Nostalgia : 10 Peralatan Sekolah yang Populer di Jaman SD

On Senin, 18 Februari 2013 12 komentar




Hai semuanya~ aku kembali lagi nih! :D aku kembali dengan membawa artikel tentang nostalgia....! bagi kalian yang sudah melewati masa2 SD.... kalian masih ingat kan? kenangan di masa SD? yah... walaupun itu terlihat sederharna... tapi kenangan2 di masa SD pasti sangat berkesan bagi kita... iya kan?

Masih ingat kah kalian dengan peralatan sekolah yang dulu kalian gunakan saat SD...? hahaha :D ...jaman SD adalah jamannya kita punya perlengkapan sekolah terlengkap... kalo dibandingkan dengan masa SMP atau SMA... iya kan? bahkan ada lho.... beberapa peralatan sekolah yang sempet populer di jaman SD *menurut ku...* dan inilah... 10 Peralatan Sekolah yang Populer di Jaman SD :


1. Pulpen Lampu


Masih ingat kah dengan benda ini? dulu benda ini populer banget...  pokoknya kalo gak punya pulpen ini di jaman SD... gak kece deh~ hahaha :D

Ini bukan sembarang pulpen... karena pulpen ini bisa menyala... biasanya di bagian atas pulpen ada tokoh karakter seperti Hello Kitty, Doraemon, Pikachu dll... terus kalo pulpennya dipakai untuk menulis... karakter2 itu akan menyala haha :D ...lucu deh pokoknya XD aku jadi pengen punya lagi... dulu aku punya yang karakternya Hello Kitty dan Pikachu~

Kelemahan dari pulpen ini tuh... kalo dipakai pas siang hari nyala lampunya gak akan kelihatan maksimal *yaiyalah~*


2. Pulpen Wangi


Masih ingatkah dengan fenomena pulpen wangi?... dulu waktu aku SD sempat beredar kabar tentang pulpen wangi... itu tuh... pulpen yang bau tintanya wangi kalo untuk nulis... aku dulu pernah punya kalo gak salah...

Dan ternyata eh ternyata... kabarnya nih ya... pulpen wangi itu... mengandung sejenis narkoba atau shabu2 *waduh~* katanya kalo kita nyium aromanya... itu bisa membuat kita klepek2 hahaha :D padahal dulu aku sempet punya... aku gak tau itu benar apa salah... karena dulu aku masih kecil... aku gak terlalu memikirkan... itu fakta atau gosip :P

Oiya... gambar di atas... bukan gambar sebenarnya... itu hanya gambar perumpamaan aja... *itu pulpen biasa yang bertali bukan pulpen wangi!* aku udah lupa bentuknya kayak apa...  yang masih aku ingat... pupen wangi tuh... biasanya mempunyai tali...


3. Pensil Mekanik (bongkar pasang)


Masih ingat kah dengan pensil mekanik jadul... yang sistemnya itu bongkar pasang? haduh... gimana jelasinnya ya...? itu... loh...  kan itu sejenis pensil mekanik... pensil mekanik itu... terdiri dari beberapa bagian... setiap bagiannya adalah isi pensil itu...

Lihat gambar di atas... ! itu kan bentuk bagian2 nya beruang, kalo bagian terbawah yang warna hijau itu udah habis isi pensilnya, kita bisa copot bagian hijau itu... terus kita pasang di bagian paling atas... nah... bagian yang paling bawah kan jadi yang warna merah... biasanya itu yang isi pensilnya masih... *ya... gitu deh...* tau maksudku kan? :P

Kebanyakan pensil mekanik yang beredar di jaman sekarang yang isinya panjang2 itu kan? jadi kalo isinya habis kita tinggal masukin isi pensil yang panjang itu... gak usah... dibongkar-bongkar lagi pensilnya... seperti pensil mekanik jadul...

Aku dulu punya... pensil mekanik bongkar pasang... unyu2 pensilnya... warna-warni... seperti gambar di atas haha :D ...kelemahannya sih... isi pensilnya akan cepat habis... gak seperti pensil mekanik jaman sekarang... hehe... waktu... punya sih seneng... bisa dibuat mainan... di bongkar pasang... tapi giliran... isinya habis... bingung deh :P ...hhmm... sekarang... sepertinya pensil yang seperti itu... udah langka ya?


4. Pensil Elastis / Pensil Inul



Yang ini udah beneran jadi barang langka sepertinya hahaha :D ...dan dulu... benda ini sempet populer di jaman SD dengan nama pensil Inul... kenapa namanya pensil Inul?... hhmm... aku juga gak tau sih... mungkin karena pensil ini sangat elastis dan mungkin saat mbak Inul lagi booming... pensil ini juga pas lagi booming nya... haha :D jadi dinamai pensil Inul... kan pensilnya bisa goyang2 juga XD

Dulu aku juga punya pensil kayak gini... pensilnya panjang, lucu, bisa dililit2kan *maksudnya ditali dibentuk simpul* dan pensilnya gak bisa patah walaupun di lengkungkan haha... warnanya juga bagus... bergaris-garis gimana gitu... ehmm... karena warnanya terlalu enak.... aku dulu sempat kepikiran untuk memakan pensilnya wkwkwkw :D

Kelemahan dari pensil ini tuh... walaupun pensilnya gak akan patah saat di lengkungkan... tapi isi pensilnya tetap akan patah wkwkwkw :D *ini mah sama aja*... penipuan nih! XD ...iya karena isi pensilnya... terbuat dari bahan ... yang keras dan gak lentur... seperti isi pensil pada umumnya...


