[Suka Anime Saat SD-SMP] #3 : Menulis Lirik Lagu Anime

On Jumat, 27 Maret 2015 5 komentar


Baca part sebelumnya? :

-----------------------------------------

Aku mulai melakukan hal itu sejak SD, dan seperti halnya dengan mp3... aku juga memutuskan mengoleksi lirik lagu anime, baik yang berbahas Indonesia ataupun Jepang... aku menulis semua lirik lagu itu~ di buku tulis dengan tulisan tangan... dan aku rasa, hanya aku yang melakukan hal ini sewaktu SD

Tapi saat SD, aku pernah menjadi semacam trendsetter~ hanya karena mempunyai buku yang berisi catatan lirik lagu... temen2ku banyak yang ikut2an membuat buku semacam itu, tapi isinya lirik lagu pop yang umum, bukan lirik lagu anime

Jadi begini ceritanya... semua ini berawal dari~ kegiatan MOS di SMA yang ada di sekitar rumahku... waktu itu, anak2 SMA yang ikut MOS membagikan satu buku tulis ke rumah2 di sekitar SMA... dan aku juga mendapatkannya... buku tulis yang kudapat itu, sampulnya bergambar anime Beyblade, ini bukunya... masih ada~
 
 
 
Dan entah aku dapat wangsit dari mana? aku memutuskan untuk menjadikan buku tulis itu sebagai “buku catatan lirik lagu anime”... mungkin waktu itu, aku sudah suka nonton anime...  anime kan memang sedang banyak-banyaknya ditayangkan di tv, saat itu

Masih ingat kan? anime jadul itu... ost opening dan endingnya banyak yang sudah disulihsuarakan ke bhs Ind... walaupun~ lagu yang masih pakai bhs Jepang juga ada... misalnya ost anime Inuyasha, Samurai X, Hikaru no Go dll

Dulu waktu SD, aku lebih banyak memprioritaskan mencatat lirik lagu anime yang versi Indonesia... karena logikanya lebih gampang, dan aku juga ngerti bhsnya... jadi lebih menariklah... dan lirik lagu anime versi Ind pertama, yang kutulis di bukuku adalah ostnya Kapten Tsubasa, ini dia :
 
 
 
Itu adalah tulisan tanganku saat SD, berantakan banget dan banyak bekas tipe x nya wkwkwkwk

Dan sejak saat itu, koleksi lirik lagu animeku semakin bertambah... hhhmm~ kadang ada kata yang masih menggunakan bhs Inggris di lirik bhs Indonesianya... karena waktu itu, aku tidak tau sama sekali tentang bhs Inggris.... jadi aku nulisnya ya asal2 saja... seperti saat aku menulis lirik lagu bahasa Jepang secara asal2, hanya menurut pendengaranku saja... lihat ini :
 
 
 
Itu lirik lagu dari ending anime Ghost at School versi Indo... sejak kapan coba? ada kata “gembek” nya wkwkwkwk harusnya kan come back

Pokoknya... dulu aku punya misi, aku ingin mencatat semua lirik lagu anime versi Ind~ dari anime yang pernah tayang pada waktu itu... baik aku suka sama animenya atau tidak, baik aku pernah nonton animenya atau tidak... yang penting, aku bisa punya catatan lirik lagunya

Prinsipku itu~ aku harus punya catatan lirik lagunya, bahkan sebelum aku hapal dengan lagunya hahahaha... jadi aku mencatat lirik lagu dengan cara ini : sebelum lagunya mulai... harus siap2 buku dan pensil... terus dengarkan dengan sungguh2 liriknya dan cepet2 ditulis di buku... agar tidak lupa... itu adalah teknik, agar aku cepat punya catatan lirik lagu tsb dan hapal lagunya~

Ini adalah contoh coretanku waktu itu, lirik dari ending anime Mahago yang versi Indonesia
 
 
 
Setelah itu, aku benar2 mulai menyukai banyak anime dan sayangnya... ost dari anime yang kusukai itu, tidak disulihsuarakan ke bhs Ind... jadi lagunya masih original memakai bhs Jepang~ dan aku benar2 ingin mempunyai lirik lagunya

