12 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME (Part 2)

On Jumat, 25 April 2014 1 komentar



Ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya~ di artikel Part 1, aku sudah membahas 4 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME, yang belum baca silahkan dilihat di sini :

12 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME (Part 1)

Selanjutnya di part 2 ini, aku akan melanjutkan membahas tempat ke 5-8 yang spesial dan sering muncul di anime, langsung saja ya! silahkan dibaca! :D



5. Sekolah saat festival olahraga dan kebudayaan

Sekolah?? itu kan hanya tempat yang umum!... tapi kalo sekolah pas ada festival olahraga dan kebudayaan~~ nah itu baru spesial !! *pake telor*

Seperti yang kalian ketahui, ada 2 festival yang khas dan sering diadakan di sekolah Jepang... dari tingkat TK, SD hingga SMA, dan dua festival itu adalah festival olahraga dan kebudayaan...

Festival Olahraga

Biasanya diadakan pada bulan Oktober saat cuaca cerah dan hangat, sebuah festival yang mengadakan perlombaan dan kegiatan olahraga... yang sering ada sih... lari, estafet, dsb... murid dari masing2 kelas saling bersaing demi mendapatkan juara

Kalo festival semacam ini, mungkin di Ind juga ada ya? tapi gak terlalu mengkhususkan ke kegiatan olahraga seperti di Jepang... kalo di Ind biasanya, ada di kegiatan class meeting, bukan hanya kegiatan olahraga yang dilombakan~ tapi kegiatan non olahraga juga

 Festival olahraga di anime Azuki chan


 Festival olahraga di anime Hanada Shounenshi


 Festival olahraga di anime B Gata H Kei


Apa yang terlihat di anime?

Festival ini diadakan di lapangan sekolah *lapangannya gede coy*... tempat itu dihiasi dengan bendera2 dan juga ada gerbang masuknya, seperti gerbang di festival kebudayaan, ada juga pos/tenda untuk uks dan di anime remaja, ada juga cheerleadernya *mungkin*

Gerbang di festival olahraga~ banyak dijadikan sebagai latar belakang saat foto

Di anime Azuki chan


Hanawa narsis! di anime Chibi Maruko Chan


Pos kesehatan festival olahraga di anime Azuki-chan... tuh ada Azuki dan Kaori yang bertugas


 Kelompok cheerleader di anime B Gata H Kei XD


Penontonnya banyak, berasal dari seluruh murid, guru dan orangtua murid... mereka duduk mengelilingi lapangan, biasanya duduknya di atas tikar

Kalo festivalnya dimulai, pasti akan ada tembakan yang diluncurkan ke atas... sebagai tanda pembukaan festival olahraga itu

Ini yang khas di festival kebudayaan, bendera dan suara tembakan!

Festival olahraga di sekolah, lebih sering terlihat di anime jadul, terutama anime untuk anak kecil... jarang terlihat di anime remaja


Hal yang aneh?

Di anime remaja jarang memunculkan festival olahraga... tapi kalo ada, dan animenya itu ecchi... pasti perlombaannya jadi aneh2, boleh melanggar peraturan dsb... biar ujung2nya bisa menyerempret ke arah ecchi gitu (-_-)


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di festival olahraga? dan siapa saja tokoh anime itu?

Mempersiapkan festival olahraga

Ini adalah kegiatan memasang bendera, mengecat garis lapangan, menata peralatan olahraga, memasang tenda dan semacamnya... kalo mau mengadakan acara, ya... harus dipersiapkan dulu to?

Di anime Azuki chan, yang diatas itu Yunosuke... yang dibawah Kei


Murid mendengarkan pidato sebelum acara dimulai

Dan mereka biasanya duduk berbaris, tidak berdiri seperti di upacara... dan pastilah... mereka terlihat sering mengobrol dengan teman yang duduk di dekatnya

Para murid biasanya memakai kaos olahraga berwarna putih, dan memakai ikat kepala merah/putih atau memakai topi warna putih/merah~ tergantung, ntar mereka akan masuk tim merah atau putih

Di anime Azuki chan


Di anime Chibi Maruko Chan


Murid mengikuti aneka lomba dan kegiatan olahraga

Ini kan inti dari festival olahraga hahaha... biasanya murid dibagi menurut kelas, lalu dibagi lagi~ masuk ke tim merah atau putih... dan mereka mulai bertanding membela kelasnya masing-masing

Berikut ini adalah lomba yang sering muncul di festival olahraga :

Pertama... Lari ! estafet ataupun lari 100 meter dll... terus ada juga olahraga lari yang lumayan unik... jadi pesertanya itu~ lari sekian meter, terus di situ akan ada amplop yang tergeletak di meja atau di lapangan secara acak, di dalam amplop tertulis sebuah benda/clue... dan para peserta harus mencari benda tersebut... baru setelah itu mereka bisa melanjutkan lari ke garis finish sambil membawa benda yang ditentukan *itu namanya lari apa ya?* hhmmm~

Ini gambar saat perlombaan lari :

 Dasu yang bersiap untuk lari di anime Azuki-chan


Ichiro *Hanada Shounen Shi* hahaha ichiro mirip titan gila gendut yang lagi lari


Keichiro *Ghost at School*
 

Ini lari amplop yang kubilang unik tadi :

 Di anime Chibi Maruko Chan


Di anime Hanada Shounen Shi, Souta lagi kebingungan nih, tulisan di amplopnya apa ya?