5. Penghapus Jadul


Di masa SD tuh... ada beberapa bentuk penghapus yang benar2 populer... dulu... ada penghapus yang murah meriah... biasanya harganya sekitar 100 rp gitu *kalo gak salah ingat sih~* kalo penghapus yang agak mahal emang ada seperti penghapus st*edler... tapi itu jarang digunakan... itu dulu digunakan kalo saat ujian atau saat ada hal yang penting aja wkwkwk

Biasanya sih ya... murid2 SD jamanku dulu... lebih sering menggunakan penghapus yang murah meriah, yang bentuknya kotak kecil2 itu... warnanya putih... biasanya ada gambarnya...

Masih ingat gak? penghapus yang gambarnya bendera? nah... itu salah satu pengapus yang murah dan populer di jaman SD... aku dulu punya penghapus itu... yaiyalah.... siapa sih yang gak punya? kan populer banget tuh... : P

Biasanya... penghapus itu warnanya putih... terus ada gambar bendera dari berbagai negara... di bawah gambarnya ada tulisan nama negara/benderanya... jadi penghapus itu berguna banget untuk kita yang lagi pengen menghafalkan nama bendera di negara2... ini penampakannya...



Oiya... selain penghapus bergambar bendera... ada juga penghapus sejenis lainnya yang juga murah meriah... masih ingat gak? dengan penghapus yang ada gambarnya... kadang gambarnya buah, kadang binatang, kadang alphabet dll... penghapusnya kotak... warnanya putih... terus dibagian atasnya itu... biasanya ada sedikit bagian yang berwarna hijau... ini gambarnya...



Aku gak tau... yang warna hijau itu fungsinya untuk apa? wkwkwk... dipakai untuk menghapus pulpen gak bisa... dipakai untuk menghapus pensil... tulisannya malah tambah kotor... *haduh...* atau itu sebenarnya hanya asesoris doank?

Kedua penghapus diatas... walaupun murah tapi menurutku cukup layaklah... untuk jadi penghapus haha :D lumayan bersih kalo aku pakai... walaupun gak bersih2 banget... XD

Oiya... selain kedua penghapus itu... ada penghapus lain yang cukup mengenang di masa SD ku... yaitu... penghapus yang bentuknya buah atau irisan buah.. ini gambarnya...



Bentuknya bagus, walupun.... mungkin gak terlalu bersih untuk menghapus tulisan.... tapi wangi... kalo bentuknya irisan jeruk... biasanya baunya seperti jeruk XD ...tapi wanginya saat masih baru doank... kalo udah lama di pakai biasanya akan luntur wanginya haha :D ...oiya... aku dulu sempet mikir... jangan2 penghapus ini juga mengandung narkoba? seperti pulpen wangi ? XD XD


 6. Rautan Kaca


Masih ingat rautan kaca? yang bentuknya lingkaran biasanya... terus ada kacanya di salah satu sisi... *gambar rautan di atas kalo dibalik ada kacanya~* hhmm dulu rautan ini populer banget kan? setiap toko pasti jual... sekarang masih ada yang jual gak ya?

Rautan ini... karena ada kacanya... seingatku sering digunakan oleh anak2 cwe untuk ngaca *berdandan*... dan kalo udah dipengang oleh anak cwo... kadang rautan ini disalah gunakan... untuk mengintip dll ...mengintip jawaban ulangan maksudku :P ...emang ngintip apaan? XD

Kata Dedy Corbuzier rautan ini juga mempunyai filosofi... hhmm kata2 nya apa ya? mau cerita tapi lupa? XD ...kalo gak salah kata2 nya gini “sebelum kita membenarkan sesuatu... lebih baik kita mengaca diri kita sendiri... apakah kita sudah benar atau belum?”


7. Isolasi Bergambar



Dulu isolasi bergambar seperti gambar di atas... pernah populer di SD ku :D ....tapi waktu itu... isolasinya kecil... gak segede lakban... lucu sih... soalnya isolasinya berwarna warni dan bergambar... jadi dulu isolasi itu begitu populer dan booming banget di SD ku... soalnya sebelumnya kan... belum ada yang kayak gitu hehe...

Aku ingat... saat itu... aku sampai bela-belain jalan kaki untuk beli isolasi itu di toko... sama teman2 sih belinya~ *capek tokonya lumayan jauh* ...tapi walaupun begitu... kita sangat senang karena berhasil mendapatkan benda yang kita cari itu.. :D


8. Tempat Pensil

Aku mau bahas yang tempat pensil tingkat... masih ingat gak? itu loh.. tempat pensil yang dibuka... terus di dalamnya ada tingkatnya.... biasanya bisa tingkat 1-2 haha :D

Dulu aku punya tempat pensilnya... XD kalo kata orang tempat pensil itu praktis *karena tingkat*... kalo menurutku sih... malah ribet... yah... soalnya kalo kita kebanyakan memasukkan barang di bagian yang paling bawah, atau... di setiap tingkatan nya... tempat  pensilnya gak bisa ditutup wkwkwkw... jadi... kalo barang kita banyak... kita harus pintar2 menatanya... agar tempat pensilnya bisa muat dan bisa ditutup hehe ... kan ribet tuh... ini penampakannya...



Oiya... ada juga tempat pensil magnet... tau kan? itu loh tempat pensil yang bentuknya kotak *persegi panjang*... terus tebel... hehe :D ...terus itu tempat pensil dengan fitur paling lengkap yang pernah kutemui haha... di bagian depannya biasanya ada mainannya... seperti sempoa, kalkulator, dan mainan lainnya... ada rautannya juga... banyak lacinya... bagian depan, belakang dan tengah bisa dibuka untuk tempat menyimpan barang :D ...karena itulah harga tempat pensil itu mahal ^^ ini penampakannya...



Pokoknya kalo punya tuh... kita serasa punya ruang rahasia di dalam tempat pensil itu hahaha... karena lacinya banyak banget :P... pokoknya... kita serasa bisa jadi kecil dan bisa masuk di dalam kotak pensil itu...*lebay*

Jaman aku SD dulu... karena tempat pensil itu fiturnya lengkap dan harganya juga gak murah... jadi setiap anak yang punya tempat pensil itu... status sosialnya seakan naik wkwkwk... seakan udah dianggap keren bangetlah hahaha... dan aku punya lho~ berarti status sosialku tinggi saat SD ? *huek~* :P ...dulu waktu aku SD yang punya tempat pensil ini... kebanyakan anak cwe... anak cwo jarang yang punya...


