12 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME (Part 3)

On Sabtu, 26 April 2014 4 komentar



Ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya~ di artikel Part 1 dan 2, aku sudah membahas 8 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME, yang belum baca silahkan dilihat di sini :

12 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME (Part 1)
12 Tempat Spesial yang Sering Muncul di ANIME (Part 2)


Selanjutnya di part 3 ini, aku akan melanjutkan membahas tempat ke 9-12 yang spesial dan sering muncul di anime, ~~ ini adalah part yang terakhir! langsung saja ya~ silahkan dibaca! :D



9. Tempat perbelanjaan (shotengai)

Tempat perbelanjaan yang kumaksud adalah... yang tempatnya berada di pinggir jalan... terus di kiri kanan jalan, banyak toko/ruko yang menjual barang dagangannya seperti sayur, ikan, daging dsb.... sebutan untuk tempat ini adalah shotengai


Apa yang terlihat di anime?

Shotengai merupakan toko-toko yang menjual kebutuhan sehari-hari... tokonya terletak di pinggir jalan, tapi bukan seperti PKL yang memakan tempat di pinggir jalan, bukan juga seperti pasar tradisional di Ind yang semua pedagangnya dikumpulkan di dalam gedung

Menurutku tempat ini, lumayan unik... soalnya di Ind gak ada... padahal kalo di anime itu sering banget muncul,.... apalagi di anime anak-anak seperti Shinchan dan Doraemon... tapi kalo di anime remaja, tempat itu jarang terlihat

Walaupun letak toko2 itu di pinggir jalan, tapi kelihatannya jalan tetap lancar, lalu lintasnya tidak terganggu dengan pengunjung yang banyak maupun kendaraan pembeli yang diparkir... karena kan orang Jepang kalo belanja di sana biasanya jalan kaki, gak bawa kendaraan yang besar... paling cuman bawa sepeda

Selain itu, kelihatannya tempat perbelanjaan ini cukup bersih...

Dan di anime, tempat itu~ terlihat ramai dengan pembeli dan penjual, ini adalah penampakan keramaian di tempat perbelanjaan :

Di anime Yamato Nadeshiko Shichi Henge


Di anime Sakurasou no Pet na Kanojo


Di anime Trouble Chocolate


Di anime Azuki chan


Selain itu, ada macam2 penjual yang berjualan di sana... yang sering diekspose di anime adalah penjual ikan dan penjual sayur :

Penjual ikan *di anime Sakurasou no Pet na Kanojo(atas) dan Yamato Nadeshiko Shichi Henge(bawah)~~ pose penjual ikan selalu terlihat begitu hahaha


Penjual sayuran di anime Yamato Nadeshiko Shichi Henge... tuh ada Sunako dan Kyouhei yang lagi belanja


Hal yang aneh?

Kenapa di anime remaja tempat ini jarang muncul? mungkin mereka belanja di supermarket.... hhmm~ apa main charanya gak pernah disuruh ibunya untuk belanja di sana ya?,,... eh lupa, kan biasanya main chara di anime remaja *terutama yang ecchi/harem*, tinggal sendirian di rumah, gak sama ortunya hahaha


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di tempat perbelanjaan? dan siapa saja tokoh anime itu?

Belanja! yaiyalah! namanya juga pusat perbelanjaan.... masak gak belanja?... tempat ini lebih sering muncul di anime anak2 seperti Shinchan dan Doraemon.... dan ibu mereka suka menyuruh untuk berbelanja ke tempat itu.... tapi Shinchan dan Nobita suka malas-malasan untuk pergi, ibunya memaksa dan mereka akhirnya pergi dengan membawa tas belanjaan, catatan belanja dan uang XP

Ini gambar di anime Azuki chan, saat Azuki ikut belanja ibunya... dia malah pengen dibeliin tas, yang mirip sama tasnya Yunosuke *cwo yang dia taksir*


Selain belanja, kadang chara anime hanya lewat saja di sana... mereka mau pergi ke suatu tempat tapi jalannya melewatin pusat perbelanjaan

Ini di anime Sakurasou no Pet na Kanojo saat Sorata Kanda kebetulan lewat di tempat perbelanjaan, saat menuju ke stasiun kalo gak salah... ehm~ dia malah ditawari krokret geratis ama penjualnya