Akhirnya... aku mulai menambahkan lagu berbahasa Jepang ke buku lirik laguku... walaupun lirik lagunya itu, memang aku catat dengan cara asal2an... lirik lagu bahasa Jepang *gaje pertama yang kutulis di bukuku adalah ost ending dari anime Azuki chan, ini dia :
 
 
 
Benar2 tidak jelas, mirip bahasa alien kan? seperti yang aku ceritakan sebelumnya... aku benar2 asal2an saat mencatatnya dan hanya mengandalkan pendengaranku saja... pertama siapkan buku dan pensil sebelum lagunya mulai, siapkan telinga, dan mencatat liriknya secara asal2an...  berdasarkan kata2 dari lirik lagu yang kudengar

Aku juga melakukan hal itu, untuk mencatat lirik lagu~ dari lagu yang diputar di radio... caranya sama hanya saja ini mendengarkannya lewat radio, jadi kan sebelum penyiarnya bilang ingin memutar lagu apa... aku harus siap2 dulu hahaha

Yah... namanya juga jaman SD, jaman internet masih asing :P

Ini adalah coretanku waktu itu, aku berusaha mencatat lirik lagu bhs Jepang secara asal2 an hahahaha... ini ost dari anime Detective Kindaichi, ending song nya :



Tapi saat SMP, aku mulai mencatat lirik lagu anime dengan bahasa Jepang yang benar... itupun gara2 aku punya filmnya yang dicopykan oleh temanku~ jadi hanya lirik lagu versi tv saja yang bisa kucatat

Biasanya kan~ di lagu opening dan ending anime~ ada lirik lagunya juga di bagian subtitle.... nah aku mencatat lirik lagu dari situ!~ caranya... saat lirik nya muncul di video, aku cepat2 memencet tombol pause... setelah selesai mencatat satu kalimat... aku play lagi, lalu aku pause lagi, mencatat kalimat selanjutnya dan seterusnya~ sampai selesai hahaha #pernah melakukannya??
 
 
 
Itu saat aku masih SMP dan belum kenal internet~ jadi belum bisa melihat lirik lagu anime dari internet~ karena waktu itu, aku hanya punya anime Naruto dan Bleach~ jadi hanya lagu dari anime itulah yang kucatat dengan lirik bahasa Jepang yang benar, itupun hanya versi tv

Tapi waktu SD, aku pernah mencatat lirik lagu Samurai X “Heart of Sword”... dengan bhs Jepang yang benar~ karena aku menirunya di majalah Hoopla kepunyaan kakakku... jadi bisa dibilang itu adalah lirik lagu berbahasa Jepang *yang benar~ yang pertamakali aku tulis di buku laguku... tapi hanya versi tv
 
 
 
Dulu saat anime Samurai X masih tayang di RCTI... aku suka karaokean gaje dengan membaca lirik lagu Heart of Sword... rasanya senang campur gugup, karena bisa menyanyi dengan lirik bhs Jepang yang benar~ dan bisa karaokean juga saat animenya masih tayang... jadi saat lagunya diputar, aku juga ikutan nyanyi... itu terjadi saat aku SD

Dan karena buku catatan lirik laguku semakin lama, semakin penuh dan mungkin semakin reot... jadi aku harus merelokasinya... menulis kembali lirik2 lagu itu di buku yang baru... dengan tulisan tangan tentunya #apalagi?... itu adalah pekerjaan yang membuat jari tangaku pegal!

Ini adalah buku catatan lirik laguku yang lain... aku menambahkan gambar karakter utama anime, di dalam space kosongnya... anjir! gambaranku waktu SD absurd banget hahahaha!
 