9. Tas Beroda


 
Tas ini juga termasuk barang mewah saat aku SD... dan aku juga punya haha... dulu kayaknya aku pernah merengek minta dibelikan tas ini ma ortuku haha~ gak tau kenapa... aku pengen beli waktu itu... mungkin karena sedang populer... aku lupa... dulu punyanya warna apa dan gambar apa... yang jelas dulu aku pernah punya XD
Tas ini... agak berat dan keras... soalnya ada bahan dari plastik yang untuk pegangan dan untuk rodanya itu... selama aku punya tas itu... aku gak pernah memakainya dengan cara menyeret nya kayak tas2 yang di bandara itu... ribet soalnya... lagian aku juga malu wkwkwkw :D aku lebih sering memakainya seperti saat aku memakai tas punggung biasa... 


10. Sepatu Lampu

 
Dulu aku punya... entah itu sepatu atau sepatu sendal... aku lupa... tapi aku tidak menggunakannya saat sekolah... malu lah... emang mau sekolah atau mau disko? wkwkwkw :D

Tapi.. dulu aku punya... untuk seru2an doank hahaha :D... hhmm... seru sih... soalnya begitu diinjak bisa nyala... tapi giliran batrainya habis... lampunya redup dan akhirnya mati... kalo udah gitu... nangis deh.. keistimewaan sepatu itu menghilang... gak bisa nyala lagi jadi seperti sepatu biasa... haha :D


Itu adalah 10 Peralatan Sekolah yang Populer di Jaman SD... yang berkesan untukku tentunya... bagaimana dengan kalian? apakah beberapa peralatan sekolah yang kubahas juga berkesan bagi kalian... haha :D setidaknya... aku udah berusaha untuk mewujudkan kembali kenangan kita di masa SD ^^ sekian dan terimakasih~!

Like fp Kagura Sohma Blog :

Jangan lupa sertakan cr dari blog ini kalo mau copas! JANGAN COPAS TANPA CR! Karena ini adalah artikel buatan saya :D




cr gambar :

http://www.darnbri-giftstationery.com/product/0/1664/A689-Bolpoint-lampu-karakter#/image-product/img1664-1299253277.JPG
http://wafaadvertising.blogspot.com/
http://rausyanfiqr2.blogspot.com/2011_03_01_archive.html
http://unic66.blogspot.com/2010/02/galery-pencil-unik.html
http://newnation.sg/2012/10/89-things-1980s-sporean-babies-will-remember/
http://kedailapanpuluhan.blogspot.com/2009/08/penghapus-karet.html
http://dalamnafascinta.blogspot.com/2011/01/kenangan-budak-sekolah-sememeh.html
http://forum.detik.com/all-about-farhat-abbas-t34845p187.html
http://www.aliexpress.com/compare/compare-cartoon-deco-tape.html
http://tokoalattuliskantor.com/2011/07/tempat-pensil-pulpen-tingkat-mobil/
http://sahabatnyaanak.blogspot.com/2011/07/tema-sains-sub-tema-magnet-introduction.html
http://www.tokobundaonline.com/tag/tas-mobil-anak
http://durbankids.blogspot.com/2012_09_01_archive.html

 

Read more ...»

Nostalgia : Kartun Jadul !! ( Part 2 )

On Rabu, 13 Februari 2013 27 komentar



Artikel ini... adalah lanjutan dari artikel sebelumnya Nostalgia : Kartun Jadul !! ( Part 1 ) ....hahaha akhirnya... aku baru nulis lanjutannya sekarang :P ...dari dulu artikel itu baru sampai part 1 terus... mana part 2 nya? dan inilah artikel part 2! ^^

Salah satu kenangan masa lalu ku.... ya saat2 aku nonton tv, nonton kartun dan anime... walaupun kelihatannya itu hal yang sepele... tapi... itu sangat menyenangkan bagiku... imajinasiku benar2 lebih hidup saat menontonnya :D sekarang... kartun dan anime memang gak sebanyak dulu... kasihan anak jaman sekarang T_T ...baiklah! kita lanjutkan nostalgia kartun jadul yang ke 2... inilah... kartun2 jadul... yang dulu sering ku tonton :D


My Little Pony


Sepertinya... ini yang ver 1980 an *jadul banget ya*.... aku gak ingat banyak tentang kartun ini... tentang jalan  ceritanya, nama karakternya dll... yang jelas... dulu aku pernah nonton ini di Lativi kalo gak salah... aku nontonnya sekitar jam 6 sore atau jam setengah 7 malam... waktu itu... aku nontonnya sambil belajar karena tayangnya sore menjelang malem^^ *wah~ kenangan masa lalu*

Yang kuingat di kartun itu... ada tokoh manusia nya kayaknya..... para pony juga mempunyai keunikan dan kelebihan sendiri ada yang punya sayap dan bisa terbang... ada yang punya tanduk terus bisa bertelepati dll... tempat mereka tinggal disebut Ponyland... di situ setting nya lebih ke hutan daripada perumahan... :D seru sih kayaknya... tapi dulu aku jarang nonton... :P oiya... dan sepertinya mereka juga punya musuh... mungkin ini kartun yang genrenya adventure^^


 My Little Pony Tales


Kartun yang ini... memang terlihat 11, 12 dengan kartun di atas.... iya... karena tokohnya sama2 pony... dulu... aku lebih sering nonton yang ini daripada kartun di atas... tayangnya mungkin sekitar jam 3 sore *mungkin... pokoknya siang menjelang sore gitu lah* di Lativi

