?... padahal si cwe gak pernah nunjukin kartu Roncarnya ke bapak-bapak itu

Hwwaaaa! sumpah aku ingin menjerit di bagian itu!!... kemunculan bapak-bapak itu benar-benar menambah unsur keanehan di iklan tsb… aku jadi merasa seperti melihat karya2 Surealis dari Jan Švankmajer

Saat kamu memperhatikan wajah sopir di mobil bapak-bapak tadi… aku yakin~ kamu pasti akan merasa ngeri!!... wajahnya terlihat sedikit sekali di iklan, dia tidak berkedip, dan matanya terus memandang ke depan tanpa ekspresi…. pertanyaannya~~ sopir itu~ orang atau penampakan hantu yang tidak sengaja terekam?! Hwaaaaa!!
 
 

Bagian aneh di iklan Roncar benar-benar sangat menggelitik dengan cara yang menyiksa!! ini adalah sebuah iklan dengan alur cerita yang abnormal… penuh dengan celah-celah kecil yang tampaknya sengaja dibiarkan… untuk membuat penontonnya menjadi bertanya-tanya dan penasaran kenapa seperti itu??

Yah~ harus diakui kalo iklan Roncar… akan membuat orang lebih berpikir dan berimajinasi memikirkan tentang iklan tsb… untuk menjawab semua pertanyaan2 yang muncul dari iklan itu

Aku tidak tau apakah itu sebenarnya yang ingin dicapai oleh iklan Roncar?? apakah benar bahwa tema sesungguhnya dari iklan tsb adalah Surealis??... apakah iklan itu sengaja dibuat aneh atau iklannya memang seperti itu, menggunakan hal apa adanya… sehingga jadinya aneh??... entahlah! tidak ada yang tau!
 

Mbak-mbak pengendara motor
 
 
 
Keanehan di iklan Roncar~ tidak hanya berhenti dengan kemunculan bapak-bapak sok kenal… setelah bapak-bapak yang tadi selesai berbicara… muncul lah mbak-mbak pengendara motor, yang memakai helm murahan dan kacamata hitam… 

Mbak-mbak itu tiba-tiba muncul begitu saja di tengah2 si cwe dan bapak tadi… dia berhenti di sana dan mengatakan : roncar anti maling kan?

Lalu dia tengok kanan-kiri seperti mau menyeberang jalan~ sebelum melanjutkan perkataannya : “saya juga pake”,… dia tengok kanan kiri lagi sebelum mengatakan “daahhh” ke si cwe dan bapak-bapak… lalu mbak-mbaknya pergi

Dan lebih anehnya lagi… si bapak-bapak membalas daah-daahaann mbak-mbak tadi… *sok gaul banget bapaknya, “daahhh” kata bapak itu sambil melambaikan tangannya… dan keduanya pun pergi meninggalkan si cwe sendirian

AAAHHH! ya ampun…aku belum pernah melihat adegan seaneh ini di iklan tv! sumpah… ini salah siapa? apakah ini yang salah pembuat skenarionya atau siapa?!… entahlah~

Aku tidak tahu apakah adegan itu dibuat secara sengaja atau terpaksa? karena tidak ada ide lain mungkin? aku tidak tahu… yang jelas adegan itu mempunyai gangguan, keanehan dan unsur Surealis yang kuat!!

Bukankah~ Surealis itu seperti meletakkan hal asing atau kata-kata bersama-sama~ sehingga hal-hal itu menjadi aneh dan tampaknya penuh dengan makna?… seperti yang terlihat di iklan Roncar~~

Mungkin di balik keanehannya ada maksud tersembunyi, siapa tau??

Pokoknya saat melihat adegan saling daahh daahh itu, aku jadi memikirkan sesuatu yang mengerikan… aku langsung kepikiran dengan kartun Spongebob di episode saat Spongebob menjadi normal, yang akhirnya mengantarkan Squidward untuk menjadi normal juga
 
 

Saat menjadi normal Spongebob terlihat bicara seperlunya, menyapa seperlunya, berbicara dengan nada monoton dan tubuhnya terlihat gemulai

Seakan otaknya telah diformat sepenuhnya… dan hanya diisi oleh hal-hal normal, maksudku dia seperti dikendalikan atau dipengaruhi oleh sesuatu, agar mengatakan hal yang telah ditentukan, yang dianggap perlu secara normal

Dan dia telah diatur untuk tidak memikirkan dan mengatakan hal lain selain hal-hal yang boleh untuk dikatakan

Saat melihat 3 orang di iklan Roncar~ yang mengaku menggunakan alarm itu… rasanya aku seperti melihat Spongebob dan Squidward saat menjadi normal… aneh sekali~
 
 

Seolah sebelumnya~~ mereka telah diculik dan dicuci otak nya… atau diberikan ajaran aliran sesat atau mungkin mereka adalah anggota kelompok rahasia beraliran gelap

Aku membayangkan~ otak mereka bertiga telah dicuci dan hanya diisi dengan Roncar… mereka hanya diijinkan untuk mengingat Roncar dan menganggap Roncar sebagai sesuatu yang paling istimewa dan diutamakan

Jika ada orang lain yang mengatakan “Roncar”… maka orang2 yang telah dicuci otaknya itu akan mendengarnya dan menghampiri orang tsb~ yang telah mengatakan kata “Roncar”… walaupun jaraknya cukup jauh… tapi mereka merasa wajib untuk menyapa “anggota Roncar” lain… karena otak mereka telah diformat seperti itu~ ngeri ya? jika membayangkan mereka bisa mendengarkan kata “Roncar” walaupun jaraknya jauh

Aku yakin… Roncar sudah memiliki anggota yang banyak, mereka menjalankan organisasinya secara rahasia… mungkin karena itu berada di jalur yang gelap

Jadi jika anggota satu dengan anggota lain saling bertemu dan menyapa… seolah tidak penting untuk tau dari mana asalnya dan siapa namanya?? yang penting mereka adalah anggota Roncar jadi... untuk mengetahui identitas lengkap para anggotanya~~ itu sama sekali tidak penting… Roncar lah yang dianggap paling istimewa dan diutamakan

Kerena otak mereka hanya diformat seperti itu…. isinya hanya Roncar~ kamu hanya boleh berpikir tentang Roncar, tidak yang lainnya



Jika seorang anggota Roncar sudah memperkenalkan dirinya, mengatakan kalo dirinya sama-sama pemakai Roncar… tampaknya mereka tidak boleh mengatakan hal lain selain itu~ dan mereka hanya diijinkan untuk langsung pergi dengan mengucapkan kata-kata selamat tinggal seperti “dahhh”

Setelah mereka saling bertemu dan akhirnya berpisah…. sepertinya otak langsung menghapus memori tentang pertemuan itu, untuk menjaga keamanan organisasi atau semacamnya… yah karena itu telah diatur di dalam otak setiap anggota Roncar, yang telah diabnormalkan sebelumnya

Cerita yang menarik bukan??... tapi kamu jangan menganggap serius cerita tsb… karena itu hanya imajinasiku dan khayalanku saja tentang Roncar dan iklannya yang aneh… aku sampai mengimajinasikan hal-hal semacam itu gara2 level aneh yang tinggi di iklan Roncar

Oiya! aku belum cerita tentang adegan terakhir di iklan Roncar… jadi setelah ditinggal pergi oleh dua pengguna Roncar lainnya… si cwe masih berdiri di situ sambil memegang kartu Roncarnya… di bilang : makanya pake Roncar bla bla bla… wajahnya di-close-up saat dia mengatakan itu~ memperlihatkan dengan jelas kacamatanya yang tampak aneh dan sangat tidak cocok dengan wajahnya… setelah selesai berbicara~ cwe itu mengangguk sambil memasang senyum kaku… sumpah! aneh banget!

