Penjual mainan di Jaman SD yang Aneh bin Cerdik :D

On Minggu, 10 Maret 2013 11 komentar



Hai hay~! semuanya :D ...aku kembali lagi membawa sebuah artikel yang bertema nostalgia XD ....untuk sementara... blog ini jadi blog nostalgila ya~! eh salah! maksudku nostalgia :P ...soalnya aku emang lagi mood untuk membahas kenangan2 di masa lalu^^

Untuk kesempatan ini... aku kembali lagi membahas tentang kenangan di masa SD ku dulu... jadi... apa yang akan aku bahas?? hhmm... udah lihat judul di atas kan? jaman aku SD tuh... biasanya di musim2 tertentu ada penjual mainan keliling yang muncul di sekitar SD... pas jam2 istirahat... atau pagi sebelum jam sekolah di mulai... para pedagang itu sudah stand by di tempatnya masing2 XD ....dan biasanya sih anak2 SD selalu mengerumuninya waktu itu... entah itu hanya melihat-lihat saja atau beneran beli^^  aku juga termasuk anak yang suka mengerumuni penjual mainan itu~ :P

Kadang2 muncul penjual mainan yang gak biasa di SD ku... kenapa aku bilang tidak biasa? soalnya ada yang penjualnya itu kretif dan cerdik, ada yang barang dagangannya itu tidak biasa *apaan tuh?*, ada yang jualan tapi nipu anak2 XD ...yang sekarang membuatku berpikir... dulu kenapa aku beli yang kayak gituan? bego banget aku!! XD

Oke...! jadi apa saja mainan atau benda2 yang di jual para pedagang yang kuceritakan di atas? penasaran kan? siapa tau... waktu SD, kalian juga pernah mengalami hal yang akan kuceritakan ini atau bahkan pernah membeli mainan atau benda2 dibawah ini^^


Stiker Kuku


Biasanya yang jual ini tuh... ya penjual mainan... kan kadang mereka juga menjual stiker... termasuk stiker kuku... stikernya itu kecil2 banget! XD wkwkwkw namanya aja juga stiker kuku, jadi ya kecil.. apalagi ini ditempel di kukunya anak SD ...ehm gambarnya macem2 lho~! ada Hello Kitty, bunga... terus apa lagi ya? banyak deh pokoknya XD ...biasanya kalo aku beli tuh... aku udah mendapatkan jasa geratis dari pedangannya~ jasa apa? ya... jasa untuk menempelkan stiker itu di kuku XD ....jadi itu ditempelin oleh pedangangnya... stikernya di tempelin di kuku... terus digosok pake koin dan nempel deh~! XD ...kuku ku jadi cantik! serasa habis di nail art! wkwkwkwk!

Sekarang aku ingat kalo dulu pernah beli itu dan agak nyesel juga sih... soalnya stikernya gak bertahan lama... dan menurutku harganya juga gak sebanding (-_-)” itu... dulu aku beli hanya per gambar... padahal mungkin dengan mengorbankan sedikit uang lagi... aku udah bisa beli yang selembar yang isi nya banyak gambar XD ....tapi dulu aku seneng2 aja tuh... gak kepikiran kalo itu kemahalan... yang penting kuku ku cantik dan aku udah mengikuti mode yang berkembang di kalangan siswa perempuan SD :P ...ya ya~ bukan hanya aku yang suka beli stiker kuku itu... tapi teman2 cwe juga gak beda... mereka juga suka beli ^^  kalo anak cwo jarang beli kayaknya*yaiyalah* XD...aku juga gak ngerti... kenapa benda itu begitu populer dulu... padahal hanya stiker kayak gitu *haduh*... yang ketipu banyak banget waktu jaman ku SD dulu hahahah :D

cr gambar :
http://dx.com/p/diy-christmas-pattern-decoration-nail-sticker-multicolored-2pcs-172788
http://emmoshop.com


Kartu Nama Glitter



Jadi tuh ya... dulu ada penjual kartu nama di SD ku... dia menggelar barang dagangannya di belakang SD ku pas jam istirahat... dia membawa banyak kartu nama bergambar yang kosong... belum ada tulisannya... tapi kok? bisa dijual? itu kan kosong gak ada tulisannya?... tenang~ aku belum selesai cerita XD

Gambar di kartu nama itu... banyak lho... ada gambar kartun cwe kayak barbie, Hello Kitty, Winnie the Pooh dll... ada juga gambar kartun cwo... jadi ya... benda ini dulu menjadi favorit dan fenomenal di kalangan anak cwo dan cwe hehe~