10. Tempat di festival musim panas

Festival musim panas itu~ biasanya diadakan di mana ya?... di kuil? di tempat dekat sungai? di tempat strategis? atau dimanapun itu~ pokoknya aku mau membahas tempat itu saat ada festival musim panas

Kalian pasti tau kan? festival musim panas sering banget muncul di anime.... biasanya festival ini ada, bertepatan saat liburan musim panas~

Hampir semua anime dengan tema kehidupan sehari-hari, sekolah bahkan sampai anime ecchi... selalu menampilkan festival musim panas ini... secara tidak langsung Jepang mengenalkan kebudayaannya lewat anime

Kalo di Ind~ mungkin festival ini mirip sama sekaten/pasar malam yang diadakan setiap tahun oleh keraton Surakarta dan Yogyakarta.... tapi malah lebih rame yang di Ind lho~ soalnya lebih banyak penjualnya... banyak penjual pakaian dan gerabah juga... terus di pasar malam juga ada mainan besar seperti bianglala dan komedi putar

Kalo yang di festival musim panas gak sampe segede itu acaranya... paling cuman ada penjual makanan, minuman dan stand permainan kecil... misalnya permainan menembak, permainan melempar cincin agar mengenai hadiah dsb

Kenapa di festival musim panas, gak ada permainan yang besar ya? mungkin karena festival ini diadakan di tempat yang sempit... misalnya di kompleks kuil


Apa yang terlihat di anime?

Pastinya... banyak kios di festival itu... biasanya itu adalah kios yang menjual makanan *misalnya takoyaki, okonomiyaki, sosis, pisang coklat, apel karamel, mie dll* dan minuman *misalnya kakigori/es serut, ice cream dll*.... ada juga kios yang menjual mainan2 kecil misalnya topeng dan kincir angin... lalu ada kios yang menawarkan permainan berhadiah, misalnya permainan menembak hadiah, menangkap ikan mas dll

Penampakan kios2 di festival musim panas, itu ada Nanami dkk *Bokura Ga Ita*

Tempat di festival musim panas terlihat bercahaya karena banyak lampion dan lampu yang dipasang di sana

Dan berikut ini adalah beberapa kios yang ada di festival musim panas :



Yang di atas itu permainan apa ya? aku gak ngerti~ Yukimura, Rika, Kobato, Kodaka  tampaknya sedang main di sana *anime Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


Ini permainan lotre dengan cara mencabut tali... ntar benda yang tertarik, yang akan dibawa pulang *permainan yang menjebak*... padahal Minoru pengen dapat boneka beruang, malah gak dapat itu hahaha *Akachan to Boku*


Ini adalah kincir angin, mainan khas yang selalu dijual di festival musim panas

Di anime Hanada Shounen Shi


Dan ini juga salah satu mainan khas yang dijual di festival, yup! aneka macam topeng dengan berbagai bentuk

Kobato, Maria, Yukimura, Kodaka, Rika berada di kios penjual topeng, topeng kucingnya lucu! itu yang dipegang Yukimura topeng apaan ya?


Kalo yang ini di anime Akachan to Boku~ lihat! ada topeng Sailormoon hahaha!


Yang di atas di anime Kimi no Iru Machi, tuh ada topeng pokemon... gambar di bawah di anime Hanada Shounen Shi... itu topeng yang dipakai L ya? pengen banget sama topeng rubahnya!!

Dan ternyata... topeng2 tokusatsu itu~ adalah topeng yang paling banyak dijual ya? semua gambar di atas menampilkan topeng tokusatsu lho!


Dan selanjutnya ada kios penjual makanan... seperti yang terlihat di anime Akachan to Boku ini, ada yang menjual jagung bakar dan permen  kapas




Selain kios2 di festival musim panas... yang paling ditunggu-tunggu di festival ini... adalah suasananya yang rame.... festival musim panas yang terlihat di anime pasti selalu rame, penuh dengan kerumunan manusia... lihat saja~

Ini di anime Mayo Chiki, tu ada Kinjiro dan Kanade


Ini di anime Elfen Lied, setelah ini akan ada pembantaian besar2an hahahaha


Ini di anime Kimi no Iru machi, ada Yuzuki Eba kecil di sini


Di anime Hanada Shounen Shi


Di anime Akachan to Boku, ada Takuya dan Minoru XD


Chara anime cwe, biasanya pergi ke festival musim panas dengan menggunakan Yukata, dan kalo ketemu sama temen2nya.... mereka saling melempar pujian gitu~ “wah yukata mu bagus sekali, cocok untuk mu bla bla bla”,,,, dan chara anime anak kecil juga sering terlihat memakai Yukata di festival musim panas