Jalan ceritanya beda kok sama kartun di atas... kalo yang ini... settingnya lebih di perkotaan daripada di hutan :P kata wikipedia.... di kartun ini... para pony digambarkan sebagai remaja... mereka sekolah, pergi ke toko ice cream, mengikuti kontes bakat dsb... sampai jatuh cinta haha *yah... mereka bener2 seperti manusia pada umumnya* para pony juga sering bernyanyi di setiap episode nya ^^ btw... aku juga seneng sama theme songnya~... sampai sekarang masih terngiang-ngiang di kepalaku :D

Para pony yang menjadi tokoh utama di serial ini ada... Starlight dia pemimpin yang bijaksana, Sweetheart dia baik hati dan suka menolong temannya, Melody dia penyanyi... dia ingin menjadi penyanyi rock... tapi dia tukang gosip dan manja *wah~*, Bright Eyes dia pintar... dia suka berpikir secara logis, Patch dia tomboy dan suka bermain sepak bola, Clover dia pony yang punya bad luck *kyak Brian* ...Bon Bon dia pony yang suka memasak^^ dll ...para pony memiliki tanda di tubuhnya... biasanya gambarnya berhubungan dengan kepribadiannya atau bakatnya :D


Oggy and the Cockroaches



Dulu... aku pertamakali nonton kartun ini di mana ya?... aku lupa... tapi yang jelas aku pernah nonton *ya iyalah..* ini juga pernah ditayangkan ulang kan? jadi masih ingatlah... sama jalan ceritanya...

Kartun ini kocak banget! XD.... ini tuh.... tipe2 kartun seperti Tom and Jerry.... kartun yang gak banyak omong, kejar2 an, pukul2 an, dan tokoh di dalam kartun ini juga kuat banget... di apa2 in gak mati hahaha :D... kalo biasanya kucing itu... musuhnya tikus... yang ini kecoa musuhnya hahaha :D.... ada 3 lagi kecoanya ( Joey, Dee Dee, dan Marky )... dan gambar kecoanya... juga gak kayak kecoa beneran... *bayangin kalo itu kayak kecoa beneran* wkwkwk :D... oiya... ada juga kucing lain bewarna hijau... namanya Jack... dia adalah... temannya Oggy...  Jack sering dijahili juga oleh ke 3 kecoa itu....


Phineas and Ferb


Ini adalah... kartun tergaje yang pernah ku tonton ! hahaha :D ...dulu tayang di mnctv pas sore2 gitu... hhmm... aku baru tau kalo ini adalah salah satu kartun Walt Disney hehe...

Phineas dan Ferb mereka suka membuat proyek yang aneh2 di halaman belakang bersama Perry, platipus peliharaan mereka^^... ternyata Perry adalah agen rahasia XD ...dia sering menghentikan tingkah gila Dr. Heinz Doofenshmirtz yang sering membuat huru hara di kota --_--

Candace kakak Phineas dan Ferb... dia selalu ada dan tau saat Phineas dan Ferb membuat suatu rencana dan proyek gila untuk mengisi waktu luang mereka hahaha *aku bingung dari mana? ke 2 orang itu... dapat uang saat membuat proyek itu* ....dan saat Candace berusaha untuk melaporkan tingkah laku ke 2 adiknya yang cukup gila itu ke ibunya... ibunya.... selalu gak percaya gitu aja.... dan saat si ibu sampai di tempat TKP *tempat proyek gila Phineas dan Ferb* proyek itu selalu hilang dengan tiba2 sebelum ibu mereka melihatnya XD

Dan dibagian itu.... aku selalu menjerit histeris XD ....ini bukan nonton horror atau apa... tapi aku selalu menjerit histeris saat nonton wkwkwkw! 


Pinky and the Brain



Ingat kartun ini? kalo gak salah... dulu aku nonton kartun ini di RCTI ... dulu aku pernah nonton... tapi lupa sama ceritanya... yang jelas... kartun ini... menceritakan tentang 2 tikus... yang satu namanya Brain dia tikus yang egois dan licik... dia terobsesi untuk mengambil alih dunia... sedangkan Pinky adalah tikus yang baik hati... tapi dia itu agak baka... entah mengapa Brain menerima Pinky sebagai patnernya untuk menguasai dunia... padahal gara2 si Pinky... rencana mereka sering gagal hehe :D 


Rainbow Fish


Seingatku... dulu aku nonton kartun ini di Lativi... saat sore2 gitu... kartun ini masih menggunakan dub bhs Inggris saat tayang.... *tentu dengan sub Ind lah~ masak perancis ?* XD... dulu... aku ingat saat nonton kartun ini sambil mengerjakan PR  matematika... dan aku gak bisa fokus nonton hahaha  *coz pakai bhs Ing*

Rainbow adalah ikan yang sangat spesial... karena sisiknya berkilauan seperti pelangi *o* ....dia punya teman dekat namanya Blue *bukan Blue's Clues!* :P ...dan juga Sea Filly... seekor kuda laut yang merupakan murid baru di sekolahnya Rainbow... waktu Sea Filly muncul untuk pertama kalinya... aku merasa aneh... karena kepalanya seperti kepala manusia hahaha.... dan ternyata... kata wikipedia... dia adalah.... setengah putri duyung~ wkwkwkw :D ....jadi begitulah bentuk makhluk yang setengah kuda laut dan setengah putri duyung? XD... Rainbow dan teman2nya juga sering dijahili oleh Chomper si hiu dan Stingo si ikan pari... *musuh bebuyutannya Rainbow dkk*....hhmm... ini adalah kartun yang punya pesan moral baik... jadi baik juga untuk ditonton :D


Rotten Ralph


Ada yang masih ingat ini? aku ingat... dulu kartun ini tayang di SCTV... setiap minggu pagi... mungkin sekitar... jam 9-10 an gitu.... sebenarnya... susah banget untuk nyari judul kartun ini... pokoknya dulu tuh... seingatku... ada kucing besar warna merah... terus dia nakal banget! XD

Ternyata judulnya adalah Rotten Ralph... setelah sekian lama mencari di dumay... akhirnya aku dapat judulnya... jadi sebenarnya... ini adalah kartun 3D *clay motion mungkin*... aku dulu seneng banget nonton kartun yang bentuknya seperti itu... soalnya... aku selalu mikir... ini cara buatnya gimana? cara membuatnya bergerak gimana?