Lalu... apa yang menarik dari kartu nama itu? begini ceritanya... dulu waktu aku beli... awalnya aku disuruh memilih kartu nama yang gambarnya sesuai dengan keinginanku... tapi kartunya masih belum ada tulisannya... hhmm... aku ingat waktu itu... aku diberi sobekan kertas kecil... dan aku disuruh nulis namaku di kertas itu... terus kalo udah selesai... selanjutnya... aku kasih kartu nama yang telah ku pilih dan kertas yang berisikan namaku tadi ke penjualnya... dan.... apa yang akan terjadi selanjutnya?? XD XD

Dan dengan peralatan yang canggih *menurut pandanganku waktu SD* ...kartu nama bergambar yang tanpa tulisan itu... berubah menjadi karya seni yang menarik! XD *lebay*

Pak pedangan... menulis namaku di kartu nama itu... *yah... tentu saja sebelumnya dia udah liat kertas yang berisikan namaku tadi* dia menulis namaku menggunakan... ehm semacam pen... yang tintanya itu kayak pasta dan kalo untuk nulis... tulisannya bisa jadi 3D... semacam ini pen nya~


Saat menulis nama di kartu itu... benar2 dibutuhkan kretivitas... jadi gak hanya sekedar nulis... tulisannya harus terlihat indah dan menarik  dimata anak2... aku ingat... waktu itu... punyaku ada gambar bunganya dan ada garis2 di bawah namaku hahaha :D... terus sebelum tintanya mengering... dia menaburkan bubuk glitter warna warni ke tulisan itu... yang sebelumnya udah disiapkan...



Dan tertutuplah tulisan di kartu nama itu dengan bubuk glitter... pak pedagang membalikkan kartu nama itu dan “tok! tok!” ....kartu nama itu di ketok2 dari belakang... kartu nama itu dibalik lagi~!... dan... wah! tulisannya kelihatan... jadi berwarna dan berkilauan penuh dengan glitter! Hahaha :D terus terakhir... kartu nama itu dimasukkan dalam palstik kemasan kecil *seukuran kartu nama besarnya* ...akhirnya... siap juga kartu nama itu diberikan pada ku :D ...terus aku langsung kantongin kartu nama itu di saku baju, biar gak ilang hehe...

Apa waktu kalian SD... pernah juga didatangi penjual kartu nama yang demikian? aku ingat betul bagaimana proses pembuatannya... soalnya dari awal sampai akhir... aku nonton proses pembuatannya XD ...ehm... mungkin kartu nama itu bagusnya tidak seberapa... tapi menonton proses pembuatannya itulah yang ditunggu-tunggu oleh anak2 SD waktu jamanku dulu...

Entahlah.... proses pembuatannya bagiku begitu menarik... apalagi pas ditaburi bubuk glitter terus di ketok-ketok dari belakang... dan tulisannya muncul... it’s amazing! bagiku! wkwkwk!

Aku nyari gambar kartu nama ini di google tapi gak dapat... mungkin sekarang udah langka ya? aku dulu beli 3 kartu nama... yang 2 ada tulisannya dan yang 1 kosong... soalnya dulu penjualnya bilang... beli yang kosongan juga gak apa-apa... tapi yang kosongan itu harganya lebih murah... kartu namaku 2 yang ada tulisannya gambarnya barbie... terus 1 yang kosongan gambarnya Winnie the Pooh *aku masih ingat* dan semua kartu namaku telah hilang... jadi aku gak bisa nunjukin gambarnya deh~

Kartu nama itu ngetrend waktu aku kelas 4 atau 5... aku ingat waktu itu kakak kelasku pernah bilang... “aku mau buat yang tulisannya Azuki X Yunosuke” karena waktu itu anime “Azuki Chan” lagi ngetrend... wkwkwk boleh juga tuh idenya kakak kelasku!

cr gambar :
http://img0023.popscreencdn.com/129243347_12-color-3d-nail-art-pen-drawing-design-brush-polish-.jpg
http://www.nailartdecoration.com/category/tags/glitter-powder


Gelang Tali


Masih ingatkah kalian? dengan gelang di jaman SD yang terbuat dari tali? jadi kita harus menganyam tali2 itu sendiri dan jadilah gelang... seperti gambar di atas itu~

Aku dulu beli tali warna-warni di bapak penjualnya... terus aku matchingin warna  talinya... kan kalo mau gelang nya keren harus terdiri dari 2 warna atau lebih... hhmm aku lupa apakah dulu... pedagang itu menjual gelang yang sudah jadi apa enggak... yang jelas dia jual talinya...