Mengapa chara anime cwe mau memakai yukata? salah satu motivasi terbesarnya adalah~ agar ia dipuji sama cwo yang disukainya, yang ikut datang ke sana... alasan kedua ya~ karena pengen aja... kan momennya pas, apa salahnya kalo pakai yukata? dan alasan ketiga karena dia pengen mamamerkan yukatanya ke teman2 lainnya

Biasanya sih~ cwo2 di anime harem, suka terpesona melihat chara utama cwe~ memakai yukata di festival musim panas hahaha

Chara anime itu~ sukanya memang pergi bareng bersama teman2 ke festival musim panas... jadi pas ketemuan, waktu pandangan pertama.... melihat si chara cwe memakai Yukata... pasti kesannya wah banget~

Ini saat Nanami ketemuan dengan teman2nya di festival musim panas *Bokura Ga ita*


Ini saat Haruto Kirishima pergi ke festival musim panas dengan teman2 masa kecilnya, dan dia bertemu Yuzuki Eba untuk pertamakalinya di sana *Kimi no Iru Machi*


Hal yang aneh?

Sebenarnya sih, gak terlalu ada... tapi di anime ecchi kadang... ada games2 tertentu yang gak wajar... ujung2nya sih biar ceritanya mengarah ke ecchi gitu (-_-)

Terus di permainan menembak juga... beberapa chara anime melakukannya dengan sangat ahli... tembakannya selalu tepat sasaran, lalu dia berhasil mendapatkan hadiah utama dan banyak hadiah lain... seolah permainan itu tidak ada susah2nya, apa memang permainan itu, gampang ya? hhhmmm~


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di festival musim panas? dan siapa saja tokoh anime itu?

Makan! karena banyak penjual makanan di sana! Hahaha~ ini contohnya :

Sena membeli takoyaki dan dia menawarkan takoyaki itu pada Kobato *Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


Haruto Kirishima kecil membeli aple karamel~ mau!! XD *Kimi no Iru Machi*


Membeli mainan~ bagi anak kecil... misalnya membeli topeng dsb... seperti di anime Akachan to Boku, Masaki meminta pada kakaknya agar dia dibelikan topeng 


Main games dan mengincar hadiahnya!! dan berikut ini adalah games yang sering banget dimainkan oleh chara anime :

Pertama.... memancing balon air/ yoyo tsuri .... ini adalah balon bercorak indah yang diisi air dan diberi tali pada ujungnya.... cara mendapatkannya dengan memancing balon2 ini di kolam air menggunakan kertas yang dipilin

Maria dan Kobato terlihat gembira dengan balon airnya *Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


Nanami sedang memancing balon air, karena sudah mencoba berkali-kali tapi tetap gagal~ maka dia diberi balon air geratis XD *Bokura ga Ita*


Minoru yang menginginkan balon air, akhirnya berhasil mendapatkannya... awalnya dia ingin warna biru, tapi punyanya pecah... lalu balon air milik Takuya yang warna kuning, dikasih ke Minoru *Akachan to Boku*


Ke-dua... menangkap ikan mas dengan jaring kertas.... kalo ini di J-fest kayaknya juga ada~ jaring kertas akan segera sobek bila lama2 berada di dalam air, maka harus digunakan teknik menangkap ikan yang tepat

Jangan curang, kayak gambar di bawah.... masak jaringnya ditumpuk-tumpuk gitu hahaha~ 
 
Ini di anime *Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


 Ini di anime Hanada Shounen Shi


Yozora dan Sena bersaing menangkap ikan mas... sebelum dan setelah pertandingan, hahaha yang menang Sena, dia curang sih~ *Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


Ke-tiga... permainan menembak barang... ini nih~ permainan yang sering banget muncul di festival musim panas.... jadi di kios itu ada semacam rak, dan di situ dijejer aneka barang, misalnya boneka, celengan dll... kalo benda itu berhasil ditembak, maka itu adalah hadiahnya

Ini yang ada di anime Akachan to Boku


Rika saat mencoba permainan ini *Boku wa Tomodachi ga Sukunai*


Ini yang ada di anime Hanada Shounen Shi


Usami  saat mencoba permainan ini *Mayo Chiki*


Dan yang terakhir.... pastinya chara anime akan melihat kembang api! tidak ada festival musim panas tanpa kembang api kan??

