[Suka Anime Saat SD-SMP] #1 : Menggambar Anime!

On Kamis, 26 Maret 2015 8 komentar




Hello! di artikel ini... aku ingin mengulik kembali kenangan2 *absurd di masa SD-SMP... terutama yang berkaitan dengan anime... sesuai dengan judul di atas ^^

Sebenarnya, sejak kapan sih aku suka anime?... hhmm aku lupa, mungkin aku baru benar2 serius nonton anime~ waktu kelas 3 SD ke atas... yah karena kakak ku waktu itu suka anime... aku sering nebeng, saat dia nonton anime di tv 

Selain itu~ kakakku juga mengoleksi hal2 yang berbau anime, salah satunya adalah majalah Hoopla, seingatku... itu adalah majalah pertama di Ind yang isinya bertema anime~ keren! aku suka buka2 majalah itu dulu dan melihat gambar2nya karena aku masih belum bisa membaca... kakakku juga pinter menggambar anime~~ mungkin aku suka anime, gara2 ketularan kakakku~ (-_-)

Apa anime pertama yang aku sukai??.. mungkin orang lain akan memilih Doraemon atau Dragon Ball, jika ditanya tentang anime pertama yang disukai... tapi aku beda dong! :P... anime pertama yang berhasil mencuri hatiku adalah Creamy Mami... sumpah! aku dulu suka banget sama Creamy Mami, bahkan aku sampai deg-deg an saat nonton, saking sukanya hahaha... dan dari situlah, aku jadi rajin menonton anime di tv




Mengingat jaman aku SD, anime sedang berjaya di tv Ind... sampai kadang aku bingung mau nonton yang mana, saking banyaknya XD... tapi dulu tuh semua anime aku tonton loh~ baik suka, ataupun tidak, aku tetap menontonnya... entahlah~ karena sudah berlabel anime, jadi aku merasa wajib untuk menontonnya

Mungkin dulu itu, aku agak otaku atau maniak kali ya?... hhmmm~ enggak sih... mungkin lebih pantas disebut “norak” hahaha... yah, aku dulu norak banget kalo berkaitan dengan anime... apa2 harus berhubungan dengan anime, apa2 anime... norak ya? pokoknya di artikel ini, aku akan menceritakan kenorakkanku di masa lalu hehe

Tapi untungnya, sekarang aku sudah agak tobat... aku sudah jarang download anime... dan cenderung mengaku tidak tau, kalo ditanya tentang anime yang bagus, anime baru dan bla bla bla~~ aku sudah ketinggalan untuk mengikuti perkembangan dunia anime di masa kini, karena pergerakannya terlalu cepat... berbeda dengan dulu

Kalo dulu jaman SD-SMP aku selalu mengikuti perkembangannya.... bukan di internet, tapi di tv, dari cerita teman atau paling mentok di majalah~ jadi dunia animeku waktu itu, masih sempit sih... sebenarnya



Aku ingat... waktu SD, yang suka sama dunia anime itu hanya 2 orang dalam satu kelas... hanya aku dan temenku, sebut saja namanya Bunga... jadi ceritanya~ si Bunga itu, cwe tercantik di kelasku dan dia suka anime... aku kenal dekat dan sering ngobrol sama dia, gara2 anime... soalnya dulu aku pendiam banget~ 

Pokoknya... karena waktu SD-SMP... aku melabeli diriku sebagai otaku *gadungan, jadi... waktu itu kegiatanku sepulang sekolah ya~ nonton anime... dari siang, sore, malem dari Senin-Jumat dan Sabtu-Minggu~ aku nonton anime terus di TV... terutama nonton di TV7 kalo enggak di Lativi atau Antv hahaha... tapi kalo nonton anime, biasanya ya sambil belajar... makanya waktu SD-SMP aku lumayan pintar

Terus paling seru itu kalo hari Minggu... acara di TV isinya anime dan kartun semua dari Shubuh sampai Dhuhur... pokoknya kalo anime itu belum selesai atau belum iklan, mandinya ditunda dulu wkwkwk



