Review mainan jadul : Bears Happy Wonderland

On Rabu, 13 Maret 2013 10 komentar



Hai hai~! ...kali ini aku Brili Kagura akan membagikan info dan riview tentang mainan jadul yang dulu... aku rasa cukup populer dan mainan itu sering banget aku mainkan :D... artikel tentang review kosmetik, buku, blog, film, anime dll itu kan udah biasa... nah... kali ini aku akan membuat review yang gak biasa tentang mainan jadul *alibi!~ padahal aku gak punya cukup modal dan waktu untuk membuat riview yang ku bilang “udah biasa” tadi* :P

Oke! Mari kita mulai membahasnya :D


Awal mulanya aku kenal mainan itu

Dulu waktu aku SD mungkin... atau kalo gak ya TK... ada sebuah mainan yang terbuat dari plastik... mainan itu sepaket terdiri dari rumah, pohon kelapa, ada mainannya seperti perosotan, ayunan dll dan orang2 annya adalah beruang yang kecil2 banget! XD

Iyah... aku benar2 mengagumi mainan itu saat pertamakali aku melihatnya *jatuh cinta pada pandangan pertama*... waktu anak2 di sekitar rumahku memainkannya... aku benar2 melihat mainan itu dengan seksama karena waktu itu aku belum punya... aku ingat... waktu itu... aku hanya nonton dan gak ikut main... karena aku gak terlalu kenal dengan anak2 yang memainkannya...

Aku menontonnya... dari awal sampai akhir... sampai mainan itu dibereskan *tanpa aku berbicara sepatah kata pun pada anak2 yang memainkannya*... aku gak peduli... apakah aku dianggap mengganggu anak2 itu... dan aku gak merasa malu ama anak2 itu... karena aku hanya nonton dan gak ikut main.... yang penting aku bisa melihat mainan itu lebih lama... karena waktu itu.... aku benar2 menyukai mainan itu...

Waktu itu... ada 2 kelompok anak yang memainkan mainan itu... yaitu kelompok anak laki2 dan perempuan.. yah... aku menonton apa yang mereka mainkan... biasanya kan... anak2 suka mengarang cerita bebas saat mereka memainkan mainan seperti itu... dan aku nonton dari awal mula cerita, cerita klimaks sampai... ceritanya tamat di tengah jalan... karena anak perempuan tiba2 saja memutuskan untuk pulang... dan gara2 itu cerita yang kuikuti tadi yang awalnya rame menjadi sepi.... tapi aku gak peduli... aku tetap menontonnya walaupn sekarang mainan itu diambil alih oleh anak laki2.... satu2 nya hal yang bisa membuatku berhenti untuk menontonnya adalah... saat mainan itu dibereskan.... dan setelah itu aku baru pulang deh... :P


Apakah dulu mainan itu populer ?

Aku sangat penasaran dengan mainan itu... dan tidak lama dari kejadian yang kuceritakan di atas... aku menemukan mainan itu di jual oleh penjual mainan *iyalah... masak penjual sayuran*... ternyata mainan itu cukup populer ya? ...aku bisa menemukan mainan itu di pasar, penjual mainan keliling, pasar malam sampai mall... tentu saja aku tidak tinggal diam... aku minta ortuku untuk membelikannya untukku :D ...akhirnya aku punya mainan yang kuidam-idamkan itu~!... waktu itu aku beli lebih dari satu... jadi puas mainnya :D

Aku gak ngerti... jarang sekali mainan yang berbahan plastik populer waktu itu... ehm... mungkin adanya hanya mainan mobil-mobilan atau mainan masak-masakan.... tapi untuk mainan rumah2 seperti yang kuceritakan di atas sih... dengan penghuni tetep *maksudku adalah beruang kecil* kayaknya jarang sih yang populer... tapi entahlah.... mainan yang itu bisa populer :D


