Menurutku OST Anime ver Ind. itu....

On Jumat, 15 Maret 2013 4 komentar



Kalian masih ingat gak? dengan anime2 jadul....? dulu waktu aku masih anak2... aku suka nonton tuh... yang aku lihat sih... sebagian besar dari ost anime di masa kecilku... udah disulihsuarakan bahasanya ke bhs Ind... jadi kita2 ngerti arti lagunya tuh apa...


Salah satunya adalah anime Cardcaptor Sakura, yang walaupun ostnya berganti-ganti, tapi semua ostnya tetap dibuat ver Ind nya... dari lagu op sampai ed nya ^^

 
Gak hanya ost anime sih... beberapa ost dari drama asia, telenovela, kartun, tokusatsu dll juga disulihsuarakan ost nya... wah~ rajin banget sih dubber2 jaman dulu :D

Waktu kecil aku menikmati lagu2 anime yang disulihsurakan atau ver Ind... kebanyakan aku hapal lagu2 itu... ehm... dulu aku hanya fokus ama lagu anime sih... kalo ost non anime mungkin aku gak apal... tapi kalo anime... sebagian besar aku hapal ostnya

Dulu aku... gak hanya apal ama lagu2 nya... aku bahkan rajin banget nyatetin lirik lagunya di buku tulis khusus! wkwkwkwk ...ada yang dulu punya kebiasaan seperti aku?... kalo gak salah bukunya masih kok!... kapan2 aku foto in deh... kalian ingin liat tulisanku pas aku SD kan? wkwkwkwk :P

Kan ada beberapa anime yang lagu opening ataupun endingnya di buat versi Ind... nah aku catetin tuh semua... pokoknya... aku catet semua ost anime dari anime2 yang sering aku tonton hehe... sampai... bukuku itu penuh... dari halaman depan sampai belakang... isi semua~!

Aku bahkan juga sering merelokasi lirik2 itu ke buku2 baru... karena buku yang lama udah reot banget... XD bahkan buku catetan lirikku sampai lebih dari satu buku hahaha... itu karena selain aku mencatat lirik lagu anime ver Ind... aku juga mencatat lirik lagu anime yang ver Jepang yang belum dibuat ver Ind nya


Lirik lagu Ed dari ost Azuki chan... adalah lirik lagu pertama berbahasa Jepang *gaje*... yang kutulis di buku laguku^^


Gimana caranya tuh...? karena dulu... gak ada internet *ada sih... tapi belum terkenal*... jadi aku gak melakukan nya dengan bantuan internet... aku nyatet liriknya secara manual! bayangkan! XD ...ehm jadi sebelum animenya mulai dan lagunya mulai disuarakan... aku harus siap sedia pulpen, kertas, kuping ama tangan....! iya aku hanya mengandalkan telinga untuk mendengarkan lagunya.... dan dari yang terdengar itu... aku cepet2 catet di buku... agar aku gak lupa kata tadi bunyinya apa~ jadi bisa dibayangkan? dulu aku nyatet lirik  lagu Jepang hanya menurut pendengaranku... hasil nya ya... gitu deh... seperti aku nyatet bahasa planet

Aku juga melakukan hal yang sama... yaitu mencatat lirik lagu anime ver Ind... kadang sebelum aku hapal ama lagunya... aku harus punya liriknya karena lagunya kuanggap bagus :P... ritualnya ya... sama kayak tadi... pantengin TV sebelum lagunya mulai, nyiapin catetan ama pulpen... tapi karena yang ku catet sudah ver Ind jadi ya gampang... 2 hari bisa jadi liriknya... kalo yang ver Jepang bisa berminggu-minggu nunggu jadinya bahkan berbulan-bulan

Dan kadang di waktu luang... aku suka buka2 buku catetan lirikku dan nyanyi2 gaje gitu wahahaha... paling tidak seminggu sekali aku konser... kalo enggak rasanya kayak berdosa banget wkwkwkwk


 Jadi... seminggu sekali aku konser :P


Ehm lagu anime ver Ind itu... emang kadang ada yang gak nyambung kata2 nya *soalnya itu hanya lagu terjemahan jadi wajar*.... terus suaranya ada yang dipaksain banget.. gak mirip blas ama yang ver Jepang nya wahaha dsb... tapi..! tapi nih ya... aku gak hanya ngejelek2kin aja kok!^^ ada beberapa ost anime ver Ind yang KEREN banget! bahkan ada yang lebih keren daripada ver Jepangnya... terlihat kalo penyanyinya itu serius... dan suaranya bagus... ibaratnya kalo dimasukin X F*ctor pasti masuk dah~! Hahaha... iya... aku akan membahas hal ini lebih lanjut di artikelku selanjutnya... aku akan memberitau lagu2 anime ver Ind yang keren itu apa aja... nih... aku lagi dalam tahap pemilihan... bingung lagu apa aja yang mau kumasukin ke artikelku itu :P