Setelah nonton anime di hari Minggu... hari Seninnya, di sekolah... aku membicarakan anime yang tayang kemarin sama temenku si Bunga~ dan obrolan kita itu, rasanya seru banget... kita ngomongnya sampai menggebu-gebu... padahal obrolan kita, hanya berawal dari pertanyaan seperti : “eh kemarin kamu nonton anime ini gak?”... aahh~! kangen masa itu! (T_T)

Aku dan Bunga juga suka bertukar pertanyaan tentang anime, jadi itu semacam game... begini peraturannya~ aku nulis pertanyaan tentang anime di bukuku, Bunga juga nulis pertanyaan tentang anime di bukunya... terus kami saling bertukar buku... siapa yang paling banyak menjawab pertanyaan dengan benar, berarti dia menang.... dan kami suka melakukan hal itu saat istirahat atau di jam pelajaran kosong

Hhhmm~ selain nonton anime secara rutin, aku waktu itu... yang melabeli diriku sendiri sebagai otaku *gadungan... melakukah sejumlah hal aneh/absurd dan hal umum, yang semuanya... kulakukan sebagai ajang pembuktian bahwa aku suka anime... karena kupikir anime itu bener2 keren *dulu... dan orang yang menyukainya juga keren~~~ karena dulu yang suka anime masih langka... menurutku langka = keren :P



Dan inilah hal2 absurd yang pernah kulakukan, saat aku suka anime di jaman SD-SMP :

Menggambar Karakter Anime

Aku yakin 90% orang yang suka anime, pasti pernah mencoba menggambar karakter anime, walaupun mungkin kurang jago gambar... iya kan? aku dulu juga gitu!

Bahkan dari SD-SMA aku berpikir bahwa, tidak ada gambar yang lebih keren daripada gambar anime, tidak ada yang lebih keren daripada orang yang bisa menggambar anime~~ tapi setelah kuliah, aku masuk seni rupa... ternyata, gambar anime adalah gambar yang paling biasa!~ masih banyak gambar yang lebih keren karena dibuat dengan teknik yang lebih susah... XD
 


Hhhmm~ dulu kalo kalian hobi menggambar anime, yang sering digambar pasti karakter anime favorit.... karena dulu internet masih langka, jadi kalo menggambar anime tuh~ nyontohnya di komik atau majalah, iya kan? anjir! aku bener2 mengalami masa2 seperti itu hahaha... pokoknya di tengah keterbatasan, kita harus kreatif lah!

Bahkan saking kreatifnya... aku tidak hanya mencontoh gambar yang ada di komik atau majalah... jadi gini ceritanya~ kan di tv masih banyak anime yang ditayangkan... setiap nonton anime, aku selalu menyiapkan buku tulis, pensil dan penghapus.... nah saat nonton anime itu, aku mengincar karakter yang ingin kugambar.... jadi dulu aku nonton sambil menggambar karakter itu~

Tapi biasanya gambarku tidak bisa langsung jadi... soalnya menggambarnya itu nyicil, misalnya hari ini menggambar rambutya dulu, terus kepalanya, wajahnya.... besok baru menggambar tubuhnya, tangan, kaki dsb sampai lama-lama karakter itu jadi~... ayo ngaku! siapa yang dulu pernah melakukan ini? wkwkwkwk #masalalu

Ini contoh karakter yang aku gambar secara nyicil dulu, dia Azuki dari anime Azuki-chan... ini gambar asliku waktu aku SD #anjir! gak mirip! XD



Dan ini~ gambar2 ku yang kubuat saat SMP.... aku mencontoh dari komik dan majalah~
 
 


Dulu waktu kelas 2 SMP, aku sering mengirimkan gambar animeku ke mading kelas :D

Selain menggambar anime favorit~ dengan mencontoh dari komik, majalah dan tv.... aku dulu juga suka menggambar karakter anime yang murni dari imajinasi ku.... kan masa SD-SMP adalah masanya saat imajinasi berkembang pesat, jadi dulu aku suka mengarang cerita gaje gitu, yang tokohnya anime... semacam ff lah, tapi hanya di kepalaku tidak pernah kutulis