Yang paling aneh lagi… adalah bagian paling akhir di iklan ini~ saat logo Roncar muncul dan diiringi dengan teriakan horror mas-mas yang mengatakan Roncarr… bagaikan aungan singa semi serigala jadi-jadian yang dipaksakan

Lagu di bagian akhir ini~~ juga masih terdengar aneh dan seram… seperti backsound di sepanjang iklan~~ dan bagian yang paling akhir ini… tampak tidak nyambung dengan keseluruhan iklan ataupun Roncar sendiri… maksudku ini adalah iklan tentang alarm, lalu kenapa sok-sok ada suara harimau + lagu horror di bagian akhirnya?? sungguh aneh!

Ngomong2 tentang bintang iklan Roncar… kata orang~ akting mereka semua sangat pas-pasan… hal ini menimbulkan sebuah pertanyaan, apakah sebelumnya mereka di-casting terlebih dahulu atau tidak?…bahkan sampai ada rumor yang mengatakan bahwa… orang2 yang main di iklan Roncar adalah karyawan Roncar sendiri

Dan yang paling membuat iklan Roncar, sangat disturbing adalah~ orang-orang banyak yang bertanya… apakah Roncar benar-benar ada??

Karena sejak iklan itu dibuat sampai sekarang… tidak ada satupun orang yang mengaku pernah membeli Roncar… ini aneh bukan??

Kata orang~ iklan ini hanyalah sebuah penipuan!... yang dijual di iklan bukanlah Roncar! tapi sms~~ kamu harus sms dulu sebelum membeli Roncar atau mendapatkan informasi tentang Roncar… per sms bayarnya mahal lho!

Jika mereka benar-benar menjual sebuah produk~ harusnya pembeli mendapatkan informasi secara geratis tentang produk itu… tapi ini bayar! aneh kan?

Lihat! ini adalah komentar di salah satu blog yang membahas tentang iklan Roncar
 
 

Wah~ ngeri ya… jika ternyata itu benar~ bayangkan! ada sebuah produk yang diiklankan di tv~ tapi produk itu tidak benar-benar ada!… mirip seperti Candle Cove, sebuah acara anak-anak yang pernah tayang di tv tapi ternyata acara itu tidak ada!... ngeri kan??

Sudah iklannya aneh… produknya entah benar-benar ada atau tidak~ sungguh! disturbing!

Tapi walaupun begitu~ banyak pula orang-orang yang membuat video parody tentang iklan Roncar di Youtube… mungkin karena iklan ini begitu terkenal di masanya~ jadi menarik minat orang untuk mem-parody-kannya

Ini contohnya :
 
 
 


Aneh kan? harus diakui… walupun iklan Roncar begitu tidak jelas dan aneh, tapi iklan ini juga mempunyai sisi yang menghibur~ entahlah… aku selalu tertawa melihat iklan Roncar, walaupun aku tidak ngerti apa yang aku tertawai… soalnya semua elemen yang muncul di dalam iklan itu aneh! aku tidak tau apa maksudnya

Setelah menghebohkan publik dengan iklan yang aneh… tampaknya Roncar tidak tinggal diam… mereka membuat iklan Roncar ke 2 yang tak kalah aneh, membuat orang2 semakin menjerit melihat iklan tsb

Ini iklannya :
 


Lihat saja! semua elemen di iklan itu sungguh aneh… wanita dengan makeup yang menor, suaminya bapak-bapak tua, saat bapak itu kaget~ ekspresinya juga aneh dan terlihat dipaksakan… bapaknya masih melihat ke arah stir, dengan tatapan kosong saat kaget… seakan waktu itu pikirannya benar2 telah menghilang

Yang paling aneh adalah adegan terakhir… awalnya adegan diambil di dalam mobil dan di dekat mobil… tapi tau2 bapak dan ibu tadi sudah bejejer saja dan berbicara tentang Roncar ke penonton… sumpah! ini benar-benar tidak nyambung dengan adegan sebelumnya

Membuat iklan ini semakin terlihat aneh dan ngeri… ditambah lagi backsound yang digunakan tetap sama seperti di iklan pertama… apa mereka tidak punya lagu lain ya? haha

Yah… aku rasa~ itulah pendapatku jika ditanya tentang~ iklan Roncar yang membingungkan

Apakah kamu masih ingat tentang iklan Roncar tsb?~ kuharap kalian mau menuliskan kesan-kesan tentang iklan ini di kotak komentar

Apa menurutmu iklan ini cukup disturbing? aneh? lucu? norak?

Iklan Roncar adalah iklan legendaris dengan segala keanehannya… iklan ini menggunakan “bahasa” yang asing daripada kebanyakan iklan lainnya… iklan Roncar memberikan sebuah pesan yang menentang logika dan kenormalan yang ada… dunia di iklan Roncar tidak seperti dunia yang biasa kita kenal

Mereka semua seperti ada di sudut lain dari dunia yang tak dikenal… mereka mengawasi kita dan jika ada kesempatan~ akan mengambil orang yang lengah untuk menjadi “korbannya”… iklan yang aneh… tapi tampaknya memang sengaja dibuat aneh untuk menyamarkan tujuan yang sebenarnya

Itulah yang membuatku berpikir bahwa iklan Roncar adalah iklan yang disturbing!!


Ditulis oleh : Brilian K

Follow IG? KLIK!


Read more ...»

[Suka Anime Saat SD-SMP] #10 : Majalah Animonster dan Pernak-Pernik Anime

On Kamis, 27 Agustus 2015 6 komentar



Baca part sebelumnya? :

-----------------------------------------



Aku hanya punya 2 majalah Animonster~ dan pertamakali membelinya di tahun 2006 vol 92... karena majalah ini pernah diiklankan di Nakayoshi... aku jadi menganggap bahwa majalah ini keren, dan tertarik untuk beli... saat itu, aku membelinya dengan harga Rp 25.000,00 hhmm~ mahal!... mungkin karena itu aku jadi males untuk mengoleksi hehe

Ini majalah pertama yang kubeli :



Saat aku membukanya~ ternyata... tidak ada anime yang kukenal dibahas di sana... mungkin karena sudah ketinggalan banyak kali ya? pertamakali punya langsung volume 92... aku kan inginnya yang dibahas itu, adalah anime2 jadul~ yang dulu pernah tayang di tv hehe

Karena itulah~ aku tidak terlalu membaca artikel anime di majalah itu, kecuali kalo aku tertarik dengan gambar animenya~ salah satu yang menarik perhatianku adalah Jigoku Shoujo!! karena mempunyai sisi gelap dan horror~ 



Aku ngarep banget bisa nonton animenya *waktu itu masih jaman dimana internet belum merakyat... saking sukanya, aku sampai foto2in gambar Enma Ai di majalah itu~ pakai hp, agar bisa dijadikan wallpaper hp ku hehe

Bagian yang kusukai di Animonster adalah parodi komik anime, gambarnya lucu sih~ hehe


 


Hhmm~ gambarnya juga mirip sama animenya, walaupun berbentuk chibi~ salut deh sama yang membuat komik2 ini :D

Dan ini adalah artikel yang menarik perhatianku di majalah Animonster :



Tentang Nail Art~ aku suka sama artikel ini, sampai aku melihat satu2 model nail art yang gambarnya kecil2 itu... ehm model cwe Jepang di artikel ini juga sangat kawaii, aku suka! rambutnya keren!



