My First BENTO Story

On Selasa, 11 Juni 2013 3 komentar


Hai^^ ...entah kenapa akhir2 ini aku tertarik dengan bento, sebenarnya sudah dari dulu sih... tapi baru2 ini penyakit ketertarikanku tentang bento... kambuh lagi XD... rasanya, aku ngiler banget liat  gambar bento2 imut yang ada di internet itu... pengen banget buat bento yang kayak gitu d(-_-)b

Sebelumnya, Like fp blog ini dulu ya^^

Kalo dilihat-lihat sih, kayaknya lumayan menyenangkan bikin bento... dan juga, mungkin tidak terlalu sulit... kayaknya sih... XP  tapi ternyata setelah ku praktekkan, lumayan susah juga buat bentonya..., bukan susah sih... tepatnya apa ya? hhmmm... maksudku lumayan memakan waktu membuat satu bento bagi pemula seperti aku ini (-__-)

Bento bisa disebut juga bekal makanan. Iya... bento itu adalah bekal makanan khas Jepang, isi bento juga macam-macam ada yang isinya nasi, roti, lauk, daging dan makanan pelengkap lainnya. Ehm... bentuk-bentuk bento juga macam-macam... ada yang biasa, ada yang bentuknya rumit yang berbentuk karakter-karakter tertentu yang sebutannya adalah kyaraben/charaben.

Bento dari Jepang sangat populer, walaupun seperti yang kita ketahui, yang bisa dan pernah membuat bekal/bento itu bukan hanya orang2 Jepang saja kan? tapi kenapa ya? bekal makanan/bento dari Jepang yang paling terkenal...? ehm mungkin karena segi artistik bento yang dari Jepang itu lebih tinggi haha... yah... menurutku sih, sebiasa-biasanya bento Jepang... pasti tidak terlihat biasa saja... *itu sih menurut aku* orang2 Jepang yang membuat bento benar2 serius dalam menata nasi, lauk-pauk dan apapun yang ada di dalam bento... coba bandingkan dengan orang2 kita... kebanyakan orang2 Ind kalo bawa bekal itu pasti apa adanya... gak pernah ditata semenarik mungkin seperti bento nya orang2 Jepang, iya kan?

Oke sekarang kita kembali lagi ke cerita awal... karena aku pengen banget membuat bento, jadi aku tekatkan niatku untuk membuatnya... aku pergi ke supermarket dan menyiapkan modal sekitar 100 rb untuk bikin bento~?

Aku mau ngaku kalo aku gak bisa masak, hehe... aku hanya bisa masak aer, mi instan, menggoreng makanan instan... misalnya sosis dan nugget, masak telur dan terakhir aku hanya bisa membuat makanan yang modelnya susun menyusun seperti sandwich dan hamburger.

Jadi? bagaimana mungkin orang yang gak bisa masak seperti aku, bisa buat bento? yah... tapi aku nekat ajalah.. aku pengen ngrasain gimana rasanya buat bento sendiri dan buat karakter2 lucu dari makanan :3

Terus kira2 aku mau bikin bento seperti apa? apakah seperti ini?


 

Ribet amat bro~! mana mungkin pemula yang gak bisa masak seperti aku... mau bikin bento kayak gitu... lagian aku bener2 pemula, hanya belajar bikin bento secara otodidak lewat internet... gak pernah ikutan kursus, les, workshop dsb (-_-)

Kalo begitu mungkin, bento yang kubuat seperti ini?


 

Waduh~ itu bento? bro~ kenapa bento nya cakep sangat? yah... mana mungkinlah aku bisa buat bento secakep itu XD... kalo pun bisa aku pasti gak akan tega memakan “kekasih” ku sendiri hahaha

Tenang semuanya, aku gak akan buat bento semewah gambar yang diatas... kemampuan ku belum sedewa itu haha :D... aku cuman mau bikin bento yang sederharna... namanya aja my first bento kan?... hhhmm... aku hanya berfikir, bagaimana jika aku membuat makanan2 yang bisa ku buat dan semuanya kumasukkan ke dalam bento itu... jadi karena aku gak bisa melakukan banyak hal dalam memasak, di dalam keterbatasan ini... aku hanya bisa menciptakan menu bento yang sederharna... bahkan yang anak2 SD pun mungkin bisa membuatnya *lebih baik dari aku* :P

Oiya, sebelumnya aku mau cerita sedikit tentang bento... bento jenis charaben (yang berbentuk karakter tertentu) pastinya akan memerlukan bahan2 tambahan untuk membuat karakter wajah atau asesoris lainnya seperti pita, pakaian, topi dsb... dengan warna yang beragam... aku selalu penasaran... dengan bahan2 apa mereka membuat itu...? jadi dengan hanya berbekal mengamati gambar2 bento yang ada di google... aku mencari jawabannya... dan inilah jawaban yang kutemukan...