Walaupun begitu... aku berusaha menuangkan cerita imajinasiku itu, lewat menggambar.... dan saat menggambar karakter imajinasiku, aku tidak hanya sekedar menggambar... aku menggambar sambil bercerita, jadi setiap gambar itu... pasti mempunyai cerita yang berbeda

Aku juga menggambar sambil bermain, seperti saat aku main bongkar pasang/boneka kertas waktu SD itu loh... misalnya aku menggambar karakter cwe, terus ceritanya dia mau pergi ke pesta... jadi aku menghapus bagian pakaiannya dan menggambar gaun di bagian yang kuhapus itu.... terus rambutnya juga kuubah, aku menghapus model rambut sebelumnya dan menggambar model rambut yang baru lagi, yang cocok untuk ke pesta dsb... eh? kalian pernah melakukan ini juga?
 


Eehhmm... kalo sekarang sih, mungkin tidak lagi dilatar belakangi “cerita pergi ke pesta”... tapi ya~ begitulah ppfft... misalnya menggambar karakter cwe, awalnya pakai pakaian lengkap.... dihapus, terus digambar lagi, dia jadi pakai bikini,... dihapus, digambar lagi~ dia jadi..... aahhhh!! sudah-sudah! (0////0)

Kita teruskan ya? :P setiap aku berimajinasi, selalu muncul tokoh yang sama tapi latar belakang ceritanya kadang berbeda... pokoknya selalu ada Kaze dan Elie di imajinasiku *aku akan menceritakan tentang mereka lagi nanti~

Dulu aku suka menggambar karakter2 anime imajinasi di buku tulis, bagian belakang :P... terus karena waktu SMP aku ingin punya binder, yang isinya kliping atau gambar2 hal2 yang kusuka.... jadi gambarku yang awalnya ada di buku tulis itu, aku gunting, dan aku tempel di binder

Dan ini adalah gambar2ku waktu aku SMP~



Ini Elie, tokoh ini terinspirasi dari Elie yang ada di anime Rave.. di samping gambarnya, ada tulisan mengenai karakter tokoh itu... kalo kalian bisa baca, pasti ngakak hahaha, bisa2nya dulu aku membuat cerita segaje itu! nih~ tulisan yang di samping gambar aku perbesar :P
  



Dan lagi~




Gambar yang ini, juga ada ceritanya... tokoh utama cwonya sepertinya lupa aku gambar (-_-), bahkan aku lupa namanya siapa, ya sudah... sebut saja Kitaro.. 

Jadi begini ceritanya~ Kitaro itu cwo culun, dia memberanikan diri menyatakan cintanya pada Ryona si siswi populer... tapi waktu dia menyatakan cinta, Kitaro tidak sengaja~ salah menyatakan cintanya ke Yuko.... speechless lah Kitaro~

Diluar dugaan... Yuko malah menerima cinta Kitaro.... Kitaro tidak tega, bilang ke Yuko bahwa sebenarnya~ dia tadi ingin menyatakan cintanya ke Ryona, tapi salah alamat... soalnya Yuko sudah terlanjur menerima perasaan Kitaro~ yah akhirnya mereka pacaran.... 

Tapi usut punya usut, alasan kenapa Yuko mau pacaran sama Kitaro, karena dia baru saja diputusin sama cwonya~ jadi hanya bahan pelarian saja... tapi Kitaro tidak tau kalo digituin hahaha... pokoknya di tengah jalan, si Yuko akhirnya cinta beneran sama Kitaro, terus si Ryona ternyata juga menyukai Kitaro... jadilah cinta segitiga... eh segi empat ding, mantan pacarnya si Yuko kan belum dimasukin XD

Jadi begitulah saudara-saudara ceritanya~ ppffft :P




Kalo yang ini, ceritanya terinspirasi dari anime Love Hina~ cwo nya *sebut saja Kaze~ terpaksa harus tinggal seatap dengan banyak cwe, karena rumah neneknya sudah dijadikan semacam kos2an cwe... 