Yah~ aku dulu memang suka buka Animonster dan melihat gambar artis2 Jepang yang cwe~ aku suka model rambut mereka kan... jadi itu bisa memberi masukan padaku kalo aku ingin ganti model rambut hehe *jaman belum ada internet~

Lalu ini adalah artikel tentang neraka dan hal horror lainnya~ kadang Animonster memang suka membahas artikel horror tentang Jepang... dan aku sangat menyukainya! dari kecil, aku sudah tertarik dengan hal2 semacam itu~



Dan ini artikel yang menjelaskan tentang otaku, yah~ aku pertamakali mengenal istilah otaku dari majalah Animonster... oiya, buku kreasi origami yang di atas, dulu aku pengen banget beli buku itu... tapi tidak ketemu di gramed (T_T)



Animonster juga sering membahas tentang action figure anime~ hhmm... barang yang mahal, jadi ya... aku tidak bisa beli, aku harus puas hanya dengan melihat gambarnya saja di majalah

Hebat! darahnya seperti beneran~ eh tapi... kok jadi salah fokus ya? hehe


Animonster termasuk majalah yang cukup banyak membahas tentang Tokusatsu... karena aku tidak terlalu suka dengan Tokusatsu, jadi waktu itu... aku hanya melihat gambar2nya saja... aku selalu mencari-cari gambar aktor cwo yang cakep~ hehe



Oiya, aku juga suka bagian Sing With Me... menampilkan lirik lagu anime, dan terjemahan Indonesianya~~ tapi tidak banyak lagu yang kutahu di bagian itu (T_T)



Di Nakayoshi, kadang juga ada bagian seperti ini, yang menampilkan lirik lagu Jepang dengan terjemahan Indonesianya~ saat aku belum punya kamus bahasa Jepang... aku sering menjadikan hal2 semacam ini sebagai kamus

Jadi gini~ aku mencari satu kata bhs Jepang di lirik lagu itu... terus mencari kata bahasa Indonesianya juga di terjemahannya... jadi aku kira2 saja, misalnya kata “H” arti Indonesianya berarti “B”~ tapi itu aku sesuaikan juga dengan susunan kalimat di lirik bhs Jepang dan terjemahan Ind nya... jadi tidak asal2 an~ kebanyakan kata Jepang yang kutebak arti Ind nya ~ benar lho

Dari melakukan hal itu... aku jadi belajar banyak kata bahasa Jepang... aku jadi tahu kalo Kaze artinya angin, Arashi artinya badai, Hana artinya bunga, Yuki artinya salju, Itsumo artinya selalu~ yah lumayan lah #ala Hinano

Bagian Best Chara juga cukup menarik perhatianku waktu itu, isinya adalah polling chara anime yang paling banyak digemari... jaman segitu yang dapat peringkat satu adalah Kira Yamato dari Gundam Seed



Eh waktu itu... aku sempat ingin mendaftar di internet, untuk ikutan polling hahaha... aku paling suka hal2 seperti ini, bahkan gambar yang kecil2 itu~ sampai aku lihatin satu2 dan kubaca tulisannya... padahal sebagian, aku tidak tahu siapa chara anime di gambar atas, karena belum pernah menonton animenya

Hhmm~ daripada membaca artikel anime di majalah ini, secara serius... aku lebih suka melihat iklan di majalah ini~ terutama iklan2 di bagian tepi halaman... aku merasa senang jika bisa menemukan anime yang pernah kutonton, gambarnya ada di iklan itu

Dulu iklan2 yang ada di Animonster, kabanyakan mengiklankan tempat/toko yang menawarkan jasa rental vcd anime dan ost anime, tempat itu juga menjual vcd anime dan pastinya menjual pernak-pernik berbau anime



Eh tapi jaman sekarang, tempat seperti itu masih ada tidak ya? daripada membeli atau menyewa vcd anime... kebanyakan orang lebih memilih untuk mendownloadnya saja secara geratis~ berarti apakah tempat yang menjual dan merental vcd anime sudah punah ya? hhmm~ entahlah!

Btw bagian yang paling kusukai di majalah Animonster adalah hadiah posternya~ saking sukanya, aku sayang untuk mengguntingnya dan menempelnya hehe



Dan kupikir, yang membuat majalah Animonster lebih menarik adalah... banyak kuis yang hadiahnya langsung dari Jepang! aku sih~ tidak pernah ikutan kuisnya tapi...



Ini adalah cover majalah Animonster yang ada di salah satu halamannya~



Majalah Animonster keduaku, yang kubeli saat SMA dengan harga yang lebih murah, karena bekas hehe



Ehhmm~ majalah Animonster, mungkin adalah majalah yang legendaris bagi penggemar anime dan Jejepangan... siapa sih yang tidak tau Animonster? iya kan?

Tapi kudengar, setelah sukses menemani penggemarnya selama 14 tahun~ akhirnya majalah Animonster tutup usia, tidak lagi terbit... yang terakhir diterbitkan adalah volume 185, mengharukan!

Kenapa ya? alasannya sih masih misteri *katanya... mungkin salah satu alasannya karena serangan internet!... sekarang orang2 bisa dengan mudah mencaritahu tentang anime lewat Google, geratis... dan banyak juga majalah anime berbahasa Ind yang bisa didownload secara geratis... mungkin karena itu~

Tapi kupikir sayang sekali jika Animonster pergi~ artinya satu lagi teman masa kecil yang pergi...