Cerita tentang mainan itu di internet

Baru-baru ini aku mencari tentang mainan itu di internet... entah itu gambarnya atau cerita tentang mainan itu... tapi hasilnya nihil... aku gak bisa menumukannya... bahkan di blog yang membahas mainan jadul sekalipun!!... entahlah... aku gak ngerti kenapa begitu... apakah... mainan itu hanya populer di daerahku... ? benarkah demikian? tapi dulu... aku bisa menemukan mainan itu di hampir semua toko yang menjual mainan... dan kalo aku tanya tentang mainan itu ke teman2 sebayaku... sebagian dari mereka juga masih ingat... bahkan anak cwo pun juga masih ingat mainan itu... :P

Atau... apakah mainan itu sekarang benar2 langka ya? sampai gambarnya aja gak aku temukan di Google :D ....padahal aku sudah mencari dengan berbagai kata kunci seperti mainan plastik, beruang kecil, rumah palstik dsb.... tapi gak ketemu T_T


Cerita saat aku berburu mainan itu :D

Suatu hari aku melihat bapak2 penjual mainan keliling di jalan... saat aku masih SMA... entah mengapa... mataku sangat tajam... dan aku melihat mainan itu diantara mainan2 lain yang dijual bapak itu... dalam hati aku berkata “wah... itu kan mainan saat aku kecil!” :D ...aku pengen beli sih... tapi waktu itu situasinya sedang tidak memungkinkan....

Iyah... semua mainanku saat aku masih kecil emang udah hilang... termasuk mainan yang itu... aku pengen punya lagi untuk sekedar bernostalgia... mengingat aku dulu sangat menyukai mainan itu hahaha :D

Lalu saat aku kuliah... aku melihat bapak2 penjual mainan keliling di jalan.... di daerah rumahku sih... waktu itu situasinya juga tidak memungkinkan... jadi aku gak beli... aku bermaksud untuk pulang dulu ke rumah... baru pergi ke penjual mainan tadi... tapi saat aku menghampirinya... bapak penjual mainannya udah gak ada di tempat

Suatu hari... aku merasa pengen banget membeli mainan itu... lalu aku memutuskan untuk berkelana... mengelilingi TK dan SD di daerahku... siapa tau ada pedagang mainan keliling yang jual... tapi hasilnya nihil~

Mungkin sekitar 2 hari kemuadian... di suatu pagi... saat aku bangun tidur... waktu itu hari udah siang... mungkin sekitar jam 8 atau 9... entahlah... aku merasa... pengen banget berburu mainan itu lagi... dan tanpa mandi atau makan pagi terlebih dahulu... aku pergi menyelusuri desa mencari mainan itu... waktu pencarianku 2 hari yang lalu... aku pergi pukul 11 siang... saat jam sekolah TK udah usai... dan saat jam istirahat anak2 SD terlewatkan... mungkin karena itulah... aku gak bisa menemukan mainannya... aku hanya bisa menemukan pedangang mainan keliling yang dagangannya sedikit (-_-) ....dan karena ini masih pagi jadi aku memutuskan untuk mencari mainannya~

Kita lanjutkan lagi cerita yang tadi... pada dasarnya... aku gak tau kenapa aku melakukannya... tapi aku melakukannya... aku berjalan melewati TK dan SD di daerahku... tidak ada penjual mainan keliling yang terlihat... iyah... aku pergi lagi kayak orang bodoh yang tanpa tujuan... di suatu SD yang berada di pinggir jalan raya... aku melihat 2 penjual mainan keliling tapi aku tau kalo mainan yang ku cari tidak ada... jadi ku lewatkan saja mereka...

Sampai akhirnya... tanpa sadar aku sampai di sebuah pasar... bangunan pasarnya sedang diperbaiki... jadi pedangangnya berjualan di pinggir jalan... iyah... aku harus melewati kerumunan orang2 di pasar itu... aku seperti orang yang tanpa tujuan dan arah yang jelas... sampai di saat tertentu... aku melirik sebuah toko yang penuh dengan mainan... aku gak bisa berhenti di toko itu dan menanyakan mainan yang kucari... karena... kalo gak ngajak keponakanku yang masih TK... aku merasa malu untuk membeli mainan di sana~ jadi aku hanya bisa melirik toko itu secara sekilas...

