Nostalgia : 10 Peralatan Sekolah yang Populer di Jaman SD

On Senin, 18 Februari 2013 9 komentar




Hai semuanya~ aku kembali lagi nih! :D aku kembali dengan membawa artikel tentang nostalgia....! bagi kalian yang sudah melewati masa2 SD.... kalian masih ingat kan? kenangan di masa SD? yah... walaupun itu terlihat sederharna... tapi kenangan2 di masa SD pasti sangat berkesan bagi kita... iya kan?

Masih ingat kah kalian dengan peralatan sekolah yang dulu kalian gunakan saat SD...? hahaha :D ...jaman SD adalah jamannya kita punya perlengkapan sekolah terlengkap... kalo dibandingkan dengan masa SMP atau SMA... iya kan? bahkan ada lho.... beberapa peralatan sekolah yang sempet populer di jaman SD *menurut ku...* dan inilah... 10 Peralatan Sekolah yang Populer di Jaman SD :


1. Pulpen Lampu


Masih ingat kah dengan benda ini? dulu benda ini populer banget...  pokoknya kalo gak punya pulpen ini di jaman SD... gak kece deh~ hahaha :D

Ini bukan sembarang pulpen... karena pulpen ini bisa menyala... biasanya di bagian atas pulpen ada tokoh karakter seperti Hello Kitty, Doraemon, Pikachu dll... terus kalo pulpennya dipakai untuk menulis... karakter2 itu akan menyala haha :D ...lucu deh pokoknya XD aku jadi pengen punya lagi... dulu aku punya yang karakternya Hello Kitty dan Pikachu~

Kelemahan dari pulpen ini tuh... kalo dipakai pas siang hari nyala lampunya gak akan kelihatan maksimal *yaiyalah~*


2. Pulpen Wangi


Masih ingatkah dengan fenomena pulpen wangi?... dulu waktu aku SD sempat beredar kabar tentang pulpen wangi... itu tuh... pulpen yang bau tintanya wangi kalo untuk nulis... aku dulu pernah punya kalo gak salah...

Dan ternyata eh ternyata... kabarnya nih ya... pulpen wangi itu... mengandung sejenis narkoba atau shabu2 *waduh~* katanya kalo kita nyium aromanya... itu bisa membuat kita klepek2 hahaha :D padahal dulu aku sempet punya... aku gak tau itu benar apa salah... karena dulu aku masih kecil... aku gak terlalu memikirkan... itu fakta atau gosip :P

Oiya... gambar di atas... bukan gambar sebenarnya... itu hanya gambar perumpamaan aja... *itu pulpen biasa yang bertali bukan pulpen wangi!* aku udah lupa bentuknya kayak apa...  yang masih aku ingat... pupen wangi tuh... biasanya mempunyai tali...


3. Pensil Mekanik (bongkar pasang)


Masih ingat kah dengan pensil mekanik jadul... yang sistemnya itu bongkar pasang? haduh... gimana jelasinnya ya...? itu... loh...  kan itu sejenis pensil mekanik... pensil mekanik itu... terdiri dari beberapa bagian... setiap bagiannya adalah isi pensil itu...

Lihat gambar di atas... ! itu kan bentuk bagian2 nya beruang, kalo bagian terbawah yang warna hijau itu udah habis isi pensilnya, kita bisa copot bagian hijau itu... terus kita pasang di bagian paling atas... nah... bagian yang paling bawah kan jadi yang warna merah... biasanya itu yang isi pensilnya masih... *ya... gitu deh...* tau maksudku kan? :P

Kebanyakan pensil mekanik yang beredar di jaman sekarang yang isinya panjang2 itu kan? jadi kalo isinya habis kita tinggal masukin isi pensil yang panjang itu... gak usah... dibongkar-bongkar lagi pensilnya... seperti pensil mekanik jadul...

Aku dulu punya... pensil mekanik bongkar pasang... unyu2 pensilnya... warna-warni... seperti gambar di atas haha :D ...kelemahannya sih... isi pensilnya akan cepat habis... gak seperti pensil mekanik jaman sekarang... hehe... waktu... punya sih seneng... bisa dibuat mainan... di bongkar pasang... tapi giliran... isinya habis... bingung deh :P ...hhmm... sekarang... sepertinya pensil yang seperti itu... udah langka ya?