Dan sekarang, aku akan membahas koleksi anime ku yang lainnya!! :

Ini adalah kartu2 bergambar Death Note yang kubeli di toko alat tulis~ aku senang banget saat menemukannya dan langsung membelinya hehe



Ada kartu Shinchan nyelip, itu kudapat dari hadiah makanan ringan, tapi aku lupa dari snack apa

Oiya, ada cerita menarik saat aku membayar kartu itu di kasir... mbaknya kasir malah bilang gini : “ini yang ditayangkan di tv, tiap malem itu kan?”... wah~ aku tidak menyangka kalo mbak kasir pernah menonton Death Note... jangan2 mbaknya otaku? #eh

Soalnya dulu kupikir itu adalah anime langka, maksudku... anime yang jarang diketahui oleh banyak orang

Ini beberapa *semacam action figure murahan yang kupunya... aku membelinya di salah satu mall terbesal di Solo~  waktu itu~ aku pergi dengan adikku dan bapakku... rasanya senang sekali bisa menemukan benda2 berbau anime, apalagi gambarnya Misa Amane~ salah satu chara yang kusukai, adikku juga membelinya tapi gambarnya Saint Seiya



Saat masih di toko, aku merasa bahwa action figure yang kubeli baik-baik saja... tapi begitu sampai di rumah, kami baru menyadari bahwa benda itu cacat... Misa Amane dan chara Saint Seiya punya adikku hanya punya satu tangan~ 

Entahlah... kenapa barang kami sama2 cacat dan kenapa kami tidak menyadarinya saat masih di toko? apa karena terlalu senang menemukan benda berbau anime, dan melupakan semuanya?... atau karena ada kekuatan gaib yang membuat kami tidak melihat bahwa barang itu cacat? Hhmm~ kalo mengingat kebodohanku waktu itu, perasaanku benar2 buruk

Gantungan kunci yang ada buku icha2 paradise dan topeng rubah di gambar atas~ kubeli di toko alat tulis... aku pernah mengalami cinta pada pandangan pertama di toko itu, dan pernah juga jatuh dari tangga di sana #memalukan... sampai aku hampir pingsan gara2 shock dan malu hahaha

Ada bagian di gantungan kunci itu yang hilang, yaitu dompet Naruto yang berbentuk kodok~ seharusnya ada di situ... tapi bagian itu hilang saat aku naik bis sepulang sekolah #sungguh menyedihkan~

Kodok yang ditengah itu loh~ yang hilang 


Toko itu~ tempat saat aku jatuh cinta pada pandangan pertama sama mas2 koko #eh salah... maksudku... toko itu adalah tempat yang sama, saat aku membeli kartu Death Note... selain Death Note, sebenarnya ada kartu bergambar Bleach juga di sana... aku tidak suka Bleach, jadi aku beli yang Death Note saja hehe

Dan lebih keren lagi... banyak gantungan kunci bergambar anime dijual di sana, tapi yang paling banyak dijual bergambar anime Death Note, Bleach dan Naruto... dulu aku sangat mengaguminya... makhlumlah~ itu jaman internet belum merakyat

Banyak gantungan kunci yang berbentuk replika pedang2 di anime Bleach~ aku pernah ingin beli tapi, sudah keburu hilang saat aku datang ke sana untuk kedua kalinya... oiya, aku juga pernah punya gantungan kunci bergambar Death Note~ kecil2 gambarnya... itu satu gantungan kunci~ mempunyai 5 gambar yang dibingkai kecil... tapi gantungan kunci itu hilang, saat aku berdesakan naik bis #sedih

 cr


Kalau dipikir-pikir... walaupun itu hanya gantungan kunci kecil, tapi harganya sudah lumayan bunyi lho~ waktu itu... dan anehnya aku tidak pernah kepikiran masalah harga, yang kupikirkan... aku harus beli benda itu selagi ada uang, karena benda yang berbau anime kan langka... jadi kapan lagi? kalo tidak dibeli nanti hilang #dibutakan oleh anime XD

Dan saat SMA, kan aku masuk ekskul Jepang... jadi rasanya keren dan bisa pamer ke temen2 kalo punya gantungan kunci anime yang dipasang di tas hahaha #masa itu

Kadang aku juga suka khilaf... pokoknya aku suka membeli alat2 sekolah yang bergambar anime, mulai dari tas, tempat pensil, buku dan oiya, kaos dan jaket juga ada... walaupun aku tidak tahu itu anime apa, yang penting gambarnya anime jadi aku beli #itu dulu

Ini beberapa benda bergambar anime, punyaku... ada binder, kertas surat, dan buku stiker... yang bergambar Doraemon dan Inuyasha itu adalah buku stiker~


Jadi itu satu buku isinya stiker semua!


Yah aku senang banget dengan benda2 bergambar anime... dulu~ yah dulu pada masanya XD... sekarang sudah enggak lah~ #tobat

Dan~ aku rasa cukup sekian... akhirnya artikel tentang “Suka Anime Saat SD-SMP” ini, selesai!! aku hampir menghabisakan 80 lembar di ms Word untuk menulisnya... karena aku merasa harus menceritakan semuanya sampai tuntas

Mengingat tulisanku banyak sekali, aku tidak yakin kalo orang2 akan membaca tulisanku dari part pertama sampai terakhir, tapi aku yakin ada 1 atau 2 orang yang membaca semuanya... jadi~ aku mengucapkan terimakasih banyak untuk orang itu^^



Alasan kenapa ada orang~ yang mungkin membaca artikelku sampai akhir, adalah karena dia juga mengalami hal yang kuceritakan ini^^

Dan itulah tujuanku! mengingatkan kembali saat susah untuk sekedar suka dengan anime... karena terbentur faktor biaya, fasilitas dan teknologi yang belum canggih~

Senang rasanya jika ada pembaca yang berkomentar :  aku juga melakukan hal itu! kita sama! senasib! dan komentar semacam itu^^

Pastinya, aku juga senang.... jika bisa membuat kalian senyum2 sendiri mengingat masa lalu~ saat kalian membaca artikel ini… artinya aku membawa kenangan banyak orang di dalam artikelku ini, dan itu menyenangkan! 



Sebelum aku melupakan semua hal tentang “suka anime di masa SD-SMP”, dan sebelum aku semakin bertambah tua... aku harus menulis semuanya dan menceritakannya!

Aku benar2 bersyukur bisa menulis ini sampai tuntas, aku tidak menyesalinya~ semua kenangan2 kecil itu... semuanya~ tidak pantas untuk dilupakan!

Dan jika kalian bertanya, apakah aku masih menyukai anime dan melakukan hal2 se-lebay itu?? yah... tentu saja, tidak! aku sudah semakin dewasa dan sudah tobat~ perasaan suka ku pada anime tidak sebesar dulu... lagipula anime jaman sekarang tidak terlalu menarik... aku hanya munyukai anime jadul~

Hhmm~ akhir kata terimakasih ya~ sudah membaca artikelku ini sampai akhir, aku Brilian Ka undur diri... maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan! Sayonara~ ;D

Ditulis oleh : Brilian K
Follow IG ? KLIK!



Read more ...»

[Suka Anime Saat SD-SMP] #9 : VCD Anime lain dan Tora Home Entertainment

On Selasa, 25 Agustus 2015 3 komentar


Baca part sebelumnya? :

--------------------------------------------

Selain vcd Fruits Basket, aku juga mempunyai vcd DN Angel dan Trouble Chocolate... tapi hanya satu... aku membelinya, saat aku kelas 1 SMP di Gramedia... yang kubeli ini, sama jenisnya dengan vcd Fruits Basket ku, sama2 keluaran Tora Home Entertainment
 
 

Awalnya aku hanya berkhayal, seandainya vcd DN Angel dan Trouble Chocolate juga dijual~... dan setelah beberapa lama... impianku itu terwujud, padahal aku hanya asal berkhayal... khayalan anak SD hehe

Aku menemukan vcd DN Angel dan Trouble Chocolate, dijual di Gramedia saat kelas 1 SMP... bahkan volume vcd yang dijual sudah banyak... tapi sayang, uangku hanya cukup untuk membeli 2 keping CD... jadi aku beli, masing2 satu DN Angel dan satu Trouble Chocolate... tapi walaupun begitu, aku sudah cukup senang!