Setelah memilih talinya... aku serahin deh tali itu ke penjualnya terus biasanya diiketin talinya *diikat dasar*.... setelah itu kita disuruh menganyam talinya sendiri... sesuai dengan kreativitas kita... aku juga lupa... apakah pedangan itu juga menerima jasa untuk menganyam talinya? XD

Dulu aku gak terlalu pandai dalam urusan menganyam tali menjadi gelang... jadi aku minta temenku melakukannya untukku wkwkwkwk :D ....aku udah pasrah deh... mau dijadikan gelang yang bentukknya apa... aku bilang ke dia “nih, aku dah beli talinya... tolong jadikan gelang” dan biasanya temenku menerima permintaan tolongku dengan senang hati~ mungkin menganyam gelang adalah hobinya dulu XD

Pada dasarnya... pedangang gelang itu mengajarkan kita untuk berkretivitas, memilih warna yang cocok *maching*, dan mandiri karena kita dianjurkan untuk menganyam gelang sendiri... dan kayaknya pedagang itu... juga mengajarkan teknik2 untuk menganyam gelang...

Mungkin saja pedangan itu bisa menjual gelang yang udah jadi lalu aku dan teman2 bisa langsung membelinya tanpa harus repot2 menganyam.... tapi! itu tidak seru dan gak ada gregetnya :P ...kita kan gak bisa merasakan... gimana sih rasanya membuat gelang dari tali, dianyam terus jadi sebuah gelang... dan kalo gelangnya udah jadi tuh... rasanya seneng banget! wkwkwkwk :D *padahal aku gak buat sendiri lho! tapi aku seneng*... aku yakin kok~ temen2ku dulu lebih mau membeli tali daripada gelang yang udah jadi XD

Sisi negatif dari hal itu.... harga talinya telalu mahal sih menurutku... gak sebanding deh kayaknya XD ....tapi namanya anak SD ya.... dulu aku seneng2 aja dan gak memikirkan hal itu... hahaha... yang penting aku punya gelang dan aku mengikuti trend yang berkembang di jamanku SD :D


Setelah aku kuliah... aku ketemu dengan makul tekstil... terus ketemu lagi dengan kenangan ku di masa SD itu... ternyata... gelang2 seperti itu... sebutannya adalah  makrame... teknik menganyam benang menjadi gelang waktu aku SD adalah teknik paling dasar untuk makrame... wkwkwkwk ternyata sebelum aku kuliah... udah dari SD aku belajar tentang makrame dari bapak2 penjual gelang tali di SD ku dulu~

cr gambar :
http://baliassesories.blogspot.com/2012/08/gelang-tali.html
http://s897.beta.photobucket.com/user/yuliarsyah/library/Gelang%20Dari%20Tali?albumview=slideshow
http://dhieaksesoris.blogspot.com/2010_07_01_archive.html


Hewan Peliharaan

Selain makanan dan mainan... di jamanku SD dulu juga ada yang menjual makhluk hidup *alis hewan peliharaan*... aku rasa bukan hanya aku aja yang ngalamin ini... iya kan?

Jadi kalo kita pengen punya hewan peliharaan... kita gak usah repot2 pergi ke pasar hewan... penjualnya malah udah siap sedia mendatangi SD ku wkwkwk! ...itu praktis... sambil sekolah kita bisa menyelam sambil minum air... serasa kayak berada di toko hewan... dan mengamati hewan2 yang dijual.... serasa seperti berada di kebun binatang! :P *lebay*

Dulu banyak anak2 yang mengerumuni pedangan yang menjual hewan~ mungkin hanya sekedar nonton2 doank atau ada yang beneran mau beli... terus emangnya? hewan2 apa saja yang pernah di jual pedangan2 itu di sekitar SD ku? apakah itu kucing? anjing? kelinci? atau apa?... hahahaha :D jangan memikirkan binatang yang harganya mahal... karena yang beli adalah anak SD ...jadi mestinya binatang itu harganya murah meriah tapi udah membawa kesenangan tersendiri bagi anak SD ....dan inilah binatang2 yang biasanya dijual~


