[Suka Anime Saat SD-SMP] #10 : Majalah Animonster dan Pernak-Pernik Anime

On Kamis, 27 Agustus 2015 9 komentar



Baca part sebelumnya? :

-----------------------------------------



Aku hanya punya 2 majalah Animonster~ dan pertamakali membelinya di tahun 2006 vol 92... karena majalah ini pernah diiklankan di Nakayoshi... aku jadi menganggap bahwa majalah ini keren, dan tertarik untuk beli... saat itu, aku membelinya dengan harga Rp 25.000,00 hhmm~ mahal!... mungkin karena itu aku jadi males untuk mengoleksi hehe

Ini majalah pertama yang kubeli :



Saat aku membukanya~ ternyata... tidak ada anime yang kukenal dibahas di sana... mungkin karena sudah ketinggalan banyak kali ya? pertamakali punya langsung volume 92... aku kan inginnya yang dibahas itu, adalah anime2 jadul~ yang dulu pernah tayang di tv hehe

Karena itulah~ aku tidak terlalu membaca artikel anime di majalah itu, kecuali kalo aku tertarik dengan gambar animenya~ salah satu yang menarik perhatianku adalah Jigoku Shoujo!! karena mempunyai sisi gelap dan horror~ 



Aku ngarep banget bisa nonton animenya *waktu itu masih jaman dimana internet belum merakyat... saking sukanya, aku sampai foto2in gambar Enma Ai di majalah itu~ pakai hp, agar bisa dijadikan wallpaper hp ku hehe

Bagian yang kusukai di Animonster adalah parodi komik anime, gambarnya lucu sih~ hehe


 


Hhmm~ gambarnya juga mirip sama animenya, walaupun berbentuk chibi~ salut deh sama yang membuat komik2 ini :D

Dan ini adalah artikel yang menarik perhatianku di majalah Animonster :



Tentang Nail Art~ aku suka sama artikel ini, sampai aku melihat satu2 model nail art yang gambarnya kecil2 itu... ehm model cwe Jepang di artikel ini juga sangat kawaii, aku suka! rambutnya keren!



Yah~ aku dulu memang suka buka Animonster dan melihat gambar artis2 Jepang yang cwe~ aku suka model rambut mereka kan... jadi itu bisa memberi masukan padaku kalo aku ingin ganti model rambut hehe *jaman belum ada internet~

Lalu ini adalah artikel tentang neraka dan hal horror lainnya~ kadang Animonster memang suka membahas artikel horror tentang Jepang... dan aku sangat menyukainya! dari kecil, aku sudah tertarik dengan hal2 semacam itu~



Dan ini artikel yang menjelaskan tentang otaku, yah~ aku pertamakali mengenal istilah otaku dari majalah Animonster... oiya, buku kreasi origami yang di atas, dulu aku pengen banget beli buku itu... tapi tidak ketemu di gramed (T_T)



Animonster juga sering membahas tentang action figure anime~ hhmm... barang yang mahal, jadi ya... aku tidak bisa beli, aku harus puas hanya dengan melihat gambarnya saja di majalah

Hebat! darahnya seperti beneran~ eh tapi... kok jadi salah fokus ya? hehe


Animonster termasuk majalah yang cukup banyak membahas tentang Tokusatsu... karena aku tidak terlalu suka dengan Tokusatsu, jadi waktu itu... aku hanya melihat gambar2nya saja... aku selalu mencari-cari gambar aktor cwo yang cakep~ hehe



Oiya, aku juga suka bagian Sing With Me... menampilkan lirik lagu anime, dan terjemahan Indonesianya~~ tapi tidak banyak lagu yang kutahu di bagian itu (T_T)



Di Nakayoshi, kadang juga ada bagian seperti ini, yang menampilkan lirik lagu Jepang dengan terjemahan Indonesianya~ saat aku belum punya kamus bahasa Jepang... aku sering menjadikan hal2 semacam ini sebagai kamus

Jadi gini~ aku mencari satu kata bhs Jepang di lirik lagu itu... terus mencari kata bahasa Indonesianya juga di terjemahannya... jadi aku kira2 saja, misalnya kata “H” arti Indonesianya berarti “B”~ tapi itu aku sesuaikan juga dengan susunan kalimat di lirik bhs Jepang dan terjemahan Ind nya... jadi tidak asal2 an~ kebanyakan kata Jepang yang kutebak arti Ind nya ~ benar lho