 
 
Dan lebih absurdnya lagi, aku menulis pesan2 gaje... yang kutunjukkan untuk karakter2 anime... seolah-olah mereka bisa membacanya saja hahaha... sumpah! ngakak aku kalo membaca-baca bagian ini XP
 
 
 
Aku serius saat membuat buku ini dan menulis setiap hal di dalamnya... bahkan saking seriusnya sampai menggunakan pulpen2 berwarna agar tampak indah ahahaha

Waktu kelas satu SMP, aku baru kenal dengan komputer... dan ada pelajaran TIK yang isinya tentang ms Word, aku juga masih asing dengan ms Word... bahkan ngetik saja lambat banget dulu hahaha

Untuk melatih kemampuan dan kecepatan mengetikku... aku memutuskan untuk~ mengetik semua lirik lagu anime yang telah kukumpulkan, baik yang bhs Ind maupun yang bhs Jepang asal2an

Jadi semuanya benar2 aku ketik, aku juga menambahkan tulisan hias, garis tepi bunga2 dan gambar2 absurd~ semua ketikan lirik lagu anime... aku taruh di dalam binderku yang ini :
 
 
 
Saat dibuka, ternyata ada catatan tentang bhs Jepang~ dan tentu saja ada lirik lagu anime~
 
 
 

 
Itu adalah ost dari anime Samurai X, opening song : Sobakasu... tapi ya, liriknya masih asal2... hanya berdasarkan pendengaranku saja... hhmm~ aku juga menambahkan beberapa gambar di space yang kosong

Dan ini yang lainnya, masih tidak jelas :
 
 
 
Kalo yang ini, sampulnya... aku tambahkan gambar kucing dan gambarnya masih hitam putih... karena belum ada printer warna di rumahku dan aku hanya punya gambar kucing, belum punya gambar anime... #tragis banget nasibku (T_T)
 
 
 
Walaupun kebanyakan lirik lagu animeku, masih menggunakan bhs Jepang yang asal2an... tapi aku sudah bangga banget mempunyai sesuatu semacam itu, lagipula,,... mencatat liriknya kan memang butuh perjuangan...

Selain latihan mengetik, dengan cara~ mengetik koleksi lirik lagu anime yang kupunya... aku juga mengetik ulang, artikel dari komik atau majalah anime punyaku~ untuk latihan... aku ingat, waktu itu aku pernah mengetik artikel tentang manga dan festival Jepang, yang aku contoh dari majalah komik Nakayoshi
 
 
 
Dan yang lebih absurd lagi... aku juga mencoba mengetik biodata dari tokoh anime dan komik, yah... kalo yang ini, aku benar2 menyontohnya dari komik dan majalah... jadi aku tidak ngarang
 
 
 
Benar2 mengingatkanku pada masa SD, saat aku masih bertukar biodata dengan sesama teman sekelas... tapi di sini yang berbagi biodata adalah para tokoh anime dan komik haha

Aku juga membuat biodata dari Kaze dan Elie, karena mereka adalah tokoh imajinasiku... jadi khusus yang ini, aku mengarang biodata mereka

Hhhmm~ Saat kelas 1 SMA, aku masuk ke ekstrakurikuler bhs Jepang... di sana aku bertemu dengan banyak orang yang suka anime... salah satunya sebut saja Indah... nah si Indah ini, sama seperti aku... dia punya buku catatan lirik lagu anime yang ditulis tangan

Terus dia bilang ke aku, kalo mau copas lirik lagu anime, dengan bahasa Jepang yang benar... bisa lihat di : http://www.animelyrics.com/
 
 
 
Sejak saat itu, aku mulai mengunjungi situs tsb, memilih lirik lagu anime yang kusuka, diprint lalu dicatat ulang di binder, masih tetap memakai tulisan tangan
 
 

Aku mencari lagi, lirik lagu yang benar dari semua ost anime~ yang lirik lagunya pernah kucacat secara asal2an... aku mencatat ulang semuanya~ agar aku bisa menyanyikannya lebih benar dan memakai bahasa yang benar

Benar2 semuanya~ kucari lirik lagunya lagi dan kucatat ulang liriknya... tapi aku juga banyak menambahkan lirik lagu baru di bukuku, yang sebelumnya belum pernah aku catat... pokoknya aku terobsesi bangetlah mengumpulkan lirik lagu anime