Kelomang


Dulu aku menyebut hewan itu dengan nama “pong-pongan” wkwkwk lucu ya? namanya... biasanya penjualnya membawa semacam wadah *biasanya sih ember* isinya ya kelomang itu... banyak lho kelomangnya... ada yang ukurannya kecil yang agak besar juga ada... bentuk cangkang nya juga bermacam-macam.... kalo sekarang lagi ngetrend cangkang yang di cat, kalo jamanku dulu belum ada yang kayak gitu :P ....jadi cangkangnya ya... masih alami.... bisanya semakin besar kelomang itu... semakin mahal pula harganya

Aku ingat dulu aku beli 2 kelomang sekali beli... mungkin yang satu besar yang satu kecil... entahlah... aku lupa... aku memilih kelomang yang aku sukai di ember yang berisi banyak kelomang... terus kalo sudah... aku serahin ke pedagangnya.... dan cara pengemasannya biasanya hanya di masukkan ke dalam plastik kecil wkwkwkwk *itu lho...  plastik yang biasanya untuk tempat es dsb*

Nah... kalo udah membeli kelomang... langkah selanjutnya adalah bermain dengan kelomang itu... biasanya seperti balap kelomang, sekedar melihat kelomang jalan di meja, merayapkan kelomang ke tangan, menakut-nakuti teman dsb ....hahaha ya kan... ada juga temen2 cwe yang takut ama kelomang~

Biasanya kalo udah gak mau diganggu atau udah kelelahan... kelomangnya itu masuk ke dalam cangkang.... kalo kita mau membangunkannya... kita hembuskan nafas *lewat mulut* ke lubang cangkangnya... kalo beruntung sih... si kelomang akan kembali keluar^^... yang menyedihkan itu kalo kelomangnya gak keluar2... karena itu tandanya mungkin dia telah mati... gara2 nafas kita bau mungkin ya? wkwkwkwk :D

cr gambar :
http://kids-myshot.nationalgeographic.com/photos/view/9688
http://wisbenpisan.blogspot.com/2010/09/kelomang-yang-takut-telanjang.html
http://bogolives.blogspot.com/2010/10/n-i-m-l-s.html


Ikan hias



Penjual ikan hias juga pernah mampir di SD ku dulu... ikannya... ada yang ditaruh di dalam palstik, ada juga yang ditaruh di ember... jadi penjualnya itu bawa ember... dulu aku gak pernah bayangin... gimana cara penjualnya membawa ember2 itu XD

Kayaknya sih... penjual ikan hias keliling sekarang masih ada ya? kalo sekarang... mungkin yang populer adalah ikan cupang... kalo jamanku SD dulu... yang populer adalah ikan mas biasa... ada juga ikan sapu-sapu yang dijual... aku sangat tertarik dengan ikan sapu-sapunya... kerjaannya nempel di ember mulu~ :D

atas : ikan cupang, bawah : ikan sapu-sapu


Kalo mau beli sih... kita tinggal pilih ikannya... biasanya ikan yang di dalam ember akan ditangkepin penjualnya.... *dan moment itu menjadi tontonan yang menarik* :D terus ditaruh di dalam plastik... dulu aku gak beli ikannya... repot bawanya... takut kalo plastiknya bocor... hehe~ ...aku hanya tertarik untuk menonton ikan2 yang dijual.. mayoritas... anak2 yang lain juga hanya suka nonton gak beli XP

cr gambar :
http://hirangputihhabang.wordpress.com/2012/01/30/ikan-cupang-murah-di-murjani/
http://www.flickr.com/photos/falon_167/2120055249/

 
Anak ayam pelangi


Singatku... penjual anak ayam warna-warni juga pernah mampir di SD ku... iyah... anak ayam di cat warna-warni... aku gak tau nge cat nya pakai apa XD ...ada warna merah, kuning, hijau, ungu di langit yang biru hahaha~

Dulu anak ayam itu begitu fenomenal... kayaknya setiap anak harus wajib beli... kalo gak beli gak kece... soalnya... anak2 ayam itu emang lucu huhu~ ...dulu aku pernah pelihara... sampai anak ayamnya besar... terus warnanya mulai pudar menjadi putih hahaha dan warna asli bulunya mulai keluar... coba dulu aku foto before-afternya... pasti beda hahaha


Sekarang anak ayam itu... masih dijual kok... kalo di daerahku~ adikku dan keponakanku malah memeliharanya... gak tau kapan matinya... biasanya kan anak ayam itu cepat mati... lha ini gak mati2 hahaha :D ....jujur dulu waktu kecil aku seneng banget ama anak ayam itu... sampai dipegang-pegang dan dibuat mainan gitu... sekarang...? bau nya itu lho~ gak nahan XD dan aku jadi males megang (-_-)”

cr gambar : 
http://jiwaniaga.blogspot.com/2011/01/ayam-warna-warni-bahagian-2.html