Di anime Bokura Ga Ita, Nanami dkk melihat kembang api


Di anime Kimi no Iru Machi, Haruto Kirishima dan Yuzuki Eba kecil melihat kembang api di tempat yang sepi


Di anime Akachan to Boku.... Minoru, Takuya, Akihiro, Ichika dan Masaki mengagumi kembang api yang besar

Dan beberapa chara anime juga membeli kembang api untuk dimainkan sendiri, seperti di anime *Boku wa Tomodachi ga Sukunai* ini :


Anggota klub petemanan : Kodaka, Sena, Yozora, Rika, Yikimura, Kobato dan Maria sedang bermain macam2 kembang api



11. Pemandian air panas (onsen)

Kalo cuman pemandian air panas sih, di Ind juga banyak... tapi pemandian air panas di jepang benar2 spesial... view nya itu alami banget, banyak bebatuannya, banyak tumbuhannya... kalo di Ind kan kebanyakan bentuknya seperti kolam renang hahaha

Kalo di anime, pemandian air panas memang sering muncul~ biasanya letak pemandian air panas ada di dekat penginapan atau rumah singgah... terus pemandian air panas itu juga selalu digambarkan wahh~ dan menarik...


Apa yang terlihat di anime?

Pemandian air panas biasanya didesain dengan natural, alami... jadi seolah bisa menyatu dengan alam... pokoknya di sekeliling kolam air panas ada batu2 yang mengelilinginya... kadang di tengah kolam juga ada batuan yang cukup besar

Pemandian air panas di anime Nisekoi


Terus ada pancuran airnya juga~ misalnya seperti pancuran dari bambu... ada juga pancuran air yang mirip air terjun

Pemandian air panas di anime Akachan to Boku (atas) dan Fruits Basket (bawah)


Pancuran air di pemandian air panas


Airnya terlihat hangat karena berasap, di tempat itu kadang2 juga berkabut... kabut akan semakin banyak bila kamu nonton anime ecchi~ menjadi kabut misterius yang menutupi tubuh chara cwe nya XD

Pemandian air panas di anime Hyouka 


Selain itu ada lampu2 etnik yang tempat lampunya terbuat dari batu, lampu yang lebih modern juga ada

Pemandian air panas di anime Mayo Chiki

Dan lantai di sekeliling kolamnya, terbuat dari bebatuan mungkin agar tidak licin


Suasana di pemandian air panas semakin menyenangkan... karena di sana juga ditanami pepohonan dan tanaman hias.... jadi tambah betah lama2 berada di sana


Pemandian air panas di anime Nisekoi 


Pemandian air panas, ada yang khusus untuk cwe ada juga yang khusus untuk cwo... gak seperti di kolam renang yang bisa nyampur.... tapi pemandian air panas campuran juga ada kok hahaha... dan mungkin pemandian air panas yang bisa disewa untuk pribadi juga ada

Pemandian air panas di anime Nisekoi

Dan pemandian air panas yang tidak campuran... biasanya akan dibatasi oleh pagar kayu/bambu... jadi... walaupun tempat mandinya gak nyampur... tapi suara2 dari pemandian cwe bisa terdengar di pemandian cwo... begitu juga sebaliknya.... jadi cwo bisa ngobrol dengan cwe dari balik pagar itu~ *ini kalo pemandiannya sepi lho*

Di tempat pemandian air panas, biasanya ada tempat untuk menyimpan pakaian yang isinya keranjang dan lemari loker2 gitu~

Di anime Hyouka~ Houtarou bersiap untuk berendam!

Dan biasanya chara anime lebih sering mandi di pemandian air panas saat malam hari

Saat berendam, chara anime hanya menggunakan handuk putih, kenapa tidak warna lainnya aja ya? hhhmmm~ misalnya pink gitu?


Hal yang aneh?