Vcd Trouble Chocolate, memakai dubbing bhs Indonesia... aku senang! otomatis aku mempunyai ost opening dan ending Trouble Chocolate~ yang versi Ind... aku bisa memutarnya berulang kali

Dulu waktu SD~ aku pernah mencatat lirik lagu Trouble Chocolate versi Ind… dengan cara mendengarkan langsung lagunya, saat anime ini tayang di tv dan dicicil juga~ aku belum sempat menyelesaikan mencatat liriknya, tapi tau2 anime Trouble Chocolate sudah dihentikan tayang!... aahh! sebel bangetlah pokoknya! rasanya ngeganjel banget!
 
 

Tapi setelah memiliki vcd nya, aku bisa memutar lagu opening dan ending nya berulang-ulang... catatan lirik laguku bisa selesai! seperti berhasil membayar hutang, rasanya lega banget!... yah jaman tidak ada internet memang penuh dengan perjuangan~

Hhmm~ karena anime Trouble Chocolate yang kumiliki didubbing Indonesia, aku jadi bisa mendengarkan Hinano saat dia bilang “yah lumayan” dan “terimakasih kembali” hahahaha aku suka bagian itu~

Oh iya~ dari dulu aku kepikiran hal ini... aku kan punya vcd Fruits Basket dan Trouble Chocolate yang didubbing Ind... aku selalu kepikiran kalo kebanyakan pengisi suara di anime Fruit Basket sama dengan pengisi suara di anime Trouble Chocolate... apa benar begitu ya? pokoknya suaranya familiar banget... bahkan yang menyanyikan ost versi Indonesianya mempunyai suara yang mirip

Hhmm btw Trouble Chocolate itu, menceritakan tentang Kakao... yang tiba2 menemukan seorang cwe cantik~ yang tidur di sebelahnya~ saat dia bangun tidur.... Kakao tidak ingat apa yang dia lakukan di malam sebelumnya... ternyata cwe itu adalah seorang peri yang terjebak di dalam tubuh boneka kayu
 
 

Karena sebelumnya Kakao tidak sengaja memakan coklat yang memabukkan, dan mengacaukan mantra sihir yang diucapkan oleh pak guru Ghana~ peri yang dipanggil pun terjebak di dalam boneka... peri itu bernama Hinano

Akhirnya Hinano tinggal di rumah Kakao, tapi tidak hanya berdua... ada Homu-homu, dan tokoh lain yang tiba2 muncul dan ikut tinggal di rumah Kakao... hhmm~ banyak monster2 aneh yang muncul juga

Sumpah! anime ini kocak banget! aku pertamakali menontonnya di TV7 ditayangkan setiap hari minggu jam setengah satu siang saat itu~

Anime ini juga banyak fanservicenya... bukan hanya untuk cwo, tapi untuk cwe juga hahaha... jadi menurutku anime ini cukup adil... fsnya datang dari Hinano yang kawaiii banget, polos, tingkahnya juga seperti anak kecil, imut lah... lalu Matcha dan Azuki, jurusnya “Boobies of Power” wkwkwkwk sudah mirip seperti duo serigala saja XD
 
Matcha dan Azuki
 
 





Hinano dan Kakao~ ya ampun! kalo kalian mengira ini adalah anime H… maka kalian SALAH!... tapi aku masih tidak percaya dulu pernah nonton adegan semacam itu saat SD wkwkwk

Dan untungnya juga banyak fs dari karakter cwo... misalnya dari~ pak guru Papaya, dia tampan sekali! tapi kalo kena cahaya langsung bilang “aku silau” wkwkwkwk karena dia vampire... 
 

Pak guru Papaya
 

Terus ada pak guru Ghana yang lumayan sih~ di vcd yang kubeli, bahkan dia terang-terangan memberi fs

Masak ada adegan aneh yang nyelip, pak guru Ghana menjelaskan tentang kontes perguruan Micro-Grand*tempat Kakao sekolah, ke penonton~ sambil mandi di bathup, backsound nya juga sexy... kyaaa! waktu itu aku masih SMP sumpah! dan terakhir... sambil minum teh, masih mengenakan baju mandinya... dia bilang : “ini adalah bonus, karena sudah lama aku tidak pernah muncul”... lalu dia mengedipkan matanya
 
 
Pak guru Ghana

 
Kyaa!! siapa yang tidak meleleh melihatnya? wkwkwkwk... aneh juga ya, bagian seperti itu tidak disensor... tapi dulu waktu SD, aku tidak nyadar kalo ada hal2 semacam itu... saat SMP aku baru agak merasa gimana gitu melihat adegan itu, aku malu kalo ortuku juga melihatnya~ soalnya vcdnya, kuputar berkali-kali dulu XD
 
Terus ada Truff, dia cwo superkaya yang cinta mati sama Hinano... waktu ada surat cinta ajaib yang bisa menyatakan perasaan~ dan membuat tulisan di dalamnya terwujud nyata 3D...  Truff juga membuat surat itu untuk Hinano, dan surat cinta Truff benar2 menampilkan hal2 yang~ hhmm~~ intinya karya seni, yang modelnya itu Truff tapi agak2 nude gitulah #gila hahahah... saat masih SD, aku ingat banget kalo pernah menonton bagian itu, ingat banget wkwkwkwk habis gambarnya #parah... salah sendiri tidak disensor hehe
 
Truff
 

Terus ada beberapa karakter yang absurd banget... ada pak guru Big Bang... dia itu sejenis Frankenstein, badannya gede tapi waria wkwkwk~ pengisi suara versi Indonesianya juga pas banget lagi~ nada bencongnya wkwkwk... siapa ya? yang pertamakali memikirkan membuat karakter super aneh ini?.... Big Bang cinta mati sama pak guru Papaya... kasihan juga pak guru Papaya~ soalnya orangnya sensitif cahaya, lesu banget... seperti sakit anemia... tapi harus terpaksa menghadapi Big Bang yang overaktif
 
Big Bang
 

Tapi yang paling aneh itu, adalah kak Murakata dan Deborah... mana cover vcdku gambarnya mereka lagi XD... mereka adalah pasangan yang lebay, tiap ketemu langsung drama... “kak Murakata~~ Debora~ aku mencintaimu, bla bla bla” absurd bangetlah... tapi bagian ini bikin ngakak, walaupun agak menjijikkan XD
 
Deborah dan Murakata
 

Karena itulah aku menyukai anime Trouble Chocolate, dan bersyukur bisa membeli vcd originalnya walaupun hanya 1.... tapi sekarang aku sudah mendownload semua episodenya sampai tamat, dengan subtitle Indo... sekali lagi aku berterimakasih pada orang2 yang berjasa dibidang itu XD
 
 