Kenapa ya? mungkin sebagai pelampiasan saja... karena saat SD, susah sekali untuk mencatat lirik lagu anime berbahasa Jepang... mencatatnya harus dicicil, didengarkan berulang-ulang, harus nunggu radio / tv memutar lagu itu dsb... itupun lirik lagu yang dicatat juga bahasa Jepang asal2an
 
 
 
Jadi begitu kenal internet dan segala kemudahannya... ya aku print saja semua lirik lagu anime yang kusuka... sebagai pelampiasan~ dan semuanya aku tulis tangan lagi di binder ataupun di buku lirik laguku

Mungkin kalian bertanya-tanya... kenapa harus ditulis tangan lagi?? padahal kan sudah diprint... bukannya tinggal dijilid atau distaples saja?

Tapi aku dan temanku Indah, punya jawaban yang sama atas pertanyaan itu... kami melakukannya hanya untuk kepuasan batin, pokoknya kalo pakai tulisan tangan tuh... lebih greret! puas lah hehe

Ini binderku, isinya lirik lagu anime, ost Korea dan beberapa lagu mandarin... cukup tebal sih, dan dulu aku suka membawanya saat sekolah wkwkwkwk #kocak,... kalo yang ini, lirik lagunya sudah bener semua karena sudah niru di internet
 
 
 
Aku paling sebel dan khawatir, kalo ada temen yang meminjam buku kumpulan lirik laguku dan lama tidak dikembalikan... rasanya rindu banget~ ingin nyanyi2 lagi haha

Tapi ya... saat SMA aku memang suka tukeran buku lirik lagu anime, dengan temenku... temenku kan juga punya buku semacam itu... tapi yang paling tebal bukunya adalah punyaku hahaha #bangga

Kami bertukar buku lirik lagu anime, tujuannya~ kalo aku menemukan lirik lagu yang belum kucatat di bukuku~ ya bisa kucatat, dengan meniru lirik lagu di buku temenku itu~ untuk melengkapi~ kadang aku sampai mem fotocopy buku itu hahaha

Waktu itu rasanya menyenangkan, melakukannya~~
 
 
 
Tapi semakin lama, aku sudah meninggalkan kebiasaanku menulis lirik lagu anime dengan tulisan tangan, di buku... aku hanya mengeprintnya dan distaples... lalu sekarang, aku bahkan tidak mengeprintnya... aku hanya menyimpan file nya saja di laptop haha

Soalnya ya... karena semakin lama, rasa sukaku sama anime tidak sebesar dulu~~~ anime yang tayang di tv juga makin dikit kan?

Walaupun begitu, setidaknya... aku sudah berhasil mengumpulkan banyak lirik lagu anime, ost drama Korea dan lagu mandarin~ ini semua adalah buku lirik laguku... yang kutulis sejak aku SD-SMA, hhmmm~ walaupun sebagian hanya print2an bukan tulisan tangan hehe... tapi cukup banyak kan??



Mungkin kalian bertanya-tanya... untuk apa sih? punya catatan lirik lagu sebanyak itu??... hhmm~ karena aku sudah mempunyai banyak mp3 ost anime... tentu saja alasannya adalah agar aku bisa menyanyikan koleksi lagu2 anime yang kupunya... jadi saat aku memutar lagunya, bisa sekalian karaoke gitu

Dulu waktu aku SD-SMP, minimal seminggu sekali harus karaoke, menyanyikan ost anime dengan bantuan buku lirik lagu anime yang kutulis... kalo tidak melakukan hal itu, rasanya dosa banget wkwkwkwk... intinya melakukan hal2 ini dan itu adalah untuk kepuasan batin dan refreshing doank, daripada punya banyak teman... aku dulu cukup senang dengan hal2 semacam itu...