Dari melakukan hal itu... aku jadi belajar banyak kata bahasa Jepang... aku jadi tahu kalo Kaze artinya angin, Arashi artinya badai, Hana artinya bunga, Yuki artinya salju, Itsumo artinya selalu~ yah lumayan lah #ala Hinano

Bagian Best Chara juga cukup menarik perhatianku waktu itu, isinya adalah polling chara anime yang paling banyak digemari... jaman segitu yang dapat peringkat satu adalah Kira Yamato dari Gundam Seed



Eh waktu itu... aku sempat ingin mendaftar di internet, untuk ikutan polling hahaha... aku paling suka hal2 seperti ini, bahkan gambar yang kecil2 itu~ sampai aku lihatin satu2 dan kubaca tulisannya... padahal sebagian, aku tidak tahu siapa chara anime di gambar atas, karena belum pernah menonton animenya

Hhmm~ daripada membaca artikel anime di majalah ini, secara serius... aku lebih suka melihat iklan di majalah ini~ terutama iklan2 di bagian tepi halaman... aku merasa senang jika bisa menemukan anime yang pernah kutonton, gambarnya ada di iklan itu

Dulu iklan2 yang ada di Animonster, kabanyakan mengiklankan tempat/toko yang menawarkan jasa rental vcd anime dan ost anime, tempat itu juga menjual vcd anime dan pastinya menjual pernak-pernik berbau anime



Eh tapi jaman sekarang, tempat seperti itu masih ada tidak ya? daripada membeli atau menyewa vcd anime... kebanyakan orang lebih memilih untuk mendownloadnya saja secara geratis~ berarti apakah tempat yang menjual dan merental vcd anime sudah punah ya? hhmm~ entahlah!

Btw bagian yang paling kusukai di majalah Animonster adalah hadiah posternya~ saking sukanya, aku sayang untuk mengguntingnya dan menempelnya hehe



Dan kupikir, yang membuat majalah Animonster lebih menarik adalah... banyak kuis yang hadiahnya langsung dari Jepang! aku sih~ tidak pernah ikutan kuisnya tapi...



Ini adalah cover majalah Animonster yang ada di salah satu halamannya~



Majalah Animonster keduaku, yang kubeli saat SMA dengan harga yang lebih murah, karena bekas hehe



Ehhmm~ majalah Animonster, mungkin adalah majalah yang legendaris bagi penggemar anime dan Jejepangan... siapa sih yang tidak tau Animonster? iya kan?

Tapi kudengar, setelah sukses menemani penggemarnya selama 14 tahun~ akhirnya majalah Animonster tutup usia, tidak lagi terbit... yang terakhir diterbitkan adalah volume 185, mengharukan!

Kenapa ya? alasannya sih masih misteri *katanya... mungkin salah satu alasannya karena serangan internet!... sekarang orang2 bisa dengan mudah mencaritahu tentang anime lewat Google, geratis... dan banyak juga majalah anime berbahasa Ind yang bisa didownload secara geratis... mungkin karena itu~

Tapi kupikir sayang sekali jika Animonster pergi~ artinya satu lagi teman masa kecil yang pergi...

Dan sekarang, aku akan membahas koleksi anime ku yang lainnya!! :

Ini adalah kartu2 bergambar Death Note yang kubeli di toko alat tulis~ aku senang banget saat menemukannya dan langsung membelinya hehe



Ada kartu Shinchan nyelip, itu kudapat dari hadiah makanan ringan, tapi aku lupa dari snack apa

Oiya, ada cerita menarik saat aku membayar kartu itu di kasir... mbaknya kasir malah bilang gini : “ini yang ditayangkan di tv, tiap malem itu kan?”... wah~ aku tidak menyangka kalo mbak kasir pernah menonton Death Note... jangan2 mbaknya otaku? #eh

Soalnya dulu kupikir itu adalah anime langka, maksudku... anime yang jarang diketahui oleh banyak orang

Ini beberapa *semacam action figure murahan yang kupunya... aku membelinya di salah satu mall terbesal di Solo~  waktu itu~ aku pergi dengan adikku dan bapakku... rasanya senang sekali bisa menemukan benda2 berbau anime, apalagi gambarnya Misa Amane~ salah satu chara yang kusukai, adikku juga membelinya tapi gambarnya Saint Seiya



Saat masih di toko, aku merasa bahwa action figure yang kubeli baik-baik saja... tapi begitu sampai di rumah, kami baru menyadari bahwa benda itu cacat... Misa Amane dan chara Saint Seiya punya adikku hanya punya satu tangan~ 