Di anime B Gata H Kei~~ ini anime remaja, jadi clue nya agak aneh... masak di dalam amplop tertulis “cwo hot” hahaha dan yang lari pas banget si loli mesum Mami Misato


Dan ini adalah lomba lari kelompok dengan memakai karakter aneh *di anime Chibi Maruko chan*


Ke-dua... ada permainan yang sering muncul, yaitu permainan kelompok *1 kelompok 4 orang*, ada 1 orang yang digendong oleh anggota kelompok lainnya, dia memakai ikat kepala/topi berwarna merah/putih... tugas yang menggendong adalah lari menghindar/menyerang menentukan arah jalannya kelompok itu... tugas yang digendong adalah menghindar dan merebut ikat kepala/topi milik lawan.... yang menang adalah yang paling banyak merebut topi/ikat kepala lawan *ini namanya apa ya?*

Di anime B Gata H Kei


Di anime Azuki Chan


Di anime Chibi Maruko Chan


Ke-tiga... permainan melempar bola sebanyak-banyaknya ke dalam keranjang... kalo tim putih, bolanya putih... tim merah bolanya merah... dan ini termasuk permainan kelompok yang mengandalkan kerjasama tim

 Di anime Chibi Maruko Chan


Ke-empat... permainan membentuk piramida... kayaknya ini permainan yang cukup sulit~ membutuhkan keseimbangan dan formasi yang tepat... yang badannya gede ditempatkan di paling bawah, yang badannya kecil ditempatkan di atas

Di anime Chibi Maruko Chan


Ke-lima... permainan tarik tambang.... nah ini di Ind juga udah familiar.... pas tujuhbelasan pasti ada, iya kan?

Di anime Hanada Shounen Shi, kakaknya Ichiro jelek banget wajahnya hahaha


Di anime Chibi Maruko Chan


Ke-enam.. lari dengan roda... dan dipakai roda yang lumayan besar, kalo rodanya jatuh atau menggelinding... akan sulit mendirikannya hahaha

Ini Souta di anime Hanada Shounen Shi


Ke-tujuh... lari gerobak, dan di gerobak itu ada orang nya hahaha *pasti jadi sulit dan berat*

Ini Kei-chan di anime Hanada Shounen Shi

Memang ya? kalo di anime anak-anak terutama yang jadul.... kegiatan di festival olahraga dan lomba2nya benar2 disorot.... beda dengan anime remaja~ kalo di anime remaja, festival olahraga hanya lewat aja gitu~ gak banyak kegiatan yang dibahas...


Keluarga murid menonton, duduk di sekeliling lapangan sekolah

Ini, kalo keluarga... biasanya yang datang itu kedua orang tua, tapi ada juga yang sampai kakek-kakek nya juga datang

Dan mereka gak hanya asal datang lho~ tapi juga menyemangati anaknya, makan bersama, mereka membawa bekal dan piknik di lapangan itu... dan yang terpenting adalah mereka merekam kegiatan olahraga dan perlombaan yang dilakukan oleh anaknya, memakai kamera atau handycam

Keluarganya Azuki di anime Azuki chan


 Keluarga yang menonton festival olahraga di anime Hanada Shounen Shi


Dan ini adalah kegiatan makan bersama di festival olahraga dengan keluarga ataupun teman sekelas

Azuki dan Kaori di anime Azuki Chan


 Keluarganya Ichiro di anime Hanada Shounen Shi


Keluarganya Maruko di anime Chibi Maruko chan


Menari

Selain kegiatan olahraga dan kumpul bareng keluarga, hal lainnya yang dilakukan di festival olahraga adalah menari tradisional.... anak2 berjejer melingkar, diiringi musik tradisional dengan melakukan gerakan tari yang tidak terlalu cepat... seperti di anime Chibi Maruko chan ini~



Festival Kebudayaan

Festival kebudayaan ini ada di setiap tahun, di semester 2 kalo gak salah?... dan setahuku mulai dari SD-SMA ada...

Sebuah festival sekolah yang bertujuan memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Jepang~ misalnya makanan, kesenian dll... dan juga mengasah ketrampilan dan kreativitas muridnya sesuai dengan bidang yang didalami... misalnya sesuai dengan ekskul yang diikuti atau bakat yang dipunya, bisa juga melatih kerjasama tim dan kekompakan kelas/anggota ekskul

Andai saja, setiap sekolah di Ind juga mengadakan kegiatan seperti itu~ pasti menyenangkan *menyenangkan bagi yang nonton* hahaha.... kalo di Ind, menurutku... festival kebudayaan ini, mirip dengan J-fest yang diadakan setiap tahun di sekolah~ ya~ hampir mirip2 gitulah ya, walaupun gak banget hehehe

Tapi aneh loh~ aku memang sering melihat J-fest diadakan setiap tahun, sebagai agenda rutin di sekolah.... tapi kok malah festival yang tentang kebudayaan Ind, gak diadakan setiap tahun di sekolah sebagai agenda rutin, aneh kan? mungkin karena orang Ind itu terlalu toleransi, saking toleransinya... kebudayaan sendiri lupa dipelihara.... rumput tetangga yang lebih hijau, lebih menarik *ini aku mengkritik sekolahku* hahaha XD

Festival kebudayaan di sekolah Jepang... sering banget muncul di anime yang temanya sekolah dan remaja... kalo di anime anak2 malah jarang liat aku *aku hanya pernah liat sekali di anime Chibi Maruko Chan dulu*


Apa yang terlihat di anime?