Ini menceritakan tentang kucing merah besar peliharaan keluarga Sarah bernama Rotten Ralph... yang jahilnya minta ampun! nakal banget XP.... tapi... kadang2 dia mendapat pelajaran dari perbuatan jahilnya itu XD *kena batunya*... jadi ya... cukup punya pesan moral lah... hanya saja... kadang suka kesel juga melihat kelakuan kucing itu hahaha :D


Sagwa The Chinese Siamese Cat


Kyaa~ ...Sagwa... ! XD masih ingat ini kan? seingatku... dulu kartun ini... tayang di antv.... sekitar jam setengah 4 atau jam 4 gitulah... hhmm... aku seneng nontonnya.... karena settingnya di istana China... hehe :D... soalnya Sagwa itu adalah kucing peliharaan kerajaan...

Sagwa dan kucing istana lainnya... mempunyai kemampuan khusus... mereka bisa menulis kaligrafi China dengan menggunakan ekornya sebagai kuas *wah~*... kartun ini... juga dinilai mempunyai pesan moral yang cukup baik... aku ingat... ada satu episode dimana Sagwa *kucing istana*... bertemu dengan kucing jalanan dan mungkin bagaimana respon Sagwa... saat itulah yang dinilai bisa mendidik bagi penontonnya~~

Sagwa itu punya ayah ( Baba Miao ) dan ibu ( Mama Miao )... Sagwa juga punya adik ( Sheegwa Miao) dan kakak ( Dongwa Miao ) ...Sagwa sekeluarga tinggal di istana... *jadi hidupnya mewah* hahaha ...Sagwa juga mempunyai sahabat namanya Fufu dia adalah seekor kelelawar... Fufu sering menasehati Sagwa saat Sagwa ingin melakukan sesuatu yang beresiko
 

Scooby Doo


Siapa sih? yang gak kenal sama kartun ini? kebangetan kalo gak kenal ! XD ...kartun ini sebenarnya seru... tapi aku gak suka sama gambarnya... kalo bentukannya anime... mungkin aku aku suka :P

Aku dulu sering nonton kartun ini... di antv sekitar jam setengah 6 atau jam 6 gitu... *pokoknya pas magrib2 gitu lah* ceritanya seperti semacam cerita detektive gitu *tapi gak terlalu berat seperti Conan*

Scooby Doo, Fred, Daphne, Velma dan Shaggy dikenal sebagai "Mystery, Inc."....mereka pergi keliling dunia untuk memecahkan misteri yang berhubungan dengan hatu dan kekuatan gaib... walaupun pada akhirnya... misteri itu bukanlah hal gaib yang selama ini dipercayai banyak orang setempat... kekuatan gaib itu ternyata memiliki suatu penjelasan yang masuk akal.... dan biasanya... ada motif tersembunyi di balik mencuatnya isu misteri itu... mungkin itu hanya dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mencuri, merampok dan melakukan hal jahat lainnya... Scooby dkk selalu ada untuk memecahkah kasus2 misteri itu... hahaha :D bisa dibilang ini adalah kartun yang mengajarkan kalo hantu dkk itu tidak ada XP


Spider Man - The New Animated Series



Dulu aku nonton ini di TV7 kayaknya... entah jam berapa... aku lupa.... ini adalah animasi 3D ...yah... intinya sih... alur ceritanya sama seperti Spider-man... baik di movie ataupun komiknya... hhmm.. walaupun aku gak terlalu suka... tapi dulu aku sering menontonnya... pokoknya dulu tuh... setiap kartun... baik aku suka atau tidak.... pasti ku tonton :P

Peter Parker cwo yang dinilai biasa aja ini... mendapat gigitan dari seekor laba2 yang akhirnya membuat dia berubah menjadi super hero yang dikenal sebagai Spider-man... selama menjadi Spider-man... dia menyembunyikan identitas aslinya dari lingkungan sekitar dan teman2nya... termasuk dari cwe yang dia taksir namanya Mary kalo gak salah... tapi pada akhirnya... mungkin Mary akan mengetahui identitas aslinya?


Sylvester and Tweety Mysteries



Hahaha :D ingat Tweety ? pasti ingat Sylvester kan? sama neneknya Tweety yang selalu belain Tweety... si nenek juga gak menyadari kalo kucingnya, Sylvester selalu mengincar Tweety sebagai  santapannya XD

Dulu... aku nonton ini di stasiun tv apa ya? hhmm aku lupa :P ...yang jelas aku masih ingat... kalo ini adalah tipe2 kartun yang kejar2 an dan pukul2 an seperti Tom and Jerry... dan yang selalu menang... pasti yang tubuhnya kecil... kadang aku sebel sama Tweety... dia itu sok baik kalo di depan Granny... padahal sebenarnya dia gak sebaik itu kalo sama Sylvester... :P *dia itu tega*

Granny *neneknya Tweety* ...ternyata adalah seorang detektive... dia sering berkeliling dunia untuk  memecahkan kasus bersama Tweety dan Sylvester.... walaupun sebenarnya Tweety dan Sylvester... tidak pernah akur... mereka sering kejar2 an *kyak di film India* XP ...dan kadang di tengah pertengkaran... mereka menemukan bukti2 untuk kasus yang ditangani Granny... dan saat Granny dalam bahaya.... Tweety dan Sylvester bisa menjadi akur dan bekerja sama untuk menyelamatkan Granny

Dulu aku selalu belain Sylvester pas nonton ini... tapi Sylvester gak pernah menang dari Tweety... kadang... suka ngenes sendiri kalo lihat Sylvester yang kalah *kucing malang* XD ...dulu aku ingat... aku pernah mewarnai gambar Sylvester pas aku masih kecil :P... entahlah... begitu aku ingat sama kartun ini... aku langsung ingat kalo dulu pernah mewarnai kucingnya hahaha... oiya... seingatku... ada tokoh anjing ( namanya Hector ) yang selalu belain Tweety... seperti tokoh anjing di Tom and Jerry... 


