7 Acara Boneka yang Sempat Tayang di Indonesia

On Kamis, 09 Agustus 2012 9 komentar



Jaman dulu saat aku masih SD, banyak sekali acara anak-anak yang di tayangkan di TV...seperti cartoon dan acara-acara boneka gitu.....kalo sekarang sih mana ada...? sepertinya... dulu stasiun TV lebih pengertian pada anak-anak...karena dulu masih banyak acara TV yang menayangkan acara anak-anak yang sifatnya mendidik...... gak seperti sekarang yang kebanyakan menayangkan sinetron yang gak mutu, acara musik yang kadang2 bintang tamu dan host nya alay2....acara FTV cinta-cintaan yang lebay dll... yang pokoknya... gak banget deh ! 

Aku bersyukur, karena masa kanak-kanak ku gak  dijejali dengan acara-acara  gak mutu di TV seperti sekarang! kasihan ya...anak-anak jaman sekarang....mereka itu gak dapat hiburan yang layak dengan usia mereka ! Kalo dulu sih..... aku suka nonton acara-acara boneka yang menurutku mendidik banget! Pokoknya berguna banget deh untuk perkembangan anak2! dan inilah 7 acara boneka yang sempat tayang di Indonesia....pada masa itu.... *silahkan dilihat ! sekalian nostalgia...^^ bagi yg seumuran denganku *



1.  Teletubbies


Tinky Winky, Dipsy, Lala, Po.... itulah nama-nama Telletubies ! hahaha kalo yang ini kayaknya gak akan terlupakan ya ! :D  .....lagu theme song Telletubies, sampai sekarang masih melekat di kepalaku ! Dulu ....acara ini sangat terkenal di Indonesia!....bahkan  saat itu banyak sekali bermunculan pernak-pernik bergambar Telletubies ! *aku punya guling dan boneka nya! hhhh :D * dulu yang dilakukan anak SD sepulang sekolah... tidak lain dan tidak bukan ya nonton acara ini.....hhhh :D *ini pengalamanku dulu!* waktu nonton acara ini rasanya seneng banget ! gak tau kenapa....pokoknya seneng aja....hehehe...Durasinya hanya 30 menit! rasanya kurang banget ! aku dulu sedih saat mataharinya udah mulai tenggelam...karena itu artinya.... saatnya berpisah ...*oh...so sweet!*

Telletubies itu mempunyai benda kesukaan masing-masing....Tinky Winky dengan tasnya... dulu itu aku sempet mikir... Tinky Winky cwo apa cwe sih? kenapa dia suka bawa-bawa tas? *yang mirip tas cwe*....padahal suaranya lebih cenderung ke cwo! wkwkwk!.... Dipsy dengan topi nya...yang motifnya hitam putih...seperti corak pada kulit sapi perah........Lala dengan bola oranye yang besar.....*aku suka suara bolanya saat memantul!* dan terakhir yang menurutku paling bagus itu adalah scooter milik Po! soalnya dia bisa keliling rumah dan  lapangan(?) dengan naik scooter nya!  Terus hal lain yang aku perhatikan dari Telletubies yang dulu benar-benar kepikiran banget! adalah......bentuk antena di atas kepala mereka ! kenapa bentuknya berbeda-beda ya ? hmmm.... terus menurutku yang paling aneh itu adalah bentuk antena milik Lala hahaha ! :D Dan satu lagi! Telletubies itu...makanan nya hanya kue dan puding tubby ya? aku suka banget saat mereka makan puding tubby soalnya makanan nya itu unik banget..! tempat makanan nya yang membuatnya unik! tempatnya itu terbuat dari....apa ya? mungkin semacam sedotan transparan *yg ukurannya agak besar* .....sedotannya itu panjang, tapi dililitkan membentuk semacam spiral....membentuk sebuah mangkuk pudding ....warna pudingnya kayak nya pink....jadi warna mangkuk yang tadinya transparan akan berubah menjadi pink saat mereka menyedot pudding itu ! *wah...keren! pokoknya aku suka banget bagian yg itu ! sampai skarang juga masih suka!* # apa sih ini.... hahaha