Yang dulunya waktu SMP aku hanya punya 2 episode, sekarang saat kuliah jadi punya 20 episode hehe... senang melengkapi kekosongan itu~

Dan vcd original anime selanjutnya, yang kupunya adalah DN Angel... suka banget sama DN Angel, aku selalu menonton anime ini di tv dengan gugup karena aku menyukainya... jadi langsung saja aku membeli vcd nya, begitu lihat di toko

Aku hanya punya 1 keping CD dengan 2 episode, walaupun begitu kenangannya sudah cukup luar biasalah... tapi vcd DN Angel punyaku, memakai dub Jepang dan sub Indo... pas banget lagi, vcd yang kubeli ada adegan yaoinya XD
 
 

Di keluarga Daisuke Niwa, keturunan anak laki2 nya~ akan mewarisi sebuah kekuatan, di usia tertentu... kekutan itu adalah bisa berubah menjadi Dark, malaikat bersayap hitam... yang tugasnya adalah~ mencuri benda2 karya seni, yang mempunyai kekuatan jahat di dalamnya

Dark dan Niwa seperti 2 orang, yang memiliki kepribadian berbeda di dalam satu tubuh... Niwa menyukai seorang cwe di sekolahnya yang bernama Harada Risa, setiap kali melihatnya hati Niwa merasa berdebar-debar... itu adalah keadaan yang berbahaya, soalnya bisa membuat Niwa tiba2 berubah menjadi Dark, diluar kendali Niwa

Dark kadang mengambil kesempatan itu, mengajak Risa melakukan ini dan itu~ itu bahaya kan? hahaha soalnya Dark itu memang tipe orang yang agak mata keranjang dan selalu bersikap manis pada cwe, tapi manisnya juga kelebihan...
 
 

Risa ini cinta mati sama Dark, padahal Niwa suka sama Risa... si Dark hanya memainkan perasaan cwe doank~~~ tapi akhirnya pasangan Niwa adalah Harada Riku, kembaran dari Risa

Risa jadi sendirian~ awalnya, aku lebih menyukai Riku daripada Risa... dia lebih tegas, dan sepertinya punya sedikit teman daripada Risa... tapi setelah Niwa jadian sama Riku... aku jadi menyukai Risa, karena Risa sendirian~
 
Risa dan Riku
 

Dan bahaya lainnya kalo Niwa berubah tiba2 menjadi Dark adalah bisa ketahuan identitas Dark yang sebenarnya, itu lebih buruk!

Anime ini memang sering menampilkan adegan ciuman dsb, aku menontonnya saat SD dan itu tidak disensor... kadang hal itu, benar2 membuatku terbayang-bayang sampai berhari-hari... bahkan kadang sampai senyum2 sendiri... maksudku... so sweet banget sih? XD... ternyata masa kecilku beruntung ya! XD

DN Angel awalnya tayang siang di Global TV, terus diganti jadi Magrib tayangnya... jam segitu kan, adalah jam kumpul bareng keluarga di ruang tv... jadi kalo melihat adegan yang seperti itu, kadang malu juga sama ortu... tapi tetep saja aku tonton, lha mau bagaimana lagi, aku suka anime ini hehe

Awalnya~ fs hanya datang dari tingkah Dark... tapi ada tokoh baru yang muncul, yaitu Hiwatari Satoshi, jangan ditanya... aku suka banget sama Hiwatari haha... si Hiwatari ini juga bisa berubah menjadi Krad, malaikad bersayap putih... lawan dari Dark, dan dia adalah antagonis
 
Hiwatari Satoshi


Krad


Aku juga bingung~ kenapa yang antagonis malah berwarna putih, yang protagonis malah berwarna hitam?? XD tapi itu semua tidak penting yang penting fs nya haha

Si Hiwatari ini keren banget, dia anak jenius.... sebenarnya dia sudah kuliah, tapi sekolah SMP lagi karena ingin merasakan kehidupan normal, seperti kebanyakan orang di usianya

Dan lucunya, dia suka menggoda Niwa... seperti~ Hiwatari adalah seme dan Niwa uke nya... banyak adegan saat mereka sedang berduaan~ seperti adegan shounen ai~ itu membuatku meleleh kyaaa (>////<)

Yang di vcd ku itu~~~ ceritanya, si Niwa tenggelam di kolam renang dan diselamatkan oleh Hiwatari... diberi napas buatan lagi! aduh~~ kenapa sih~ aku membelinya itu pas banget XD tapi Niwa nya itu juga aneh, saat digodain Hiwatari, pipinya memerah hahahaha

Kalo dipikir-pikir mungkin DN Angel adalah anime pertama yang membuatku terkesan, dengan hal2 yaoi nya... intinya aku pertamakali kenal yaoi dari anime itu haha
 
 

Sebenarnya saat SD aku tau kalo hal2 semacam itu tidak normal, tapi kenapa ya? rasanya tetep saja blushing saat melihatnya? bahkan histerisnya itu lebih~ daripada melihat adegan antara cwo dan cwe yang seperti itu...

Hhmm~ saat SMP~ aku hanya mempunyai 2 episode DN Angel, setelah kuliah... aku mulai mendownload sisanya~ tapi tidak aku tonton sampai tamat sih... aku takut melihat Hiwatari kalo dia kenapa-napa di episode akhir hehe

Aku suka anime ini karena lucu, ceritanya menegangkan, misterius dan banyak fs :P... terutama karena ada Hiwatari sih, aku suka banget sama Hiwatari~ aku harap, dia itu... kalo tidak jadian sama Niwa ya jadiannya sama Risa 

Karakter Hiwatari yang pendiam, cool disatukan dengan karakter Risa yang manja... bagaikan melihat Kaze dan Elie, aku suka! XD
 
 


Btw~ ada satu cerita! saat itu sekolah Niwa ingin mengadakan drama... terpilihlah Hiwatari sebagai pemain karakter cwo utamanya dan Niwa sebagai pemain karakter cwe utamanya #eh??... aku blushing banget nonton ini, sumpah

Lalu ada satu adegan yang membuatku menjerit, saat Hiwatari disuruh oleh anak2 cwe untuk memakai kostum Dark, jadi dia disuruh cosplay sebagai Dark gitu... lengkap dengan memakai wig~ begitu dia membuka pintu saat selesai memakai kostum, buset! mirip banget sama Dark... aku menjerit! Hahaha

Tidak menyangka bisa melihat Hiwatari memakai kostumnya Dark~ mengingat dia itu kan rivalnya XP
 

 

Oh iya... kalo dipikir-pikir vcd original anime yang kubeli saat SD-SMP~ punya banyak fs untuk penonton cwe ya?... ternyata, sejak kecil~ aku sudah berurusan dengan hal2 semacam itu hahaha #bangga
 
 

Hhmm~ ngomong2 soal vcd dan semacamnya, saat aku SD... kakakku pernah membeli cd Samurai X~ yang sampai sekarang tidak pernah diputar... kenapa? soalnya kakakku salah membeli cd... ternyata itu adalah cd untuk playstation!... waktu itu di rumah tidak ada ps, jadi cd nya tidak bisa diputar

Aku sebenarnya, agak kasihan sih sama kakakku karena salah beli cd... waktu nemukan cd itu kan kakakku seneng banget~ jaman dulu cd anime masih langka kan?... jadi daripada dibuang ya, aku simpen saja cd itu~ sampai sekarang masih aku simpan... ini barangnya~
 


Saat bisa membeli vcd original anime.... aku benar2 merasa senang, tapi agak menyesal karena tidak bisa membeli semua volumenya... uangku tidak banyak dan karena masalah transportasi juga sih... aku sangat kecewa~

Jadi begitu kenal internet... aku langsung mendownload semua episode yang belum kupunya... sebagai pelampiasan sih~ untuk membayar rasa penyesalanku karena tidak bisa membeli semuanya saat aku SD-SMP

Aku baru bisa mendownload semua anime2 itu saat aku kuliah~ padahal beli vcd nya sudah sejak SD-SMP~~ aku pernah benar2 merindukan anime2 jadul itu...