Dan saat aku melirik toko itu... akhirnya aku melihat mainan itu di toko :D ...wah~ senangnya... walaupun aku hanya melihat sekilas... tapi... aku tau kalo itu adalah mainan yang kucari^^ ...setelah itu... intinya... aku akhirnya membeli mainan itu... dengan mengajak keponakanku yang masih TK agar niatku tersamarkan :P

Yah... walaupun aku terlihat tanpa tujuan dan arah... dan aku juga gak yakin kalo bisa menemukan mainan itu... tapi menariknya... pada akhirnya aku menemukannya :D


K : bukannya judulnya adalah review mainan? kenapa kamu malah curhat?

Kenapa? ini adalah blog ku... jadi ya... terserah aku mau nulis apa? :P


Oke! mari kita me review mainannya! :D

Emang mainan yang kubicarakan itu... kayak apa sih...? kok aku sampai segitunya~! Apa kalian penasaran?

Ini adalah... foto dari gambar di kemasan mainan itu :

Bagaimana? apakah ada yang ingat tentang mainan itu?


Satu paket mainan terdiri dari yang terlihat di gambar atas



Tampak dari samping kiri dan kanan^^

Oiya... sedikit cerita... saat aku menemukan mainan itu... kondisinya sudah sangat memprihatinkan... mainannya emang masih berada di dalam kemasan.... tapi gak tertata rapi seperti gambar di atas... semuanya udah keluar dari tempatnya dan mengumpul di bawah kemasan... tapi karena mainan itu tinggal 1 dan aku pengen banget beli... jadi ya aku beli saja :D

Mainan itu aku tata ulang... agar aku bisa memotretnya dan menaruhnya di blog :D *biar kelihatan bagus lagi gitu* XD ...kemasannya emang terlihat udah sangat tidak bagus... tapi mainan di bagian dalamnya sih... untungnya masih bagus dan kelihatan baru^^


Judul mainan itu...

Aku selalu penasaran dengan judul mainan itu... karena aku udah mencari mainan itu di Google... tapi gak muncul2.... mungkin saja kalo aku tau judul mainannya... mainan itu akan muncul :D ...tapi waktu itu aku gak ingat ama judulnya

Sampai mainan itu sudah terbeli... dan hal pertama yang kulakukan adalah melihat judul mainan itu... dan judulnya adalah “Bears Happy Wonderland”



Lalu aku iseng mengetik mainan “Bears Happy Wonderland” di Google... tapi gambar ataupun cerita tentang mainan itu tetap tidak muncul :P


Bagaimana kalo kita buka mainannya?

Oke! mari kita buka mainannya! dan kita tata mainannya... sesuai dengan imajinasi~! wkwkwk :D


Begitulah kira2 wujud mainan itu setelah keluar dari kemasan... maaf ya... imajinasiku gak secanggih dulu... jadi aku hanya bisa menata mainannya seperti itu hahaha... btw mainannya itu kecil2 banget lho! apalagi beruangnya (-_-)”


Apa saja isi di dalam mainan itu?

Mari kita melihat isi mainan itu... lebih dekat lagi! :D ...kita lihat yuk... apa saja isi di dalam mainan itu~

BERUANG

Tokoh utama dari mainan ini adalah beruang... beruang diperumpamakan sebagai manusia... atau orang-orangan nya ^^ ... yah... karena judulnya saja ada kata “bears” nya XD... satu paket mainan terdiri dari 6 beruang... dan beruangnya itu... kecil2 banget! dulu kalo beruangnya hilang... tinggal 5 gitu... aku kecewa banget~! soalnya... udah bentukknya kecil... masih pakai acara hilang lagi (-_-)”

Beruang di atas itu... mereka bukan boyband atau girlband ya... aku emang sengaja menatanya seperti itu... biar kelihatan semua di foto~ hahahah :D


TEMPAT SAMPAH

Itu... benda di tengah yang berwarna biru... sebenarnya... aku gak tau itu benda apa... tapi dari dulu aku menyebut benda itu sebagai tempat sampah :D