Sekarang kalo aku nonton Telletubies lagi.....rasanya aku gak habis pikir! kenapa coba aku dulu suka banget sama acara ini? padahal kalo dipikir-pikir.... acara ini gak jelas tuh....hahaha yang dilakukan mereka itu hanya berlari-lari dan bermain-main dan adegannya terus diulang-ulang......padahal waktu nonton dulu...rasanya gak seperti itu.......*skarang terasa seperti itu banget!* yup! Terlepas dari itu semua....yang jelas pada waktu itu....Telletubies sepertinya mempunyai sesuatu yang bisa menghipnotis anak-anak untuk menonton acara tersebut! Kalo sekarang....gak tau kenapa....rasanya aku seperti melihat boneka di film2 horror saat melihat telletubies! wkwkwkwkwk!  *aku serius!*

Lihat :



2. Sesame Street


Habis nonton Telletubies biasanya aku nonton ini! *masih di stasiun TV yang  sama "Ind*siar" * ...Sesame Street adalah sebuah acara pendidikan anak-anak yang berasal dari Amerika Serikat untuk anak-anak pra-sekolah dan merupakan perintis standar televisi edukasi kontemporer yang menggabungkan pendidikan dan hiburan (edutainment) sumber : wikipedia.....

Dulu saat menonton acara ini aku sempat bertanya-tanya.....kenapa boneka nya bisa berbicara ya? dan mulutnya juga bisa membuka dan menutup gitu ? apa sebenarnya semua boneka itu bisa berbicara?......hal-hal itu menjadi tanda tanya besar di dalam kepalaku pada waktu itu....! *hhhhh baka bgt ya aku!*........walaupun ini adalah acara pendidikan....tapi waktu itu aku benar-benar terhibur kok! soalnya kadang-kadang juga lucu acaranya.....dan juga ada animasi-animasi yang di selipkan di acara ini dan aku suka bagian itu!  *animasinya aneh2 sih....dan gak biasa!* misalnya seperti ini dan ini

Tokoh yang aku sukai dan yang dulu gampang teringat oleh ku adalah.....Elmo si monster merah kecil, Ernie dan Bert....Bert kalo lagi marah, menyeramkan ! soalnya alisnya bisa berubah....kayak huruf "v" gitu.....terus ada Kermit si katak hijau, Monster Cookies yang suka makan cookies....sebenarnya cookies nya gak dimakan *boneka kan gak bisa makan!* hanya diremah-remah aja.....tapi terlihat seakan-akan cookies nya seperti habis dimakan hhhh :D....terus ada Big Bird si burung kuning raksasa....sumpah! waktu itu aku bingung banget! gimana caranya menggerakkan boneka yang satu ini ya?.....dan terakhir yang aku ingat ada Count Von Count si drakula.....yang suka bermain piano *bukan main piano sih.... lebih tepatnya hanya memencet tombol tuts piano* sambil bertanya angka berapa hari ini? Lihat Video hhhh :D dan aku takut bagian yang itu! gak tau kenapa ....pokoknya takut! 



3. Tweenies



"Hei! hei ! bagaimana kawan? ayo bermain bersama Tweenies !"....itu adalah sepenggal theme song nya Tweenies ver. Indonesia...aku hanya hapal sebatas itu ! Tweenis terdiri dari Bella, Milo, Fizz. dan Jake....Bella mempunyai kulit biru, rambut kuning dengan pita merah, dan pakaian, kaos kaki dan sepatu yang didominasi oleh warna merah dan kuning......Pokoknya Bella itu warnanya terlalu PRIMER ! (merah,biru dan kuning) jadi gak enak dipandang mata! selain itu Bella mempunyai sifat yang cerewet dan dulu aku gak terlalu suka sama dia! terus ada Milo yang warnanya didominasi oleh warna ungu....sifatnya Milo bagaimana ya? aku lupa....soalnya sifatnya gak terlalu kelihatan menonjol seperti Bella....terus ada Fizz....yang punya kulit kuning, rambut coklat yang di kepang kecil2....dan pakaian serta sepatu yang di dominasi oleh warna pink.....sifatnya aku juga agak lupa sih....dulu aku suka membandingkan Fizz dengan Bella dan menurutkku.... Fizz lebih baik dari segi penampilan maupun sifatnya....dan terakhir ada Jake....Jake adalah anggota yang paling kecil...dia mempunyai rambut kuning yang modelnya mohawk....dia itu manja...mungkin karena dia yang terkecil....dan menurutku penampilan Jake paling menyerupai penampilan manusia pada umumnya....mungkin karena warna kulitnya yang mendekati warna kulit manusia.....