Dan pada suatu malam terjadi “kecelakaan”.... jadi si cwe no 4 dari kiri, tidak sengaja dihamili Kaze *sebut saja nama cwenya Elie... terjadilah konflik di rumah itu... mengingat semua cwe yang tinggal di rumah itu... menyukai Kaze, Kaze itu kan tampan dan pintar XD

Hhhmm~ Elie sendiri adalah gadis polos yang baik~ tapi dia itu cwe yang miskin... Elie tinggal di kos itu, hanya numpang... jadi dia bekerja membersihkan rumah, melakukan pekerjaan rumah untuk balas budi pada nenek, karena sudah diijinkan tinggal di situ... 

Usut punya usut lagi, ternyata alasan utama si nenek membuka rumah kos, adalah untuk mencarikan Kaze jodoh~ tapi yah... terjadi kecelakaan itu~ sebenarnya ini cerita yang agak sedih, karena Elie menderita dan banyak persaingan cinta :P



Kalo yang ini, aku ingat... aku pernah mencoba membuat manganya... walaupun hanya beberapa lembar... jadulnya Clara! karena tokoh utamanya bernama Clara... jadi Clara itu adalah korban penculikan, dia diculik oleh anak buah *bodoh dari sebuah organisasi jahat yang menguasahi kotanya

Karena mereka bodoh, di tengah jalan Clara berhasil melarikan diri... bertemulah Clara dengan pengeran... si pangeran ini sedang menyamar, dia melakukan perjalanan untuk mengumpulkan kekuatan agar bisa menghancurkan organisasi jahat yang menguasahi kota... Clara akhirnya ikut berpetualang dengan pangeran~ sebenarnya ceritanya panjang tapi aku lupa (-_-)

Dan gambar yang kanan itu adalah tunangan pangeran... dia cemburu karena pangeran dekat dengan Clara... gadis itu mempunyai kekuatan yang besar, karena dia marah dengan pangeran dan Clara, akhirnya dia bergabung ke organisasi jahat dan bertekat mencelakai mereka... tapi ntar akhirnya pangeran menikah sama tunangannya kok, yah... penuh dengan drama

Gambar lainnya~

Gadis ini berpakaian hitam, karena dia bisa meramal dan melihat hantu :D




Ceritanya, dia adalah cwe cupu yang pakai kacamata... aku mendandaninya, memakaikan gaun putri salju padanya~



Mereka orang yang sama... kali ini dia memakai kimono, tapi rambutnya aku pakaikan jepitan rambut... yang dulu sempat ngetren di jaman aku SD... itu loh, jepit rambut yang bentuknya kyak spiral, kecil2... kalo mau pakai harus direnggangkan dulu, terus dicopot... dan nempel deh di rambut



Mereka adalah kembar... namanya Hana dan Kana... yang membedakan mereka adalah letak kunciran rambutnya, yang satu di kiri yang satu di kanan haha

 

Dan ini adalah gambar2 random lainnya~ ini aku gambar saat aku SMP










*Komik*

Selain menggambar karakter anime, tentu saja... aku juga membuat komik... pertama kali aku membuat komik, saat aku kelas 1 SMP... dan termasuk agak ecchi hahaha... menceritakan tentang gadis yang kerja di klub malam, terus kecelakaan, hamil, terpaksa tanggung jawab dan seterusnya... kalo tidak salah judul komiknya “The Mysterius Your Love” *tidak tau bener apa salah tulisannya... sumpah! dulu aku gaje banget!!



Dan komik ku yang kedua berjudul Love and Money... menceritakan tentang perjodohan, si cwo mau menikahi si cwe karena uang pada awalnya... tapi lama2 cinta... ya, gitulah, pasaran banget ceritanya...


Komik Love and Money~ kubuat sebanyak 10 lembar... aku pernah janjian sama temenku~ kita mau membuat komik bareng2... katanya, aku membuat 10 lembar dulu, setelah itu... dia bilang akan melanjutkan ceritanya... tapi saat aku sudah selesai membuat 10 lembar, temanku tidak mau meneruskannya #kampret (-_-)
  
 Ini gambar2 sampul di komikku~




Lihat kan? tokoh utama di komik dan imajinasiku itu, sama semua... yang cwe namanya Elie yang cwo namanya Kaze... tapi ceritanya kadang beda2

Ini adalah bagian dalam dari komik Love and Money...