Untuk warna hitam menggunakan nori atau rumput laut kering, bisanya digunakan untuk membuat karakter wajah, mata dan mulut atau membuat bentuk2 lainnya...

Untuk warna kuning menggunakan keju slice, biasanya digunakan untuk membuat karakter yang berwarna kuning... misalnya bebek, pikachu, anak ayam, burung dll... atau bisa juga digunakan untuk membuat  rambut karakter tertentu... selain itu telur dadar tipis (egg sheet) juga bisa digunakan untuk memberi warna kuning
.

Warna orange dari wortel atau labu, warna pink dari daging ham, warna merah dari tomat, warna hijau dari sayuran, warna putih dari putih telur atau keju putih, dan banyak lagi... pokoknya warna-warna alami dari makanan, sayuran dan buah benar2 digunakan dengan maksimal untuk membuat seni dari bento.

Sedangkan untuk nasi yang berwarna-warni, mungkin ditambahakan pewarna makanan... bisa pewarna alami misalnya kunyit dan daun suji atau pewarna kimia. Lalu bagaimana dengan warna yang jarang ada di makanan, buah dan sayur, misalnya seperti warna biru...? mereka membuat warna biru dari apa ya?

Kalo mau membuat karakter Sasuke seperti di atas... misalnya dengan baju yang berwarna biru... bisa dibuat dengan telur dadar tipis yang diberi pewarna biru... begitu yang internet katakan padaku (-_-)

Oke! kita kembali lagi pada pembahasan awal ya... aku mau cerita tentang bento pertamaku... dan ini adalah alat dan bahan2 yang kubeli di supermarket untuk membuat bento



Kira2 bisa menebak, aku mau bikin bento dengan menu apa? :D untuk bahan2 nya aku membeli sosis, nugget, mie goreng, nori, saus, sambel tabur, pilus, mentega, mayones, keju  slice... dan untuk alatnya aku membeli kotak bento *karena punyaku ilang*, tempat makanan dari kertas, tusuk unyu *sebenarnya ini semacam garpu kecil buat makan kue, aku nyari tusuk yang unyu2 kayak di internet, tapi gak ada* tusuk gigi dan tempat saus *mungkin yang kubeli bukan tempat saus... aku gak ngerti itu apaan, tapi kuanggap saja sebagai tempat saus XD* dan terakhir aku beli batu batrai... buat apaan? itu buat camdig yang bertugas memotret proses2 ku membuat bento :D

Untuk membeli alat dan bahan, aku menghabiskan dana kurang lebih 100 rb (-__-) lumayan shock aku, ternyata modalnya besar juga ya... untuk membuat bento dengan menu sederharna... itu pun juga aku masih belum beli sayuran...

Mungkin karena untuk bahan yang sedikit kuperlukan, aku harus membeli banyak... misalnya aku hanya membutuhkan 1 sendok makan mayones, tapi aku harus membeli mayones kemasan besar dengan harga yang cukup bunyi lah ya... dan banyak bahan lain yang kubeli dengan jumlah banyak walau hanya dibutuhkan sedikit... jadi tidak terasa, kantong ini bolong deh (T_T)

Yah... aku terpaksa membeli semua alat dan bahannya... karena di rumah bener2 gak ada sama  sekali (T_T)

Oke! sekarang waktunya bercerita, proses pembuatan bento pertamaku !!



Selain bahan2 di atas, aku membutuhkan bahan2 tambahan... tepatnya ini adalah bahan2 dari sisa makanan yang ada di rumah... ada ayam bekas tadi pagi XD, nasi, jambu air dan kue lapis

Aku memutuskan membuat bento dengan menu sederharna seperti onigiri, mi goreng, nugget dan sosis



Jadi pertama olah saja mie goreng seperti biasa, goreng nungget *aku memakai 2* dan sosisnya *aku memakai 1* goreng dengan menggunakan mentega... sosis, ku goreng berbentuk gurita... cara membuatnya bisa dilihat di video *aku mencontoh yang ada di video itu* oiya, sebelum aku menggoreng nya, sosis terlebih dahulu ku rebus agar kakinya bisa mengembang dengan baik... setelah itu baru ku goreng

Lihat video?




Dan ini adalah gurita buatanku setelah diberi wajah... wkwkwkwk :D, gak terlalu parah kan? gunakan tusuk gigi untuk menempelkan nori di bahan makanan... misalnya bagian mata, dan mulut.... 