Tweenis adalah acara yang sangat mendidik....dan menurutku acara ini juga membantu anak-anak untuk mengembangkan imajinasi mereka...setidaknya itulah yang kurasakan....aku merasa imajinasiku berkembang saat menonton acara ini...! hahaha :D walupun begitu....gak semua anak menyukai acara ini....bukan karena acaranya yang gak bagus ...tapi! mungkin penampilan Tweenies terlalu menyeramkan bagi sebagian anak-anak hhhhhh liat aja sendiri! kepala mereka terlalu besar! kakinya juga hahaha.....untung aku bukan termasuk salah satu yang takut pada mereka.....dulu aku suka banget sama Tweenies bahkan semua barang-barang yang ada di rumah Tweenies..... rasanya ingin banget aku miliki semua!

Bagian yang aku suka di acara ini adalah saat mereka membuat kreativitas atau saat mendongeng! dan bagian yang tidak aku sukai adalah saat mereka menari dan menyanyi....soalnya adegannya suka diulang-ulang terus sih....bosen ah! saat para Tweenie membuat kreativitas....ada beberapa yang benar-benar aku praktekkan di rumah ! seperti membuat laba-laba dari kertas dan menggunting kertas menjadi bentuk orang-orangan yang saling bergandengan tangan *pertama kali aku belajar membuat hal2 itu....ya dari tweenies!* waktu itu para Tweenies juga pernah membuat semacam kirigami yang berbentuk kepingan saljju...tapi aku nonton nya telat! jadi nyesel banget! yah...intinya sih...waktu itu aku suka banget sama Tweenies....Tweenies emang sukses sebagai acara anak-anak yang mendidik dan menghibur!

Lihat theme song nya Tweenies yuk!



4. Barney and Friends


Dulu aku juga suka nonton Barney and Friends....walaupun sebenarnya aku gak terlalu suka acaranya.....kenapa ya? mungkin karena semua orang dan boneka yang ada di acara ini.....terlalu banyak bernyanyi dan menari ! seakan pekerjaan mereka itu hanya bernyanyi dan menari saja.....hahaha :D  *inti acaranya kan memang itu....* Tapi bagaimana pun juga acara ini cukup mendidik kok ! Boneka yang ada di acara ini selain Barney ada juga BJ dino yg warna kuning dan Baby Bop dino yang warna hijau.....karena aku gak begitu menyukainya jadi aku gak terlalu ingat acara ini dan gak bisa cerita banyak....walaupun mungkin acara ini masih ditayangkan sampai sekarang....lagu dari Barney yang paling terkenal itu adalah......" I Love You" Lihat Video!

Barney itu...gede banget ya! dia adalah sejenis tyrannosaurus rex  yang warnanya didominasi oleh warna ungu dan warna hijau di sekitar perutnya...walaupun besar tapi  Barney itu bisa berubah menjadi boneka kecil....Menurutku barnie itu mengingatkanku pada si Komo...hahahah :D....walaupun sebenarnya aku gak terlalu ingat si Komo itu bentuknya seperti apa...


Lihat theme song nya Barney!