Festival kebudayaan di anime itu, pasti heboh banget, wah banget ya? dari mulai persiapannya, dekorasinya, sampai stand2 nya... pokoknya rasanya komplit lah! hahaha

Gerbang festival kebudayaan

Yang paling pertama disorot di festival kebudayaan di anime, pasti gerbangnya.... kalo gak percaya, nonton aja sendiri :P

Aku senang mengamati dan membandingkan gerbang festival kebudayaan di banyak anime, ternyata bentuknya beda-beda lho... ada yang terlihat ramai, ada yang sederharna... ada yang biasa saja, ada yang bagus~ nah loh... dan berikut ini adalah penampakan gerbang di festival kebudayaan di beberapa anime yang kutonton :

 Di anime School Days

 
Di anime Mayo Chiki


Di anime  Boku wa Tomodachi ga Sukunai


Di anime Kimi no Iru Machi


Di anime Watamote


Di anime Fruits Basket


Dan ini adalah perbandingan semua gerbang di atas, menurut kalian mana gerbang yang paling bagus dan paling biasa?


Gerbang di festival kebudayaan ini, biasanya terbuat dari kayu *bukan kardus lho* hahaha.... terus diberi tulisan dan dihias habis-habisan.... diberi pita, balon, bunga dsb... menarik?

Lalu di sekitar gerbang biasanya terdapat papan tulisan dan poster yang menjelaskan acara di festival kebudayaan itu~ mungkin untuk menarik perhatian orang2 yang lewat di depan sekolah.... dan kadang ada juga badut *orang yang memakai pakaian boneka* yang berjaga di gerbang dan membagikan balon untuk pengunjung


Banyak stand di halaman sekolah

Biasanya yang ada di sana, adalah stand makanan dan minuman... suasana di halaman sekolah juga terlihat ramai, dan berikut adalah penampakannya^^

 Di anime School Days, Makoto sedang berselingkuh! dengan Otome


 Di anime Mayo Chiki


Di anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai, Kodaka dan anggota klub pertemanan pergi bareng ke festival kebudayaan di sekolahnya Kobato *adik Kodaka*


 Di anime Kimi no Iru Machi, ramainya~


Suasana lorong sekolah yang penuh warna

Lorong sekolah pun juga gak luput dari perhatian lho~ di sini juga dihias dan ditempeli berbagai macam poster, stiker dan gambar2 lainnya yang menarik.... selain itu di bagian atas biasanya dipasang balon dan pita

Tempatnya yang terletak di depan kelas, membuat lorong sekolah menjadi penting dan perlu dihias.... untuk menarik perhatian pengunjung, mempromosikan kegiatan mereka di kelas/ekskul dan mempromosikan stand di festival itu

Dan di depan kelas, di lorong itu~ kadang ada perwakilan kelas/klub yang berjaga di sana, memakai kostum tertentu untuk mempromosikan kegiatan mereka

Penampakan lorong kelas saat festival kebudayaan di anime :

 Di anime Mayo Chiki~ itu Subaru cosplay jadi Kagura ya? XD ....hiasan di lorong ini simple


Di anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai... hiasan di lorong ini juga simple, mungkin biar mudah membersihkannya^^


Di anime Watamote... hiasan di lorong yang cukup simple, hanya pita dan balon yang terlihat jelas... tu ada Tomoko yang jalan sendirian (T_T)


Di anime Kimi no Iru Machi.... kalo yang ini lumayan rame hiasannya.... gambar bunga2 yang banyak ditempel di dinding, mempercantik lorong,... hiasan di langit2nya juga cukup meriah.... apalagi ditambah banyak poster di dinding.... jadi tambah meramaikan ruangan


Di anime Hyouka... dibandingkan dengan di atas, ini yang hiasannya paling rame dan menarik... setiap sudut lorong dihias, diberi pita, stiker, gambar, poster, balon dll... pokoknya rame banget! sampai di bagian jendela, juga ditempelin banyek poster lho!


Houtarou dan Satoshi terlihat di sini


Ini sampai tangganya juga dihias! XD posternya banyak banget! gak kebayang gimana nempelinnya? :P... tapi menarik, jadi terlihat penuh warna

 Houtarou dan Satoshi menaiki tangga yang dihias



Hal yang aneh?

Stand di festival kebudayaan kadang ada yang aneh2, seperti stand meramal hahaha.... terus ada juga stand yang pelayannya memakai pakaian minim di anime ecchi *dan diijinin gitu ama sekolahnya?* (-_-)~~~ seolah semuanya bebas ikut tanpa adanya seleksi

Stand di festival kebudayaan itu, ada yang atas nama kelas~ ada juga yang atas nama klub/ekskul yang diikuti siswa.... kalo anime itu lebih membahas tentang kegiatan klub, maka yang lebih disorot di anime itu ya, stand dari klub... dan kalo chara utama gak mengikuti kegiatan klub, yang lebih disorot adalah stand dari kelas

Aku bingung~ kalo misalnya chara anime itu aktif di klub dan di kelas, cara bagi waktunya gimana ya? hahaha... kan harus mengikuti stand yang di kelas dan di klub~ lagian biasanya 1 orang bisa ikut lebih dari 1 klub, jadi bagaimana membagi waktunya?

Terus kadang festival kebudayaan itu, rame banget kan? sampai di dinding dan jendela ditempelin gambar dan poster banyak banget *kayak di anime Hyouka dan Kimi no Iru Machi*... aku cuman bingung, itu cara membersihkan bekas lem/isolasi di tembok gimana ya? apa gak berbekas? XP


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di festival kebudayaan sekolah? dan siapa saja tokoh anime itu?