Entahlah... kenapa barang kami sama2 cacat dan kenapa kami tidak menyadarinya saat masih di toko? apa karena terlalu senang menemukan benda berbau anime, dan melupakan semuanya?... atau karena ada kekuatan gaib yang membuat kami tidak melihat bahwa barang itu cacat? Hhmm~ kalo mengingat kebodohanku waktu itu, perasaanku benar2 buruk

Gantungan kunci yang ada buku icha2 paradise dan topeng rubah di gambar atas~ kubeli di toko alat tulis... aku pernah mengalami cinta pada pandangan pertama di toko itu, dan pernah juga jatuh dari tangga di sana #memalukan... sampai aku hampir pingsan gara2 shock dan malu hahaha

Ada bagian di gantungan kunci itu yang hilang, yaitu dompet Naruto yang berbentuk kodok~ seharusnya ada di situ... tapi bagian itu hilang saat aku naik bis sepulang sekolah #sungguh menyedihkan~

Kodok yang ditengah itu loh~ yang hilang 


Toko itu~ tempat saat aku jatuh cinta pada pandangan pertama sama mas2 koko #eh salah... maksudku... toko itu adalah tempat yang sama, saat aku membeli kartu Death Note... selain Death Note, sebenarnya ada kartu bergambar Bleach juga di sana... aku tidak suka Bleach, jadi aku beli yang Death Note saja hehe

Dan lebih keren lagi... banyak gantungan kunci bergambar anime dijual di sana, tapi yang paling banyak dijual bergambar anime Death Note, Bleach dan Naruto... dulu aku sangat mengaguminya... makhlumlah~ itu jaman internet belum merakyat

Banyak gantungan kunci yang berbentuk replika pedang2 di anime Bleach~ aku pernah ingin beli tapi, sudah keburu hilang saat aku datang ke sana untuk kedua kalinya... oiya, aku juga pernah punya gantungan kunci bergambar Death Note~ kecil2 gambarnya... itu satu gantungan kunci~ mempunyai 5 gambar yang dibingkai kecil... tapi gantungan kunci itu hilang, saat aku berdesakan naik bis #sedih

 cr


Kalau dipikir-pikir... walaupun itu hanya gantungan kunci kecil, tapi harganya sudah lumayan bunyi lho~ waktu itu... dan anehnya aku tidak pernah kepikiran masalah harga, yang kupikirkan... aku harus beli benda itu selagi ada uang, karena benda yang berbau anime kan langka... jadi kapan lagi? kalo tidak dibeli nanti hilang #dibutakan oleh anime XD

Dan saat SMA, kan aku masuk ekskul Jepang... jadi rasanya keren dan bisa pamer ke temen2 kalo punya gantungan kunci anime yang dipasang di tas hahaha #masa itu

Kadang aku juga suka khilaf... pokoknya aku suka membeli alat2 sekolah yang bergambar anime, mulai dari tas, tempat pensil, buku dan oiya, kaos dan jaket juga ada... walaupun aku tidak tahu itu anime apa, yang penting gambarnya anime jadi aku beli #itu dulu

Ini beberapa benda bergambar anime, punyaku... ada binder, kertas surat, dan buku stiker... yang bergambar Doraemon dan Inuyasha itu adalah buku stiker~


Jadi itu satu buku isinya stiker semua!


Yah aku senang banget dengan benda2 bergambar anime... dulu~ yah dulu pada masanya XD... sekarang sudah enggak lah~ #tobat

Dan~ aku rasa cukup sekian... akhirnya artikel tentang “Suka Anime Saat SD-SMP” ini, selesai!! aku hampir menghabisakan 80 lembar di ms Word untuk menulisnya... karena aku merasa harus menceritakan semuanya sampai tuntas

Mengingat tulisanku banyak sekali, aku tidak yakin kalo orang2 akan membaca tulisanku dari part pertama sampai terakhir, tapi aku yakin ada 1 atau 2 orang yang membaca semuanya... jadi~ aku mengucapkan terimakasih banyak untuk orang itu^^



Alasan kenapa ada orang~ yang mungkin membaca artikelku sampai akhir, adalah karena dia juga mengalami hal yang kuceritakan ini^^

Dan itulah tujuanku! mengingatkan kembali saat susah untuk sekedar suka dengan anime... karena terbentur faktor biaya, fasilitas dan teknologi yang belum canggih~

Senang rasanya jika ada pembaca yang berkomentar :  aku juga melakukan hal itu! kita sama! senasib! dan komentar semacam itu^^

Pastinya, aku juga senang.... jika bisa membuat kalian senyum2 sendiri mengingat masa lalu~ saat kalian membaca artikel ini… artinya aku membawa kenangan banyak orang di dalam artikelku ini, dan itu menyenangkan! 