Aku ingat suatu kenangan di masa lalu... itu moment waktu aku berangkat sekolah ke SMP... waktu itu aku diantar ama bapakku... naik motor... dan biasalah di tengah perjalanan yang panjang menuju ke sekolah *lebay*... aku biasanya melamun mikirin hal2 gaje gitu... waktu itu... aku udah mengoleksi mp3 ost anime Jepang dan aku bangga banget bisa mengoleksinya... seakan itu adalah hal yang mewah... karena waktu itu... belum ada internet di kehidupanku :D ....jadi belum bisa bebas download mp3

Di tengah perjalanan itu... intinya aku mikir... “aku kan udah punya mp3 ost anime ver Jepang, gimana jadinya ya? kalo aku punya mp3 ost anime ver Ind?” yah... intinya... aku berharap juga punya mp3 yang ver Ind... mengingat jaman SD aku sangat menggilainya~ kira2 ada gak ya yang jual?


 Jadi gimana jadinya~?


Akhirnya setelah SMA dan internet masuk ke kehidupanku... aku mulai browsing tentang ost anime jadul dan tanya2 ama mbah Google tuh... dulu yang kucari adalah ost anime yang ver Jepang... tapi ditengah pencarianku itu... tanpa sengaja aku menemukan sebuah blog yang isinya itu... penuh dengan LIRIK lagu anime ver Ind! dan seketika itu... aku girang badai halilintar apa deh itu terusannya~ wahahaha

Aku bukain tuh archive blognya satu2... dan aku coba bandingkan lirik lagu di blog itu ama lirik lagu yang dulu kutulis... siapa tau dulu ada kata2 yang salah kutulis di buku laguku.... alhasil rencana ku yang awalnya mencari mp3 ost anime jadul ver Jepang, gagal!... aku lebih seneng menjelajahi blog yang kutemukan itu...

Dan yang membuatku lebih girang lagi ternyata! selain blog itu menyediakan lirik lagunya... blog itu juga menyediakan link untuk download mp3 yang ver Ind~ gila gak tuh? gimana aku gak girang? aku kan udah ngidam banget pengen punya mp3 semacam itu... ya... tanpa babibu lagi... aku download aja mp3 ost anime ver Ind itu hahaha... walaupun setelah mp3nya aku bukain satu2... kualitasnya gak semuanya bagus... ada yang bagus, ada yang suaranya kecil banget, ada yang kualitasnya sebatas rekaman kaset dll... tapi aku tetep seneng dan merasa yang punya blog itu sangat berjasa untukku XP *lebay*

langsung sumringah~


Dan ini kalo kalian penasaran ama blognya... aku kasih link nya deh :


Aku terharu... ternyata bukan hanya aku doank yang tertarik dengan lagu anime ver Ind dan nyatet liriknya.... terbukti karena komen2 di blog itu jaga rame... padahal dulu se sekolah SD hanya aku doank yang nulis hal2 yang dinilai orang awam gak penting itu... :P

Setelah itu... aku iseng pindah ke dunia Youtube... di sana aku menemukan video ost Hatchi anak yang sebatang kara ver Ind... hahahaha girang banget aku! XD ...lalu mulai bermunculan video2 ost anime lain yang ver Ind.... walaupun kadang tuh... ada lebih dari 1 video yang isinya ost anime A... nah... gambar2 di video itu beda... tapi suaranya sama... jadi kualitas lagu mp3 nya itu sama... kalo di detik 3 ada kesalahan di lagu itu... di video lain juga terjadi kesalahan yang sama


Pindah ke Youtube :D


Kan sebagian besar sumber suara atau lagu anime yang ver Ind itu didapat dengan cara merekam doank... jadi ya... gak mulus, banyak kekurangannya... mungkin hanya ada satu rekaman lagu yang diupload ke internet... dan rekaman itu menyebar... tapi intinya tetap aja satu... kalo yang satu itu kualitasnya jelek... rekaman lainnya *dengan lagu yang sama* pasti juga jelek... lhawong sumbernya hanya satu itu...