Jangkrik


Jangkrik di jual di SD? ada lho... aku sih gak ngalamin... yang ngalamin adikku... waktu aku wawancarai *lebay* ...dia bilang kalo ada penjual jangkrik di SD nya... haduh... itu jangkrik apa gak buat suara pas pelajaran di mulai ya? XD

Aku gak ngerti apa tujuannya pedangan jual yang kayak gituan?... hhmm untuk adu jangkrik? emang anak SD jaman sekarang ngerti?... sebagai binatang percobaan saat praktek IPA? hhmm bisa juga :D ...untuk nakutin dan njahilin anak2 cwe? nah! itu yang paling mungkin XD

Kalo untuk dipelihara sebagai binatang peliharaan... kayaknya aneh deh...yang ada tuh...  untuk makanan hewan peliharaan XD ...aku juga gak yakin kalo anak2 cwe beli binatang ini (-_-)”

cr gambar :
http://helpingdoc.blogspot.com/2012/10/ternak-jangkrik.html


Gambar di Selembar Kertas yang Diwarnai

 
Aduh sebenarnya ini kenangan buruk saat SD (-_-)”.... jangan2 kalian juga pernah mengalami hal ini waktu SD... dulu ada penjual kertas bergambar di SD ku... jadi itu kayak semacam kertas HVS biasa... kertas itu bergambar *seperti gambar di buku mewarnai*... gambarnya sih macam2 ada Winnie the Pooh, Hello Kitty, Sonic, bunga, barbie, marmaid... dan karakter tokoh2 kartun yang populer di jaman itu

Aturan mainnya itu... kita membeli kertas bergambar itu... dan itu dijual per lembar lho! kalo sekarang kan... barang kayak gituan dijual per buku... kalo yang itu... per lembar!! bayangkan!! XD ...aku lupa waktu itu harganya berapa... intinya gak sebanding dengan harga kertas per lembar yang seharusnya XD

Padahal nih ya... gambar di kertas itu juga gak bagus2 banget... ada yang gambarnya Hello Kitty tapi gak mirip dsb~ mungkin penjualnya itu gambar sendiri terus di fotokopi gitu kali ya? haduh... ketipu bener deh aku dulu! T_T


Kita lanjutkan membahas aturan mainnya tadi :P ...jadi setelah kita membeli kertas itu.... kita diwajibkan untuk mewarnainya sebagus dan serapi mungkin! terus keesokan harinya kita kumpulkan lagi kertas itu ke pedangangnya.... jadi misalnya kalo ini hari Senin, kita beli kertas itu... sepulang sekolah di warnai... besoknya pas hari Selasa... kita mendatangi pedagang itu untuk mengumpulkan hasil kerja kita... lalu kenapa harus dikumpulkan?

Ini bodohnya aku waktu SD... aku dan teman2 mudah tertipu pedangang yang kayak gini... kertas bergambar tadi yang udah diwarnai dikumpulkan lagi ke pedanganya... untuk... DINILAI oleh pedagangnya... iya... jadi hasil pekerjaan kita2 dulu dinilai oleh pedanganya di belakang gambar nya itu.... dan... nilai ku gak pernah dapat bagus! selalu dapat 6 dan 7 ...gak pernah dapat 8 hwaaa~ T_T ...padahal dulu aku belinya banyak banget! dan perasaan aku juga sudah mewarnai serapi dan sebagus mungkin... tapi kenapa aku gak pernah dapat 8? guru ku aja selalu memberi nilai aku 8 waktu aku gambar! XD

Terus apa hanya itu... yang membuat anak2 tertarik untuk membeli kertas bergambar itu? ya enggak lah... pedangang itu juga memberikan hadiah... biasanya berupa mainan, kaset dsb... kalo nilainya bagus... misanya 8... maka hadiah2 itu akan diberikan... seingatku hadiahnya juga digelar di dagangannya dulu...