Kalo murid2 dari dalam sekolah, sudah jelas kan? apa yang mereka lakukan?... mereka membuka stand, entah itu stand makanan, minuman, cafe, pertunjukan, seni dsb~~ kalo untuk murid dari luar sekolah/keluarga/masyarakat umum... mereka datang ke festival dan masuk dengan membawa tiket *jadi ada tiketnya*

Biasanya murid yang dari luar itu, datang untuk bertemu teman lamanya di festival itu, dan temannya itu bersekolah di sana... terus ada juga yang datang dengan pacar *pacaran di sana* dan dengan teman2 se geng... biasanya mereka punya kenalan di sekolah yang mengadakan festival

Kan festival kebudayaan itu, hari2 pertama tidak dibuka untuk umum.... jadi hanya untuk murid di sekolah itu... baru hari berikutnya, hari ke duanya~ dibuka untuk umum... jadi siapa saja boleh datang


Tahap persiapan

Kadang di anime itu, proses persiapan festival juga ikut disorot, mulai dari rapat sampai tahap mendirikan tenda di halaman sekolah, pembuatan properti untuk display dan hiasan lainnya~

 Proses persiapan cafe safari di anime Mayo Chiki, ini di kelasnya Usami


 Ini kayaknya mereka lagi membuat lukisan *anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


Proses pembuatan gerbang festival kebudayaan di anime Watamote


Proses mendirikan stand di halaman sekolah *anime Watamote*


Menunggu stand dan mengunjungi stand lainnya

Akan ada beberapa orang yang menunggu stand dan bertugas melayani pengunjung, dan kalo giliran jaga mereka udah habis *gantian ama yang lainnya* mereka bisa jalan2 dan mengunjungi stand di kelas lainnya

Suasana festival kebudayaan di ruangan klub manga, di anime Hyouka... tuh ada Ibara, selain ikut klub sastra dia juga ikut klub manga


Cosplay dan menjadi badut boneka

Banyak cara yang dilakukan untuk menarik perhatian pengunjung, salah satu ya... dengan memakai cosplay dan menjadi badut boneka... kalo di J-fest Ind kan pasti ada cosplay, masak kalo di festival kebudayaan Jepang malah gak ada? iya kan? pasti ada lah~

Tapi agak sedikit aneh sih, melihat tokoh anime cosplay... biasanya kan mereka itu dicosplayin orang... lah ini mereka malah cosplay, mengcosplaykan chara lainnya XD

Cosplay di anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai


Cosplay di anime Hyouka di klub manga, sepertinya temanya Vocaloid... ada Miku, Luka, Rin, Len


Kalo badut boneka, memang cukup sering dijumpai di festival kebudayaan... biasanya tugas mereka adalah membawa papan promosi atau membagikan permen dan balon untuk pengunjung anak2


 Di anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai, kayaknya kepanasan banget pakai kostum itu (-_-)


Di anime Kimi no Iru Machi, nah kalo ini kostumnya lumayan enak... soalnya wajahnya kelihatan... jadi gak sumpek


Di anime Watamote, ini badut boneka yang baik hati... dia memberikan pelukan dan balon untuk Tomoko yang nasibnya suram :D


Para siswa mendirikan banyak stand yang menarik

Yang sering banget muncul di anime adalah :

Cafe

Dan temanya macam2 lho... tapi yang paling sering muncul sih maid cafe... ada juga butler cafe di anime harem untuk cwe XP, terus banyak cafe dengan tema aneh misalnya cafe safari dan juga cosplay cafe

Cafe di anime Mayo Chiki *ada Subaru jadi pelayan sambil cosplay*


Cafe di anime Watamote


Rumah hantu

Ini juga sering banget muncul di anime.... pokoknya di sebuah ruangan itu, didandani menjadi horror/seram dan ada murid yang dandan jadi hantu palsu untuk menakuti pengunjung... kayaknya keren deh... rumah hantu kan kesukaanku, aku jarang liat yang kayak ginian di J-fest

Terus yang datang ama pacar/gebetannya biasanya~ ini dijadikan kesempatan... biar cwenya takut, biar meluk2 gitu hahaha... tapi kalo rumah hantunya kurang serem pasti juga bakalan kena kritik *kan cwenya gak jadi meluk2* XD

 Di anime Kimi no Iru Machi


Di anime Watamote *tu ada Tomoko yang ngarep pelukannya Yuu-chan* XP


Nonton film dan seni pertunjukan lainnya

Ruang kelas disulap jadi bioskop mini, dan film yang ditayangkan itu juga buatannya para murid lho... aktor dan aktrisnya juga para murid, yang ngedit gambarnya juga murid... pokoknya semua dikerjakan oleh murid... jadi ini bukan film yang ngambil dari internet/youtube gitu~ kalo di J-fest itu, ada yang memutar film tapi ngambilnya dari internet (-_-) apaan tuh? mending aku langsung nonton lewat internet aja hahaha

Di anime Kimi no Iru Machi


Di anime Watamote


Selain nonton film, ada juga kegiatan lainnya misalnya seperti pertunjukan sulap di ruang kelas dan pertunjukan menari, menyanyi, drama di aula

 Pertunjukan tarian di anime Hyouka


Stand makanan dan minuman

Kalo ini pasti selalu ada... makanan yang dijual biasanya takoyaki, okonomiyaki, sosis, pisang coklat, mie dsb lah.... kalo minuman, paling yang muncul adalah ice cream dan ice2 lainnya :D

Dan masih banyak kegiatan menarik lainnya yang belum kubahas... seperti kuis, lomba memasak, stand2 tentang kebudayaan Jepang dsb


Menari di acara api unggun

Ini adalah puncak acara di festival kebudayaan...  jadi para murid menari berpasangan di sekitara api unggun... sepertinya itu adalah tarian tradisional *namanya apa ya?*... tapi gak semua chara utama ikut menari, ada juga yang hanya duduk2 di sekitar situ dan menikmati suasana api unggun atau nonton orang2 yang menari