#intinya

 
 
 
Lalu saat aku kelas 2 SMA... aku mulai terobsesi untuk mengumpulkan lebih banyak mp3 ost anime dan lirik lagu anime... pokoknya prinsipku, ost anime yang liriknya sudah aku catat di buku lirik laguku... aku juga harus mempunyai mp3nya

Jadi aku mulai mencatat lagu apa saja yang belum ada mp3nya, setelah kucatat, aku pergi ke warnet untuk menemukan lagu itu dan mendownloadnya

Untuk melancarkan obsesiku itu, aku sampai membuat catatan di buku tulis yang isinya adalah~ daftar isi lirik lagu anime koleksiku dan daftar isi mp3 ost anime koleksiku... ini penampakan bukunya :
 
 
 
Suatu hari, aku melihat kakakku yang suka anime... dia sibuk di depan tv sambil menulis, mencatat daftar isi~  dari mp3 yang dia punya... yah~ karena waktu itu, kita masih copas mp3

Kalo kita beli mp3 kan, di covernya sudah ada catatan daftar isi lagunya, jadi tidak usah melakukan itu... tapi saat itu~ kita masih copas, kalo copas memang tidak ada daftar isi lagunya kan?... jadi ya... harus dicatat agar tahu kalo lagu ini tempatnya di sini~ gitu... mengingat kami punya banyak keping CD yang berisi mp3 ost anime

Dan aku... ikut2an kakakku, jadi aku mencatat daftar isi lagu~ dari semua mp3 yang kupunya, terutama yang copas... ada ost anime, ost drama Korea dan lagu mandarin... pokoknya semuanya lah...

#mulai menggila
 
 
 
Tapi bukuku yang satunya lagi, yang isinya daftar isi “lirik lagu anime” koleksiku... aku tulis berdasarkan inisiatifku sendiri... itu untuk mengetahui sebanyak apa dan apa saja lirik lagu anime yang kupunya hahahaha

Yah~ bukannya aku sombong... tapi aku mempunyai ratusan lirik lagu anime, yang sudah kucatat~ aku membuat daftar isinya untuk mempermudah saja saat mencarinya hahaha

Inilah! buku itu~
 
 
 
Lihat! ini catatan daftar isi mp3 ost anime milikku! pokoknya tulisannya harus sama persis dengan tulisan yang ada di mp3... sampai huruf besar atau kecilnya, juga harus sama
 
 
 
Di mp3 itu kan, ada beberapa lagu yang tidak ada judulnya~ kadang tulisannya hanya track 1, 2 dst... tapi walaupun aku tidak tau judulnya, penyanyinya ataupun itu ost dari anime apa? aku tetap saja menulis nya di buku catatanku... aku mencatat, vocalnya cwo/cwe, lagunya cepat/lambat, suasana lagunya bagaimana? semangat? sedih? dan hal2 semacam itu... pokonya aku mencatat kesan saat aku mendengarkan lagu tanpa judul itu XD

Ini contohnya :
 
 
 
Sumpah! kocak banget kan?

Waktu smp~ kalo ada temen yang minta mp3 ost anime kepadaku... aku tinggal kasih saja bukuku yang berisi daftar isi mp3 yang kupunya.... terus temanku tinggal mencentang judul lagu yang ingin didownload, praktis kan? hahahaha

Aku tau, untuk menulis lirik lagu anime, menulis daftar isi mp3 dan daftar isi lirik lagu~ dengan tulisan tangan... tentu saja itu memakan banyak waktu~ dan aku melakukan hal itu di waktu luang, sepulang sekolah atau saat liburan... tapi kadang aku mencuri waktu saat pelajaran di sekolah, dan menulisya secara sembunyi-sembunyi.... agar guruku tidak tau kalo aku sibuk sendiri wkwkwkwk

Oiya, aku kan sering karaokean... caranya dengan memutar mp3 ost anime dan membaca lirik lagu anime yang kupunya~ untuk mempermudah hobiku itu, aku benar2 mengurutkan lagu di mp3 dan mengurutkan lagu di catatan lirik lagu animeku... dengan urutan yang sama~

 
 
Pertama aku mengcopy beberapa lagu anime yang kumiliki, aku taruh di folder khusus... terus aku urutkan susunannya, dengan cara me-rename namanya dan menambahkan no di namanya... kan kalo diberi no 1, 2, 3 dst otomatis mp3nya urut

Aku juga tidak sembarangan saat mengurutkannya... misalnya setelah lagu opening anime A, ya urutan selanjutnya harus lagu ending anime A dst

Selain mengurutkan susunan mp3 nya~ aku juga mengelompokkan mp3 ost anime ku,... misalnya mp3 ost Inuyasha, ya aku kelompokkan ke folder yang berisi mp3 ost Inuyasha lainnya dst
 
 
 
Setelah mp3 ost anime selesai kuurutkan, selanjutnya adalah mengcopasnya ke flashdisk, mp3 player atau ke CD kosong

Di buku lirik lagu anime ku, lirik lagu yang kutulis juga aku urutkan... seperti mp3 nya~ setelah menulis lirik lagu opening anime A, selanjutnya yang ditulis harus lirik lagu ending anime A...