5.  Bananas in Pyjamas


Kalo yang ini...aku jarang nonton....soalnya mungkin acara ini ditayangkan pada saat jam-jam sekolah waktu itu.....jadi aku gak ingat ceritanya....yang jelas ada dua pisang kembar yang selalu memakai piyama bermotif garis-garis....karena mereka kembar dan mirip banget.....jadi untuk membedakannya ada tulisana B1 dan B2 di masing-masing kerah mereka.....(mungkin maksudnya Banana 1 dan 2)...mereka punya teman 3 ekor beruang yang bernama Amy, Lulu dan Morgan serta seekor tikus yang menurutku kepalanya lebih besar daripada kepala ke 3 beruang itu hhhhhh :D

Dan yang membuatku tidak mengerti dari acara ini adalah......kenapa ada pisang yang berteman dengan para beruang dan tikus ! mereka itu kan ....! sangat berbeda spesies! pisang sebagai buah.....bisa berteman dengan beruang dan tikus sebagai binatang ! *kalian gak akan bisa menemukan ini di acara lainnya!* seharusnya para banana itu dicarikan teman yang sesama buah........lalu kenapa tidak begitu ya? aku gak ngerti.......! sampai sekarang juga gak ngerti ! wakaranai yo.....

Lihat Theme Song Bananas in Pajamas!



6. Eureeka's Castle



Kalo yang ini kayaknya gak banyak yang ingat deh.....ini termasuk acara nickelodeon...dan acara ini tayang saat jamannya nickelodeon masih ada di antv...kalo gak salah tayang setiap hari sabtu dan minggu pukul 4 sore....,aku ingat banget! soalnya habis nonton ini aku selalu nonton acara kesukaan ku waktu itu yaitu Dora the Explorer * wkwkwkw! gak nyangka dulu aku suka bgt sama Dora!* Terus habis nonton Dora, aku langsung pindah channel nonton dorama jepang "Itazurana Kiss" *hhhhh habis nontonn acara anak2 langsung nonton itu....jadi rasanya kayak gimana gitu!*  dan itu semua terjadi saat aku masih kelas 4 SD !

Gak banyak hal yang aku ingat dari acara ini.....tapi ada satu yang paling aku ingat! di lagu opening nya....ada 3 patung air mancur berbentuk ikan yang menyanyi dan dari mulut mereka itu bisa keluar air beneran! *dulu aku benar-benar kagum pada bagian yang itu!* selain itu aku juga ingat ada semacam kumpulan cacing (?) yang sepertinya sih terbuat dari semacam clay/malam yang bisa bergerak dan berubah bentuk! *pokoknya gitu deh.....sulit utk mengungkapkannya ! hahahaha!*

Lihat Eureeka's Castle Opening and Closing !



7. Si Unyil


Jangan lupa sama acara boneka buatan negeri sendiri ! Dulu aku pertama kali nonton Unyil saat acara ini masih tayang di Tpi....Dulu acara ini masih memakai setting perkampungan seperti gambar di atas....lengkap dengan pepohonan yang semakin membuat perkampunan itu menjadi lebih teduh dan juga perumahan penduduk dengan ukuran yang serba mini.....aku suka settingnya ! kesannya Indoesia banget!

Aku ingat dulu acara ini tayang selama bulan puasa......paling senang sih...kalo mereka lagi membawa makanan, menjual makanan  dan makan *soalnya waktu itu aku nonton pas bulan puasa hhhhh* .......seingatku dulu ada salah satu adegan yang menceritakan Unyil dkk menjual kolak....dan itu benar-benar telihat seperti kolak benaran hhhhh :D jadi ngiler nih!

Acara Unyil yang sekarang memang berbeda dengan Unyil yang dulu.....kalo sekarang Unyil lebih suka keliling di tengah perkotaan dan pabrik-pabrik, kalo dulu unyil hanya bisa keliling di setting perkampungan (boneka) yang di buat khusus....seperti gambar di atas....selain itu tokoh-tokoh boneka yang muncul....lebih banyak dulu daripada sekarang.....

Lihat Acara Unyil Jadul



Itulah acara-acara boneka yang jaman dulu sering aku tonton.....dan sekarang sih....kayaknya udah langka! mungkin sebagian masih ditayangkan di tv berlangganan.....Tapi kan....masa' nonton acara kayak gini aja harus bayar lebih......padahal acaranya medidik banget tuh! seharusnya tv swasta harus lebih sering menayangkan acara-acara seperti ini ! soalnya menurutku bisa bermanfaat banget bagi perkembangan anak-anak!




9 komentar:

Anonim mengatakan...