 Di anime School Days *Makoto menari dengan Sekai*


Di anime Mayo Chiki *  Kinjiro ngobrol dengan Usami sambil menikmati suasana*



6. Taman Kota

Taman kota, sebuah tempat yang cukup umum~ di negara lain dan di Ind pun juga ada... tapi... aku tetap akan menulis cerita tentang taman kota di anime, karena menurutku itu unik dan menarik :D 

Taman kota adalah salah satu tempat yang sering muncul di anime... dari anime jadul sampai anime masa kini... dan tempat ini juga muncul di berbagai genre anime, seperti kodomo, romance, action bahkan horror

Taman kota di anime Ore no Nounai Sentakushi ga, Gakuen Love Comedy wo Zenryoku de Jama Shiteiru



Taman kota di anime romance *Azuki-chan*, tepatnya romance untuk anak SD :P ~~ Azuki dan Yunosuke : suasana melihat matahari terbenam, bersama dengan orang yang disukai di taman kota~


Apa yang terlihat di anime?

Ini seperti taman pada umumnya... yang terlihat, biasanya ada ayunan, perosotan, bak pasir, jungkat-jungkit, keran minum, bangku taman dll... hhmmm~ kadang ada kamar mandi umum juga sih

Tamannya terlihat bersih di anime, dan aku yakin... di kenyataan, taman kota Jepang pasti juga bersih... selain itu, tamannya juga terlihat teduh, banyak pepohonan di sana

Taman kota yang teduh di anime Nisekoi, wajahnya Raku lucu!

Taman kota di anime, punya banyak jenis... ada taman untuk anak-anak *taman bermain*, ada taman kota yang lebih besar *sampai ada danau buatan/sungai* ada juga taman untuk orang dewasa hahaha *taman yang aktif di malam hari* XP

Taman bermain untuk anak-anak di anime Aka-chan To Boku

 
Taman kota yang lebih besar, ada danau buatan di sana^^ di anime B Gata H Kei


Penampakan taman kota di anime jadul Azuki-chan


Main chara anime, selalu hadir di taman kota pada moment tertentu, tapi figurannya jarang

Main chara anime, paling sering menghabiskan waktu di taman kota~ saat sore dan malam hari, atau siang menjelang sore setelah pulang sekolah *tapi yang ini jarang sih... kalo pagi, mereka jarang terlihat di taman kota... soalnya kan pada sekolah hahaha
  
Perbandingan taman kota *yang sama* saat malam dan siang hari, ini di anime Another


Hal yang aneh?

Anehnya~ saat ada tokoh utama anime yang nongkrong di taman kota, pasti taman itu selalu terlihat sepi... hanya ada main chara saja di situ~ ada yang terlihat sendirian saja, ada juga yang berdua dengan tokoh utama ke 2... jarang kalo main chara itu, beramai-ramai datang ke taman dengan teman se geng nya *ada tapi jarang*

Itu yang terlihat di anime remaja ya~ kalo di anime kodomo, seperti Shinchan... kadang main chara pergi ke taman dengan temen2 se geng untuk bermain, atau pergi ke taman yang lebih besar bersama keluarga untuk piknik

Tapi kenapa ya? kalo di anime remaja itu~ suasana taman kotanya sepi banget?... harusnya kan, ada anak2 kecil yang main di sana... orang fasilitas bermain di taman itu juga lengkap kok

Oiya, kadang ada adegan berkelahi di taman kota, bukan perkelahian biasa... tapi perkelahian antara main chara dengan monster, hantu dll... dan suasana taman itu tetap sepi, gak ada orang lain yang datang ke sana...

Walaupun di sana sedang ada perkelahian, yang tentunya menimbulkan suara berisik dan menarik perhatian mata~ tapi taman tetep sepi.. tidak ada yang tertarik dan datang melihat perkelahian yang ganjil itu, aneh~~

Gak siang, gak sore, gak malem... kalo ada tokoh utama anime di taman kota~ pasti suasananya selalu sepi *kok yo, ngepasi banget pas sepi?* hahaha

Hhmm~ entahlah... sepertinya imej taman kota, taman bermain di anime remaja itu telah bergeser... aslinya itu adalah tempat bermain yang berpotensi ramai... tapi di anime remaja, taman kota berubah menjadi tempat yang selalu sepi, tempat yang cocok untuk sendirian, tempat curhat, ngegalau dan tempat berkelahi yang tidak terpantau oleh orang awam... kerena sepi

Tapi hal semacam itu tampaknya, menjadi pengecualian di anime “Boku wa Tomodachi ga Sukunai”

Di sana main chara terlihat di taman kota, bersama teman se gengnya untuk membuat film... dan suasananya ramai... banyak anak-anak, terus... anak-anak itu juga menonton proses pembuatan film nya~ *situasi yang normal dan masuk akal* :D
 
Kodaka dkk sedang membuat film di taman


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di taman kota? dan siapa saja tokoh anime itu?
 