Jadi tuh ya... si pedagang hanya jual kertas2 bergambar... mungkin itu kertas fotokopi an... dan hanya itu doank yang dijual... dia gak jual mainan lain lagi... dia hanya menggelar kertas2 itu dan mainan2 yang dijanjikan sebagai hadiahnya... herannya sih ya... banyak banget anak2 yang tetep mau beli, beli dan beli lagi XD *aku termasuk salah satunya*


Terus... apakah pernah ada yang menang dan mendapatkan mainannya? ada lho!... temen sekelasku cwe, dia dapat kaset atau apa gitu.. aku lupa waktu itu dia mendapat nilai berapa? yang jelas... dia berhasil mendapatkan hadiahnya dan teman2 sekelasku mengaguminya... padahal kayaknya aku lebih sering beli deh daripada dia? wkwkwk... waktu itu... aku bener2 merasa... kenapa dia? kenapa bukan aku? T_T ...iri bangetlah....pokoknya... aku juga udah berusaha mewarnai dengan sepenuh hati... dan aku juga merasa kalo bakat seni ku juga lebih tinggi daripada dia wkwkwkwk :D

Ada sebuah kejadian lagi yang membuatku kecewa berat... suatu hari... pedagang kertas bergambar itu menghilang entah di mana... dia gak penah muncul lagi... padahal... kertas bergambar yang aku dan teman2 kumpulin masih dibawa dia (-_-)

Jadi tuh... begini loh ceritanya... kan kita belinya Senin, di bawa pulang diwarnai terus Selasa di kumpulin lagi ke pedangan itu... nah... pedangan itu menilai gambar2 yang telah diwarnai itu... tapi dibagikan kembali ke anak2...keesokan harinya *jadi hari Rabu baru dikembaliin*... gak langsung dikumpul, dinilai, dan dikembalikan... harus nunggu 1 hari untuk tau berapa nilainya... jadi sebelum dikumpulin kita harus menulis nama dulu di belakang kertas agar gak ketuker-tuker~~ kenapa harus nunggu 1 hari? mungkin karena yang beli dulu banyak... jadi penjualnya gak bisa langsung menilainya hahaha :D ...harus banyak banyak dipertimbangkan dulu dan dibandingin dulu kali ya? 

Tapi suatu hari... terjadi hal yang seperti kuceritakan di atas itu loh... sampai sekarang... aku gak tau berapa nilai ku~~ ...pedangang itu membawa kembali kertas yang telah kami beli dan yang telah kami warnai dengan susah payah... hiks hiks... pasti kan... ada anak2 yang udah sungguhan mewarnainya dan berharap dapat nilai bagus terus dapat hadiah...*aku juga termasuk anak yang berharap besar* tapi dia menghancurkan harapan kita!! hwaaa~! T_T

Dulu sebenarnya... guru dan para ortu udah menganjurkan untuk tidak membeli kertas itu... tapi kami tetap nekat membelinya... entahlah... mungkin perasaan senang saat mewarnai, perasaan bersungguh-sungguh dan harapan untuk mendapatkan hadiah... yang membuat kita nekat untuk beli...:D

Dulu aku beli banyak banget! ada yang gambarnya Winnie the Pooh, Hello Kitty, Sonic, bunga, barbie, marmaid dll... tapi waktu ku kumpulin nilainya selalu jelek... padahal aku udah coba mewarnai dengan berbagai cara... ada yang aku warnai pakai pensil warna biasa, ada yang pakai pensil warna Luna *jaman dulu... itu pensil warna yang paling bagus dan dianggap mewah*.... ada yang aku warnai pakai spidol, crayon dll... seingatku semua alat untuk mewarnai udah aku coba... tapi nilaiku tetep jelek... wkwkwkwk :D ...si pedagang bukan guru seni rupa juga... tapi bisa menilai seenak udel gitu~


Kalo sekarang dipikirkan lagi... rasanya gak masuk akal... masak iya pedanganya bisa menilai menurut kata hatinya... tanpa ada bukti yang jelas apakah hasil mewarnai itu bagus apa enggak... subjektif banget gitu... haduuuhh~ ...dan disaat anak2 udah mulai jenuh dan tidak percaya... dia mulai memberikan hadiahnya *cerdik banget tuh* ...mending dulu aku beli lotre daripada beli kertas selambar itu... kan kalo lotre... menang tidaknya jelas :P

cr gambar :
http://ideiasecoisasquegosto.blogspot.com/2012/06/riscos-de-rosas.html
http://www.hellocica.estranky.cz/fotoalbum/omalovanky/hello-kitty-41.preview.-.html
http://www.mario-kleurplaten.nl/kleurplaten/sonic/sonic-7.php
http://genuardis.net/pooh/pooh-please-visit-the-official-website-disney-go-pooh.htm


Stiker yang Ditali dan Dicabut


Masih ingat gak... dengan pedagang mainan yang sistemnya cabutan...? di SD ku dulu yang jadi obyeknya adalah stiker... mungkin di tempat kalian mainan atau benda lainnya... apa ada yang lupa atau gak ngerti dengan “mainan cabutan” ?? oke deh! tenang aja... aku ceritain ya!^^