Untuk membuat karakter di nugget, pertama potong keju slice sesuai dengan bentuk nugget... bisa dilakukan dengan cara menjiplak... dengan meletakkan nugget di atas keju dan dipotong sesuai bentuk nungget... dan bayangakan, kamu mau bentuk karakter apa dari bentuk nugget itu *nugget ku gak berbentuk, abstarak* dari nugget yang bentuknya abstrak itu, aku kepikiran untuk membuat panda... jadilah ini...



Hahaha kawaii kan? untuk bagian wajah, telinga dan tangan... aku memakai rumput laut kering yang kupotong dengan gunting secara manual, kutempelkan dengan mayones... ada alat khusus untuk membuat karakter wajah dengan nori di bento... alat nya semacam staples gitu... tapi aku gak punya coy~ dan membuat karakter wajah dari nori dengan cara manual adalah hal yang paling memakan waktu dalam membuat bento (-__-)

Dan nugget ke dua ku, bentuknya burung :D



Semuanya berkumpul^^ kawaii kan?



Nah... sekarang, mari kita membuat onigiri... ini adalah bahan2 nya... nori, ayam yang dipotong-potong dan nasi...



Pastikan tanganmu basah saat membuat onigiri, jika tidak nasi akan lengket di tangan... ratakan nasi... isi nasi dengan potongan ayam dan aku menambahkan sambal tabur.


 
 Lalu bentuk onogiri seperti gambar di bawah



Setelah selesai dan diberi tambahan rumput laut serta karakter wajah... jadinya seperti ini~



Untuk bahan tambahan... aku memotong buah jambu air  benbentuk dadu, dan kue lapisnya kupotong jadi dua... untuk onigiri, aku menambahkan sambel tabur di bagian pipi... agar terlihat merona :D. dan sebelum memasukkan ke dalam kotak makanan... letakan dulu onogiri dan potongan buah di atas tempat kertas.



Dengan imajinasi yang apa adanya... aku menata bento ku ke dalam kotak makanan seperti ini (-__-)



Jadi pertama aku menaruh terlebih dahulu makanan yang pokok seperti onigiri... di bagian pojok kiri... aku meletakkan mie di tempat yang tersisa, di atas mie aku taburkan bawang goreng dan pilus... lalu baru deh aku meletakkan sosis gurita di dekat onigiri

Di tempat sebelahnya yang lebih kecil, pertama aku masukan tempat sausnya dulu... aku isi dengan saus sambal dan mayones, setelah itu baru masukkan buah dan kuenya... sebenarnya itu... tempatnya agak kesempitan XD... dan terakhir,tinggal letakkan nugget di atas mie jangan lupa menambahkan tusuk yang lucu untuk menusuk-nusuk makanannya


Jadilah bento pertamaku :D kyaa~ terharu aku, belum pernah aku buat bento seserius ini *dan semahal ini* aku membutuhkan waktu 2 jam untuk membuat ini^^

Dan tinggal di tutup maka bento sudah siap untuk dibawa hahaha



Bagimana saudara-saudara? bento ku lumayan gak ? XD masih kurang sayuran tuh (-__-)... jadi warnanya kurang menarik... tapi aku udah lumayan puas lah... aku seneng ama pandanya^^ kawaii~~



Tapi yang namanya bento... se kawaii apapun bentuknya tetap harus dimakan pada akhirnya (T_T) walaupun aku agak sayang sih... goodbye panda... good bye my bento... hiks hiks~~



Dan beberapa menit kemudian...



Dimana bento ku ? (T_T) *udah pindah ke perut*

Oiya ini pertamakalinya aku makan nori... ternyata rasanya gak seenak yang aku bayangkan... agak amis gimana gitu... *huek* apa semua nori rasanya kyak gitu ya...? aku juga tidak terlalu suka dengan rasa mayones (-_-)

Dan karena bento nya sudah habis kumakan, jadi artikel ini juga sudah habis... hehe... bagaimana dengan kalian? apa kalian pernah mencoba membuat bento? bagaimana bento pertama kalian?? memuaskan atau tidak ? ini adalah pengalamanku membuat bento untuk pertama kalinya... terimakasih sudah membaca artikel ini^^

Dituis oleh : Brili Kagura

JANGAN COPAS TANPA CR
dari Blog ini


cr gambar :
http://www.just-eat.co.uk/blog/bento-unique-boxes/
http://www.tumblr.com/tagged/cute%20bento
http://insecurelittleme.blogspot.com/2010/06/ohayo-japan.html
http://www.hshs.com/html/7595_2.html
http://www.cookingcute.com/onigiri_with_filling.htm

3 komentar:

Anonim mengatakan...

kok ada baterai alkaline nya kak?

Agustina Salim mengatakan...

ada nyamuk ya di nuggetnya ? -_-

Anonim mengatakan...

Nonton Movie Gratis Subtitle Indonesia update setiap hari? hanya disini tempatnya

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............