Bermain bagi anak-anak

 Di anime Jigoku Sensei Nube

Taman kota kan~ fungsinya memang untuk itu... untuk tempat bermain bagi anak-anak, karena dilengkapi dengan fasilitas bermain

Ya~ walaupun di anime remaja... taman kota selalu terlihat sepi, jarang ada anak kecil yang muncul di situ~ tapi di anime anak2 yang tokoh utamanya anak kecil... mereka sering kok main di sana... kadang bareng temen2nya juga^^ misalnya Shinchan, main perang2an dan rumah2an di sana~ terus ini juga :

Ada Minoru, Hiroko dan Takuya main di bak pasir *akachan to boku*~ ada Ichiro juga^^ *Hanada Shounen Shi*


Selain itu~ di anime remaja, beberapa juga memunculkan suasana bermain anak2 di taman kota~ jadi tamannya terlihat ramai, banyak anak kecil

Contohnya :

Di anime “Uta no Prince-sama Maji Love 1000%” ini saat Haruka, mengajari anak2 untuk bernyanyi


Dan di anime “Boku wa Tomodachi ga Sukunai”, ini saat Kodaka dkk membuat film di taman


Berkelahi, saat masih kecil

Taman kota adalah tempat yang penuh dengan kenangan masa kecil, yup! banyak tokoh anime yang mengingat kembali masa kecilnya saat mereka berada di taman~

Dan kejadian yang sering banget terbayang oleh mereka adalah ini :

Ada anak cwe yang dijahili oleh sekelompok anak cwo di taman * kalo gak diganggu sama cwo2 bandel, paling diganggu sama anjing liar*... lalu ada pahlawan yang datang~ dia anak laki-laki yang kuat, yang mau berkelahi habis2an demi menyelamatkan anak cwe tadi, lalu cwe nya jatuh cinta sama anak laki2 yang menolongnya~

Tapi kejadiannya gak selalu anak cwe ditolong cwo, kadang ada juga anak cwo ditolong cwe atau anak cwe ditolong cwe, dan ~~ pokoknya sering bangetlah, cerita seperti itu muncul di anime, dan settingnya ya~ di taman
 
Seperti yang dilakukan Kodaka dan Yozora ini * Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


 
Curhat dan menjelaskan sesuatu yang penting

Tempat curhat yang sering banget muncul di anime, salah satunya ya~ taman kota ini... hehehe

Sekai – Setsuna *School days*


Main chara mengajak 1 teman terdekatnya ke taman, untuk membicarakan sesuatu, curhat!... dan biasanya yang diomongin itu, tentang masalah cwo lho~ weleh, weleh :P

Aku sering melihat cwe curhat sama teman cwenya di taman, tapi kalo cwo curhat sama teman cwo nya, kayaknya jarang deh (-_-)... terus kalo cwe curhat sama cwo atau sebaliknya, aku juga sering lihat, dan yang diomongin juga lebih ke masalah percintaan sih, atau masalah tentang pertemanan juga~


Banri – Koko *Golden time*


Biasanya mereka ke taman, niatnya cuman pengen istirahat saja sambil ngobrol2 biasa... eh malah keterusan curhat ngobrolnya hehehe

Dan kalo curhat2an itu, biasanya mereka duduk di ayunan berdua~ atau duduk di bangku taman~ sepertinya tidak pernah deh, curhat sambil main perosotan atau jungkat-jungkit~! Hahahaha :D *yaiyalah!* aku tidak bisa membayangkannya! XD
 
Sekai – Kotonoha *School days*


Tomoko – Yuu *Watamote*


Selain curhat~ biasanya chara anime, membicarakan sesuatu yang penting... menyangkut tentang kelangsungan kehidupan dia maupun umat manusia

Terutama di anime yang temanya~ bukan murni tentang kehidupan sehari-hari, tapi juga ditambahi dengan fantasy ataupun unsur action!

Nah pembicaraan serius antara tokoh utama dan tokoh utama ke 2, biasanya terjadi di taman kota ini!^^ tokoh utama biasanya menjelaskan tentang sesuatu yang sangat penting dan maksud yang sebenarnya kepada tokoh utama ke 2

Contohnya :

 Misaki Mei menjelaskan pada Sakakibara, tentang kutukan di kelasnya *Another*


Atau ini~ Akihito Kanbara – Mirai Kuriyama *Kyokai no Kanata*


Kencan

Taman kota, biasanya juga dijadikan tempat untuk kencan~! bagi mereka yang tidak jomblo... kadang mereka ketemuan di taman kota, sebelum pergi kencan ke suatu tempat... atau setelah lelah kencan berkeliling kota~ mereka beristirahat di taman kota, sambil bersantai dan ngobrol2

 Raku – Kirisaki *Nisekoi* Hahaha~ ini bukan pasangan beneran! XD


Berkelahi

Ini sudah ku jelaskan di bagian~ taman kota yang selalu sepi saat ada tokoh utama di sana^^

Biasanya terjadi sebuah perkelahian antara tokoh utama dan makhluk aneh yang jahat~ perkelahian yang memakai jurus2 maut dan tenaga dalam~ perkelahian yang dahsyat!

Tapi anehnya taman tetap sepi dan tidak ada kerusakan berarti di taman itu

 Nube berkelahi dengan Yukime, si gadis salju yang berubah menjadi jahat *Jigoku Sensei Nube*


Mirai Kuriyama saat berkelahi dengan Youmu di taman *Kyokai no Kanata*


Menggalau

Tokoh utama, lari dari rumah atau dari suatu tempat, dengan hati yang sedih... karena sebelumnya telah terjadi sesuatu, mungkin perkelahian atau tekanan batin karena pembullyan

Dan tujuan nya, biasanya~ pergi ke taman kota... dia menggalau di sana, sambil duduk di ayunan~ berayun kecil~ dengan wajah menunduk~ dan raut wajah sedih~ atau mungkin juga menangis

 
 Kureha Sakamachi menggalau di taman~  Kanjiro datang untuk menjemputnya *Mayo Chiki*


Sunako Nakahara kabur dari rumah, lalu menggalau di taman karena tidak kuat lagi tinggal dengan sekumpulan cwo bercahaya *silau XD * Yamato Nadeshiko Shichi Henge*