JUNGKAT JUNGKIT

Di tengahnya ada porosnya... terus benda itu... memang bisa dinaikkan dan diturunkan gitu... seperti jungkat-jungkit beneran^^


MEJA BUNDAR DAN KURSI

 
Seperti yang terlihat di atas... ada sebuah meja bundar kecil... dilengkapi dengan 2 kursi kecil... dan yang paling kuingat dari dulu sampai sekarang... ada lubang di belakang kursinya berbentuk love~


PAYUNG DAN KURSI SANTAI



Ada sebuah payung dilengkapi dengan 2 kursi santai kecil :D ....ehm... aku gak ngerti... aku kira... dulu mainan ini... menggambarkan sebuah sekolah *mungkin TK* karena ada seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan dsb... tapi kenapa ada kursi santai seperti di pantai?


POHON KELAPA

Setiap paket mainan hanya ada satu pohon kelapa... sayang sekali (-_-) ...padahal kalo ada lebih dari satu pohon... itu akan lebih baik...


VESPA


Uniknya... ada vespa kecil di mainan ini^^... mungkin di mainan lain tidak ada...


MOBIL



Gak... ketinggalan juga... kalo kalian beli mainan ini... kalian akan dapat mobil :D ...mobilnya kecil... bahkan... mobilnya lebih kecil daripada vespanya~


AYUNAN



Seperti yang kubilang tadi... di mainan ini ada ayunan yang bisa memuat 2 berung.... ayunan itu juga bisa digoyangkan maju mundur... seperti ayunan benaran...


PEROSOTAN


Dulu perosotanku warnanya hijau... sekarang putih... keren lho~! kayak perosotan beneran :D



TEMPAT MENJUAL ICE CREAM


Ada juga kedai  ice cream di mainan ini^^ ...lucu kan?... ehm tempat itu bisa di masukin 1 beruang... atau mungkin 2 juga bisa... yang pura2 nya sebagai penjual ice cream nya :D


PAGAR

Kalo menurutku sih... pagarnya kurang panjang dan kurang bisa melingkupi atau melingkari seluruh rumah2 an dll yang ada di mainan itu


RUMAH

Ada 2 rumah di mainan ini... mari kita membahas rumah ke-1 ...rumah ini terlihat lebih bagus dan lebih besar dari pada rumah yang satunya



Dulu aku kira kalo rumah yang itu adalah sekolah... dan rumah yang satunya adalah rumah biasa :D... tapi setelah aku lihat lagi sekarang... ternyata rumah yang itu adalah hotel... bahkan ada tulisan hotel di atap rumahnya~


Oiya... semua rumah atapnya bisa dibuka... dan kita bisa memasukkan beruang kedalam rumah itu :D... yah... pura2nya beruangnya sedang ada di dalam rumah gitu...


 
Sekarang kita bahas rumah yang ke-2... rumah ke-2 ini lebih jelek dan kecil daripada rumah pertama... tidak ada tulisan di rumah itu... jadi aku gak tau itu rumah apa?... mungkin itu rumah biasa... seperti yang kupikirkan saat aku masih kecil~




Dan seperti yang kubilang tadi... atap di rumah ke-2 juga bisa dibuka :D




Sudah selesai~! Itulah bagian2 dari mainan “Bears Happy Wonderland”... bagaimana? apakah kalian ingat mainan itu? atau malah tertarik untuk memilikinya lagi? seperti yang aku lakukan hahaha :D

Walupun mainan ini kecil dan terlihat sederharna... tapi dulu.. imajinasi ku bisa berkembang saat memainkan mainan ini... dulu aku punya mainan itu lebih dari 1... jadi ya... lebih asik! wkwkwk :D


Kualitas mainan dulu dan sekarang?