Jadi aku mencatat anime2 jadul yang ingin ku download di internet... aku ingin mendownload semua anime jadul yang pernah kusukai dan menontonnya kembali seperti dulu
 
 

Bahkan aku sampai membuat jadwal~ kapan aku harus menonton anime a, b, c dst... agar aku merasa seperti dulu... saat masih menonton anime di tv~ waktu itu kan anime tayang di jam tayangnya masing2... aku mencoba untuk membuat itu terjadi lagi

Misalnya saat SD, aku menonton Creamy Mami jam 4 sore~ aku juga membuat jadwal yang sama... aku akan menonton anime Creamy Mami hasil downloadtanku jam 4 sore... dan anime lainnya di jam tayangnya masing2

Bahkan aku juga menjadwalkan hari tayangnya... misalnya hari Senin yang tayang apa saja, Selasa apa saja dst... waktu itu, aku benar2 merindukan anime jadul, jadi aku melakukan hal ini itu

Walaupun aku sudah merancang semuanya agar seperti dulu, saat aku menonon anime di jaman SD-SMP... tapi tetap saja semuanya tidak sama... pasti rasanya beda kan? menonton anime di tv dan di laptop, saat masa kecil dan dewasa... masa lalu tidak mungkin terulang lagi~

Aku melakukan hal yang kuceritakan di atas, juga karena... sempat ada masa dimana anime benar2 menghilang~
 
 

Pertama anime jadul menghilang di tv... di internet juga belum ada anime sub Indo, yang bisa didownload seperti sekarang... jadi rasanya, anime seperti menghilang saja

Tapi semenjak muncul anime2 sub Ind, yang bisa didownload secara geratis dan banyak... aku jadi kehilangan minat sama anime... tidak seperti jaman SD-SMP dulu

Mungkin karena cara mendapatkannya mudah, jadi terkesan tidak ada tantangan untuk memilikinya.... anime itu hanya menjadi file yang biasa

Saat SD-SMP... untuk nonton anime, harus lewat tv... itupun masih khawatir apakah anime ini ganti jam tayang atau malah dihentikan tayang?... kadang aku juga bela2in bangun pagi untuk nonton anime

Seperti saat hari Minggu, anime Shaman King tayang jam setengah 5 pagi di Antv... aku pernah bangun jam setengah 4 pagi, aku kira itu jam setengah 5...  setelah itu aku tidur lagi sampai jam setengah 5 haha
 

Shaman King *kenapa dulu tidak pernah melihat hal-hal seperti ini?
 

Nonton anime di tv, saat hari hujan dan banyak petir juga tidak mudah... aku tidak diperbolehkan menonton tv saat hujan petir oleh ortuku, takut kena petir antenanya

Saat membeli vcd anime pun juga penuh perjuangan, dari mulai mengumpulkan uang, merengek minta diantar untuk membelinya dan merawat vcd itu agar tidak hilang

Jadi ya... nonton anime di jaman dulu, tidak semudah mendownload anime di jaman sekarang... yang bisa ditonton seenaknya dan diputar seenaknya juga

Tidak heran jika anime2 jaman dulu terasa berharga banget, vcd yang kumiliki juga terasa berharga dan benar2 kujaga sampai sekarang, jangan sampai hilang... karena ku pikir, semua itu tidak ada copyannya... tidak akan ada lagi vcd dengan cover yang seperti itu, dengan gambar di keping cd yang seperti itu dsb
 
 

Hhmm~ jaman sekarang, kalo mau tuker2an anime / barter... itu mudah~ misalnya : aku copas anime yang kamu download, dan kamu copas anime yang aku download... tapi jaman aku SD-SMP... cara barter anime tidak seperti itu~

Dulu itu, sistemnya tuker-tukeran vcd / cd... jadi gini~ kamu punya vcd anime apa saja? nanti aku pinjam untuk beberapa hari ke dapan... aku juga akan meminjamkan vcd anime milikku padamu untuk beberapa hari ke depan... yah hanya tuker2 vcd gitu lah intinya, jadi file nya tidak ikut ke-copas

Tapi itu malah menyenangkan, soalnya aku yang dipinjami vcd~ benar2 serius saat menonton vcd milik temanku, karena mungkin hanya mendapat kesempatan itu 1x doank kan, jadi aku begitu menghargainya.... aku benar2 menonton vcd anime itu dari awal sampai akhir, walaupun aku gak ngerti sama ceritanya

Aku pernah dapat pinjaman vcd Tsubasa Chronicle dan Rozen Maiden... kedua anime itu belum pernah tayang di tv… dan yang kutonton juga bukan episode 1~ tapi episode berapa gitu... jadi aku gak ngerti ceritanya... walaupun begitu, tetap saja aku menonton semuanya sampai akhir... karena aku menghargai anime itu, yang telah dipinjamkan padaku
 
Tsubasa Chronicle
 
 
Rozen Maiden
 

Tidak seperti sekarang~ misalnya kamu sudah copas banyak anime dari teman, tapi tidak ditonton secara serius, di skip2 doank~ mungkin karena sekarang anime sudah pasaran, semakin gampang untuk didapat... jadi hanya menjadi hal yang biasa saja

Sedangkan dulu anime masih langka... barang yang langka, jika berhasil didapatkan dengan perjuangan... akan menjadi barang yang berharga~ dan itu juga yang aku alami

Tuker-tukeran vcd anime di jaman SMP juga bukan hal yang mudah…. karena aku harus waspada kalo ada penggeledahan mendadak, aku juga harus waspada kalo temanku lama tidak mengembalikan vcd milikku hahaha... kalo sudah seperti itu, rasanya khawatir banget, bagaimana nasib vcd ku ya??... yaudah terpaksa aku ke kelas temanku, dan memintanya untuk cepat mengembalikannya XD

Sekarang, ayo kita bicarakan tentang vcd original anime keluaran Tora Home Entertainment!... sebenarnya Tora Home Entertainment adalah salah satu distributor yang membeli lisensi anime Jepang di Ind~

Biasanya akan ada logo tertentu yang ditayangkan sebelum anime mulai~~ misalnya ini :
 

 

Logo2 itu ditayangkan sebelum Doraemon, Shinchan, Hamtaro, Detective Conan dll

Logo Tora Home Entertainment juga tayang, sebelum anime tertentu mulai~ logonya lucu, ada gambar singanya... jadi diantara kata TORA, ada gambar singa... huruf O jadi kepala singanya, huruf R jadi badan singanya... aduh, kreatif banget ya yang membuat logo ini~ eh tapi Tora artinya memang singa kan? 
 