Jadi semua stiker yang dijual itu... di ikatkan ke tali... mungkin itu semacam tali benang tapi agak tebal dikit....talinya agak panjang sih... mungkin sepanjang penggaris 30 cm atau lebih.... ehm ujung yang ada stikernya di taruh di bawah... ujung lainnya *yang hanya berupa tali* ditaruh di atas... terus tali2 itu di genggam oleh bapak penjual stiker.... nggengamnya itu di bagian tengah tali agak ke ujung... jadi bagian atas tali di sisikan sekitar 5cm atau lebih agar talinya bisa ditarik oleh anak2 SD *ngerti maksudku kan?* anggap aja ngerti :P

Kalo mau beli... kita narik 1 tali dari atas secara acak... otomatis salah satu stiker akan tertarik ke atas... dan itulah stiker yang kita dapatkan... jadi... mungkin itu semacam lotre... karena kita gak tau stiker apa yang akan kita dapatkan...

Stikernya itu macam2 lho... ada yang besar, kecil, gambarnya ada yg kartun cwo kartun cwe, kualitas stikernya juga ada yang bagus dan biasa aja~ rata2 anak2 waktu itu mau beli karena liat stikernya yang gede.... kan ada beberapa stiker gede yang ikut diselipkan di mainan cabutan itu~

Aku dulu juga beli karena alasan di atas... aku pengen banget dapat stiker gede yang gambarnya Hello Kitty... kalo stiker yang biasa *yang potongannya kecil* hanya bergambar 3 Hello Kitty... nah kalo yang gede itu bisa muat 10 Hello Kitty....

Dengan penuh harapan aku mencabut tali nya dan... aku gak dapat stiker yang kuinginkan... aku hanya dapat stiker kecil, kualitas rendah dengan gambar kartun cwo~ HHHWWWAAA!! T_T ....mungkin waktu itu penjualnya ngakak dalam hati wkwwkwk :D

Terus tidak berselang lama temanku datang membeli dan mencabut tali nya~ dan WHAT?! apa yang dia dapat? dia dapat stiker Hello Kitty gede yang aku inginkan!!~ *haduh* tambah nangis deh aku! T_T itu semua terjadi di depan mataku~ *nyesek*

Kenangan buruk waktu beli mainan di masa SD! XD ....yaudah deh... habis ini aku mau beli stiker Hello Kitty biar gak nyesek! :P ...hhmm... sayangnya sih... aku gak dapat gambar pedagang mainan cabutan itu di Google... mungkin sekarang udah punah?


Jaman aku SD stiker memang salah satu benda yang paling banyak di jual... stiker jaman dulu tuh... bagus2 lho! gak kayak jaman sekarang.... dari segi kualitasnya lebih tebel... walaupun yang tipis juga ada... gambarnya juga lebih mantap! walaupun... yang gambarnya Shinchan tapi gak mirip Shinchan juga ada... warnanya juga keren... walaupun ada juga stiker yang warnanya terlihat apa adanya banget... kulit yang harusnya berwarna coklat diwarnai kuning atau putih dsb (-_-)”



Stiker2 yang dijual di jaman SD ku dulu biasanya bergambar.... Shinchan, Doraemon, Hello Kitty, Pokemon, Dragon Ball dst ...mengingat dulu masih banyak kartun2 yang bagus jadi ya... gambarnya banyak... gak kayak sekarang.... paling itu2 doank gambarnya...



Dulu aku suka beli stiker bergambar Shinchan... banyak banget~! tapi belinya bukan di penjual stiker cabutan... tapi di penjual stiker beneran yang baik dan gak nipu anak2... he he... stiker2 Shinchan itu aku tempelkan di pintu kulkas... jadi pintu kulkasku penuh dengan stiker Shinchan wahahah... keren lho! kalo dulu ada kamera... pasti aku foto deh... sayangnya dulu belum ada XD ....dan setelah itu... aku cabutin lagi stiker2 itu dan ada bekas tempelan stikernya di kulkas wkwkwk ...jadi jelek banget kulkasnya.... btw... kenapa dulu aku cabutin stiker2 itu ya? XD

cr gambar :
http://doglovers-oficial.blogspot.com/2012_08_01_archive.html
http://tan-en-hui.blogspot.com/2011/04/few-more-doraemon-stuff-to-add-to-my.html
http://murahshoppingland.wordpress.com/tag/dinding/