Kualitas mainannya lebih bagus dulu sih... ini yang aku temukan... walaupun plastiknya masih kelihatan baru tapi... kualitasnya gak terlalu bagus... hhmm... palstik sisa yang ada di pinggiran mainannya itu masih terlihat dan gak dirapikan... mainan yang perlu di sambung... misalnya rumah dan pohon kelapa juga... gak bisa disambung dengan pas... bagian pintu dan jendela di rumah... yang dulu juga terbuat dari plastik yang berbeda warna dengan temboknya... sekarang hanya terbuat dari stiker yang gampang lepas... dengan lem yang terlihat belepotan~ selain itu... pewarnaan dari bagian hidung, mata dan mulut para beruang juga tidak rapi...


Kesanku saat menemukan mainan ini...

Terlepas dari hal2 yang kuceritakan di atas... sebenarnya... aku sangat senang karena bisa menemukan kembali mainan itu... aku bisa mewariskan kesenanganku di masa kecil pada keponakanku yang masih TK ataupun adikku :D

Yah... walaupun itu bukan mainan yang mahal dan mewah... tapi... menurutku... itu sudah bisa membawa kesenangan yang mewah~

Aku punya niat untuk mengoleksi mainan jadul yang murah... *YANG MURAH*... soalnya kalo yang mahal kayak mainan action figure, mainan kaleng ama mainan robot2an atau boneka jadul yang mahal... yang dijual mahal karena kelangkaannya...  aku gak mau beli!... karena selain aku gak punya uang juga... sebagian dari mainan itu bukan mainan di masa kecilku

Berburu mainan jadul adalah sesuatu yang menyenangkan dan membuatku ketagihan... apalagi kalo pada akhirnya bisa menemukannya!^^... mungkin suatu saat aku akan menjual mainan ini ke kolektor... hahaha :D ....saat aku  menemukan sesuatu yang menarik di masa kecilku... dan merasa senang~ itu adalah semacam mesin waktu yang bisa memposisikan diriku... kembali ke masa kecilku :D


Ditulis oleh : Brili Kagura
LIKE Kagura Sohma Blog?




10 komentar:

Anonim mengatakan...

nice review. akhirnya ketemu juga blog yang bahas ini. btw kalo boleh tau beli harga berapa sekarang? dulu punya juga 2 set. tapi udah ilang semua ;(

Brili - Kagura mengatakan...

tidak sampe 10 rb kalo gak salah, akhirnya ada juga org yg komen dan menyatakan bahwa pernah melihat mainan ini :p

Anonim mengatakan...

Wah murah bgt. Itu harga tahun 2013 segitu? Dulu pertama beli tahun 2000. Kualitasnya bagus bgt. Beli lagi sekitar tahun 2002 kualitasnya mulai menurun. Cat muka beruangnya ga pas. Hha. Iya. First comment setelah 2 tahun di posting. btw. Dulu di daerahku yg punya cuma aku doang si. Jd emang ga terlalu populer kayaknya. Tapi tmn2 aku jg suka main cuma buat mainin set itu hhe.

Brili - Kagura mengatakan...

iya itu harga tahun 2013... itu mainan yg keren, sekarang juga menurun kualitasnya... pinggiran plastiknya gak rapi dan catnya juga gak pas

SaNi's Hijab Shop mengatakan...

mboleh tau mainan ini sekarang msh ada ato enggak?

Brili - Kagura mengatakan...

aku pernah liat masih dijual di penjual mainan keliling yg sering muncul di SD

Anonim mengatakan...

Aku juga pernah beli, harganya 7000 dan waktu itu aku kelas 2sd, sekarang udah ilang cuma tinggal mobil kecilnya aja:))

Owly mengatakan...

Ah aku dulu punya mainan ini mbak... Jd kangen msh ada ga ya yg jual huhu aku jg lg nyari tau nama mainan mba mainan jadul bahan nya dr semacam Styrofoam gt trs dia 3D bisa dibentuk toko atau rumah sakit gt mba apa ya namanya huhu

BriliKa mengatakan...

@Owly
maaf aku belum pernah dengar mainan yg sterofoam itu

Rizki Hadiaturrasyid mengatakan...

Itu namanya Teddy's Wonderland.

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............