 

Aku hapal banget sama logonya, dan lagu saat logo ini tayang... ada sedikit suara singanya juga, kawaii deh! XD

Karena kan saat SD-SMP, aku sering melihat logo itu tayang~ di vcd Fruit Basket dan Trouble Chocolate yang kutonton

Aku sudah berusaha mencari logo itu di Youtube dan gambarnya di Google, tapi kok tidak ada ya?.. apa benar Tora Home Entertainment telah menghilang??

Saat aku SD-SMP~ Tora Home Entertainment telah banyak menerbitkan vcd original anime, terutama anime2 jadul yang pernah tayang di tv... yang pernah aku lihat dan dijual di Gramedia, selain Fruits Basket, Trouble Chocolate dan DN Angel.... ada juga Dr Slump, Louie the Rune Soldier, Scrapped Princess, Evangelion, Fumoffu, Hack//Sign dll... eh kalo tidak salah vcd original Pokemon dan Digimon juga pernah diterbitkan oleh Tora Home Entertainment

Pokoknya sudah banyak sekali vcd original anime jadul yang diterbitkan oleh Tora Home Entertainment... tapi sekarang, sudah banyak pula yang menghilang dari toko~ hanya sedikit sekali yang tersisah...
 


Setahun yang lalu, aku pernah melihat vcd Louie the Rune Soldier dan Scrapped Princess dijual di Gramed.. sebenarnya aku ingin membelinya~ aku ingin membeli Louie the Rune Soldier karena ingin mempunyai ost versi Ind nya

Saat SD aku hampir membeli vcd itu, tapi tidak jadi kerena uang ku kurang... aku ingin beli yang lainnya dulu.. hhmm~ aku tidak menyangka setelah kuliah, aku masih menemukan vcd itu di Gramed~

Dan aku ingin membeli vcd Scrapped Princess~ karena aku suka salah satu tokoh di anime itu… Scrapped Princess adalah anime yang langka menurutku, Louie the Rune Soldier juga... soalnya kedua anime itu~ belum ada yang mengerjakan subtitle Ind nya, di internet... yang masih pakai sub Ing saja, tidak gampang untuk didapatkan
 
Louie the Rune Soldier
 
 
Scrapped Princess
 

Jadi aku bingung, apakah aku harus membelinya ya? karena kelangkaannya?... tapi batinku bergejolak, aku pikir karena itu hanya bagian dari masa kecilku~ dan aku sudah tidak terlalu menyukai anime, seperti dulu... jadi aku putuskan untuk tidak membelinya~~ hanya berusaha untuk menjadi normal

Tapi sekarang aku nyesel, tidak jadi beli kedua vcd itu (T_T)

Sebenarnya vcd2 original~ yang sejenis dengan keluaran Tora Home Entertainment... tidak sepenuhnya menghilang di toko~~ di Gramed masih banyak kok,  yah~ vcd yang covernya dari kertas… tapi itu bukan vcd anime~ melainkan vcd acara anak2 seperti Telletubbies, Tweenies, Sesame Street, Bob the Builder dan kartun anak2

Di suatu kesempatan, mungkin saat aku SMA... aku pernah agak kelepasan, saat berada di tempat penjualan vcd terbitan Tora~ di Gramed... jadi vcd yang dijual itu, tidak ditaruh di rak~ hanya ditaruh di keranjang besi yang besar... dan tidak ditata rapi, dari awal sudah berantakan... seperti pakaian2 yang didiskon di toko~

Karena saat itu aku sedang merindukan anime jadul, di internet juga belum ada anime subtitle Indo seperti sekarang... jadi aku benar2 galau saat itu~~ aku benar2 ingin menonton anime jadul lagi, aku benar2 ingin membeli vcd original anime jadul lagi seperti dulu
 
 

Entahlah apa yang merasukiku... aku mulai mencari vcd anime jadul, di tumpukan vcd itu~ kebanyakan yang dijual saat itu adalah vcd acara anak2 bukan anime

Jadi aku terkesan agak mengorak-arik tumpukan vcd di sana, aku benar2 melihat tumpukan vcd itu dari barisan atas sampai bawah... seperti orang yang kesetanan, hanya untuk mencari vcd original anime, siapa tahu masih ada~ akhirnya aku menemukan 1 vcd anime, itu adalah vcd anime DN Angel~ tapi sayang vcd itu, sama dengan vcd yang sudah aku miliki

Dan karena kelakuanku agak mencurigakan, akhirnya mbak2 pelayan toko mendekatiku... dia bilang : ada yang bisa dibantu?... aduh aku malu banget, apa kelakuanku begitu aneh ya saat itu? sampai mbak2 itu mendekatiku?

Untung aku sudah menemukan 1 vcd DN Angel... jadi aku bilang saja~ vcd yang ini, volume lainnya ada tidak?... dan mbak2 itu berusaha mencarinya di tumpakan vcd yang dijual, tapi hasilnya nihil... ya udah... setelah itu aku langsung meninggalkan tempat tsb karena malu haha

#malu
 
 

Sampai segitunya ya? ternyata aku pernah benar2 ingin membeli dan mencari lagi~ vcd original anime, yang sudah menghilang... karena benar2 rindu untuk menonton anime lagi...

Sekarang aku bisa mendownload anime jadul, sampai episode terakhir di internet.... rasanya ya, bersyukur banget sih~ kalo ingat jaman dulu~ hanya untuk menonton anime saja rasanya sesusah itu

Hhmm btw~ sekarang aku berusaha untuk mencaritahu tentang Tora Home Entertainment dan PT yang menerbitkan vcd original anime yang kumiliki~ di cover vcd bagian bawah, ada alamat web untuk contact person... tapi saat aku mencoba mencarinya di internet, web itu tidak ada~

Ini adalah contact person yang tertulis di cover vcd :
 
 

Jika kalian tau sesuatu tentang PT itu, tentang Tora Home Entertainment, alamatnya dll... baritahu aku ya, apakah Tora Home Entertainment dan PT itu masih ada? dan apakah masih menerbitkan vcd original anime, terutama aime2 jadul yang didubbing Ind? aku benar2 ingin tahu~

Dulu waktu SD-SMP, setahuku mereka lebih banyak memproduksi vcd anime original Jepang... tapi sekarang yang lebih sering dijumpai di toko adalah vcd acara anak2 dan kartun~ kenapa ya? mungkin karena anime sudah tidak sepopuler dulu, di tv juga sudah jarang ditayangkan... dan mungkin karena ada nya internet, jadi banyak yang lebih memilih untuk menonton anime di internet atau mendownload di internet

Walaupun begitu, aku masih berharap... agar anime2 jadul yang bagus, yang sudah didubbing Ind, diterbitkan vcd originalnya oleh mereka

~Bersambung~


Ditulis oleh : Brilian K
Follow IG? KLIK!




Read more ...»

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............