4. Pensil Elastis / Pensil Inul



Yang ini udah beneran jadi barang langka sepertinya hahaha :D ...dan dulu... benda ini sempet populer di jaman SD dengan nama pensil Inul... kenapa namanya pensil Inul?... hhmm... aku juga gak tau sih... mungkin karena pensil ini sangat elastis dan mungkin saat mbak Inul lagi booming... pensil ini juga pas lagi booming nya... haha :D jadi dinamai pensil Inul... kan pensilnya bisa goyang2 juga XD

Dulu aku juga punya pensil kayak gini... pensilnya panjang, lucu, bisa dililit2kan *maksudnya ditali dibentuk simpul* dan pensilnya gak bisa patah walaupun di lengkungkan haha... warnanya juga bagus... bergaris-garis gimana gitu... ehmm... karena warnanya terlalu enak.... aku dulu sempat kepikiran untuk memakan pensilnya wkwkwkw :D

Kelemahan dari pensil ini tuh... walaupun pensilnya gak akan patah saat di lengkungkan... tapi isi pensilnya tetap akan patah wkwkwkw :D *ini mah sama aja*... penipuan nih! XD ...iya karena isi pensilnya... terbuat dari bahan ... yang keras dan gak lentur... seperti isi pensil pada umumnya...


5. Penghapus Jadul


Di masa SD tuh... ada beberapa bentuk penghapus yang benar2 populer... dulu... ada penghapus yang murah meriah... biasanya harganya sekitar 100 rp gitu *kalo gak salah ingat sih~* kalo penghapus yang agak mahal emang ada seperti penghapus st*edler... tapi itu jarang digunakan... itu dulu digunakan kalo saat ujian atau saat ada hal yang penting aja wkwkwk

Biasanya sih ya... murid2 SD jamanku dulu... lebih sering menggunakan penghapus yang murah meriah, yang bentuknya kotak kecil2 itu... warnanya putih... biasanya ada gambarnya...

Masih ingat gak? penghapus yang gambarnya bendera? nah... itu salah satu pengapus yang murah dan populer di jaman SD... aku dulu punya penghapus itu... yaiyalah.... siapa sih yang gak punya? kan populer banget tuh... : P

Biasanya... penghapus itu warnanya putih... terus ada gambar bendera dari berbagai negara... di bawah gambarnya ada tulisan nama negara/benderanya... jadi penghapus itu berguna banget untuk kita yang lagi pengen menghafalkan nama bendera di negara2... ini penampakannya...



Oiya... selain penghapus bergambar bendera... ada juga penghapus sejenis lainnya yang juga murah meriah... masih ingat gak? dengan penghapus yang ada gambarnya... kadang gambarnya buah, kadang binatang, kadang alphabet dll... penghapusnya kotak... warnanya putih... terus dibagian atasnya itu... biasanya ada sedikit bagian yang berwarna hijau... ini gambarnya...



Aku gak tau... yang warna hijau itu fungsinya untuk apa? wkwkwk... dipakai untuk menghapus pulpen gak bisa... dipakai untuk menghapus pensil... tulisannya malah tambah kotor... *haduh...* atau itu sebenarnya hanya asesoris doank?

Kedua penghapus diatas... walaupun murah tapi menurutku cukup layaklah... untuk jadi penghapus haha :D lumayan bersih kalo aku pakai... walaupun gak bersih2 banget... XD

Oiya... selain kedua penghapus itu... ada penghapus lain yang cukup mengenang di masa SD ku... yaitu... penghapus yang bentuknya buah atau irisan buah.. ini gambarnya...



Bentuknya bagus, walupun.... mungkin gak terlalu bersih untuk menghapus tulisan.... tapi wangi... kalo bentuknya irisan jeruk... biasanya baunya seperti jeruk XD ...tapi wanginya saat masih baru doank... kalo udah lama di pakai biasanya akan luntur wanginya haha :D ...oiya... aku dulu sempet mikir... jangan2 penghapus ini juga mengandung narkoba? seperti pulpen wangi ? XD XD


 6. Rautan Kaca


Masih ingat rautan kaca? yang bentuknya lingkaran biasanya... terus ada kacanya di salah satu sisi... *gambar rautan di atas kalo dibalik ada kacanya~* hhmm dulu rautan ini populer banget kan? setiap toko pasti jual... sekarang masih ada yang jual gak ya?