Dan ini komik lainnya~ jadi ceritanya waktu kecil, Elie mengalami trauma karena terjebak di dalam kebakaran rumahnya... dia melihat orang tuanya meninggal di depan matanya... hanya dia dan bonekanya yang selamat *ajaib... tapi gara2 hal itu, Elie mengalami gangguan jiwa sampai dia dewasa

 



Kakek Elie yang kaya meminta Kaze, seorang psikiater yang ahli untuk mengobati dan merawat Elie... dia berjanji akan memberikan uang yang banyak kalo Kaze berhasil... karena harus merawat Elie, Kaze harus tinggal serumah dengan Elie

Kaze itu orangnya dingin.. tapi entahlah~ dalam perkembangannya, Kaze mulai menyukai Elie dan tidak tahan melihat dia terluka... dia ingin kesembuhan Elie dan melihatnya bahagia


Dan begitulah cerita tentang menggambar karakter anime sampai membuat komik di jaman aku SD-SMP^^


 ~Bersambung~



8 komentar:

Fajri Aprill mengatakan...

<3 ,<3

isnaini oktavia mengatakan...

kereeenn!! :D
dulu aku pernah gambar2 seperti yang kamu buat itu sewaktu sd-smp dan waktu itu aku gak tau itu namanya anime, dan parahnya waktu aku smk lah baru aku tau kalo yang ku gambar itu anime #plakk #duarr =______="
sampe2 ada teman ku yang bilang aku itu aneh karna suka gambar2 anime di sela jam kosong sekolah maupun sedang jam pelajaran (karena bosan) #ziinnkk~
tapi walau brkata seperti itu, dia pernah sampe minta tolong sama ku gambarkan sebuah komik karena dia ada tugas di sekolah #curang. tapi yaaa karna itu hobi ku, ya aku asik2 aja nerima bantuan dia :)

aku salut sama mu, bisa buat beberapa komik.. kalo aku tuhh yaa udah pusing... karna aku tipe yang suka menghayal nya gak di tumpahkan ke dalam tulisan atau sketsa malahan ku simpan baik2 di otak :3

aku tunggu yahh cerita selanjutnya~~ :D :*

Brili - Kagura mengatakan...

terimakasih atas komentarnya hehe~ seneng aku dengar komentar semacam ini... senangnya kalo ada yang punya pengalaman yang sama hehe :D

Hani mengatakan...

Kyaaaaa sama dulu juga pas SD tiap nonton anime saya suka sambil pegang buku tulis, pensil, dan penghapus buat gambar chara cewek yg saya suka hehehe. :P Btw itu gambaran2 dan imajinasi yang dituangkan dalam komiknya keren lho buat ukuran anak SMP. Hebat bisa bikin cerita yang complicated hahaha. :D Dulu saya gak seniat itu, pas SMP udah jarang gambar, dan akhirnya gak lanjut deh, kerjaan baca komik/majalah animons sama nonton anime aja. Jadi gak berkembang :|

Brili - Kagura mengatakan...

hahaha sama ya? XD aku tau perasaan itu XD... soalnya jaman smp saat imajinasi semakin berkembang... jadi terpaksa pikiran ini ngalir sendiri utk bikin cerita :P

Ririm Esther's mengatakan...

hai kak brili,aku udah baca blog ini dari tahun 2014 loh kak aku suka banget blog ini.Aku lagi coba gambar Anime tapi hasil nya jelek terus Kak. -_- kok kakak bisa sih bikin komik segitu banyak nya bagus gambarnya aku suka banget.kalo Anime yang aku sukain banget itu Kamichama Karin setiap hari aku nonton di spacetoon jam 3 sore sayang nya sekarang udah gak ada.

Kang Yeondu mengatakan...

huwaaa sama tohh~~
dulu pas kelas satu smp juga aku sama temenku joinan bikin komik gadungan><
dan kebetulan juga Ekskulku dulu smp itu mading jadi bisa majang majang hasil absurdku kemading sekolah ^w^
dulu juga sd saking sukanya sama tenten jadi suka gambar tenten mulu~

Anonim mengatakan...

Nonton Movie Gratis Subtitle Indonesia update setiap hari? hanya disini tempatnya

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............