Sebelum aku melupakan semua hal tentang “suka anime di masa SD-SMP”, dan sebelum aku semakin bertambah tua... aku harus menulis semuanya dan menceritakannya!

Aku benar2 bersyukur bisa menulis ini sampai tuntas, aku tidak menyesalinya~ semua kenangan2 kecil itu... semuanya~ tidak pantas untuk dilupakan!

Dan jika kalian bertanya, apakah aku masih menyukai anime dan melakukan hal2 se-lebay itu?? yah... tentu saja, tidak! aku sudah semakin dewasa dan sudah tobat~ perasaan suka ku pada anime tidak sebesar dulu... lagipula anime jaman sekarang tidak terlalu menarik... aku hanya munyukai anime jadul~

Hhmm~ akhir kata terimakasih ya~ sudah membaca artikelku ini sampai akhir, aku Brilian Ka undur diri... maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan! Sayonara~ ;D

Ditulis oleh : Brilian K
Follow IG ? KLIK!



9 komentar:

Codell Dombex mengatakan...

salam untk admin yang cakep...
Yang tokusatsu itu go go sentai boukenger min..... itu kayak power ranger versi jepang min....di jepang nya tayang 2006 ceritanya greget abis.. seru banget... apalagi actornya cantik cantik n ganteng ganteng.......kalo mau liat ceritanya subtitle indonesia... kunjungi aja blog ini min.... http://www.ryuzakilogia.net/.. thanks min dah upload artikel ini... hehehe

Codell Dombex mengatakan...

oh iya min hampir lupa di situs ituh juga ada death note versi real life, bukan anime... tapi masih on going si jepang sono,,, baru sampai episode 8 death note nya min..

Brili - Kagura mengatakan...

huanjirrr malah promosi (o_O)

Codell Dombex mengatakan...

bukan promosi min..... saran aja.. kalo mau nonton sih..... lagi pula itu gratis kok situsnya.... hehehe

Ratna Aristawidya mengatakan...

mbak mau tanya itu action figure nya namanya siapa dari anime mana?

sherly mengatakan...

dulu aku belinya yang bekas jadi nggak terlalu berat di kantong, cuma punya dua udah nggak tahu ditaruh kardus mana

Jual action figure mengatakan...

Halo semuanya

Kalau boleh saya mau menambahkan sedikit artikel dan info pernak pernik anime yaitu action figure dari anime populer. Lengkap semua ada di toko online kami. Dijamin original
jactionfigure.com

Terima kasih

Hani mengatakan...

Yaaaaah akhirnya sampai di part terakhir ya :(

Sayang banget ya gantungan2nya. saya juga dulu pas SD sempet beli gantungan kunci sailor jupiter tingginya sekitar 5 cm ada kali ya, sayang cuma bertahan brp hari digantungin di tas, soalnya tiba2 pas pulang sekolah nyampe rumah ilang aja hiks :'(
Oh iya dulu juga sempet beli bbrp gantungan kunci tokoh magical doremi, buset ilang ke mana ya? sampai lupa gini, baru inget skrg. o.o *kalo gak ada artikel ini gak bakal inget deh

Animonster huhuhu sayonaraaaa di satu sisi perkembangan zaman emang kejam, Animons jadi salah satu korbannya :'(

Dulu pertama kalo beli animonster pas SD kelas 6 gitu, gara2 ada Tokyo Mew Mew hahaha, pas SMP lumayan beli bbrp edisi, hingga akhirnya gak sanggup beli karena mahal dan lama2 kurang berminat ama anime2 baru, udah ada internet pula sbg sumber info dan gambar. :/

Makasih banyak udah bener2 berniat mengulas tentang nostalgiaan per-animean ini, detail pula, jadi berasa diwakilin banget, soalnya saya males nulis *plak
Arigatou gozaimasu~ :3

Yodhi mengatakan...

deuh jadi kangen majalah animonster, sayangnya sekarang udah tutup majalahnya TT____TT

Poskan Komentar

Tolong beri komentar yang membangun ya...!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts

TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA (^_^)

.............