Rautan ini... karena ada kacanya... seingatku sering digunakan oleh anak2 cwe untuk ngaca *berdandan*... dan kalo udah dipengang oleh anak cwo... kadang rautan ini disalah gunakan... untuk mengintip dll ...mengintip jawaban ulangan maksudku :P ...emang ngintip apaan? XD

Kata Dedy Corbuzier rautan ini juga mempunyai filosofi... hhmm kata2 nya apa ya? mau cerita tapi lupa? XD ...kalo gak salah kata2 nya gini “sebelum kita membenarkan sesuatu... lebih baik kita mengaca diri kita sendiri... apakah kita sudah benar atau belum?”


7. Isolasi Bergambar



Dulu isolasi bergambar seperti gambar di atas... pernah populer di SD ku :D ....tapi waktu itu... isolasinya kecil... gak segede lakban... lucu sih... soalnya isolasinya berwarna warni dan bergambar... jadi dulu isolasi itu begitu populer dan booming banget di SD ku... soalnya sebelumnya kan... belum ada yang kayak gitu hehe...

Aku ingat... saat itu... aku sampai bela-belain jalan kaki untuk beli isolasi itu di toko... sama teman2 sih belinya~ *capek tokonya lumayan jauh* ...tapi walaupun begitu... kita sangat senang karena berhasil mendapatkan benda yang kita cari itu.. :D


8. Tempat Pensil

Aku mau bahas yang tempat pensil tingkat... masih ingat gak? itu loh.. tempat pensil yang dibuka... terus di dalamnya ada tingkatnya.... biasanya bisa tingkat 1-2 haha :D

Dulu aku punya tempat pensilnya... XD kalo kata orang tempat pensil itu praktis *karena tingkat*... kalo menurutku sih... malah ribet... yah... soalnya kalo kita kebanyakan memasukkan barang di bagian yang paling bawah, atau... di setiap tingkatan nya... tempat  pensilnya gak bisa ditutup wkwkwkw... jadi... kalo barang kita banyak... kita harus pintar2 menatanya... agar tempat pensilnya bisa muat dan bisa ditutup hehe ... kan ribet tuh... ini penampakannya...



Oiya... ada juga tempat pensil magnet... tau kan? itu loh tempat pensil yang bentuknya kotak *persegi panjang*... terus tebel... hehe :D ...terus itu tempat pensil dengan fitur paling lengkap yang pernah kutemui haha... di bagian depannya biasanya ada mainannya... seperti sempoa, kalkulator, dan mainan lainnya... ada rautannya juga... banyak lacinya... bagian depan, belakang dan tengah bisa dibuka untuk tempat menyimpan barang :D ...karena itulah harga tempat pensil itu mahal ^^ ini penampakannya...



Pokoknya kalo punya tuh... kita serasa punya ruang rahasia di dalam tempat pensil itu hahaha... karena lacinya banyak banget :P... pokoknya... kita serasa bisa jadi kecil dan bisa masuk di dalam kotak pensil itu...*lebay*

Jaman aku SD dulu... karena tempat pensil itu fiturnya lengkap dan harganya juga gak murah... jadi setiap anak yang punya tempat pensil itu... status sosialnya seakan naik wkwkwk... seakan udah dianggap keren bangetlah hahaha... dan aku punya lho~ berarti status sosialku tinggi saat SD ? *huek~* :P ...dulu waktu aku SD yang punya tempat pensil ini... kebanyakan anak cwe... anak cwo jarang yang punya...


9. Tas Beroda


 
Tas ini juga termasuk barang mewah saat aku SD... dan aku juga punya haha... dulu kayaknya aku pernah merengek minta dibelikan tas ini ma ortuku haha~ gak tau kenapa... aku pengen beli waktu itu... mungkin karena sedang populer... aku lupa... dulu punyanya warna apa dan gambar apa... yang jelas dulu aku pernah punya XD
Tas ini... agak berat dan keras... soalnya ada bahan dari plastik yang untuk pegangan dan untuk rodanya itu... selama aku punya tas itu... aku gak pernah memakainya dengan cara menyeret nya kayak tas2 yang di bandara itu... ribet soalnya... lagian aku juga malu wkwkwkw :D aku lebih sering memakainya seperti saat aku memakai tas punggung biasa... 