Ah~ Liat cartoon diatas jdi kgn masa kecil
Stuju ama author,dulu tu banyak acara cartoon
Dan paporitku adalh Telletubies hoho :D
Plg suka ama Lala and Po
nyanyi dikit ah~ "Tinky wingki Dipsi Lala Po~ Telletubies~ Telletubiessssss Berpelukannn" hehehe
Thun lalu juga mash ada ni acara di Ind*si*r pas Ramadhan tiap jm 5 pgi ampe 05.30
Msh inget nongkrongin tu acara ampe dimarahin ibu
Ktanya "Masak uda gede masih suka yg beginian" xD

Si Unyil juga,dulu srg liat ni acara,tpi skrg acranya jdi gak seru and ngebosenin,lbh suka ver lama yg diperkampungan and jdi anak desa
Kesannya tu "Unyil banget gitu" hehehe

Klo yg lain suka sh,tpi liatnya jrg" dan kyknya acara Barney and Friends tu mash ada deh di chanell Tv lokal daerahku,tpi mals nontonnya keke

Maap ya thor,aku jdi komen panjang sepanjang jlan kenangan gini *nyembah" ke Author*
Abisnya kgn ama masa lalu *jdi curcol* xp

Fadillah Ichsani mengatakan...

Wah! kak Brili masih ingeat betul yah acara2 itu,aku aja udah agak2 lupa.. yah aku juga merasa beruntung karena diasa kanak2 dulu masih sempat nikmatin acara2 tv yg sesuai dengan umur :)

dulu acara yg paling aku suka itu tweenies sama teletubies.kalo yg lain ada beberapa yg tau tapi gak suka dan ada yg beberapa gak tau

yg sampe sekarang hapal lagunya tuh lagunya teletubies yg diatas,terus satu lagi lagunya tweenies...
yg "Laba2 kecil terjebak di bak mandi.. Turun hujan dia tergelincir.. Matahari bersinar dan hujan berhenti.. Laba2 kecil beranjak naik lagi.."

haha.. ^^

Anonim mengatakan...

hahaha jadi inget, waktu kecil suka berantem sama adek cuma karna hal beginian xD
dulu sebenarnya aku paling benci acara yg kek gini, tapi karena adik aku suka, jadinya kita sering berantem deh hahaha :D

Anonim mengatakan...

wah, terima kasih atas review nya :) jadi nostalgia nih :D sedih juga inget semua ini, mengingat di masa sekarang semua film tersebut telah sirna dan ruginya anak-anak jaman sekarang tak sempat menyaksikannya. di jamanku ini film yang paling di tunggu-tunggu anak-anak satu komplek perumahanku. Kadang kami semua menyaksikannya di rumah salah satu teman secara bergilir. Saking asiknya nonton kami semua sampai lupa mengunci sepeda masing-masing yang terparkir semrawut di depan rumah teman kami. Karena beberapa film di tayagkan pas jam-jam anak tk, sd kelas 1&2 pulang sekolah, tak jarang kami lupa mengganti seragam sekolah kami, bahkan saking asiknya nonton dan nda pamit sama orang rumah, para pembantu kami sampai pusing muter-muter komplek sambil bawa makan siang kami masing-masing buat nyariin kita-kita yang lagi asik nonton. I remember the past, so funny, wonderful, and full imagination...

toko herbal online mengatakan...

di anatar di atas aku tuh paling suka sama teletubbies, twenees dn unyil..
selebihnya akau jarang sist..
terimakasih ;)

Nika Nurmayanti mengatakan...

sekarang mah udah gak ada kartun boneka itu..

coba klik ini siapa tahu anda berminat http://mobildatsunbandung.com/

Putri Yolanda Pertiwi mengatakan...

Semngat terussssssss kaaaa nulis blog nyaaaaaaaaaaa.... kRen krennn... cape aku bacanyaa
... heheeeeee.

Anonim mengatakan...

Hey, makasih sudah bantu mengingat masa childhood sye. Lahir di masa 90an itu membuat kenangan kecil menjadi nostalgi itu 'sesuatu'. Selepas pulang sekolah dulu sye nak tonton itu di rumah ninik sye juga Adik. But when I came to present live, I wanna close my eyes, I miss Indonesia on last decade.

riska ayu mengatakan...

Kangen film twinnies😢

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............