Kadang ada kabut misterius dan hal lainnya yang muncul secara tiba2~ jika nonton anime ecchi, terutama di pemandian perempuan... padahal kan..!? ya gitu lah~ hehe :P

Kenapa tidak boleh menggunakan pakaian renang jika berendam? hanya boleh pakai handuk putih atau gak pakai sama sekali (-_-)?? kalo dipikir-pikir fs di tempat ini jauh lebih berbahaya daripada di kolam renang... tapi percuma sih.... kan banyak kabut~ hahaha

Di anime ecchi, kadang cwe dan cwo gak sengaja mandi di tempat yang sama... hanya berdua... anehnya, mereka berdua tetap berlama-lama berendam di kolam, mereka malah mengobrol... kenapa salah satu nya gak spontan keluar dari tempat itu...? padahal kan? pas ngerti kalo si doi berendam di tempat itu~~ chara anime nya juga kaget setengah mati

Kenapa chara anime selalu mandi di malam hari? kenapa gak di pagi atau siang hari saja?.... kalo di Ind kan, pemandian air panas ramainya malah waktu pagi dan siang hari

Pernahkan kalian melihat~ chara anime yang lagi berendam.... eh, tau-tau dia pusing dan pingsan... aku masih tidak mengerti... apakah air yang terlalu panas bisa membuat orang pusing sampai pingsan?... atau dia pingsan karena bau air panas tercampur belerang dan semacamnya??


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di tempat pemandian air panas? dan siapa saja tokoh anime itu?

Makan dan menginap

Pemandian air panas, biasanya berada di dekat penginapan atau rumah singgah... chara utama anime biasanya menginap di tempat itu, untuk berlibur, atau menginap saat karya wisata sekolah
 
Ini adalah penginapan di anime Fruits Basket

Tidak hanya menginap saja~ di penginapan itu, chara anime biasanya juga disuguhi dengan aneka makanan... ya, intinya mereka makan bersama dengan teman2 yang ikut menginap

Di anime Fruits Basket... Tohru, Momiji, Yuki dan Kyo sedang makan bersama, dengan hidangan yang cukup mewah


Di anime Hyouka... ini saat Houtarou, Chitanda, Ibara, Satoshi dkk makan bersama, juga di penginapan


Di anime Yamato Nadeshiko Shichi Henge... saat Sunako Nakahara dkk hendak menyantap makanan yang ada


Berendam di kolam air panas

Yah~ bisa berendam sendiran, berdua ataupun dengan kawan-kawan... walaupun chara anime itu sedang berendam sendirian dan terlihat diam.... tapi sebenarnya dia tidak diam, kebanyakan diceritakan bahwa chara anime itu sedang merenungi atau membayangkan suatu hal

Hahaha mikirin apa ya Houtarou dan Chitanda ?*Hyouka*

Lalu biasanya chara anime akan mengungkapkan ekspresi lega, dan nyaman karena akhirnya bisa berendam juga setelah seharian beraktivitas

Atas : Takuya *Akachan to Boku*, Honda Tohru *Fruits Basket*.... bawah : Raku *Nisekoi*.... mereka semua terlihat lega dan nyaman~ walaupun berendam sendirian, mereka tetap bisa menikmati suasananya


Mengobrol saat berendam

Tentunya ini bisa dilakukan saat chara anime berendam berdua dengan temannya di kolam~ mereka biasanya membicarakan sesuatu saat berendam.... bisa curhat atau mengobrolkan masalah yang lebih serius... 

Mungkin, mengobrol sambil berendam di kolam air panas... bisa memberikan sensasi tersendiri yang menyenangkan.... tapi ati2 aja, jangan lama2 ngobrolnya... ntar pingsan lagi karena kepanasan hahaha
 
Atas : Honda Tohru mengobrol berdua dengan Okami Sohma, penjaga penginapan *Fruits Basket*... Tengah : Sunako Nakahara mengobrol dengan Noi Kasahara.... Noi Kasahara meminta tolong Sunako agar membantunya supaya bisa dekat dengan cwo yang disukainya~ saat berada di penginapan.... Bawah : Kinjiro dan Subaru, mereka tetap ngobrol walaupun salah tempat haha *Mayo Chiki*



12. Kuil saat tahun baru

Kuil di Jepang akan tambah spesial saat momen tahun baru, karena banyak orang yang datang untuk merayakan tahun baru di kuil.... mereka biasanya datang saat malam hari, menunggu lonceng berbunyi saat jam 12 dan berdoa di kuil

Keramaian di kuil pada malam tahun baru di anime Hyouka :
 
 

Eeciiieee~ Houtarou dan Chitanda jalan bareng XD

Selain itu kadang mereka juga datang, bukan saat malam tahun baru tapi saat tanggal 1 Januari... dan berdoa di kuil
 
Yamada dan Kosuda pergi ke kuil pada keesokan harinya setelah malam tahun baru


Kuil di anime B Gata H Kei

Ada gadis penjaga kuil yang memakai pakaian kimono atasan putih bawahan merah dengan rambut panjangnya yang terikat, biasanya mereka terlihat cantik dan kadang sering dimunculkan saat chara anime mengunjungi kuil


Apa yang terlihat di anime?