10. Sepatu Lampu

 
Dulu aku punya... entah itu sepatu atau sepatu sendal... aku lupa... tapi aku tidak menggunakannya saat sekolah... malu lah... emang mau sekolah atau mau disko? wkwkwkw :D

Tapi.. dulu aku punya... untuk seru2an doank hahaha :D... hhmm... seru sih... soalnya begitu diinjak bisa nyala... tapi giliran batrainya habis... lampunya redup dan akhirnya mati... kalo udah gitu... nangis deh.. keistimewaan sepatu itu menghilang... gak bisa nyala lagi jadi seperti sepatu biasa... haha :D


Itu adalah 10 Peralatan Sekolah yang Populer di Jaman SD... yang berkesan untukku tentunya... bagaimana dengan kalian? apakah beberapa peralatan sekolah yang kubahas juga berkesan bagi kalian... haha :D setidaknya... aku udah berusaha untuk mewujudkan kembali kenangan kita di masa SD ^^ sekian dan terimakasih~!

Like fp Kagura Sohma Blog :

Jangan lupa sertakan cr dari blog ini kalo mau copas! JANGAN COPAS TANPA CR! Karena ini adalah artikel buatan saya :D




cr gambar :

http://www.darnbri-giftstationery.com/product/0/1664/A689-Bolpoint-lampu-karakter#/image-product/img1664-1299253277.JPG
http://wafaadvertising.blogspot.com/
http://rausyanfiqr2.blogspot.com/2011_03_01_archive.html
http://unic66.blogspot.com/2010/02/galery-pencil-unik.html
http://newnation.sg/2012/10/89-things-1980s-sporean-babies-will-remember/
http://kedailapanpuluhan.blogspot.com/2009/08/penghapus-karet.html
http://dalamnafascinta.blogspot.com/2011/01/kenangan-budak-sekolah-sememeh.html
http://forum.detik.com/all-about-farhat-abbas-t34845p187.html
http://www.aliexpress.com/compare/compare-cartoon-deco-tape.html
http://tokoalattuliskantor.com/2011/07/tempat-pensil-pulpen-tingkat-mobil/
http://sahabatnyaanak.blogspot.com/2011/07/tema-sains-sub-tema-magnet-introduction.html
http://www.tokobundaonline.com/tag/tas-mobil-anak
http://durbankids.blogspot.com/2012_09_01_archive.html

 

9 komentar:

Keiagasshi mengatakan...

aw, entry ini jadi mengingatkan pada masa lalu.
penghapus yang putih ijo itu masi ada ga sih skg?

Frista Kartika mengatakan...

semuanya q dulu punya hihihihihihi...

eh beneran lo yang pulpen wangi itu ada isu narkoba2 nya gt..
padahal dah beli banyak akhirny smua disita sm pihak sekolah...pengen diumpetin soalnya suka gambar2nya, tp krna mc anak2 jdina takut...

Nice artikel, jadi inget sama itu smua..

aldi mengatakan...

owh f*ck,, wkwkkw it's very funny.. adminya cerdas ... gue inget masa lalu :v

Anonim mengatakan...

dulu ada kotak alat2 tulis, bentuknya spt buku agak lebar,
isinya crayon, pensil warna, pulpen & pensil, pokoknya komplit :)

biasanya cover gambarnya kartun.

toko herbal online mengatakan...

wahhh semuanya bener-bener mengingatkanku ke masa itu lagi yaa..
yang sekarang itu udah ga ada..
aku tuh paling suk sama pinsil mekaniknya walopun kadang suka tumpul dan pensilnya itu ga tebal tulisannya :D
kalo pensil inul karena dulu memang lg musimnya inul banget..
kalo rautan kaca sering banget di pake jahil sama anak laki-laki tuh haaha
terimakasih ;)

Siti Nuraeni Hayati mengatakan...

iihh subhannallah .. q jdi nyegir sendiri gara2 liat peralatan jadul bgtuu ..sumpaah .jdi kangen. dan nyesel .knpa ya dlu gg di koleksi aja gtu X_X ..

Nika Nurmayanti mengatakan...

terharu banget liat ini..
jadi inget masa kecil dulu, sekarang mah udah ga ada,,

boleh sekalian mampir http://mobildatsunbandung.com/

Renaldi mengatakan...

Saya punya rekomendasi pensil terbaik untuk anak yaitu staedtler pensil. Berikut artikel reviewnya mengenai Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak: http://renseo.blogspot.com/2016/08/Staedtler-Pensil-Terbaik-Untuk-Anak.html

Anonim mengatakan...

Waduwww kayaknya aku pernah punya semua nih! xixixixi #MasaKecilYangSangatBahagia
Yang paling dikanenin pensil inul.. Dulu wkt sd bbrp belas tahun silam pernah beli diwarung deket rumah :D

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............