  Taz-Mania


Wah~ aku kangen sama kartun ini....! dulu aku ingat banget.... kalo aku sering nonton ini di antv pas siang2 gitu... hhmm.... seingatku.... Taz itu... dia punya keluarga.... di keluarganya... Taz satu2 yang tidak pakai baju... dan dia tidak bisa berbicara dengan normal.... *walaupun kata wikipedia... sebenarnya Taz bisa berbicara normal* aku lupa sih... sama jalan cerita kartun ini... walaupun dulu sering nonton....hehehe :D ...banyak tokoh lain yang muncul di kartun ini... selain Taz *kadang mereka jadi kayak tokoh utamanya~~* dan seingatku.... Taz juga punya musuh yang kerjaannya selalu memburu Taz....


Teen Titans



Teen Titans... kartun ini... pertama kali tayang di TV7... aku jarang nonton sih.. tapi aku tau kalo dulu kartun ini pernah tayang.... hhmm... aku seneng dengerin theme songnya~ ...aku bener2 mendengarkan theme songnya dengan serius... soalnya... kedengarannya seperti... pakai bahasa jepang ost nya... dan ternyata memang pakai bahasa Jepang! hahaa... aku heran... ini bukan anime tapi pakai lagu Jepang... dan katanya wikipedia... itu adalah kartun Amerika-semi Jepang...

Karena aku jarang nonton... aku lupa sama jalan ceritanya.... yang jelas ke lima pahlawan super itu... ( Robin, Starfire, Raven, Beast Boy, dan Cyborg ) memiliki kekutan yang berbeda sebagai super hero... mereka bertugas untuk melindungi kota... dan karena mereka super hero... pasti mereka punya musuh kan?

Movienya pernah ditayangkan di trans tv kalo gak salah.... movie nya ber setting di Jepang... hhmm... ke 5 super hero itu... adalah sahabat... dan seperti layaknya sahabat... kadang mereka tidak akur, dan terjadi salah paham juga... tapi pada akhirnya... mereka selalu bisa berteman kembali dan menerima kekurangan masing2...


The Little Lulu Show


Masih ingat kartun ini? theme songnya.... masih terngiang-ngiang di kepalaku.... dulu aku nonton ini di transtv.... pagi kalo gak salah... pas jam sekolah gitu... jadi aku hanya bisa nonton pas liburan saja :D

Lulu adalah anak kecil yang suka berpetualang... dia punya banyak teman... ada yang baik... ada juga yang nggak... salah satu teman Lulu yang masih ku ingat adalah Tobi dia anak laki-laki gendut dengan rambut orange dan topi kecil di kepalanya... kartun ini... menceritakan seputar kisah dan petualangan menarik yang terjadi di kehidupan sehari-hari Lulu


The New Woody Woodpecker Show


Kartun ini... dulu pernah tayang di Tpi dan antv pas magrib2 tayangnya :D... kartun ini lucu hehe.... Woody adalah seekor burung pelatuk... dia sangat terampil dalam menggunakan paruhnya untuk membentuk kayu ataupun yang lainnya... menjadi karya seni ataupun sesuatu yang baru... Woody mempunyai suara tertawa yang khas hahaha :D ...dulu aku sering menirukan suara tertawanya Woody XD

Woody... juga mempunyai musuh... *musuhnya banyak ada 3 kalo gak salah* dan seperti biasa... karena Woody adalah tokoh utama... jadi dia selalu menang melawan musuh2 nya... di satu episode yang pernah kutonton... diceritakan bahwa Woody adalah seekor burung yang langka... dan dia diburu karena kelangkaannya itu...

Banyak tokoh lain yang muncul di kartun ini... selain Woody... misalnya ada tokoh Woody yang ver cwe, tokoh Woody yang ver kecil *chibi* ada tokoh pinguin kecil, panda kecil dll


The Powerpuff Girls


Siapa yang gak kenal kartun ini? pasti kenal semua kan? The Powerpuff Girls... 3 anak kecil berkekuatan super yang diciptakan oleh Pr. Utonium... dia tidak sengaja menuangkan bahan2 berbahaya... sehingga terciptalah The Powerpuff Girls yang terdiri dari Blossom, Bubbles dan Buttercup

Aku pernah nonton kartun ini dimana ya? kayaknya sih RCTI... dan sepertinya ver animenya juga pernah ditayangkan di Indosiar :D ...yah... walaupun Powerpuff Girls kelihatan imut2... tapi mereka mempunyai kekuatan super yang tidak terduga hahaha... aku hanya heran.... mata mereka bertiga bisa segede itu... XD

Aku ingat... aku pernah nonton di satu episode... entah itu... di series atau movienya... jadi di episode itu... Pr. Utonium menyuruh Blossom, Bubbles dan Buttercup untuk bersekolah... Pr. Utonium berpesan pada mereka bertiga agar mereka berpura-pura menjadi anak kecil yang biasa dan tidak menggunakan kekuatan supernya waktu di sekolah... tapi karena suatu kejadian... dan mereka terlalu serius dalam bermain... akhirnya mereka menggunakan kekuatan supernya... bahkan mereka menghancurkan sekolah dan kota haha XD

Dan seperti kebanyakan super hero lainnya.... Powerpuff Girls juga mempunyai banyak musuh XD ...salah satunya Mojo Jojo asisten laboratorium Profesor yang berubah menjadi kera...