Mainan Undian



Nah kalo yang ini... seingatku dulu aku belum pernah beli... yang beli kebanyakan anak cwo~ ... begini cara mainnya! si penjual mainannya... menyiapkan kertas yang digulung *itu kayak kertas arisan* di sebuah wadah... kalo mau beli ya tinggal bayar, terus ambil gulungan kertasnya... kalo kertasnya dibuka ternyata kosong gak ada tulisannya... anak2 akan diberi permen doank...seingatku itu adalah permen berwarna coklat, bunder, gede gitu (-_-)”...kalo ada tulisannya... biasanya anak2 akan diberi mainan tertentu~~
  
 
Ada aja ya.... yang ketipu ama pedagang yang kayak gitu... XD walaupn dulu guru dan ortu udah memperingatkan untuk tidak membelinya tapi ya... yang namanya anak2 tetap aja nekat... mereka kan punya rasa penasaran yang tinggi :D ...untungnya dulu aku gak pernah beli yang kayak gituan (-_-)” ...biasanya yang jual mainan undian adalah pedagang mainan yang suka mangkal di SD ...entahlah.... mereka membuat iseng2 berhadiah wkwkwk :D

cr gambar :
http://twicsy.com/i/7phUfb 

Dan itu adalah beberapa kenanganku di masa SD yang menyangkut penjual mainan yang aneh dan cerdik... karena beberapa ada yang nipu anak2 hehehe.... kalo sekarang aku ingat kenangan itu... rasanya.... gimana ya? ada rasa nyesel juga sih... kenapa dulu aku beli...? jelas2 pedagangnya nipu... tapi seperti yang kuceritain di atas... yang penting aku seneng.... ada sensasi serta kenangan tersendiri kalo aku ingat2.... yah... kalo aku gak mengalami pengalaman itu... aku gak bisa cerita2 di blog kan? hehehe :D

Bagaimana dengan kalian? apakah dari beberapa hal yang kuceritakan di atas? ada yang pernah kalian alami? :D ...bagiku masa2 SD adalah masa yang menyimpan banyak kenangan yang baik ^^

Ditulis oleh : Brili Kagura

JANGAN COPAS tanpa CR dari blog ini!!

Like Kagura Sohma Blog?



11 komentar:

toko mainan cianjur mengatakan...

Dulu, waktu kamu SD, pasti lucu, ceritanya lengkap kaya yang jualan aja, Bagus

@RoroUmro mengatakan...

aaa gelang -_- aku baru beli ternyata ada razia satu sekolah,ahaha
semua-muanya hampir pernah gw rasain kak bril ^_^v

Brili - Kagura mengatakan...

wooo~ siip! ternyata bukan hanya aku saja hahaha

Susu Kambing NEWGOAT mengatakan...

Zaman dulu sama sekarang beda
kalo dulu lagi zamannya anak ayam negri yang warna warni, hampir setiap lorong pada punya..
Sebenernya mainan jaman dulu lebih banyakan mendidik dari pada sekarang..contohnya kaya ayam negri, kita di ajarkan untuk lebih merawat, menjaga, dan memelihara....

Walau kadang suka ketawa sendiri kalo inget2 masa kecil :D

Thanks bgt buat artikelnya :D

Gethuk Girl mengatakan...

Wah, jadi inget masa2 SD.
dulu aku bahkan jualan kertas undian itu hehehehehe, lumayan penghasilannya buat nambah tabungan

Brili - Kagura mengatakan...

Penjualnya malah komen wkwkwkwkwk
greget~!

Adriadi Ibal mengatakan...

Bener2 keinget masa kecil dulu...
Tulisannya bgus bgt kak Brili-Kagura..

Brili - Kagura mengatakan...

terimakasih :)

rwin syah mengatakan...

semua mainan tu jaman sekarang dah ga laku lg....
banyak d rampas sm guru".

rwin syah mengatakan...

aq sebagai pedagang d sekolahan hmpr smua yg d muat d atas pernah aq jual...tp kebanyakan d rampas sm para guru"..
law bolh aq saran kepada yth para guru".kasih lah kesempatan buat kami untuk mencari napkah d sekolah..jgn sampai pedagang kecil d usir

rwin syah mengatakan...

aq sebagai pedagang d sekolahan hmpr smua yg d muat d atas pernah aq jual...tp kebanyakan d rampas sm para guru"..
law bolh aq saran kepada yth para guru".kasih lah kesempatan buat kami untuk mencari napkah d sekolah..jgn sampai pedagang kecil d usir

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............