Terus juga aku kelompokkan berdasarkan animenya, lagunya Samurai X ya harus dikelompokkan dengan lagunya Samurai X lainnya

Intinya.. aku sudah mendesain agar urutan lagu yang ada di mp3 player sama, dengan urutan lirik lagu yang kutulis di buku ku... kenapa? supaya kalo aku mau karaokean... aku tidak bingung mencari lagu ini di mana dan lirik lagu ini dimana, soalnya susunannya sudah urut... wah sampai segitunya kan? hehe

#lalu pasukan ini mulai menyerang~
 
 
 
Kalo sekarang sih~ aku sudah jarang mengumpulkan mp3 ost anime dan lirik lagunya... daripada ost anime, sekarang aku lebih tertarik dengan lagu2 dari Vocaloid, Utaloid, dan Nico-Nico... jadi aku sudah tidak lagi, melakukan kebiasaan2 seperti yang kuceritakan di atas itu~ XD

~Bersambung~


5 komentar:

isnaini oktavia mengatakan...

hai haii jumpa lagi kita hahaha xD #plokk

ihh kok sama kita suka nulis catatan lirik lagu di buku?? :D tapi waktu itu aku masih smp, dan sayang nya bukan lagu anime yang ku tulis melainkan lagu boyband barat westlife :3 dan ada beberapa lagu indo lainnya.. sampe aku terkenal yang suka nulis2 catatan lirik lagu, cuma satu kelas aja XD
dan karna beken nya, jadi sering tuh buku catatanku di pinjem sama kawan terutama cowok yang suka mainkan gitar di kelas, sampe buku itu lecek, #hasemmm T__T

mungkin ada kurang lebih 3-5 buku catatan lirik ku yang isi nya kebanyakan lagu barat :/
dan mungkin saat memasuki smk lah aku agak mulai buram tentang anime, tapi soal menggambar mereka, aku gak berhenti.. aneh kan?? -__-

pffftt.. aku jadi iri kemampuan eksplorasi mu tentang dunia anime.. aku jadi ingin kembali mengorek2 tentang anime bukan dari manga nya saja, tapi ost, sejarah nya, semua nya lah :)

hahhh.. seandainya kita tinggal bersebelahan, aku pasti sering mengunjungi mu bergosip ria tentang dunia anime, maupun tentang alam lain #brili_jadi_mikir_keras xP

okehh di tunggu tulisan lainnya.. see ya~~ :* XD

Brili - Kagura mengatakan...

wah~ aku seneng kalo kamu yang komen! panjang soalnya hehe... dan itu adalah komentar yang ingin kubaca~ pertahankan ya! komen terus sampai part terakhir... part 10 XD

Hani mengatakan...

Sugoi... bener2 niat o.o Salut bgt deh sama usahanya :D dulu saya cuma nulis lirik lagu anime yg didubbing indonesia, lirik lagu anime yg dikenal dari majalah animonster, udah itu aja kynya. Pas nemu web animelyrics seneng banget, saya save page lagu yg animenya sy ikutin, tapi gak diprint hehehe, males sih. mau kepo dong kelahiran tahun brp ya? Saya 92.

Brili - Kagura mengatakan...

@Hani hahaha iya niat donk... soalnya kyak pelampiasan jadi ngeprint juga... kalo aku 93

Hani mengatakan...

Pantesan kerasa gak beda jauh pas ngira2 timelinenya tiap baca bahasan2 yg nostalgia ini hahaha, cuma beda setahun toh :P

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............