The Weekenders


Ini adalah salah satu kartun Disney yang dulu tayang di Indosiar... setiap minggu pagi... sekitar jam 5-6 gitu.... dulu waktu kecil tu... aku bisa bangun pagi gara2 aku harus nonton kartun ataupun anime hahaha... sekarang? kalo hari libur... jam 12 siang aku baru bangun wkwkwk !

The Weekenders menceritakan tentang empat sekawan Tino, Lor, Carver dan Tish yang berusaha keras mendapatkan liburan akhir pekan yang sempurna... jadi jauh2 hari... mereka sudah merencanakan.... weekend minggu ini ngapain ya? dsb... tapi ada kalanya... rencana mereka tidak berjalan dengan mulus *jadi ada masalah yang muncul* ...kalo gak ada masalah kan.... gak seru :P ...tapi keempat sekawan yang beda karakter itu... selalu berusaha untuk mengatasi setiap masalah yang muncul... jadi pada akhirnya... mereka tetap mendapatkan liburan yang mereka inginkan :D


Thomas and Friend


Ingat ini ? kurasa... kartun ini cukup fenomenal... dulu banyak banget kereta2an mainan yang bagian depan nya itu... punya wajah seperti Thomas... *lihat aja di pasar malem kalo gak percaya* ...aku jarang nonton sih... ini tayang pas jam sekolah di Indosiar... aku juga sudah gede pas ini ditayangkan... jadi aku mulai males nonton^^ 

Seperti biasa... hhmm aku seneng kartun yang bentuknya 3D seperti ini... Thomas dkk yang sesama kereta atau lokomotif lainnya... suka membantu manusia... mereka bertugas sesuai dengan fungsinya masing2 ...tokoh2 manusia memang ada sih... tapi gak terlalu disorot... yang lebih disorot adalah tokoh yang bukan manusia... seperti Thomas dkk.... banyak pesan moral yang bisa diambil dari menonton kartun ini...


Timothy Goes to School


Seingatku... ini pertamakali tayang di Lativi... aku gak terlalu sering nonton sih.... kartun ini menceritakan tentang kegiatan sehari-hari Timothy.... seperti bersekolah, bermain dll... Timothy juga punya banyak teman *itu teman2 sekelasnya* ...teman2 Timothy mempunyai karakter yang berbeda... tidak jarang juga Timothy sering membantu teman2nya untuk menyelesaikan masalahnya... ya... gitu deh pokoknya... ini kan kartun anak2... jadi ceritanya gak terlalu berat...

Kartun ini mengajarkan kalo sekolah itu... menyenangkan! terlihat di lagu op nya... Timothy menunggu bis sekolah yang akan menjemputnya... dia senang saat bis nya datang dan dia langsung pergi menuju bis itu dengan semangat~! dia kelihatan senang bisa bertemu teman2 nya... bersekolah dan belajar hal baru :D ...kartun ini... gambarnya sangat unyu2 sekali... jadi aku memutuskan untuk membahasnya juga hehe... aku paling gemes pas lihat Frank & Frank itu loh... si bulldog kembar :P


Tiny Toon Adventures


Kartun ini... tayang di Transtv kalo gak salah... tayang nya pagi hari *mungkin* ...kebanyakan tokoh yang ada di kartun ini gila semua hahaha... yup... mereka aneh dan suka melakukan hal2 yang aneh pula... tapi lumayan kocak juga kartunnya :D

Tokoh2 yang ada di kartun ini adalah hasil adaptasi dari tokoh2 yang ada di Looney Tunes... tokoh di kartun ini adalah Buster Bunny, Babs Bunny, Plucky Duck, Hamton J. Pig, Dizzy Devil dll... karakter para tokoh yang ada di kartun ini gak jauh beda dengan karakter tokoh di Looney Tunes... aku suka  sama karakter Elmyra Duff dia adalah seorang gadis berambut merah yang terlalu terobsesi dengan peliharaan... karena itu dia dinilai aneh~~


Tom & Jerry



Ini kartun favorit siapa hayo? ngaku~ ?! dari dulu sampai sekarang... sebenarnya... kartun ini masih ditayangkan sih... hanya saja gak jelas... ditayangkan di stasiun tv mana dan jam berapa... suka pindah2 jam tayangnya~

Pertama kali aku nonton kartun ini di Tpi... tayangnya sore.... mungkin tayang sekitar jam setengah 5 gitu... hhmm... intinya sih.... ini adalah kartun yang gak banyak omong... hanya kejar2 an, pukul2 an dan tokohnya diapa-apain gak mati2.. hahaha... lucu sih~ aku sampai sekarang juga masih sering nonton :D

Tom and Jerry adalah kucing dan tikus yang selalu bertengkar... diceritakan bahwa Tom itu adalah seekor kucing rumahan... sementara Jerry adalah tikus liar*?* yang selalu tinggal di dekat Tom... biasanya Jerry tuh... tinggal di lubang kecil yang ada di dinding... Tom and Jerry suka bertengkar, kejar2 an dan pukul2 an... dan seperti biasa Jerry yang sering menang karena dia itu pintar...  hhmm... walaupun begitu kadang mereka suka akur kalo keduanya ada di dalam masalah yang sama :D

Itu... biasanya kan... muncul tokoh manusia di kartun ini... tapi biasanya kepalanya gak kelihatan wkwkwk! padahal aku penasaran banget tuh... sama wajahnya haha ....aku sampai ngintip2 di tv juga gak bakal kelihatan~ *yaiyalah... baka!*