Melihat video2 ost anime ver Ind di youtube yang nganggur.... aku tidak tinggal diam dan aku langsung mendownloadnya... takut kalo videonya keburu hilang :D ...akhirnya aku mengoleksi lagi semua hal yang berhubungan dengan ost anime ver Ind... mulai dari liriknya yang benar, mp3 nya, sampai videonya

Selain melihat dan mendownload video, aku juga... melihat komen2 di youtube di bawah video itu... ternyata banyak juga yang kangen... dan saling tanya2 gitu... aku ingat... ada yang tanya “siapa yang nyanyi lagu ini” dan gak ada yang bisa jawab pertanyaan itu... ya ya... intinya mereka hanya menjawab... orang yang menyanyi lagu ost anime ver Ind memang umum kalo gak diketahui... karena mereka ya... jarang dipublikasikan dan dianggap gak penting... mereka hanya dipandang sebelah mata!


Menggambarkan aktivitas ku banget! XD


Sama kayak nasibnya para dubber anime di Ind.... emang yang nyanyi kan... biasanya para dubber itu... padahal beberapa ada yang suaranya bagus dan lagunya mengenang... tapi siapakah mereka yang menyanyikan lagu2 anime ver Ind? sebagian kecil mungkin bisa diketahui siapa mereka... tapi sebagian besar gak bisa... mungkin mereka bisa disebut dengan ARTIS GELAP!... artis gelap yang kumaksud bukan yang aneh2 lho... maksudku hanya artis yang tidak diketahui identitasnya... bukan yang berkulit gelap atau beroperasi di dunia gelap! wkwkwkwk :D


Artis gelap~ wkwkwk :D


Anime jadul... beberapa memang ada yang masih ditayangkan sekarang... kayak di spacetoon tuh... beberapa yang dulunya menggunakan ost anime ver Ind jadi diganti menggunakan ost anime ver Jepangnya... padahal nih ya... kalo aku menonton anime jadul di masa sekarang... salah satu hal yang kutunggu-tunggu adalah... menonton kembali ost anime yang ver Ind nya... walaupun.... mungkin beberapa ada yang masih pakai ost ver Ind juga sih... tapi biasanya yang kayak gitu dikit (-_-)”

Walaupun ost anime yang ver Ind itu... gak sebagus yang ver Jepangnya... tapi bagiku hal itu adalah sebuah kenangan tersendiri di masa kecilku... teringat saat aku nyanyi2 dengan bebas... menyanyikan lagu2 itu... walaupun aku tau suaraku jelek :P *daripada anak kecil jaman sekarang yang nyanyi lagu cinta2an*...teringat saat aku mati-matian mantengin tv gara2 pengen nyatet lirik lagunya... teringat saat aku bela-belain mencatet kembali lirik2 lagu itu dari buku yang reot ke buku yang baru... walaupun itu... tulisannya banyak banget sampai tanganku pegel nulisnya :D ...ehm aku bisa mengingat semua itu kalo mendengar kalimat “lirik lagu anime ver Ind” bagaimana dengan kalian?

Ditulis oleh Brili Kagura

Like Kagura Sohma Blog?

JANGAN COPAS TANPA CR


4 komentar:

Agil Cahya Pamungkas mengatakan...

hahaha monggo berkunjung kak


http://agilcahyap.blogspot.com

.

Anonim mengatakan...

Halo Brili kagura, Aku sangat senang dapat menemukan artikel ini
Terima kasih atas apresiasinya kepada para dubber di indonesia
mungkin saja ada beberapa Dubber yg kamu cari telah menjadi anggota di grup komunitas Dubber and friends coba masuk kesana aja ^^

https://m.facebook.com/groups/337995189598404

Brili - Kagura mengatakan...

iya, terimakasih komennya... aku sudah gabung di komunitas itu kok :)

hatsune miki mengatakan...

uwahahaha!!! sumpah!! itu ngingetin aku juga senpai!! tapi mungkin kalo di jaman ku cuma naruto dan anime seangkatannya *ditendang*. saat kuceritain di sekolah, semua nganggep nggak penting *bahkan ortu :'(*. sampe SMP ini aku baru bisa dpt teman yang sama gilanya, muahahababb .... wahh, pengen banget ke jamannya senpai waktu SD!! mungkin karena kemajuan jaman, para dubber jadi beepikir 'alah, sekarang ada internet, mau tayang juga sudah telat." DX ..... fueeee

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............