Kuil di Jepang pada umumnya, mempunyai bangunan yang unik dengan unsur budaya masa lalu yang masih melekat... bangunan ini biasanya didominasi oleh warna merah, dan ada gerbang kuil berwarna merah yang selalu terlihat di anime... jika anime itu sedang memunculkan setting tempat kuil.... selain itu, kuil biasanya terletak di tempat yang tinggi....  banyak anak tangga yang harus dilalui jika berjalan menuju ke kuil

Selain itu, ada altar yang digunakan untuk berdoa... sebelum berdoa melemparkan koin di kotak kayu yang mempunyai lubang di permukaannya, lalu membunyikan lonceng dan mulai berdoa


Hal yang aneh?

Tidak ada, aku belum menemukannya~ bahkan jika di anime ecchi... mungkin karena kuil adalah tempat suci... jadi sesuatu yang sifatnya candaan, dikurangi


Hal apa saja yang sering dilakukan oleh tokoh anime di kuil saat tahun baru? dan siapa saja tokoh anime itu?

Berdoa

Ya... itu kan tujuan utama mereka pergi ke kuil... sebelum berdoa, mereka melemparkan koin di altar, membunyikan lonceng, lalu menepuk2 telapak tangan dan mulai berdoa di dalam hati

Biasanya sih, chara anime yang masih remaja berdoanya : semoga dapat pacar, semoga hubungan dengan si itu lancar dsb hahaha gak beda jauh harapannya dengan yang ada di sini

Takeshita (atas) dan Miyano (bawah) sedang berdoa di kuil *B Gata H Kai*


Chitanda dan Houtarou sedang berdoa di kuil *Hyouka*


Mencoba ramalan

Cara meramalnya seperti ini : sumpit2 yang ditempatkan di suatu wadah dikocok sampai salah satunya keluar... sumpit yang keluar/jatuh akan membawa petunjuk nomor/warna... lalu gadis penjaga kuil mengambil kertas di laci yang ada di sana... sesuai dengan nomor/warna sumpit.... dan ada ramalan yang tertulis di kertas itu
 
Chitanda Eru saat mencoba ramalan *Hyouka*



Sekian!! Aahhhh~ aku akhirnya selesai membahas12 tempat spesial yang sering muncul di anime!! legaa!! artikel ini benar-benar bikin stres, aku harus mencari tempat itu di anime, meng capture gambarnya dan nulis artikel.... tapi semua sudah selesai akhirnya!! *selesai curhatnya*

Nah! bagaimana menurut kalian?? pasti ke-12 tempat tersebut sering banget muncul di anime kan?? iyalah~ kalo gak sering muncul mana mungkin aku hapal tempatnya apa saja dan kejadian khas apa saja yang sering terjadi di sana??

Dari ke 12 tempat itu, tempat mana yang paling kalian sukai? tempat mana yang munurut kalian sering banget muncul di anime? tempat mana yang menurut kalian spesial??~~ kalo aku, yang mana aja boleh... aku kan udah membahas ke 12 tempat itu hahaha

Terimakasih ya, buat kalian semua yang sudah membaca artikelku yang panjang ini dari awal-akhir dari part 1-3,,,,, terimakasih, aku sangat menghargai apresiasi kalian :D

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya^^

SAYONARA!!

Ditulis oleh : Brilian K

FP : Like!!
FB : Add!!
Twitter : Follow!

JANGAN COPAS TANPA IJIN DAN CR dari Kagura Sohma Blog





4 komentar:

Bembo Relandrio mengatakan...

horee yang part 3 udah munculll....
somedayy...... harus nyoba itu semua XD

Anonim mengatakan...

Itu Kebanyakan Anime Boku Wa Tamodachi

ijoitem1327 mengatakan...

aku suka sama tempat yang mana aja yang muncul chitanda sama houtarou.. mereka berdua cute bangeeet ^^.
jarang2 yee ada anime yang masih "sopan" macam hyouka, greget karena couplenya dapet tapi masih dibatas normal, cowonya gak kurang ajar. ^^

Blogger mengatakan...

If you're looking for the best Bitcoin exchange company, then you should choose YoBit.

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............