Tom & Jerry Kids



Aku rasa... kartun ini... pertama kali ditayangkan di Transtv.... hhmm... sekitar pagi hari tayangnya... sinopsis ceritanya... kurang lebih sama dengan di atas... jadi aku gak perlu cerita ulang lagi ya? hehe... perbedaannya sih... gambar visual dari kartun ini mungkin terlihat lebih modern... sama tokohnya juga lebih imut *chibi* unyu2 gimana gitu :D... dan tokoh yang ada di kartun ini juga lebih banyak... bukan hanya Tom and Jerry aja^^


Totally Spies



Ada yang pernah nonton kartun ini? dulu... ini salah satu kartun favoritku lho!... tayang pertamakali di antv... mungkin tayang setiap hari selasa dan kamis jam setengah 7 malam kalo gak salah... kartun ini... cwe banget *terlihat dari gambarnya kan?* dan... gambarnya juga kelihatan seperti anime... jadi aku suka hehe... kyaa~ pokoknya aku kangen banget sama kartun ini... pengen nonton lagi T_T

Kartun ini bercerita tentang... agen rahasia pemberantas kejahatan/mata2 yang dipimpin oleh pendiri dan administrator WOOHP, Jerry... dan terdiri dari 3 remaja cwe yaitu...Clover (rambut kuning), Alex (rambut hitam), dan Sam (rambut merah)... Clover dia sedikit sombong dan dia sangat gila fashion... Alex dia tomboy... unggul dalam bermain sepak bola... dan termasuk orang yang humoris, Sam dia yang paling cerdas dan bertanggung jawab diantara ke 3 nya... yah... walaupun mereka punya karakter yang berbeda... tapi.. mereka bisa bersatu dan saling membantu dalam memerangi kejahatan :D

Saat menjadi agen rahasia... Clover, Alex dan Sam menggunakan pakaian khusus... mereka juga memiliki senjata rahasia yang bentukknya sih... kebanyakan cwe banget... seperti lipstick, cermin, payung, lens dll... mereka menyembunyikan rahasia kalo mereka adalah agen rahasia... *yaiyalah~* diluar pekerjaannya sebagai agen rahasia... mereka juga bersekolah... dan mereka bertiga juga memiliki saingan di sekolahnya seperti Dominique, Mandy dan Caitlin


Wacky Races



Kartun ini... ditayangkan di TV7 kalo gak salah... hhmm... aku lupa... dulu tayang jam berapa... intinya... kartun ini menceritakan tentang balapan mobil... para pesertanya aneh2 dan mobil yang digunakan pesertanya bentuknya juga aneh2... yah... mencerminkan pemiliknya banget XD

Para peserta... terbagi menjadi 2 kelompok... ada kelompok yang baik dan jujur saat pertandingan.... ada kelompok yang jahat... dan mereka menggunakan cara licik agar menang... tapi yang jahat pada akhirnya selalu kena batunya dan gak jadi menang deh~~ kartun ini... memang kartun yang cukup jadul... dulu aku nonton karena aku seneng lihat mobilnya dan pemiliknya... aneh2... lucu~! XD


Winnie The Pooh


Waah~ siapa yang belum pernah nonton? mustahil kalo belum pernah.... XD ...aku rasa... kartun ini tayang pertama kali di Indosiar dan ini termasuk kartun Disney ^^

Pooh tinggal di sebuah pohon yang bertuliskan "Mr. Sanderz"...dia sangat menyukai madu *karena dia beruang madu*...Pooh juga punya banyak teman yang berbeda karakter... sahabat terdekat Pooh adalah Piglet si babi kecil... *Piglet tuh... cwo/cwe sih?* ...teman-teman Pooh yang lain ada Tiger,  Rabbit, Kanga (kangguru), Eeyore (domba) dan satu2nya teman Pooh yang berwujud manusia adalah  Robin

Pooh dan teman2 nya sering terlibat dalam sebuah petualangan yang menarik... yah... walaupun mereka sering menemui kesulitan dan kadang ada yang bertengkar diantara mereka... tapi akhirnya mereka tetap berbaikan dan mengatasi masalah itu... ^^ seru sih... aku ingat... dulu... aku... pernah nangis pas nonton Winnie The Pooh gara2 kisahnya terlalu mengharukan T_T

Aku pengen kartun ini tayang lagi! kangen T_T ....banyak juga pesan moral yang bisa diambil saat menonton kartun ini... dan walaupun kartun ini... adalah kartun jadul... tapi aku akui kalo setting di kartun ini tuh... indah banget! gambarnya juga bagus *wah~ aku heran... orang jaman dulu emang pinter2 kalo buat animasi!* XD



Dan akhirnya~! selesai juga! :D ...total 25 judul kartun jadul sudah selesai ku bahas di part 2 ini... di part 1 total nya juga 25 jadi total seluruhnya... aku sudah membahas 50 judul kartun jadul di part 1 dan 2 *banyaknya~* ...sebenarnya... masih banyak kartun jadul yang kutonton dan belum ku bahas... tapi gak mungkin juga kalo aku bahas semuanya :P *lagian udah 50 yang kubahas*


Oiya... apa kalian ingat dengan kartun2 di atas... ? kalo kalian ingat... masa kecil kalian sangatlah mengagumkan!! XD ...kartun2 jadul di part 1 dan 2 itu kubahas berdasarkan abjab *jadi sudah kuurutkan abjadnya* wkwkwkw :D ...itu kulakukan untuk... memudahkan kalo ada orang yang mencari daftar kartun jadul... yah... memang gak semua sih yang kubahas... aku hanya membahas kartun yang pernah ku tonton dan kusukai saja ^^

Untuk selanjutnya...  aku masih mau membuat artikel "Nostalgia : Kartun Jadul !! ( Part 3 )" untuk menuntaskan artikel kartun jadul yang telah kubuat ! :D  SEGERA!!


JANGAN COPAS TANPA CR !^^  karena ini adalah artikel tulisan saya!~



cr :
Wikipedia
Google


Read more ...»

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............