Tomoko Kuroki sedih karena teman adiknya ngatain dia jelek *Watamote*


Lalu biasanya, akan ada hero atau tokoh utama ke 2 yang muncul menyusul chara yang lagi menggalau tadi, dan mereka mengajaknya untuk kembali, pulang ke rumah atau mengatakan hal yang membantu mengurangi rasa sedihnya~~

Seakan seperti mengatakan, secara tidak langsung~ “tidak apa-apa, ada aku di sisimu” hhweee~!! aku lagi membayangkan kalo itu Tomoko dan Tomoki wahahaha



7. Tempat di pinggir sungai

Kalian pasti sering melihat chara anime yang nongkrong di suatu tempat, hhmmm~ semacam pinggir sungai... nah katanya sih~ itu adalah kanal banjir di Jepang, dan tempat seperti itu ada banyak banget di Jepang.... pantesan aja Jepang jarang banjir ya? terus tempat ini juga sering banget muncul di anime

Tempat ini selalu disorot di anime jadul maupun anime masa kini~ pasti ada... walaupun mungkin cuman terlihat sekilas doank


Apa yang terlihat di anime??

Tempat itu lumayan luas, hijau karena ada hamparan rumput dan pepohonannya... di sana juga ada bagian tanah lapangnya sedikit

 Di anime Golden Time


Di anime Yamato Nadeshiko Shichi Henge


Air sungainya terlihat bersih, bahkan warnanya biru seperti air laut hahaha :D

 Di anime Ore no Nounai Sentakushi ga Gakuen Love Comedy wo Zenryoku de Jama Shiteiru


Di anime Shaman King 


Kadang dibagian pinggirnya, di batas antara daratan dan sungai~ ada beton2nya gitu

Di anime Bokura Ga Ita

Terus di dekat tempat itu juga sering terlihat jembatan.... tapi chara anime tidak nongkrong di jembatan, melainkan di bagian tepi sungai itu~

Di anime Another


Di anime Hyouka


Di anime Kiss x Siss


Kalo dipikir-pikir, tempat itu lumayan bersih ya? kalo di Ind pasti kotor banget... dijadikan tempat pembuangan sampah atau tempat MCK, kalo enggak~ dijadiin tempat menggembala kambing... terus banyak kotoran kambing di sana #huek.... tapi kalo di Jepang kan bersih sampai digunakan untuk tiduran dan duduk2 gak masalah

Main chara anime, selalu hadir di pinggir sungai pada moment tertentu, tapi figurannya jarang~ biasanya mereka datang pas sore hari, sore menjelang malam atau siang menjelang sore~ 

Main chara biasanya datang ke sana sendirian, atau bersama temannya.... berdua bersama gebetan ataupun teman dekat... terus kalo lagi berduaan di pinggir sungai, pasti disorot dari belakang *kebanyakan sih* jadinya seperti ini :
Banri dan Linda di anime Golden Time


Haruto Kirishima dan Kyousuke Kazama di anime Kimi no Iru Machi


Yoh Tomoe dan Tsukiko Yahisa kecil di anime Starry Sky


Houtarou dan Chitanda di anime Hyouka

Keren, hampir mirip2 ya?


Hal yang aneh??

Kenapa ya? pas ada chara utama yang lagi nongkrong di sana.... tempat itu, pasti terlihat sepi... seakan menjadi tempat eksklusif  bagi chara utamanya hhhmmm~ kalo dia suka nongkrong di sana harusnya kan~ ada orang lain juga yang suka nongkrong di sana... tapi kok ini yang terlihat hanya chara utamanya~ dan tokoh lain yang mendukung.... tapi tokoh seperti masyarakat umum dan siswa lainnya gak pernah nongkrong di situ

Terus kalo ada yang berkelahi di sana, tempat itu juga tetep sepi... pokoknya mirip dengan keanehan yang terjadi di taman kota... *idem wae lah* 

 
Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di pinggir sungai? dan siapa saja tokoh anime itu?

Ngobrol sambil bersantai

Sepertinya tempat itu lumayan membuat pikiran menjadi rileks, terbukti chara anime sering nyantai2 di sana, sambil duduk2 atau tiduran~ terus mereka sering juga melakukan pembicaraan yang serius, kadang juga hanya curhat2 saja

Linda dan Banri di anime Golden Time


Kanade Amakusa dan Furano Yukihira di anime Ore no Nounai Sentakushi ga Gakuen Love Comedy wo Zenryoku de Jama Shiteiru


Chitanda dan Houtarou di anime Hyouka

Kalo dipikir2 mungkin menyenangkan juga, melakukannya di tempat itu... ngobrol sambil nyatai, menikmati angin sepoi2, dan pemandangan yang indah


Tempat berkelahi

Tempat di pinggir sungai memang sering dijadikan tempat untuk duel, adu kekuatan, berkelahi... mungkin karena tempatnya agak sepi dan luas, jadi enak kalo berkelahi hahaha... kadang main chara berkelahi biasa dengan sesama manusia *tonjok2an gitu*... kadang main chara juga berkelahi dengan makhluk2 aneh di sana


 Yoh Asakura berkelahi dengan vampire jahat di anime Shaman King


 Kyo dan Hatsuharu sedang duel, beradu kekuatan di anime Fruits Basket


Tempat untuk bermain

Di anime anak2 seperti Doraemon, kadang pinggir sungai yang luas... digunakan untuk tempat bermain bersama teman2... yang paling sering sih main bola


Tempat Romantis

Pinggir sungai di malam hari terlihat lebih romantis, karena gelap... terus ada pantulan cahaya lampu di atas air dan gerakan air yang tenang... membuat suasana romantis itu menjadi-jadi

 Kazehaya dan Sawako di anime Kimi ni Todoke 

Kadang main chara lewat di tempat itu dengan gebetannya/ tokoh utama kedua... terus mereka berjalan pelan sambil ngobrol2 gitu deh hahaha.... selain malam hari, suasana romantis juga bisa didapatkan di sore hari saat matahari terbenam dan langit menjadi orange


 Misaki Mei dan Sakakibara di anime Another

Hal lainnya yang dilakukan di pinggir sungai adalah~ :

Latihan lari atau jogging... ini penggemarnya Yawakaze Konagi sedang mengejar-ngejar Kanade Amakusa di anime Ore no Nounai Sentakushi ga Gakuen Love Comedy wo Zenryoku de Jama Shiteiru


Bersembunyi XD... ini saat Hatsuharu bersembunyi, ketika dia menjebak Kyo... Haru memasang tali di tengah jalan agar Kyo terjatuh *Fruits Basket*
 

 Main bersama anjing... Sawako dan Kazehaya bermain bersama anjing yang mereka temukan di jalan *Kimi ni Todoke*


Tempat yang dilewati saat pulang sekolah.... Sakakibara dkk berjalan melewati tepi sungai, sebelum Ikuo Takabayashi mati, hahaha *Another*




8. Jembatan penyeberangan

Menurutku, jembatan penyeberangan adalah tempat yang lumayan umum tapi cukup spesial, karena gak bayak film/kartun di luar Jepang yang mengambil setting tempat, di jembatan penyeberanga *menurutku sih*

Jadi walaupun ini adalah tempat yang biasa, tapi terlihat cukup menarik juga ya? padahal banyak orang yang gak melihat tempat ini, tapi di anime... tempat ini cukup di sorot

Coba bandingkan di Ind!... di Ind aja orang jarang menyeberang di jembatan penyeberangan.... jadi mana mungkin dijadiin setting tempat di film, sinetron atau FTV... kayaknya langka deh, hahaha... kalo di Jepang, mungkin karena sudah biasa digunakan, jadi jembatan penyeberangan menjadi tempat yang cukup umum dan dimunculkan di anime

Apa yang terlihat di anime?

Ini seperti jembatan penyeberangan pada umumnya yang terletak di jalan yang ramai, hanya saja... jika dibandingkan di Ind... mungkin lebih terawat, bersih dan bebas dari pedagang.... dan lebih banyak orang yang menggunakan jembatan itu, karena fasilitasnya baik

Biasanya chara utama anime... melewati jembatan penyeberangan saat pulang sekolah atau saat siang menjelang sore hari

Ini adalah jembatan penyeberangan yang muncul di beberapa anime :


 Di anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai
 

Di anime Recently, My Sister is Unusual


Di anime Watamote

Hal yang aneh?

Sepertinya sih tidak terlalu ada... tapi kalo di anime ecchi... pas chara animenya lagi melakukan sesuatu yang agak ecchi... kok kebetulan banget di jembatan itu sepi dan gak ada orang lewat yang memergoki mereka 


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di jembatan penyeberangan? dan siapa saja tokoh anime itu?

Menyeberang jalan *yaiyalah* biasanya yang disorot adalah saat chara anime akan menaiki tangga... dan berada di atas jembatan~

Misalnya ini :

 Kotonoha *School Days*


Tomoko *Watamote*

Selain menyeberang jalan~ tentu ada hal lainnya yang khas dan sering dilakukan chara anime di jembatan penyeberangan :


Tempat berpisah setelah pergi bersama

Chara anime sepulang sekolah mengajak temannya untuk berbelanja di toko atau tempat lain, mereka jalan bareng terus... sampai akhirnya mereka harus pulang karena hari mulai gelap... dan tempat mereka berpisah... paling sering di jembatan penyeberangan ini~

Selain itu, jembatan penyeberangan ini... kadang2 digunakan untuk tempat janjian ketemuan... sebelum pergi ke suatu tempat

Tempat melakukan pembicaraan serius yang terjadi secara spontan

Misalnya chara1 gak sengaja ketemuan sama chara2 di jembatan penyeberangan... padahal mereka musuhan atau mungkin salah satu chara menyimpan perasaan tertentu dsb... terus terjadilah sebuah pembicaraan yang spontan tapi serius

Terus ada juga kejadian yang begini : chara 1 tiba2 marahan sama chara 2 padahal barusan tadi jalan bareng~ terus chara2 mengejar chara1 sampai di jembatan penyeberangan... dan mulai berbicara dengan chara1


Atas di anime Shchool Days, saat tidak sengaja Sekai bertemu dengan Kotonoha... padahal mereka musuhan banget.... bawah di anime Mayo Chiki saat Kinjiro mengejar Usami yang terlihat menghindarinya.... suasana jembatan penyeberangan yang sepi di sore hari dengan langit yang berwarna orange.... terlihat cukup dramatis


 Kinjiro berbicara dengan Usami di jembatan penyeberangan *Mayo Chiki*


Part 2 berakhir di sini, untuk melanjutkan membaca artikel “12 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME” silahkan dilanjutkan di sini :

12 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME (Part 3)

Ditulis oleh : Brilian K

FP : Like!!
FB : Add!!
Twitter : Follow!

JANGAN COPAS TANPA IJIN DAN CR
dari Kagura Sohma Blog



1 komentar:

Way Priaz mengatakan...

unik juga ya bisa sama gitu.. kunjungan baliknya ya ditunggu Cara Membuat Wanita Lebih Berharga di Mata Pria

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............